6 Kebiasaan Buruk Mengisi Baterai “Charge” Smartphone

Kebiasaan Buruk Mengisi Baterai Smartphone Yang Membuat Smartphone Rusak

 
Smartphone android memang sudah banyak yang memiliki, mayoritas orang di Indonesia pun sudah punya ponsel pintar tersebut, bahkan ada yang memiliki lebih dari satu smartphone tiap orangnya. Wah, sangat konsumtif sekali rakyat Indonesia. 

Smartphone ini memiliki setumpuk kelebihan jika dibandingkan dengan ponsel dasar (feature phone). 
 
Jika ponsel dasar hanya bisa digunakan untuk SMS dan telepon, ponsel pintar atau smartphone memiliki kemampuan untuk internetan, seperti browsing, membuka sosial media, BBM, dan lain lain.
 
ngecharge atau mengisi baterai smartphone
 

     Nah, karena smartphone lebih pintar dibandingkan handphone lainnya, smartphone pun pasti membutuhkan daya baterai yang lebih banyak dibandingkan feature phone. Smartphone yang dihidupkan paket internetnya paling lama hanya bertahan satu atau dua hari, kemudian harus diisi baterainya kembali. 

[3 Langkah Agar Bisa Meng-Copy File Berukuran Besar Ke Flashdisk Anda]

 
 
Karena frekuensi “charging” smartphone lebih banyak daripada handphone lainnya, maka risiko kerusakan baterai smartphone anda semakin tinggi. Untuk itu, para pengguna smartphone harus bisa berhati-hati dan tidak sembarangan dalam nge-charge smartphone nya.
 

1. Hindari Pemakaian Powerbank dan PC Apabila Tidak Terlalu Urgent

mengisi baterai dengan powerbank
 
 
   Jangan terlalu sering memakai benda yang bernama powerbank atau “portable charger” apabila keadaan yang kurang darurat atau emergency. Sebaiknya anda utamakan nge-charge menggunakan charger biasa karena powerbank kurang bisa menyesuaikan stabilitas daya yang masuk. 
 
     Demikian halnya juga dengan PC, PC memang bisa dijadikan tempat untuk mengisi baterai / charging smartphone anda, tetapi PC juga tidak bisa meyesuaikan stabilitas daya yang masuk sesuai standar, karena memang bukan fungsi utama PC sebagai tempat nge-charge smartphone.
 
 

2. Hindari Mengisi Baterai Smartphone Sambil Dipakai

     Hal ini masih dilakukan banyak orang dengan berbagai alasan tertentu. Tetapi, hal ini sangat amat berbahaya bagi kondisi smartphonenya, maupun pemiliknya. 
 
Walaupun banyak yang sadar dengan kondisi ini, tetapi mereka tetap melakukannya dan tidak memperdulikan nasib smartphone nya jika dipakai sambil dicharge.

smartphone
 
 
Karena jika smartphone digunakan sambil di charge akan berpotensi terjadinya hal-hal seperti di bawah ini:
 
  • Dapat memperpendek umur baterai, dikarenakan kita sedang menggunakan smartphone, sedangkan kondisi smartphone masih dalam keadaan “charging“. Hal itu sangat rawan terjadi, maka dari itu berhati-hatilah.
  • Dapat memperpendek umur komponen baterai, jika dalam kondisi di charge tetapi masih ada aktifitas, maka kondisi suhu handphone anda menjadi hangat. Dan apabila masih digunakan sebelum dingin, itu sangat memungkinkan terjadinya kerusakan pada komponen handphone anda.
  • Arus listrik yang masuk tidak sama dengan arus listrik yang keluar, itu sangat membahayakan karena bisa membuat smartphone anda meledak. Pastinya anda tidak mau kan kalau smartphone kesayangan anda meledak ?
  • Baterai HP akan menggembung, saya sarankan untuk mengganti baterai HP anda menjadi yang baru karena sewaktu-waktu baterai HP yang menggembung tersebut bisa meledak dikarenakan terjadinya kebocoran sel di dalam baterai.
 
 

3. Hindari Mencharge Terlalu Lama

     Ini pun sering juga dilakukan oleh mayoritas pemilik smartphone, termasuk android juga. Sebenarnya ini sangat buruk bagi kinerja baterai smartphone anda.
 
 
Tapi kan smartphone zaman sekarang sudah dilengkapi fitur overchange protection”.
 
 Iya, memang smartphone sekarang sudah dilengkapi fitur overchange protection atau fitur yang membuat baterai berhenti diisi saat 100%. 

Baca : 10 Bahaya Terlalu Sering Bermain Smartphone
 
Namun, beberapa riset menyebutkan baterai bisa terjaga kualitasnya jika diisi tidak sampai penuh 100 persen, cukup sampai sekitar 90-99 persen saja. Jika sampai 100 persen pun segera cabut charger dari smartphone Anda.
 
Karena jika terlalu lama, hal ini bisa menyebabkan baterai smartphone Anda bocor dan baterai tersebut tidak berfungsi.
 
 

4. Hindari Pemakaian Sembarang Charger

Perangkat charger setiap smartphone Android memiliki bentuk yang serupa sehingga bisa dipakai di semua smartphone Android. 
 
Tetapi, charger sudah dirancang sedemikian rupa untuk tiap-tiap smartphonenya, berdasarkan spesifikasi khusus dan disesuaikan juga dengan kapasitas baterainya, tidak bisa asal ngecharge saja. 

charger
 
 
Menggunakan charger yang tidak sesuai bisa mengakibatkan penurunan kinerja smartphone anda.
 
Jangan juga menggunakan charger bajakan untuk mengisi baterai smartphome Anda, karena kualitas dan kemanan menggunakan charger bajakan itu masih dipertanyakan.


5. Hindari Nge-Charge Apabila Baterai Benar-Benar Sudah Habis Hingga 0%

     Membiarkan baterai habis hingga 0% lalu dicharge juga tidak baik bagi baterai anda. Alasannya, jika baterai sampai 0%, sel baterai bisa sulit untuk menyerap daya dari charger.
 
     Riset mengatakan, bahwa pengisian baterai terbaik itu di bawah 40%, atau sekitar 15% sampai 25% karena pada posisi tersebut, kondisi baterai masih stabil dan baterai tidak sulit untuk beradaptasi dan menyerap daya dari charger.


6. Jangan Ngecharge Jika Kondisi Smartphone Menyala

Ini juga kebiasaan buruk yang sulit untuk ditinggalkan. Mereka biasanya mengisi baterai smartphone nya dalam kondisi smartphone yang masih hidup / menyala.
 
Sama halnya dengan manusia, smartphone juga membutuhkan yang namanya istirahat. Karena jika dipakai terus menerus tanpa dimatikan, komponen smartphone selain baterai juga bisa terganggu bahkan rusak.
 
Sebaiknya Anda mematikan smartphone ketika sedang dicharge, atau ketika sedang tidak dipakai. Misalnya pada saat tidur lebih baik dimatikan agar komponen smartphone bisa beristirahat.
 
 
 
Nah, semoga artikel ini bisa mengubah kebiasaan anda dalam ngecharge smartphone anda. Kesimpulannya jangan terlalu berlebihan dalam mengisi baterai smartphone Anda. Jangan terlalu dibiarkan habis dan jangan terlalu dibiarkan penuh terlalu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *