Mengapa HTML Bukan Termasuk Bahasa Pemrograman ?

“Al, HTML itu termasuk ke dalam bahasa pemrograman nggak sih ?”

“Menurut loe, HTML itu bahasa pemrograman apa bukan ?”


Banyak pertanyaan yang sering saya jumpai di sekitar saya. Banyak orang yang menanyakan tentang hal ini kepada saya. 
 
Waktu ditanya, saya bingung mau menjawab apa, karena waktu itu saya belum terlalu mengerti tentang seluk beluk HTML. Saya pun “ditodong” untuk memberikan jawaban kepada mereka melalui blog ini.
 
Saya berusaha mencari jawaban dari pertanyaan tersebut agar saya bisa memenuhi rasa penasaran para penanya. Alih-alih berhasil menemukan jawaban, saya malah justru tidak menemukan jawaban yang membahas hingga intinya.
 
html bukan bahasa pemrograman

Siang dan malam silih berganti, saya tak kunjung juga mendapat jawaban yang cocok dan membuat saya puas. Tetapi, saya pun tidak pantang menyerah mencari jawaban dari pertanyaan tersebut.

 
Walhasil, saya pun mendapatkan jawaban yang pas menurut saya, dan saya pun akan membagikan kepada anda semua.


“Mengapa HTML Bukan Termasuk Bahasa Pemrograman ?”


Sebelum saya menjelaskan mengapa HTML itu bukan termasuk bahasa pemrograman, saya akan sedikit memberikan gambaran tentang pengertian HTML.


Penjelasan Singkat Tentang HTML
 
HTML merupakan akronim dari Hypertext Markup Language. Dari namanya saja sudah kelihatan kalau HTML itu bahasa markup, bukan bahasa pemrograman. HTML itu diibaratkan sebagai “wadah” bagi bahasa pemrograman web, seperti PHP, Javascript.
 
Tahu nggak perbedaan bahasa pemrograman dengan bahasa markup ?
 
Saya akan jelaskan kepada anda mengenai perbedaan bahasa pemrograman
dengan bahasa markup.
 

Perbedaan Bahasa Pemrograman dengan Bahasa Markup Sekaligus Menjelaskan Mengapa HTML Bukan Termasuk Bahasa Pemrograman
 
Bahasa pemrograman itu terdiri dari perintah-perintah yang bisa meliputi logika pemrograman, deklarasi variabel, aritmatika dan lain-lain. 
 
Sedangkan markup language (bahasa markup) seperti HTML tidak memiliki deklarasi variabel, logika pemrogaman, dan lain-lain.
 
HTML saja tidak memiliki logika pemrograman, aritmatika, deklarasi variabel, dan lain-lain. Mana bisa dikatakan sebagai bahasa pemrograman.
 
Padahal syarat menjadi bahasa pemrograman adalah bisa menyelesaikan masalah dengan perintah-perintah seperti aritmatika, bisa juga mendeklarasikan variabel.

Pada intinya, HTML itu bukan merupakan bahasa pemrograman karena si HTML ini tidak memiliki perintah untuk menyelesaikan masalah. 
 
HTML hanya sebagai tempat untuk meletakkan perintah bahasa pemrograman web seperti PHP, Javascript.
Lebih lanjutnya tentang HTML, baca artikel ini


Nah, sekarang sudah mengerti kan perbedaan bahasa markup dengan bahasa pemrograman dan mengapa HTML bukan termasuk bahasa pemrogaman. 
 
Sekarang saatnya saya menutup artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *