5 Komponen Pendingin Pada Komputer

Komponen pendingin merupakan komponen yang tidak boleh dikesampingkan dalam fungsinya. Karena komponen pendingin juga penting bagi suatu laptop / komputer.
 
Terkadang orang tidak terlalu mementingkan komponen pendingin saat akan membeli laptop / komputer. Yang dilihat hanyalah RAM, VGA, Prosesor dan sebagainya. Padahal hal tersebut menurut saya kurang pas. Setinggi apapun spesifikasi laptop, kalau tidak ada komponen pendinginnya ya laptop akan cepat panas dan cepat rusak.


Baca : 11+1 Tips Memilih Laptop Gaming Yang Tepat

 
Fungsi komponen pendingin komputer yaitu untuk mengatur suhu dan mencegah overheat (terlalu panas) pada komputer.
 
kipas
 
 
Jika komputer anda dipasangi komponen pendingin, maka komputer anda bisa tahan lebih lama lagi. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja komponen pendingin komputer, simak terus artikel ini hingga akhir ya.

1. Fan (Kipas)

Komponen yang paling sering dijumpai adalah Fan (Kipas). Fungsinya pun bermacam-macam. Ada yang mengarahkan udara menuju prosesor atau VGA agar tidak panas, dan ada juga yang berfungsi untuk sirkulasi udara. Harganya pun bervariasi tergantung bentuk, merek, dan kualitasnya.
 
Untuk mengetahui kinerja dan berapa suhu yang dihasilkan oleh fanmu, kamu bisa memakai aplikasi Speed Fan yang bisa didownload di search engine.
 

2. Heatsink

heatsink
 
Heatsink juga merupakan komponen pendingin. Heatsink umumnya terbuat dari logam dan tembaga. Heatsink mendinginkan udara yang dialirkan dari fan agar komponen komputer lain bisa lebih cepat dingin. Makanya, heatsink biasanya bergabung dengan kipas.
 
 

3. Liquid Cooler


Liquid Cooler menurut saya juga bagus dan sangat bermanfaat bagi anda yang laptop / komputernya cepat panas. Liquid cooler bisa mendinginkan perangkat komputer hingga 10% sehingga komponen komputer bisa lebih dingin. Kelebihan dari liquid cooler adalah pada saat kerja, tidak berisik dan hampir tidak mengeluarkan suara.
 
 

4. Dry Ice Cooler dan Nitrogen Cair

Perangkat komputer akan langsung bersentuhan dengan alat ini yang sudah diisikan nitrogen cair atau bisa juga diisi dengan es kering. Biasanya digunakan untuk mengatasi over clock sehingga bisa menghasilkan suhu yang sangat amat dingin. 
 
Efek dari over clock adalah panas yang berlebihan pada perangkat komputer karena dipaksa untuk bekerja di luar kemampuannya. 
 
Untuk menghindari pengembunan dari hasil pendinginan maka seluruh komponen akan dilapisi pasta dan pada sekeliling tabung diberi isolator panas.
 
 

5. TEC (Thermoelectric Cooler)

Dari namanya saja kita sudah bisa menyimpulkan bahwa komponen ini menggunakan listrik untuk mendinginkan perangkat komputer. Pendingin ini bekerja dengan mengalirkan arus listrik ke salah satu sisi logam sehingga akan tercipta sisi yang dingin dan yang panas. 
 
Pada sistem pendingin ini bisa membuat sebuah pendingin hingga melewati batas titik beku air.
 
Nah, sekian dulu artikel dari Makin Rajin, semoga artikel ini bisa sangat bermanfaat. Sampai juga di artikel selanjutnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *