Alasan Pentingnya Praktik Dalam Belajar Bahasa Pemrograman, Dan Bukan Hanya Teori

Saya tahu, Anda itu orang yang :

Paling tidak, Anda termasuk salah satu dari 4 golongan yang saya sebutkan di atas.

Apakah Anda sudah tahu ? Di zaman yang hingar bingar dengan teknologi ini, rupanya banyak website yang berkembang sangat bejibun menghiasi dunia ini. 

Faktanya, bahkan pada tahun ini Indonesia berada pada peringkat 4-5 dengan pengguna internet terbanyak se dunia. 

Otomatis, banyak sekali website-website yang lahir demi meraih keuntungan finansial.

pentingya praktik bahasa pemrograman
 


Pastinya Anda tertarik untuk menjadi programmer dan ikut belajar membuat website kan ?

Jangan berpikir bahwa membuat website (dari nol) itu mudah karena Anda sudah tahu fakta bahwa semakin ke depan, banyak website bermunculan.

Membuat website itu susah (kalau Anda belum mengerti bahasa pemrograman). Untuk itu, saya sarankan Anda untuk belajar bahasa pemrograman supaya Anda bisa lancar membuat aplikasi maupun website.

Bagi programmer yang sudah bisa dibilang ahli di bidangnya, mungkin membuat website itu cukup mudah dan tidak terlalu susah.

Karena belajar bahasa pemrograman itu tidak sekali jalan. Harus ada konsistensi…

Saya akan kasih tahu fakta mengejutkan…

Bahwa seiring berjalannya waktu, teknologi itu akan semakin berubah dan berkembang. Termasuk bahasa pemrograman.

Dengan kata lain, apabila Anda belajar bahasa pemrograman pada tahun ini (2017), maka bisa jadi pada tahun 2020 kemampuan bahasa pemrograman yang Anda kuasai itu sudah tidak bisa digunakan lagi.

Artinya, bahasa pemrograman yang Anda pelajari itu mubazir.

Tapi jangan khawatir. Perubahan struktur kode sintaks bahasa pemrograman itu berubahnya tidak terlalu signifikan.

Maksudnya, jika Anda belajar bahasa pemrograman di tahun 2017, bisa jadi pada tahun 2020 itu struktur kode sintaks bahasa pemrograman yang Anda pelajari berubah sekitar 5% (Angka ini hanya sebagai contoh).

Itu artinya, bahasa pemrograman yang Anda pelajari itu tidak 100% sia-sia karena Anda masih memiliki 95% kemampuan programming (membuat program).

pentingya praktik bahasa pemrograman


Namun, Anda juga harus terus belajar struktur bahasa pemrograman yang akan terus diperbarui.

Saya sarankan, Anda belajar bahasa pemrograman dengan cara membuat atau belajar source code dan memodifikasikan program/website. Targetkan diri Anda untuk menghasilkan karya dalam waktu yang Anda tentukan.

Misalnya : Dalam 2 tahun ini saya akan membuat website yang membahas bahasa pemrograman, atau dalam 2 tahun ini saya akan membuat aplikasi android yang belum ada sebelumnya.

Tanpa latihan, Anda akan kesulitan belajar bahasa pemrograman. Belajar bahasa pemograman itu jangan hanya mengandalkan teori, tetapi diselingi dengan praktik.


Latihan itu sangat penting bagi Anda yang belajar bahasa pemrograman karena Anda bisa paham secara detail tentang bahasa pemrograman yang Anda pelajari.

Riset mengatakan bahwa seseorang yang mempunyai kebiasaan menyelesaikan masalah sendiri (latihan) akan memiliki daya ingat dan konsentrasi yang lebih baik dibandingkan jika setiap ada masalah itu bertanya kepada orang lain.

Itulah mengapa praktik itu penting bagi Anda yang sedang belajar bahasa pemrograman, dan bukan hanya teori (baca buku) tanpa praktik pada laptop Anda.

Bukan berarti baca buku itu tidak boleh. Tetapi perbanyak latihan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *