panduan belajar seo lengkap untuk pemula

Belajar SEO: Panduan SEO Terbaru dan Mudah untuk Pemula

Siapa yang tidak tahu Google? Setiap orang yang pernah pakai internet, pastinya tahu Google. Ketika Anda mencari sesuatu melalui Google, pasti yang Anda cari akan muncul. Misalnya, saya ingin mencari informasi tentang tempat wisata di Semarang. Maka, Google (atau search engine lain) akan menampilkan halaman seperti di bawah ini:

algoritma google

Google akan menampilkan berbagai konten yang sesuai dengan kata kunci yang saya ketik. Misal, saya ketik “laptop gaming terbaik”, nanti Google akan menampilkan berbagai halaman website yang menampilkan list tentang laptop gaming terbaik.

Apabila ada seseorang, katakanlah namanya Andi. Andi mengetikkan kata kunci “jual kamera DSLR”, maka apa yang akan Google tampilkan? Coba dilogika. Jika dilihat dari keywordnya, Andi ingin mencari halaman penjualan kamera DSLR.

Artinya, dia ingin membeli kamera DSLR. Coba bayangkan, apabila ada orang yang bernama Budi. Nah, si Budi ini memiliki toko kamera. Kemudian, Budi membuat website dan menjual kameranya melalui Google menggunakan website tersebut. Ternyata, si Andi tadi mengunjungi halaman website milik Budi dan melakukan pembelian.

Ada transaksi di antara Budi dan Andi. Andi mendapatkan kamera dari Budi. Budi mendapatkan uang dari Andi. Tentunya, hal tersebut sangat menguntungkan dan tidak menutup kemungkinan, ada banyak orang selain Andi yang membeli kamera dari Budi melalui Google.

Tentunya akan sangat menguntungkan ketika orang seperti Budi menjual produknya melalui Google menggunakan website. Dengan Google, Budi bisamendapatkan penjualan dari mana saja dan kapan saja.

Tapi kenyataannya tidak juga.

Belajar SEO

Katakanlah ada orang bernama Dewi. Nah, si Dewi ini saingannya Budi. Dewi memiliki website yang isinya mirip dengan website Budi. Namun, tidak ada orang yang beli melalui website Dewi. Sangat jarang orang yang mengunjungi website Dewi walaupun hanya sekedar untuk melihat-lihat. Padahal, Dewi sudah memiliki website yang mirip dengan Budi.

Rupanya, Dewi tidak menggunakan teknik SEO. Apakah Anda berfikir bahwa Google dan mesin pencari lain menampilkan hasil pencarian Anda secara acak-acakan? Tentu tidak. Mereka (Google dan search engine lain) punya algoritma atau cara penilaian sebuah konten.

Jadinya, website yang muncul paling atas dalam pencarian berarti website tersebut memiliki kualitas terbaik dengan kata kunci tertentu. Untuk dapat menjadi yang terbaik, Anda perlu SEO untuk diterapkan pada website Anda.

Mungkin, istilah ini cukup asing bagi Anda yang baru terjun di dunia website. Tapi percayalah, SEO tidaklah susah dan bisa dikuasai dalam hitungan jam. Namun, Anda hanya butuh konsistensi untuk menerapkan SEO di website. SEO itu sifatnya jangka panjang. Tapi, kalau website Anda sudah menerapkan SEO, pastinya akan banyak penjualan pada website Anda.

Apakah SEO Penting?

Sebenarnya, tidak semua website membutuhkan SEO. Logikanya begini, apabila orang mencari produk Anda melalui search engine, maka Anda butuh SEO. Anda butuh SEO tidak hanya untuk mendapatkan pengunjung, namun SEO itu untuk mendapatkan pengunjung yang tepat sasaran.

Maksudnya tepat sasaran di sini yaitu pengunjung memang mengunjungi website Anda karena mereka butuh. Bukan karena numpang lewat, lalu menghilang dan tidak pernah mengunjungi website Anda.

Contohnya apabila website Anda tentang kecantikan, maka Anda harus bisa mendatangkan pengunjung yang benar-benar suka dengan kecantikan. Dengan begitu, apabila Anda memiliki produk, mereka akan menyukai produk Anda. Sampai sini paham?

Perlu diingat bahwa kualitas pengunjung yang datang dari mesin pencari itu:

  • Kualitasnya terbaik nomor 2 setelah email. Karena pengunjung akan mengunjungi website yang sesuai dengan kata kunci yang dicari
  • Kuantitasnya terbanyak. Karena orang-orang mencari sesuatu melalui mesin pencari.

Jadi, kesimpulannya SEO sangat penting bagi para pemilik website yang menginginkan penjualan produk melalui websitenya.

Saya juga menerapkan konsep SEO pada website saya. Hasilnya, ada puluhan, bahkan mungkin ratusan produk yang terjual melalui website ini dan saya mendapatkan puluhan juta hanya dengan website ini.

Untuk itulah, Anda perlu belajar SEO dengan serius apabila ingin menghasilkan uang hanya dari rumah. Berikut sudah saya siapkan panduan belajar SEO yang sangat cocok untuk Anda.

Konsep Dasar dan Cara Kerja SEO

WordPress atau Blogspot

Cara Membuat Blog yang Sukses

Optimasi SEO On-page

Cara Riset Keyword

Cara Membuat Artikel

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

One thought on “Belajar SEO: Panduan SEO Terbaru dan Mudah untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *