AMD atau Intel ? Kelebihan dan Kekurangan AMD dan Intel

Intel atau AMD ?


Apabila sobat sering berkecimpung dengan dunia komputer, pasti sobat sudah sering sekali mendengar kata “prosesor“. 


Apa Itu Prosesor ?

Nah, prosesor itu sendiri adalah otak dari sebuah komputer, laptop, bahkan smartphone pun juga punya prosesor. Prosesor merupakan komponen yang amat sangat penting di dalam komputer. 

Tanpa prosesor, sebuah perangkat berbasis teknologi tidak bisa berjalan. Prosesor sudah seperti bagian viral yang wajib ada pada sebuah perangkat berteknologi. Yang bertugas membuat prosesor adalah lulusan dari jurusan Teknik Komputer.

Baca : Apa Perbedaan Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Sistem Informasi ?


Bayangkan saja, sobat mempunyai sebuah laptop tetapi tidak memiliki prosesor. Pasti tidak bisa digunakan sama sekali. Kecuali, laptop sobat ditambahkan sebuah prosesor.

amd atau intel


Prosesor Quad Core atau Dual Core pasti memiliki kinerja yang lebih baik jika dibandingkan dengan prosesor dengan core tunggal.

Setiap komputer pasti sangat membutuhkan yang namanya prosesor. Sebenarnya banyak sekali merk prosesor yang telah dibuat oleh para produsennya, seperti Centaur, Cyrix, ARM, Transmeta, VIA, dan lain lain. Tapi, yang paling terkenal adalah Intel dan AMD. 

 
Kedua prosesor tersebut memang saling bersaing dalam mendapatkan posisi dan reputasi di pasaran maupun di mata pembeli dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Banyak orang yang suka dengan Intel karena beberapa kelebihan Intel. Tetapi, banyak juga orang yang menyukai AMD karena kelebihan AMD.

Menurut saya, kedua prosesor tersebut merupakan prosesor yang sangat baik performanya dan memiliki kredibilitas serta integritas yang mumpuni dibandingkan prosesor lainnya. 

AMD atau Intel ? Intel atau AMD ?

Kali ini Makin Rajin akan membahas tentang perbandingan Intel atau AMD. Rupanya, kedua prosesor rival tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Tujuan dibuat masing-masing kelebihan dan kekurangan prosesor adalah tidak lain agar produk mereka bisa laku dan mendominasi di pasaran.

Masih banyak yang bingung memilih Intel atau AMD ?

Setiap pemilik usaha pasti punya yang namanya strategi. Entah mungkin bisa sama strategi antara pengusaha satu dengan pengusaha lain. Contohnya seperti Intel atau AMD yang akan kita bahas ini.

Untuk yang masih bingung memilih prosesor AMD atau Intel, langsung saja kita ulas satu per satu kelebihan dan kekurangannya.
 

Intel

Kelebihan Intel :

  1. Intel Tidak Mudah Panas

    Hal itu bisa terjadi karena pada prosesor Intel telah dirancang untuk mengatur suhu / temperatur pada saat laptop / komputer bekerja.
    Bayangkan, sobat menggunakan sebuah laptop memiliki prosesor dengan merk Intel selama berjam-jam. Pasti laptop tersebut akan panas kan ?

    intel mampu mengatur suhu

    Nah, panas itu ditangani langsung oleh Intel. Wah, sebuah tekanan suhu yang tinggi dari sebuah laptop diredam langsung oleh prosesornya sendiri. Pasti akan lebih optimal peredamannya dibandingkan dengan peredaman panas yang tidak ditangani langsung oleh sang prosesor.

  2. Intel Tidak Mengeluarkan Suara Yang Berlebihan Saat Bekerja

    Pada saat menjalankan proses, sang prosesor Intel tidak mengeluarkan suara yang tidak enak didengar oleh yang mendengar.
    Hal itu karena produsen Intel memprioritaskan kepuasan pelanggan dan User Experience (UX) pada saat menggunakan Intel.

    Intel itu sebuah bisnis. Seperti layaknya AMD, Centaur, ARM, dan lain-lain. Agar para pelanggan puas dengan layanan yang diberikan oleh Intel, maka si Intel harus membuat pelanggannya puas dengan memberikan kualitas yang baik.

    Masuk akal kan ?

    Produsen Intel mengakalinya dengan memasang teknologi heatsink pada Intel. Heatsink ini pada saat bekerja, tidak mengeluarkan suara.

    Logikanya, apabila sesuatu yang pada saat bekerja tidak menimbulkan suara yang berisik jika digunakan dalam sebuah prosesor maka akan membuat prosesor tersebut tidak berisik saat bekerja.

  3. Produk Intel Lebih Bagus Dalam Segi Multimedia Dibanding GrafikJika sobat seorang youtuber, atau pembuat video, maupun pembuat game maka sobat membutuhkan yang namanya rendering.

    Baca : Apa Itu Rendering ? Pengertian Rendering dan Manfaatnya

    Lalu, bagaimana jika saya ingin me-render video dengan AMD ? Bisa ?

    Jawabannya bisa.

    Tapi, proses rendering nya bisa memakan waktu yang lebih lama dari prosesor Intel dan kualitasnya pun masih kalah dibandingkan dengan Intel.

    Makanya saya sarankan bagi sobat yang membutuhkan proses rendering, sangat dianjurkan membeli laptop dengan prosesor ber merek Intel.

  4. Lebih Menang Merek (Brand) di PasaranIntel lebih duluan naik daun daripada AMD. Intel diproduksi lebih awal dibandingkan dengan AMD. Hal itulah yang menyebabkan pamor Intel lebih tinggi daripada AMD.
    Kalau soal merek, menurut saya tidak terlalu berpengaruh. Intel atau AMD kalau kualitasnya bagus ya berarti bagus. Tidak harus menang merek.

    intel menang merek
     


    Tetapi, walaupun Intel lebih menang merek daripada AMD, kedua prosesor itu memiliki kualitas yang saling bersaing dan bisa dikatakan terbaik.

    Intel bisa merebut hati para konsumen dengan menyajikan prosesor yang memiliki kualitas tinggi. Dengan strateginya, Intel pun berhasil melakukan hal ini dan banyak orang yang membeli laptop dengan prosesor tersebut.

Kekurangan Intel :

  1. Biaya Yang Mahal
    Banyak yang masih bingung akan membeli laptop dengan prosesor AMD atau Intel. Tetapi jika dilihat dari harga, itu merupakan kelebihan AMD atau dengan kata lain merupakan kekurangan Intel.
    Intel memiliki harga pasar yang bisa dikatakan ‘cukup mahal’ bila disandingkan dengan prosesor merek lainnya. Hal itu dikarenakan Intel telah memegang reputasi terkenal di pasar dunia.

    harga intel mahal


    Padahal, jika dibandingkan dengan AMD dengan spesifikasi dan kualitas yang setara, harga prosesor AMD jauh lebih murah daripada harga Intel.

    Maka dari itu, sesuatu yang terkenal kebanyakan memiliki kualitas yang tinggi (di bidangnya). Dan sesuatu yang berkualitas kebanyakan memiliki harga yang cukup tinggi.

    Anggapan kebanyakan orang kan kalau terkenal pasti mahal, dan kalau mahal pasti berkualitas tinggi.

  2. Kalau Rusak, Biaya Lebih Mahal

    biaya intel jika rusak


    Jika sobat punya laptop atau komputer dengan prosesor Intel, maka jagalah laptop tersebut agar tidak sampai rusak. Karena jika sudah rusak (prosesornya), maka sobat akan membayar lebih mahal lagi untuk biaya service laptop.

    Baca : Inilah 15 Cara Merawat Laptop Agar Tidak Mudah Rusak

    Karena jika prosesor Intel sudah rusak, maka ketika diservice tidak bisa memisahkan antara motherboard dengan prosesor. Otomatis sobat juga harus membayar biaya pembelian motherboard yang baru kalau tidak mau laptop sobat rusak terus.

     

  3. Intel Kurang Unggul Dalam Segi Grafis
    Bagi sobat seorang gamer yang ingin membeli laptop untuk gaming, saya sarankan baca artikel di bawah ini.

    Baca :  12 Tips Memilih Laptop Gaming Yang TepatDalam segi

    grafis, AMD memang lebih unggul daripada Intel. Hal itulah yang menarik perhatian para gamer atau maniak game untuk membeli produk dari AMD.Ini merupakan solusi bagi para gamer yang bingung apakah mereka mau membeli prosesor Intel atau AMD.

  4. Kalau Ingin Spesifikasi Tinggi, Biaya Juga MahalLagi-lagi masalah uang. Selain terkenal akan kualitasnya, ternyata Intel juga memiliki popularitas terkait harga produknya yang lebih mahal.
    mahalnya intel spek tinggi


    Wajar saja sih kalau produk Intel itu lebih mahal, dia kan lebih memiliki reputasi dan pamor yang tinggi dibanding saingan-saingannya.

    Nah, bagi sobat yang ingin memiliki laptop dengan prosesor Intel yang berspesifikasi tinggi, maka sobat juga harus mempersiapkan dana yang cukup untuk memenuhi keinginan (kebutuhan) sobat.

Nah, untuk kelebihan dan kekurangan prosesor Intel sudah saya bahas di atas. Sekarang saatnya membahas kelebihan dan kekurangan prosesor AMD. 

AMD

Kelebihan AMD :

  1. AMD Memang Lebih Murah Dari IntelJika sobat merupakan seorang gamer yang tidak mempunyai dana yang cukup banyak, sobat beruntung karena prosesor yang baik untuk kalangan gamer itu harganya cukup murah bila dijejerkan dengan Intel.

    Itu karena AMD belum terlalu memegang dan mendominasi kendali pasar dunia. Sementara ini, pasar dunia masih dipenuhi oleh Intel.

    Mungkin setelah AMD mendominasi pasar dunia, harga prosesornya bisa mahal bahkan lebih mahal dari Intel.

    Cukup masuk akal kan ?

  2. Lebih Unggul Daripada Intel Dari Segi GrafisSatu poin lagi untuk para gamer. Selain harganya yang lebih murah, kualitas grafis prosesor AMD lebih bagus dan cocok untuk bermain game karena tampilan grafis dari game tersebut akan lebih menarik jika menggunakan prosesor AMD ini.

    Namun, bagi para youtuber atau tukang render kurang cocok jika menggunakan prosesor yang satu ini. Lebih baik memakai Intel saja kalau mau render.

  3. Prosesor AMD Bisa Mendeteksi MalwareSang pembuat AMD memiliki ide untuk menambahkan fitur pendeteksi virus/malware. Fitur tersebut dinamakan Enchanced Virus Protection (EVP). Fitur ini bekerja untuk mengecek apakah ada virus yang terdapat pada program yang akan dijalankan.

    Baca : Apa Itu Malware ? Pengertian dan 11 Contoh

    Cara kerja dari fitur ini adalah :
    EVP mengecek program->Jika ada virus, program tidak dijalankan. Namun, jika tidak ada virus, maka program bisa jalan dengan izin AMD.

  4. Lebik Baik Jika Menangani Aplikasi Berbasis 64 bitAMD Mampu Menangani Aplikasi 64 dengan lebih baik

    Seiring berjalannya teknologi, maka perkembangan aplikasi juga semakin pesat. Hal itu mengakibatkan banyaknya aplikasi bahkan game pun
    menjadi berbasis 64 bit.
    Baca : Perbedaan Antara Aplikasi 64 bit dengan 32 bit

    Nah, AMD pun mengambil peluang dengan melihat kondisi seperti ini. Maka, produsen AMD langung membuat prosesor yang lebih optimal ketika menangani aplikasi yang berbasis 64 bit. Itulah yang dinamakan bisnis.

    Nah, itu tadi beberapa kelebihan AMD. Sekarang saya akan bahas kekurangan prosesor AMD atau yang sering disebut dengan prosesor para gamer.
 

Kekurangan AMD :

  1. Prosesor Yang Kalah Nama Dari IntelJika dilihat dari jumlah pengguna di dunia, AMD masih tertinggal jauh dari Intel. Hal itulah yang membuat merek AMD belum terlalu dikenal oleh masyarakat awam.

    Ada orang yang sempat bertanya kepada saya, dia sempat bingung akan memilih prosesor Intel atau AMD ?

    Al, menurut kamu lebih baik AMD atau Intel ?”
    Jawabannya tergantung kebutuhan…

    Intel atau AMD memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan Intel itu berbeda dengan kelebihan AMD.

    Nah, dampak baik dari kekurangan ini adalah harga prosesor AMD lebih murah dari harga Intel karena AMD belum mendapatkan reputasi sebaik Intel.

    Padahal sebenarnya kualitas AMD itu tidak kalah dari Intel, bahkan bisa melebihi Intel. Namun, kenapa ya AMD kurang mendapatkan popularitas seperti Intel ?

  2. Lebih Cepat Panas Dalam Bekerja
    AMD menyebabkan panas
    Ketika sedang bekerja, AMD lebih sering mengeluarkan panas. Hal itu karena pada AMD tidak menggunakan heatsink sebagai komponen pendingin utamanya.

    Sebagian AMD masih menggunakan kipas / fan sebagai komponen pendinginnya. Sebagian lagi sudah beranjak ke ice cooler untuk mengurangi suara yang tidak enak didengar.

  3. Kalah Untuk Segi MultimediaBagi sobat yang suka dengan dunia multimedia, saya sarankan agar jangan menggunakan prosesor ini dalam proses yang sobat lakukan.

    Lebih baik menggunakan Intel saja karena sudah dirancang untuk menangani hal-hal yang berkaitan dengan multimedia.


Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari prosesor Intel atau AMD. Semoga bisa membantu sobat dalam memilih prosesor yang cocok untuk kebutuhan sobat.
 

68 thoughts on “AMD atau Intel ? Kelebihan dan Kekurangan AMD dan Intel

  1. Itu AMD zaman dulu, zamannya Athlon sama FX. zaman sekarang udh beda gan. kebanyakan udh pake 65 watt, pling tinggi 95 watt. cooling juga udh di perbaiki. terbukti pada prosessor jajaran Ryzen gan 🙂

  2. Kekurangan AMD yang diuraikan terdapat pada prosesor series lama. Kalau AMD series terbaru APU, bisa dibuktikan kehebatan AMD.
    Saya juga dahulu terpengaruh dengan pendapatan tentang AMD cepat panas, namun setelah saya mencoba laptop dengan series AMD terbaru ternyata baik-baik saja.

    1. Iya mas Malik. AMD telah memperbaiki kelemahannya soal temperature. AMD series baru sudah tidak mudah panas 🙂

  3. Mas, kalo AMD APU A8 seri terbaru dgn intel i3 seri terbaru cocok mana ya..? Kebutuhan saya untuk kuliah dan Game yang berbobot sedang,.. Oh ya.. VGA radeon R5 jg sdh bagus.?

  4. Mas. Mau nanya.
    Saya berencana beli laptop, hanya saja saya masih ragu, pilihan saya ada dua sekarang.
    Pertama ; Lenovo
    AMD A8 Quad Core 7410, 4 GB RAM, 1000 GB HDD, VGA Ati Radeon R5 Grapich 2 GB, VGA Ati Radeon R5 M330 2 GB.
    Harga : Rp 4.900.000.
    Kedua ; Asus
    Intel Core i3 6006U, 4 GB RAM, 500 GB HDD.
    Harga : Rp 5.300.000.
    Budget saya sekarang : Rp 5.000.000.
    Jujur saya lebih tertarik ke Lenovo dgn spesifikasi berikut, hanya saja saya masih ragu akan processor AMD ini.
    Mohon pencerahannya semua.

    1. Intel I3 nya ada VGA Card nggak mas ? Kalo emang ada, mending Intel nya. Tapi biasanya nggak ada. Tapi berdasarkan segi harga dan performa, bagus AMD A8 nya menurut saya. Sudah kuat untuk multimedia dengan harga segitu 🙂

      1. Wah kalo ada tidaknya VGA Card nya saya gak tau mas.
        Jadi, kalo kira² mas yg dalam posisi saya, milih Lenovo atau Asus ? Dgn spesifikasi yg sudah saya sebutkan diatas.

  5. Oh ya. Sedikit menambahkan mas.
    Saya tidak begitu senang bermain games. Alasan saya lebih condong ke Lenovo, AMD A8 ini, mengingat spesifikasinya dan harga.
    Hanya saja, saya khawatir akan image kemampuan buruk dalam multimedia, penanganan proses yg berisik, dan prosessor yg cepat panas. Sedangkan intel, sudah terbukti dengan image yg mumpuni. Mohon pencerahannya mas.

  6. intinya semua balik lagi ke kebutuhan diri masing masih sih mas/bapak, intel/AMD di era 2015 udah punya spesifikasi yang sama. dan kaembali lagi tetep dengan masalah budget yang dimiliki, terkadang yg mahal belum tentu kita nanti puas untuk menggunakan barang tersebut.
    kalau saya memang sudah biasa menggunakan intel dari 7 tahun yg lalu hingga saat ini.
    terus kalo masalah VGA, jngn liat seberapa gede nya itu VGA. Tapi misalkan mas/bapak punya hanya 1G dengan kekuatan 128bit atau diatasnya itu setara dengan 2G standar, dan usahakan nyari VGA/MOBO yang bisa overclocking boar enak otak atik speed/grafik hehehe. tetep sih balik ke budget lagi dan kebutuhan masing masing

    1. Iya bener banget mas.. Semua juga balik lagi ke kebutuhan pengguna. Mau spesifikasinya tinggi pun kalo nggak butuh kan sama aja akhirnya

  7. Mas kalau saya ini lagi nyari laptop yang bsa digunakan untuk kuliah, yang terpenting untuk bisa editing dan game lah.. Nah dsni aku pusing dengan 2 pilihan, yang satu ada asus intel i5 dengan RAM 2GB dan eksternal 1Tb dan asus AMD A12 7th Generation RAM 8GB dan eksternalnya juga sama. Kira2 yang bagus untuk kebutuhan kuliah saya menurut mas apa? Yaaahhh yang bsa cukup untuk editing kyak premiere dan after effect dan game kyak GTA V itu cocok nya yang mana mas? Butuh masukan hehe

      1. Tetap bagus yang AMD nya mas.. Untuk kebutuhan kuliah udah tercukupi, dan untuk bermain game juga grafiknya bagus mas Khairul 😊

  8. mas, bisa kasih saran ngga AMD yang sudah “bagus” mulai generasi mana ? saya bingung mau pilih intel atau amd, hehe makasih.

  9. Mas klo untuk cenderung video di Adobe premiere/ Sony Vegas supaya cepet renderignya pke Intel core berapa minimal sma vga nya ap? Sya lgi rencana ingin beli laptop

  10. mohon info… bagus mana laptop asus :I3 6006U, Ram 4GB, HD 500GB, VGA Nvidia 920mx dibandingkan laptop asus : AMD9-9420, Ram 4Gb, HD 500GB ?

  11. Pak Bro..mohon pencerahan, lebih baik lenovo intel dual core-ram 4-memory 1tb ATAU asus intel dual core-ram 4-memory 500gb ATAU lenovo AMD A4 quadcore-ram 4-memory 500gb..mohon bantuannya..terimakasih Pak Bro..

    1. Kalo untuk bermain game, lebih baik yang AMD nya. Tapi kalo bukan untuk game, lebih baik yang Lenovo Intel Dual Core RAM 4 GB Memory 1 TB nya mas Budi

  12. Saya mau beli pc untuk keperluan gaming & edit ringan, saya punya tiga pilihan, dengan budget 3,5 juta
    1. i5 750 2.66Gz quadcore 4cpus (3.9 juta)
    Vga R7 250 2GB DDR5 128BIT DX.12

    2. AMD KAVERI A8 7650K (10computcore 4Core+6Gpucores) 3.3Ghz up 3.8Ghz (3.5 juta)
    VGA Internal Radeon R7 2GB 128bit ddr3

    3. Processor Intel Core i3 550 3.2ghz tray (3.1 juta)
    VGA Nvidia 2GB DDR5 HDMI Dx11

    menurut mas Alexandromeo, bagusan yang mana?

  13. Mas saya baru beli asus amd dual core a9 9420 kira2 setara dengan intel core brp? Tapi baru 4 hari saya coba instal game pes 2017 selalu not responding dan pas dicoba buat mainin dvd selalu lemot apa pengaruh dari cpu atau apa ya mas? Minta pencerahan dong mungpung masih garansi toko hehe. Makasih

    1. Kira-kira setara dengan Intel core i5 mas Rifqi, ya beda sedikit mas. Kalau untuk not responding atau lemot mungkin karena settingannya mas

  14. Mau tanya,kalo laptop lenovo ideapad 110-14AST dengan prosesor amd APU a9 dengan VGA AMD Radeon R5 dibandingkan dengan laptop lenovo ideapad 110-14ISK dengan prosesor intel core i3 dengan VGA AMD Radeon R5 ,itu lebih bagus mana ya ,buat game sama multimedia+programming ? ,tolong pencerahannya

  15. butuh referensi laptop. kira2 yang cocok buat desain grafis, diinstal corel/photoshop gak lemot itu apa ya gan? budget saya dibawah 4 juta

  16. Mas, mau nanya, saya mau beli laptop lenovo ideapad 320 dengan amd a9 9420 up to 3,6 ghz vga amd r5 graphic + amd r7 2gb dedicated, hd 1tb tuh kuat buat autocad ngga??

  17. Bang saya pakai laptop buat gaming dan buat kerja berikut perbandingannya
    1. Asus
    Spesifikasi ASUS X550Z
    Prosesor AMD® APU FX-7600P
    Speed 2.7 GHz, max 3.4 GHz
    VGA AMD Radeon™ R7 Graphics 2GB
    HDD 1TB 5400/7200 RPM, 2.5″ 9.5mm SATA
    RAM DDR3L 1600 MHz SDRAM 4 GB, up to 16 GB
    Dengan
    2. Asus A455LF
    Processor Type Intel Core i3 5005U Processor,
    Camera VGA Web Camera
    O/S Provided Free DOS
    Battery Type 2Cells 37 Whrs
    Power Supply Output : 19 V DC, 3.42 A, 65 W Input :100 -240 V AC, 50/60 Hz universal 3/ 2 pin compact power supply system

    Mohon pencerahannya bang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *