5 Kekurangan Menjadi Seorang Programmer Yang Membuat Orang Kurang Meminatinya

Kekurangan Progammer

 
     Pada kali ini saya selaku admin dari blog ini akan menuliskan artikel tentang 5 Alasan Mengapa Programmer kurang diminati banyak orang. Programmer merupakan salah satu profesi yang favorit dan keren di muka bumi ini.

Yang memiliki cita-cita menjadi programmer juga jumlahnya lumayan, karena ber profesi sebagai seorang programmer itu banyak kelebihannya. [Baca: Inilah 6 Kelebihan / Keuntungan Menjadi Programmer Dibandingkan Profesi Lainnya]

Pada hakikatnya, apabila tidak ada seorang programmer di muka bumi ini, maka tidak ada barang-barang berteknologi seperti Handphone, televisi, kipas angin, parabola, satelit, dan lain-lain. Bahkan, sebuah game pun diproduksi oleh seorang programmer.
 
Seorang Programmer
komputermania.com
 
 

Programmer adalah tugas yang sangat mulia dan sangat berjasa untuk kemajuan teknologi di muka bumi ini hehe. Saya tidak bisa membayangkan tatkala tidak ada seorang programmer di dunia ini, pasti tidak orang-orang tidak mengenal adanya teknologi seperti radio, televisi, handphone, dan lain lain yang sering disebut gaptek. 

Jadinya, seperti kembali ke zaman batu. Nah, bagi yang sangat ber antusias untuk menjadi seorang programmer, baca artikel  6 Hal Yang Harus Dikuasai Seorang Programmer Agar Disenangi Atasan.

Bagi yang penasaran atau ingin tahu tentang kekurangan / kelemahan menjadi seorang programmer, baca terus artikel ini sampai selesai ya. Langsung saja kita bahas pokok atau isi dari artikel ini.

 
 

1. Programmer Kerjanya Selalu Di Depan Komputer

 
Seorang Programmer
findicons.com
 
Kekurangan / kelemahan menjadi seorang programmer yang pertama adalah programmer itu pasti kerjanya di depan PC.
 
Namanya juga programmer atau sang pembuat program. Pastinya kerja di depan komputer sehari-hari untuk membuat program yang tersusun dari script yang biasanya disebut syntax (sintaks).
 
Script tersebut tersusun dari sekumpulan bahasa pemrograman. Mayoritas orang pasti lebih suka jalan-jalan ke suatu tempat daripada harus menulis kumpulan script bahasa pemrograman yang bentuknya sudah seperti cacing kepanasan dan hanya diketahui oleh mesin sang programmer. Berbeda dengan profesi lainnya yang pekerjaannya tidak di depan komputer.
 
Nah, bagi Anda yang tidak suka terlalu lama duduk di depan komputer dan berfikir kritis dan logis, maka Anda tidak disarankan menjadi seorang programmer.
 
 

2. Programmer Harus Sabar dan Teliti

 
Sabar Dan Teliti
 
Kelemahan menjadi seorang programmer yang kedua adalah Anda harus bisa sabar dan teliti.     

Apabila anda ingin atau sudah menjadi seorang programmer, saya sarankan anda agar selalu sabar dan teliti dalam menghadapi bahasa pemrograman yang selalu menguras kesabaran dan ketelitian anda. 

Karena, bahasa pemrograman itu sangat sensitif, artinya kurang koma saja, program tidak bisa berjalan. Maka dari itu, anda harus sabar dan teliti.

Mengapa anda harus bersabar ? 

Karena komputer itu robot, dan robot itu tidak punya akal kecuali jika kita yang mengajarinya. Komputer itu tidak bisa membaca pikiran kita, tetapi komputer bisa membaca perintah kita jika syntax yang kita ketik itu benar.
 
 

3. Programmer Itu Harus Terus Belajar

Learn
tryandlearn.blogspot.com
 
Untuk kekurangan menjadi seorang programmer yang ketiga ini cukup banyak membuat orang putus asa dan tidak ingin menjadi seorang programmer.
 
Bahasa pemrogaman itu mencakup hal yang sangat amat luas. Membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk menguasainya, tidak hanya 3-4 tahun saja. Tetapi, bisa sampai 10 tahun untuk benar-benar menguasainya. Maka dari itu, seorang programmer dituntut untuk selalu belajar dan mendalami bahasa pemrograman. 
 
 
Apabila seorang programmer tidak mendalami bahsa pemrograman, maka programmer tersebut mungkin hanya akan bisa membuat program yang monoton, hanya itu itu saja. 
 
Pasti hal itu sangat ditakuti para programmer di Indonesia dan juga di luar negeri. Mayoritas orang pun pasti akan merasa jenuh atau bosan apabila mereka dituntu untuk belajar terus menerus.
 
Apalagi, bahasa pemrograman pun semakin lama semakin diperbaharui dan penggunaan strukturnya bisa berubah sewaktu-waktu. Jika seorang programmer tidak belajar, maka dia akan tertinggal dengan pembaharuan ini.
 

4. Programmer Berhubungan dengan Matematika

matematika yang dibutuhkan programmer
 
 
Matematika. Banyak orang yang tidak menyukai mata pelajaran ini karena mayoritas orang tidak suka melakukan hitung-hitungan (aritmatika).

Hal ini termasuk menjadi kelemahan jika Anda tidak terlalu suka dengan yang namanya matematika. Padahal matematika itu sangat dibutuhkan oleh programmer. Di jurusan teknik informatika saja ada mata kuliah yang berbau matematika. 
 
Tujuannya agar mengasah logika programmer agar sang programmer bisa menyelesaikan masalah se-efektif mungkin.
 
Karena tujuan programmer itu membuat program yang memudahkan pekerjaan manusia, jadinya ide sang programmer harus lebih efektif dari keadaan sekarang.
 
Programmer itu menyempurnakan apa yang sudah ada di muka bumi ini. 
 
Kalau ide nya tidak lebih baik dari keadaan sekarang, untuk apa dijadikan program ? Udah ada yang baik kok malah menciptakan yang kurang baik.
 
Kira-kira seperti itu logikanya.
 
 

5. Programmer Harus Bisa Bahasa Inggris

bahasa inggris yang harus dikuasai programmer
 
 
Kenapa saya katakan harus bisa berbahasa Inggris ? Karena programmer itu berkecimprung dengan bahasa pemrograman, dan semua bahasa pemrograman itu menggunakan bahasa inggris untuk melakukan operasi.
 
Jika anda tidak bisa bahasa inggris, maka saya sarankan anda harus berlatih tentang kata-kata dalam bahasa Inggris dan artinya.
 
Karena hal itu sangat penting dan wajib dikuasai oleh programmer. 

Jika programmer tidak bisa bahasa inggris, maka bagaimana dia melatih komputer/membuat program ? Programmernya aja tidak bisa mengajari.
 
 
Nah, itulah 5 kekurangan / kelemahan menjadi seorang programmer yang harus Anda tahu supaya Anda tidak menyesal nantinya. Tidak semua orang memiliki kelemahan di atas, Anda tidak perlu khawatir jika Anda suka dengan 5 hal di atas tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *