Belajar Membuat Website : 6 Cara Membuat Website Yang Dinamis dan Menarik

Web Programming / Web Design. Rupanya baru sedikit orang yang mengetahui hal ini. Banyak yang masih awam terhadap hal ini. Faktanya, banyak orang yang tidak tahu apa itu web programming. Jika ditanya, apa itu web programming ? Masih banyak yang belum mengerti.
Oke, sebelum saya membahas lebih lanjut tentang web programming, saya akan menjelaskan apa itu web programming daripada saya sudah menjelaskan panjang lebar tetapi anda tidak mengerti apa itu web programming.

Pengertian Web Programming

Web programming adalah sebuah kegiatan membuat website dengan proses ngoding atau mengetikkan beberapa perintah bahasa pemrograman. Jika Anda ingin belajar cara membuat website, Anda wajib baca artikel ini.

web programming / web design

kinfosystem.com
Cara membuat website tidak hanya membuat asal-asalan, tetapi harus diperhatikan tampilannya, versi mobile nya, dan versi desktopnya juga. Nah, untuk anda yang ingin belajar cara membuat sebuah website tetapi anda bingung mau mulai darimana, akan saya ulas satu persatu.

#1. Belajar HTML

HTML (belajar membuat website)
Yang pertama dan wajib dikuasai oleh sang web programmer adalah HTML. Tidak mungkin seseorang bisa membuat website tanpa menguasai yang namanya HTML. HTML itu seperti dasar dari sebuah website. Saya sarankan juga untuk belajar HTML5 ke atas, karena versi HTML5 ini sudah merupakan versi yang cukup baru. Jadi, lebih banyak code (syntax) yang masih berlaku.

Saya sengaja beri huruf tebal pada kata “website” agar anda tidak keliru dengan blog. Kalau membuat blog sih anda tidak perlu menguasai HTML.

Baca : Mengapa HTML Bukan Termasuk Bahasa Pemrograman ?

HTML merupakan inti dari sebuah website. HTML dengan website bisa diibaratkan dengan akar dengan pohon. Jika pohon tidak memiliki akar, maka tidak bisa hidup. Sama halnya dengan website. Jika website tanpa HTML maka tidak akan menjadi website. Tetapi, anda tak perlu khawatir.
Tidak susah kok mempelajari bahasa markup yang satu ini. Anda bisa menggunakan notepad atau text editor lain untuk mengetikkan tag HTML, tapi saya sarankan menggunakan Sublime Text atau Atom karena penggunaannya lebih mudah dan disertai warna-warna yang menarik.
HTML merupakan akronim dari (Hyper Text Markup Language) yang memiliki fungsi sebagai “wadah” bagi bahasa pemrograman pembangun web / jaringan. Banyak yang bilang HTML merupakan bahasa pemrograman, tetapi HTML bukan bahasa pemrograman, melainkan hanya bahsa markup.

#2. Belajar CSS

CSS ini merupakan singkatan dari Cascading Style Sheet. Yang ini juga bukan merupakan bahasa pemrograman. Fungsi dari CSS ini untuk memperindah tampilan halaman web.

css

Bagi Anda yang sangat antusias untuk menjadi web designer, Anda wajib menguasai bahasa CSS ini karena bahasa ini berfungsi untuk membuat web agar tampilannya semakin menarik dan indah. Peletakan CSS ini di dalam HTML karena HTML merupakan “wadah” bagi CSS. Untuk anda yang ingin meneruskan ke web design, saya sarankan anda mendalami CSS.
Struktur HTML dan CSS pun hampir sama, tetapi menurut saya CSS lebih susah untuk dipelajari. Tapi, jika anda punya tekad yang kuat, walaupun belajar senidiri (otodidak) pun pasti bisa.

#3. Kuasai Javascript

Javascript merupakan bahasa wajib yang harus Anda kuasai untuk belajar cara membuat website. Bahasa Javascript termasuk bahasa client side. Bagi yang belum tahu apa itu client side dan server side, server side (back end) adalah bagian belakag web (server), yaitu bagian yang mengatur sistem sebuah website, bagaimana website itu bekerja.

Sedangkan client side (front end) adalah bagian tampilan sebuah website. Intinya yang bisa dilihat oleh user, seperti UI, animasi, dll.

Kalau bahasa pemrograman yang satu ini juga merupakan bahasa pemrograman yang wajib dikuasai untuk yang ingin belajar web programming supaya menjadi web programmer, serta wajib juga bagi yang gemar mendesain template web (web design) supaya menjadi web designer.

Javascript merupakan bahasa pemrograman, bukan bahasa markup. Javascript menggunakan konsep OOP (Object Oriented Programming). Tujuan penggunaan Javascript adalah anda bisa membuat halaman web lebih interaktif, misalnya jika anda menekan tombol tertentu, maka akan muncul pesan tertentu.
Selain itu, javasript bisa untuk membuat animasi hingga game berbasis web. Sungguh canggih kan.

#4. Kuasai Database

Kalau yang ini bukan bahasa pemrograman, bukan juga bahasa markup. Tetapi, merupakan penyimpanan dalam jaringan yang berfungsi menyimpan data yang diinputkan.  Anda sangat memerlukan database dalam membuat website. Karena peranan database itu sangat penting agar dalam membuat website, kita bisa menyimpan data-data user.

Jika Anda ingin menjadi web programming / web developer, maka Anda harus bisa menguasai yang namanya SQL atau Structured Query Language.

MySQL atau MySQLi

SQL tersebut akan dikoneksikan bersama dengan PHP agar data yang masuk melalui web bisa disimpan ke dalam database. Saya sarankan belajar database MySQL daripada yang lain, karena menurut saya MySQL ini lebih mudah daripada yang lain. Tetapi, sekarang sudah zamannya MySQLi.

Perbedaan antara MySQL dengan MySQLi itu tidak terlalu jauh, hanya terletak pada struktur (syntax) nya saja. Tapi sekarang sudah tidak jamannya MySQL karena sudah deprecated. Saran saya Anda menggunakan MySQLi.

Baca : Cara Menghubungkan PHP dengan MySQLi

Misalnya, anda memiliki toko online seperti bukalapak.com atau tokopedia.com. Pasti banyak penjual yang menjual barangnya lewat toko online tersebut kan ? Cara membuat website seperti itu sebenarnya tidak susah.
Nah, data tentang barang penjual yang telah dimasukkan oleh penjual lewat form yang disediakan akan disimpan di database yang telah dibuat. Tujuannya agar data bisa disimpan dan tidak hilang.

#5. Kuasai PHP

Bagi Anda yang ingin terjun ke dunia web programming, Anda wajib menguasai bahasa ini. Karena bahasa ini merupakan bahasa pokok untuk membuat sebuah web agar terlihat menarik dari sisi mekanismenya. PHP itu merupakan bahasa pemrograman, sama seperti Javascript.
Jika anda ingin benar-benar mendalami web programming, saya sarankan anda mempelajari PHP hingga benar-benar mahir. Karena, lumayan sulit untuk mempelajari PHP hingga expert.
PHP ini berfungsi untuk mengatur logika, aritmatika, hingga berkomunikasi dengan database. Sebagian besar website seperti facebook.com, google.com, dan kawan-kawannya menggunakan PHP untuk membangun websitenya karena memang PHP yang merupakan salah satu bahasa pemrograman terbaik dalam membangun “web”.

#6. Kuasai Framework

Framework cukup penting bagi Anda yang ingin membuat sebuah aplikasi maupun website. Untuk yang belum mengetahui apa itu framework beserta manfaatnya, bisa baca artikel di bawah ini…

Baca : Apa itu Framework ? Pengertian dan Manfaat Framework Yang Membuat Programmer Lebih Mudah Dalam Membuat Program

Pada intinya, kehadiran framework ini sangat penting bagi programmer. Banyak website-website besar yang dibuat dengan bantuan framework. Framework memiliki peranan yang cukup penting.

framework untuk belajar web programming

Dengan framework, Anda tidak perlu menulis kode dari 0. Anda tinggal menggunakan bantuan framework dan website Anda lebih cepat jadi.

#7. Kuasai WordPress

Jika Anda ingin belajar membuat website tetapi Anda tidak ingin berurusan sedikitpun dengan bahasa pemrograman, Anda bisa menggunakan wordpress. WordPress adalah sebuah CMS yang memudahkan para pengguna dalam membuat website tanpa menguasai bahasa pemrograman sedikitpun.

Anda bisa belajar wordpress melalui panduan di bawah ini :

belajar wordpress

3 thoughts on “Belajar Membuat Website : 6 Cara Membuat Website Yang Dinamis dan Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *