panduan belajar PHP dasar untuk pemula

Panduan Belajar PHP Dasar Lengkap untuk Pemula

Apabila Anda cukup familiar dengan dunia web programming, pasti tidak asing dengan yang namanya PHP. Ya, pasti Anda tahu dengan PHP. Sebenarnya, PHP itu apa sih? Apa pentingnya PHP sampai kita harus belajar PHP untuk dapat membuat website yang dinamis?

Panduan Belajar PHP Dasar

Jika Anda pernah mencoba membeli barang di marketplace, pasti alurnya kurang lebih seperti ini:

Anda membuka website -> memilih barang -> memasukkan jumlah barang dan alamat pengiriman->muncul tagihan pembayaran yang menampilkan detail barang dan data diri Anda.

Dan apabila Anda sudah membayar, maka sistem marketplace akan otomatis mengetahui kalau Anda sudah membayar tanpa perlu repot-repot konfirmasi pembayaran. Nah, salah satu penerapan dari PHP (atau bahasa pemrograman server-side lain) ya seperti itu. PHP bisa mengatur alur program yang tidak bisa dilihat oleh user.

Kalau misal dari contoh di atas, ketika Anda memesan barang dan data diri (alamat), maka PHP memproses inputan Anda untuk dimasukkan ke dalam sebuah database atau tempat penyimpanan data.

Setelah data berhasil dimasukkan oleh PHP, maka PHP akan mengarahkan Anda menuju halaman tagihan dan data yang tadi dimasukkan akan ditampilkan lagi sesuai dengan pesanannya. Sampai sini paham kan manfaat PHP dan mengapa kita harus belajar PHP supaya dapat membuat website yang dinamis?

Itu baru konsep saja, sekarang saya sudah membagi artikel panduan belajar PHP dasar ke dalam beberapa bagian supaya Anda lebih mudah dalam mempelajarinya. Apabila Anda masih pemula dan benar-benar belum mengerti PHP, saran saya mulai dari panduan pertama dan jangan dilewati setiap panduannya.

Panduan 1 : Konsep Dasar PHP
Panduan 3 : Cara Instal XAMPP
Panduan 6 : Operator Pada PHP
Panduan 9 : Foreach Pada PHP
Panduan 10 : Function Pada PHP

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *