editing

Update ! 27 Aplikasi Edit Video PC Gratis dan Berbayar

Saat ini banyak sekali aplikasi edit video PC gratis yang beredar di mana-mana. Tetapi, banyak juga aplikasi tersebut yang kualitasnya kurang bagus. Apa jadinya jika Anda menggunakan aplikasi dengan kualitas yang tidak baik ?

Bayangkan, sudah capek-capek editing video, eh hasilnya malah kurang bagus hanya karena aplikasi yang Anda gunakan kurang berkualitas. Tentunya Anda tidak mau kan membuang waktu Anda hanya untuk mencoba-coba mana software editing video untuk PC yang bagus ?

Untuk itulah dibuat artikel ini, supaya Anda tidak perlu mencoba-coba aplikasi yang Anda belum tahu kualitasnya. Langsung saja kita bahas :

Aplikasi Edit Video PC Gratis #1. Blender

Jika anda berminat atau ingin melakukan modelling object 3 dimensi, maka Blender dapat menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Blender merupakan Software Video Editing yang menyediakan berbagai macam fitur didalamnya, dan semua itu bisa anda dapatkan secara cuma-cuma.

blender
blender.org

Fitur yang dapat kita manfaatkan saat mengedit video dengan Blender antara lain, import, memotong video, menggabungkan video, dan lain sebagainya. Blender juga dilengkapi dengan fitur rendering seperti: GPU & CPU rendering, HDR lighting support, dan Realtime viewport preview.

Disamping kegunaan Blender sebagai Software Video Editing, Blender juga cocok digunakan sebagai game engine bagi anda yang ingin membuat sebuah game, kenapa? Karena terdapat fitur Game Creation didalam Blender yang meliputi kemampuan seperti :

  1. Mengimport model kedalam software game engine pihak ketiga (third party).
  2. Menjalankan game tanpa harus melakukan processing/compiling terlebih dahulu.
  3. Pembuatan logika dan kode game kita sendiri.
  4. Full-support pada OpenGLTM dynamic lighting, tone shading, dan juga animated materials (Normal & Parallax Mapping).
  5. Full Bullet Physics Integration.
  6. Python-scripting API for Advanced Control and AI (Artificial Intelligence).
  7. Penggunaan OpenAL dalam 3D Spatial Audio.

 

Aplikasi Edit Video PC Gratis #2. Windows Movie Maker

Meskipun Windows Movie Maker terakhir kali dikembangkan pada tahun 2014, namun Windows Movie Maker tetap konsisten menjadi terobosan bagi para newbie dan pemula yang ingin melakukan editing video melalui PC khususnya yang menjalankan system operasi Windows.

Windows Movie Maker memiliki segudang fitur yang lengkap dan dapat diaplikasikan secara mudah bahkan untuk seorang pemula, anda hanya tinggal klik sana, klik sini, dan kemudian publish/export, fitur tersebut antara lain: import foto, import audio, membuat video baru dengan menggabungkan beberapa video yang ada, serta memotong bagian yang ingin dihilangkan dari video.

Windows Movie Maker juga menyediakan menu untuk langsung mengupload video yang sudah kita edit kedalam vimeo, youtube, tumblr, facebook, dan berbagai sosial media lain yang dapat kita jumpai pada kehidupan sehari-hari.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #3. Da Vinci Resolve

da vinci resolve
hackurmac.com

Software video editing yang satu ini kerap kali digunakan pada beberapa rumah produksi Hollywood. Da Vinci Resolve memiliki berbagai fungsi premium yang dapat anda nikmati secara gratis pada PC yang menjalankan sistem operasi Windows dan Mac.

Dengan memanfaatkan berbagai macam fitur Non-Linear Editing, Visual Effects, serta Compositing yang terdapat pada aplikasi ini, Anda dapat menjadikan video hasil rekaman anda yang biasa-biasa saja menjadi keren dan menakjubkan bak film Hollywood.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #4. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio menawarkan pengalaman mengedit video bahkan sambil belajar mengedit video. Perangkat lunak yang satu ini memiliki beragam fasilitas dan dilengkapi berbagai macam fitur edit video dasar.

Anda dapat mengasah keterampilan dan kreativitas anda dalam menyunting video dengan Pinnacle Studio. Belum lagi, yang disajikan oleh Pinnacle Studio terbilang cukup tinggi.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #5. AVS Video Editor

Memiliki kapasitas serta ukuran yang tergolong ringan, AVS Video Editor menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang hendak melakukan editing video. AVS Video Editor dibekali kemampuan Video Cache dimana pengguna dapat dengan mudah mengedit video dengan resolusi tinggi dengan cepat tanpa gangguan.

Baca : 27 Aplikasi Edit Video Android Terbaik dan Gratis

AVS Video Editor juga dilengkapi dengan fitur-fitur penunjang seperti memisahkan video, memotong, memberi text/caption, dan menyematkan audio pada video yang sedang diedit. Terdapat lebih dari 300 efek dan transisi pada AVS Video Editor untuk menambahkan dan memperkuat kesan menarik dan kreatif pada video.

Aplikasi Edit Video PC Berbayar #6. Sony Vegas Pro 13

aplikasi edit video PC gratis : Sony Vegas Pro 13

Sony Vegas Pro 13 adalah salah satu aplikasi buatan Sony yang ditujukan kepada para editor video dengan harapan membuat kegiatanedit video menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Sony Vegas Pro 13 menyajikan berbagai macam fitur yang sangat mumpuni bagi para penggunanya.

Cara menggunakan Sony Vegas Pro 13 cukup mudah, Anda cukup drag video yang ingin anda edit, kemudian Sony Vegas Pro 13 akan membaginya ke dalam dua kolom, kolom tersebut masing-masing berisi audio dan video, setelah itu editlah video tersebut sesuai keinginan kalian.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #7. VirtualDub

VirtualDub adalah pilihan yang tepat jika Anda mencari aplikasi edit video untuk PC yang gratis, khsususnya untuk pengguna PC berbasis WIndows. VirtualDub tidak mengenal kata ribet, VirtualDub cukup simple, VirtualDub memudahkan Anda dalam menyunting video yang anda inginkan.

Sebagai aplikasi edit video, VirtualDub menyediakan fitur seperti menghapus atau mengganti audio pada video yang Anda edit. Bahkan, VIrtualDub memungkinkan Anda untuk melakukan screen recording, yaitu merekam kegiatan yang terjadi pada layar, fitur tersebut jarang ada pada aplikasi edit video pada umumnya.

Aplikasi Edit Video PC Berbayar #8. Corel Video Studio

Corel Video Studio

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi atau bahkan pernah menggunakan aplikasi bernama Corel Draw, tapi bagaimana dengan Corel Video Studio?

Corel Draw biasanya digunakan oleh sebagian orang untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan desain grafis, sedangkan Corel Video Studio digunakan untuk melakukan proses editing video. Tergambar jelas pada namanya, kedua aplikasi tersebut diproduksi oleh pihak yang sama, yaitu Corel.

Corel Video Studio memiliki interface yang simple, yang menjadikan Corel Video Studio cocok untuk para pemula untuk belajar menyunting video. Tidak hanya itu, Corel Video Studio juga dibekali segudang fitur eksklusif, sehingga Corel Video Studio bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi edit video yang canggih.

Aplikasi Edit Video PC Berbayar #9. Adobe Premiere Pro

Adobe memang dikenal sebagai produsen software yang selalu mengeluarkan aplikasi khususnya di bidang editing visual dan grafis, sebut saja Adobe Photoshop, Adobe Lightroom, Adobe Dreamweaver, dan lain sebagainya. Tidak seperti aplikasi keluaran Adobe sebelumnya, yang umumnya digunakan untuk menyunting foto, Adobe Premiere Pro mengusung tema baru, yakni editing video.

Dalam Adobe Premiere Pro, Adobe menawarkan kemudahan serta beragam fitur eksklusif didalamnya, yang pastinya akan memberikan pengalaman edit video yang mengagumkan. Karena factor tersebut, banyak professional yang memilih menggunakan Adobe Premiere Pro sebagai aplikasi edit video mereka.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #10. Camtasia

Camtasia tidak hanya dapat dijalankan pada PC yang menjalankan system operasi Windows saja, melainkan dapat juga dijalankan pada PC bersistem operasi Mac.

Tergolong memiliki banyak fitur untuk penyuntingan video, Camtasia digadang-gadang sebagai aplikasi yang paling bagus dan dapat digunakan oleh siapapun. Camtasia juga dilengkapi fitur screen recording, dimana setelah  kita selesai merekamnya, anda bisa langsung mengeditnya dengan Camtasia, tanpa kata ribet.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #11. HitFilm 4 Express

HitFilm 4 Express

HitFIlm 4 Express merupakan software Video Editing yang kurang lebih mirip dengan Sony Vegas, hanya saja HitFilm 4 Express memberikan lisensi secara gratis atau cuma-cuma.

Bagi Anda yang berpengalaman menggunakan software video editing lain seperti Adobe Aftereffect, maka dapat dipastikan Anda tidak akan merasa kesulitan saat menggunakan Software ini untuk melakukan editing video. Selain dapat dijalankan pada Windows, HitFilm Express juga tersedia untuk Mac.

HitFilm 4 Express dibekali berbagai fitur canggih yang biasanya hanya dimiliki oleh software premium saja, fitur tersebut antara lain: Real-time Viewer, Panel Trimmer, Panel Media, Panel Timeline, Layers Management, dan berbagai Effects canggih lainnya.

Selain mendukung 2D dan 3D Compositing, HitFilm 4 Express juga memiliki lebih dari 140 visual effect canggih yang dapat membuat video Anda menjadi lebih keren.

Terdapat sebuah komunitas di luar sana yang beranggotakan User HitFilm 4 Express dari seluruh belahan dunia, disana terdapat forum untuk berdiskusi, kurang lebih semacam FAQ, bergabunglah jika Anda merasa kesulitan atau Anda ingin membagi ilmu Anda pada mereka yang kesulitan.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #12. LightWorks

Lightworks

Jika anda mencari Non-Linear Editing Software terbaik, maka LightWorks adalah jawabannya. LightWorks adalah software video editing untuk PC yang menyajikan fitur profesional yang bisa didapat secara gratis.

LightWorks sudah ada sejak 25 tahun yang lalu, sizenya yang ringan serta fitur profesionalnya yang gratis membuat LightWorks dapat bertahan selama ini.

LighWorks bahkan sudah medndukung pengeditan video dengan resolusi tinggi, resolusi yang didukung LghtWorks mencapai 4K, LightWorks juga digunakan pada pembuatan film-film BlockBuster Hollywood seperti: The Wolf of Wall Street, LA Confidential, Heat, Hugo, Road to Perdition, Pulp Fiction, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #13. VideoPad Video Editor

VideoPad Video Editor memiliki fitur yang hampir serupa dengan Movie Maker besutan Microsoft, hanya saja dengan beberapa tambahan fitur eksklusif yang dapat dengan mudah digunakan saat mengedit video seperti: 50 Visual Transition Effects, Audio Tools, Video Optimization, dan kemudahan dalam mempublikasikan video.

Dengan menggunakan VideoPad, kita bisa langsung melakukan burn ke dalam CD/DVD, atau mengunggahnya ke YouTube dengan resolusi tinggi mencapai 4K.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #14. ZS4 Video Editor

ZS4 Video Editor adalah sebuah software edit video yang mudah digunakan, cukup disarankan untuk Anda yang masih awam dan ingin belajar dalam editing video. Belum lagi, terdapat banyak video di Youtube tentang cara-cara dan tutorial editing video dengan menggunakan ZS4 Video Editor.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #15. iMovie

Dari namanya, Anda pasti tahu kalau iMovie merupakan software edit video yang diciptakan oleh Apple. iMovie memang diciptakan khusus untuk iMac dan PC dengan system operasi Macintosh lainnya.

Selain itu iMovie juga tersedia untuk iOS. iMovie biasa digunakan untuk mengedit video yang dihasilkan dari action camera seperti GoPro dan lain sebagainya.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #16. VideoSpin

VideoSpin menambah daftar software edit video yang mudah digunakan, meskipun fitur yang ada pada VideoSpin tidak selengkap aplikasi edit video PC premium, namun VideoSpin memiliki fitur andalan, berupa dukungan format video dan gambar yang sangat luas.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #17. Magisto

Magisto

Magisto merupakan software edit video online pada awal mula dirilis, namun, baru-baru ini Magisto diketahui merilis versi offline berupa aplikasi untuk PC. Hal ini mereka lakukan untuk mempermudah pengguna dalam mengedit video secara langsung tanpa harus menggunakan koneksi internet.

Baca : 10 Aplikasi Pengelola Keuangan Android Terbaik dan Gratis

Untuk bisa menggunakan Magisto, Anda minimal harus memiliki computer dengan spesifikasi sebagai berikut: Windows 7, Intel Processor 1 GHz, 2GB RAM, 128MB Video memory, dan sedikitnya 50MB Free Disk Space.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #18. Ezvid

Bagi anda yang menjalankan system operasi Windows, anda dapat menggunakan software edit video bernama Ezvid. Ezvid hampir sama dengan Movie Maker, disini anda akan menemukan panel audio, panel multimedia yang memungkinkan anda memasukkan beragam file multimedia untuk dijadikan sebuah video yang keren, dan panel timeline untuk mengatur timing video.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #19. Filmora

Filmora merupakan salah satu software edit video terbaik untuk pc yang pernah ada, fitur yang sedemikian lengkap serta penggunaannya yang mudah menjadi faktor penyebab bertahnnya Filmora selama ini.

Filmora memberikan layanan free trial dengan batas waktu atau lifetime yang cukup, untuk menggunakan Filmora lebih lanjut setelah melewati batas waktu, anda bisa membeli Filmora dengan harga mencapai lima ratus ribu rupiah.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #20. Kdenlive

kdenlive
kdenlive.org

Aplikasi yang satu ini dikhususkan bagi Anda yang menjalankan Sistem Operasi Linux pada PC Anda. Seperti aplikasi Linux lain, Kdenlive bersifat opensource. Kdenlive sangat cocok bagi anda yang telah berpengalaman menggunakan software edit video professional seperti Adobe After Effect.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #21. OpenShot Video Editor

OpenShot Video Editor dirilis pada tahun 2008 oleh Jonathan Thomas. Thomas memiliki mimpi untuk menciptakan sebuah software edit video untuk PC yang gratis, ringan, dan mudah digunakan, OpenShot Video Editor merupakan realisasi dari mimpi Thomas tersebut.

OpenShot Video Editor bersifat cross-platform, yang berarti aplikasi ini dapat dijalankan di bermacam platform, seperti Windows, Linux, dan OS X.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #22. Shotcut

Shotcut

Shotcut merupakan pendatang baru dalam jagad dunia editing video. Sama seperti OpenShot, Shotcut dapat dijalankan di berbagai macam system operasi, yakni Windows, Linux, dan OS X.

Shotcut adalah program freeware, yang berarti Anda bisa menggunakannya secara gratis tanpa diperlukan biaya tambahan untuk membeli lisensi. Shotcut memiliki interface yang bisa diatur sesuai keinginan Anda, dengan UI yang customizable ini, diharapkan user bisa memaksimalkan penggunaan Shotcut.

Selain itu, terdapat dua theme yang bisa Anda nikmati, light theme dan dark theme. Shotcut mendukung berbagai macam format video, sehingga keberadaan converter hampir tidak diperlukan jika Anda hendak menyunting video menggunakan Shotcut.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #23. Avidemux

Software edit video untuk PC yang satu ini berlisensi opensource dan bisa didapat secara gratis, Avidemux tersedia untuk Linux dan Mac. Avidemux diupdate secara rutin hingga tahun 2014, namun setelah itu tiba-tiba Avidemux berhenti mengeluarkan update sampai saat ini.

Avidemux sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar editing video seperti memotong video, menyematkan filter pada video, maupun memberi efek transisi. Avidemux juga mendukung berbagai macam file format video seperti .avi, .mp4, .asf dan masih banyak lagi format file video yang didukung oleh Avidemux.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #24. VSDC Free Video Editor

VSDC
softsha.com

Seperti namanya, VSDC Free Video Editor dapat anda unduh dan gunakan secara gratis tanpa harus membeli lisensi. VSDC Free Video Editor merupakan non-linear video editor untuk pc yang memiliki fitur bak software edit video professional. Beberapa fitur umum yang dimiliki VSDC Free Video Editor adalah, panel timeline, panel visual effect dan layer selector.

VSDC Free Video Editor sangat cocok untuk Anda yang memiliki PC dengan spesifikasi minimalis namun ingin mengedit video dengan harapan hasil yang maksimal, karena meski VSDC Free Video Editor memiliki ukuran yang terbilang ringan namun hasil yang ditawarkan sungguh memuaskan.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #25. Kate’s Video Toolkit

Kate’s Video Toolkit merupakan software edit video yang cukup legendaris, karena walaupun sudah jadul, namun Kate’s Video Toolkit memiliki fitur yang cukup memenuhi kebutuhan para pembuat video amatir seperti: konversi video, memotong video, menggabungkan video, mencampur video, dan menambah transisi basic pada sebuah video.

Kate’s Video Toolkit juga memiliki ukuran yang ringan, bagi Anda yang hanya sekedar ingin memotong video, menggabungkan video ataupun mengkonversi format sebuah video kedalam format lain seperti .wmv, .avi, .mkv, .mpeg, dan .3gp.

Aplikasi Edit Video PC Gratis #26. Adobe After Effect

Adobe After Effect

Adobe After Effect ini bisa dibilang termasuk aplikasi edit video PC yang cukup populer dan banyak digunakan oleh orang. Itu karena adobe after effect ini memiliki performa yang cukup ‘apik’ dan menyediakan efek yang siap pakai. Tak hanya itu, Adobe After Effect ini juga memiliki kemampuan untuk membuat sebuah animasi dari objek.

Aplikasi milik Adobe ini lebih dikhususkan untuk para editor video yang sudah profesional karena fitur yang ada di dalamnya termasuk lengkap. Adobe After Effect juga memiliki fitur Scripting serta dukungan expression yang membuat sebuah animasi terlihat lebih interaktif dan dinamis.

Selain itu, Adobe After Effect ini juga mampu melakukan konversi file vektor ke dalam bentuk shape dengan cara mengimport file lalu dimasukkan ke dalam sebuah workshape. Adobe After Effect juga memiliki kelebihan yaitu menjaga kualitas grafik yang halus dan detail.

Itulah beberapa software atau aplikasi untuk editing video PC terbaik dan gratis yang sangat cocok untuk Anda yang akan melakukan editing video, baik pemula maupun tingkat profesional.

 

3 thoughts on “Update ! 27 Aplikasi Edit Video PC Gratis dan Berbayar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *