Anti Malware Terbaik untuk Melindungi Komputer Anda

23+ Anti Malware Terbaik untuk Melindungi Komputer Anda

Salah satu ancaman yang ada pada dunia digital adalah serangan malware. Malware merupakan salah satu cara dari peretas yang sering digunakan untuk menyerang sistem milik orang lain.

Sistem yang disusupi malware akan menyebabkan banyak kerugian. Dalam dunia digital saat ini hal – hal seperti  malware memang merupakan salah satu cara ilegal yang banyak dilakukan untuk mendapatkan keuntungan tertentu.

Berhati – hati dalam berkegiatan di internet memang bisa menjadi salah satu cara untuk menangkal malware. Namun dengan semakin canggihnya internet saat ini, malware pun bisa masuk lewat banyak tempat dengan berbagai cara.

Tidak cukup dengan berhati – hati, kita juga harus memasang software untuk menghalangi malware ini masuk. Atau setidaknya kita memiliki software yang bisa mendeteksi dan menghilangkan malware dari perangkat kita.

Anti Malware

Apa itu anti malware

Anti malware merupakan software yang dibuat oleh hacker untuk mencegah masuknya malware ke dalam sistem perangkat anda. Cara kerjanya adalah dengan mendeteksi secepat mungkin berbagai macam files yang ada pada perangkat anda.

Jika files tersebut dianggap berbahaya maka anti malware terbaik ini akan memberikan notifikasi kepada anda. Jika diberi permission, maka anti malware ini akan langsung menghapus file tersebut dari sistem.

Selain itu anti malware juga akan bekerja dalam jaringan ketika anda sedang online. Anti malware ini akan bekerja dengan mendeteksi ancaman yang mungkin akan datang.

Jika anda mengakses sebuah web dan anti malware mendeteksi adanya malware pada website tersebut maka software ini akan langsung memberi notifikasi kepada anda dan menyarankan untuk tidak melanjutkan aktifitas anda di website tersebut.

Lebih lanjut, ketika anda sedang online anti malware ini juga bisa berfungsi sebagai ad blocker di mana hal ini akan menghalangi munculnya pop up iklan yang tidak anda kehendaki.

Baca Juga: 27 Cara Meningkatkan Keamanan Website dari Serangan Hacker

Yang harus anda perhatikan adalah akan ada beberapa program yang tidak bisa bekerja ketika anti malware ini aktif. Hal tersebut mengindikasikan program tersebut mengandung malware di dalamnya.

Begitu juga jika anda tidak bisa menerima sesuatu seperti email ataupun data lain ke komputer anda, hal itu menandakan jika anti malware mendeteksi ada yang tidak beres dengan paket kiriman yang akan anda terima tersebut.

Untuk keamanan dalam jaringan internet, cara kerja anti malware ini hampir mirip dengan firewall. Namun demikian, ada perbedaan yang harus anda tahu antara firewall dan anti malware.

Firewall selain mengamankan sistem anda juga berfungsi untuk menjaga lalu lintas jaringan dan mencegah munculnya akses yang tidak sah untuk masuk ke jaringan tersebut.

Pada dasarnya firewall tidak di desain untuk mengatisipasi malware. Kalaupun bisa, biasanya merupakan malware dengan efek yang lebih kecil. Firewall tidak memiliki kemampuan untuk mengenali dan mencari malware yang beragam jenisnya.

Itulah mengapa penggunaan anti malware lebih disarankan untuk menangkal bahaya malware. Dalam setiap update versi terbarunya, anti malware akan memperbaharui database mereka tentang jenis malware.

Anti malware akan lebih mudah mengenali malware meskipun dalam tumpukan berbagai macam files yang beragam. Meski demikian, memasang keduanya dalam perangkat anda akan membuat perangkat anda jauh lebih aman.

Anti Malware Terbaik

Rekomendasi anti malware terbaik

Sekarang ini ada banyak anti malware yang bisa anda gunakan. Berbagai macam anti malware ini tentu memiliki keunggulan masing – masing. Beberapa anti malware ini juga bisa anda dapatkan secara gratis.

Namun ada juga yang mengharuskan anda untuk membayar layanannya. Sebenarnya fitur utama dari setiap anti malware ini sama yaitu mendeteksi dan menghapus malware yang akan menyerang perangkat anda.

Setiap anti malware ini juga memiliki fitur – fitur lain yang bisa anda manfaatkan. Beberapa jenis anti malware terbaik itu diantaranya adalah :

1. Total AV

Bisa dikatakan ini merupakan anti malware yang baru muncul. Meskipun masih baru namun kemampuan dari anti malware ini tidak perlu diragukan lagi. Total AV bisa direkomendasikan untuk melawan berbagai malware yang memiliki kemampuan kuat.

Selain itu, anti malware ini juga memiliki beberapa fitur lain seperti :

  • Optimization tools yang berfungsi untuk membersihkan memory perangkat anda supaya membuat perangkan anda bisa bekerja dengan optimal
  • Memberikan notifikasi pada anda guna menghindari situs palsu ataupun menghindarkan anda dari situs penipuan.
  • Membantu anda dalam menjaga kerahasiaan password anda agar tidak mudah dicuri pihak lain

2. Norton

Merupakan salah satu software anti malware yang sudah digunakan oleh banyak orang. Norton memang sudah cukup dikenal dalam bidang keamanan perangkat digital. Norton juga dipercaya sebagai software anti malware yang bisa mendeteksi berbagai malware sampai level terendahnya.

Beberapa fitur yang ada pada software ini antara lain adalah :

  • Versi terbaru dari software anti malware ini sudah menggunakan Artificial intelligence untuk membantu software mendeteksi malware
  • Bisa melindungi dari berbagai jenis malware seperti ransomware, spyware, trojan, dan lainnya
  • Software anti malware ini juga menyediakan fitur parental controls di mana fitur ini akan memblokoir situs yang tidak layak diakses oleh anak anda. Fitur ini juga membantu anda untuk memonitor segala macam aktifitas di dunia internet yang dilakukan oleh pengguna.
  • Menyediakan fitur yang memungkinkan anda menyimpan dan menjaga kerahasiaan dari password anda dengan aman.
  • Tidak hanya sebagai anti malware, software ini juga menyediakan back up data untuk anda secara cloud. Ini merupakan fitur yang tentu anda butuhkan untuk menjaga data anda agar tidak hilang.

3. Malwarebytes

Salah satu software anti malware yang kini sedang banyak digunakan oleh banyak orang. Malwarebytes menawarkan perlindungan secara real time. Software ini juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Beberapa fitur yang ada pada software anti malware ini antara lain adalah :

  • Selain menawarkan fitur perlindungan real time, software ini juga menawarkan fitur analisis perilaku pada program anda. Jika merasa ada yang tidak beres dengan program yang anda biasa gunakan maka anti malware ini akan menganggap program tersebut sudah dimasuki malware.
  • Software ini merupakan software anti malware berbayar. Namun anda bisa mencoba software ini selama 14 hari dengan gratis. Ini untuk meyakinkan anda akan kemampuan dari anti malware ini.
  • Cara kerja software ini dalam mendeteksi malware dianggap sebagai cara kerja paling efektif saat ini.
  • Ukuran dari software ini juga termasuk kecil jika dibandingkan dengan software serupa lainnya.

Software anti malware in juga tersedia dalam versi mobile. Dalam versi mobile ini anti malware ini bahkan bisa melacak kemungkinan masuk nya malware melalui pesan seperti Whatsapp ataupun SMS.

4. Ad block

Tidak seperti anti malware lainnya, anti malware ini merupakan plug in yang disediakan browser untuk menghalau malware seperti adware. Fungsi utama dari plug in anti malware ini adalah tidak memunculkan iklan yang tidak anda butuhkan. Iklan yang muncul dengan sembarang bisa menjadi sumber malware lainnya.

Sementara itu, plug in ini juga memiliki beberapa fitur lain seperti bisa menahan munculnya pop upMendeteksi web palsu, menghentikan redirect ke website yang tidak kita kehendaki, dan lainnya.

5. Norman Malware Cleaner

Norman malware cleaner, seperti namanya merupakan software yang digunakan untuk menghilangkan malware dari perangkat anda. Software ini akan mendeteksi dan menghilangkan malware langsung dari perangkat anda secara otomatis.

Kelebihan lain dari software ini adalah kemampuannya untuk mengembalikan registry yang telah rusak oleh malware ke bentuk dan nilai yang benar.

Anti malware ini juga bisa membantu memperbaiki jika firewall pada sistem anda rusak karena serangan malware. Software ini juga memiliki kemampuan untuk memberhentikan secara paksa program berjalan yang teridentifikasi sudah terserang malware.

6. Adw Cleaner

Ini merupakan software yang fungsinya mirip dengan plug in ad block. Fungsi utama keduanya adalah menghentikan munculnya iklan yang tidak anda kehendaki. Anti malware terbaik satu ini memang bertujuan untuk menghancurkan malware tipe adware.

Adware memang bukan jenis malware yang bertujuan untuk merusak. Namun, banyak iklan yang muncul akibat malware ini tentu akan mengganggu kenyamanan anda ketika melakukan kegiatan di dunia internet. Di sinilah fungsi adw cleaner akan bekerja. Adw cleaner akan benar – benar menghalangi kerja dari ad ware

Selain untuk menghalangi munculnya iklan, software anti malware in juga bertujuan untuk menghilangkan program atau aplikasi yang terinstall tanpa sepengetahuan anda, menghilangkan toolbar yang mengganggu anda pada browser, dan menghalangi redirect pada website yang tidak anda kehendaki.

Cara kerja software ini agak sedikit lambat jika dibandingkan dengan software atau plug in lain yang sejenis. Namun demikian hasil yang didapat sungguh sangat akurat. Software ini juga efektif menghilangkan iklan yang muncul akibat aplikasi yang terisntall.

7. Bitdefender

Salah satu software anti malware dengan cara kerja yang menggunakan artificial intelligence dalam menyeleksi berbagai macam files. Software anti malware ini juga bekerja dengan basis learning machine yang bisa mendeteksi malware secara real time.

Software ini juga sangat ampuh untuk mendeteksi, mencegah, dan menghalangi berbagai macam malware yang akan menyerang perangkat.

Cara kerja dan proses pemindaian dari software anti malware ini juga termasuk cepat. Software akan mendeteksi berbagai macam files aneh dan memasukannya ke dalam karantina. Jika files itu dianggap files berbahaya atau berisi malware maka dengan otomatis software akan langsung menghapusnya.

Software anti malware ini juga tidak hanya bekerja untuk menyeleksi malware akibat konten internet. Software ini juga akan menyeleksi malware yang mungkin muncul dari game online.

Bahkan software ini juga bisa melindungi perangkat microphone dan webcam anda yang terkoneksi ke internet. Perangkat microphone dan webcam memang menjadi dua perangkat yang rawan disalah gunakan pihak lain.

Mungkin salah satu kelemahan dari sotware anti malware ini adalah harganya yang cukup mahal jika dibandingkan dengan software anti malware lainnya. Namun sebenarnya harga itu sebanding dengan berbagai paket dan fitur yang ditawarkan oleh software anti malware ini.

8. Avast

Mungkin software ini lebih dikenal sebagai anti virus. Namun demikian, software ini juga memiliki fitur anti malware yang cukup bisa diandalkan. Software ini sudah sangat populer. Sudah banyak orang yang menggunakan software anti malware ini untuk melindungi perangkat mereka dari serangan malware.

Saat ini, Avast mulai mengembangkan program anti malware untuk perangkat mobile. Pada perangkat mobile, software anti malware ini bisa menjadi salah satu anti malware yang bisa diperhitungkan. Fitur nya pada perangkat mobile cukup lengkap seperti applock, call blocker, dukungan pada ad block untuk browser, dan juga firewall.

9. Avira

Software anti malware lainnya yang juga sudah lumayan populer adalah avira. Salah satu keunggulan dari software anti malware ini adalah perlindungan real protection.

Avira juga mulai mengembangkan anti malware untuk perangkat mobile. Fitur pada perangkat mobile yang ditawarkan avira ini seperi anti – theft, dan blacklist support.

Salah satu keunggulan lainnya dari sofware anti malware ini adalah advisot stagefright. Fitur ini merupakan salah satu fitur yang membuat perangkat anda tidak bisa diambil alih pihak lain.

Selain itu software anti malware ini juga termasuk memiliki ukuran yang kecil jika dibandingkan dengan software anti malware sejenis lainnya.

10. ESET Security

Software anti malware lainnya yang juga cukup tekenal adalah ESET security. Software ini sudah sangat terkenal untuk mengatasi masalah anti malware maupun anti virus. Software ini juga dinilai memiliki cukup banyak fitur seperti pemindaian berkala, pengecekan sistem, dan lainnya.

Satu kelemahan yang sering banyak dikeluhkan proses setting di awal yang cukup rumit. Software ini memerlukan konfigurasi manual yang sedikit rumit, namun demikian proses setelahnya sangat mudah dilakukan.

11. Kaspersky

Salah satu nama yang juga sudah sangat terkenal di dunia keamanan sistem komputer. Software anti malware ini sudah tidak perlu diragukan lagi dalam kemampuannya untuk mendeteksi dan menghilangkan malware.

Untuk perangkat desktop, kaspersky merupakan salah satu software anti malware yang sangat banyak digunakan karena kemampuannya untuk mendeteksi malware bahkan sampai files terkecilnya.

Kini kaspersky juga mencoba untuk membuat anti malware untuk perangkat mobile. Salah satu fiturnya adalah app block. Kaspersky juga merupakan salah satu anti malware pada perangkat mobile yang menawarkan perlindungan real time.

Secara ukuran anti malware ini cukup memiliki ukuran yang besar jika dibandingkan dengan anti malware lain untuk perangkat mobile. Namun demikian, kemampuannya dalam pemindaian anti malware merupakan salah satu yang terbaik.

12. McAfee Security

Software anti malware lainnya yang juga sudah cukup dikenal adalah McAfee. Secara ukuran, software anti malware ini merupakan yang salah satu yang terbesar namun hal ini juga dibarengi dengan berbagai fitur keamanan yang sangat lengkap. Anti spyware merupakan salah satu faktor keunggulan yang dimiliki oleh software anti malware ini.

Pada versi mobile salah satu fitur yang menarik dari software anti malware ini adalah adanya fitur yang bisa mengambil foto jika perangkat anda dicuri.

McAfee akan memiliki fitur face recognition dan akan menyimpan semua data tentang wajah yang mencoba membuka perangkat anda. Semua data tersebut akan tersimpan ke cloud secara otomatis. Software anti malware ini juga akan menyimpan lokasi terakhir sebelum perangkat dimatikan.

13. eScan AV Toolkit

Salah satu software anti malware yang bisa anda gunakan secara gratis. eScan bisa menjadi pilihan untuk anda mendeteksi kemungkinan adanya malware dan menghapusnya dari sistem anda.

Software anti malware ini cukup bisa diandalkan meski gratis. Mungkin salah satu kelemahannya adalah anda harus melakukan pemindaian secara manual untuk mendeteksi adanya malware.

14. NoVirus Thanks Malware Remover

Salah satu anti malware yang bersifat portable. Anda tidak memerlukan proses install yang rumit. Namun demikian anti malware ini cukup efektif untuk menghilangkan berbagai jenis malware.

Anti malware ini juga memiliki kemampuan untuk membersihkan browser anda dan juga membersihkan host file yang berpotensi menjadi file hijacking.

Salah satu kelemahan dari anti malware ini adalah kemampuannya dalam melakukan deteksi tidak sekuat anti malware yang lain. Namun kemampuannya dalam menemukan malware di dalam sistem sungguh sangat bisa diandalkan. Untuk ukuran software yang bersifat portable, anti malware ini sudah cukup bisa diandalkan.

15. Microsoft Safety Scanner

Ini merupakan software anti malware gratis yang diberikan oleh microsoft. Anti malware ini bisa dibilang paling sederhana jika dibandingkan dengan anti malware sejenis lainnya.

Meski demikian, kemampuannya cukup efektif untuk mendeteksi dan menghilangkan malware. Satu kelemahan dari anti malware ini adalah usia pakai nya yang hanya 10 hari. Jika sudah lewat dari masa itu maka anda perlu mendownload lagi untuk bisa menggunakannya.

16. Windows Defender

Software anti malware yang dibuat khusus untuk perangkat windows. Ini merupakan anti malware bawaan yang otomatis terpasang ketika anda memasang windows pada perangkat anda.

Kemampuannya cukup bisa diandalkan untuk mengamankan perangkat anda dari serangan malware. Kelemahannya adalah anti malware ini hanya bisa digunakan pada perangkat windows dan tidak bisa dipasang di perangkat dengan sistem operasi lain.

17. Sophos Home

Ini merupakan salah satu software anti malware yang bisa digunakan secara multi platform. Anti malware ini juga efektif untuk menghalangi berbagai jenis serangan malware termasuk adware, ransomware, trojan, dan lainnya.

Keunggulan lain dari software anti malware ini adalah kemampuannya untuk melakukan analisa perilaku pada berbagai program dan aplikasi.

Software akan secara otomatis bekerja ketika ada indikasi program terkena malware sehingga penyebaran malware bisa dihentikan lebih cepat. Anti malware ini juga memiliki fitur anti phising yang akan memberikan notifikasi pada anda ketika anda mengakses website yang tidak jelas.

18. Emisoft Emergency Kit

Software anti malware lainnya adalah emisoft emergency kit. Salah satu anti malware yang bisa anda dapatkan secara gratis namun memiliki fitur yang lengkap.

Software anti malware ini memiliki fitur yang bisa melakukan monitor pada setiap proses pada sistem perangkat anda secara real time. Software anti malware ini mampu memberikan perlindungan dari berbagai jenis malware.

19. Iobit Malware

Software anti malware gratis lainnya yang juga cukup ampuh adalah Iobit malware. Secara tampilan anti malware ini mirip dengan bit defender. Anti malware ini cukup efektif dalam mendeteksi malware.

Salah satu kelemahan dari software ini adalah kemampuannya untuk mendeteksi hal lain selain malware cukup lemah. Software ini cukup  sulit jika harus menangani bug yang bukan dari malware.

20. Cybereason Ransom

Anti malware ini merupakan software yang pada awalnya dibuat untuk menangkal malware jenis trojan dan ransomware. Namun kini, anti malware ini juga efektif untuk menghentikan berbagai macam malware lainnya. Untuk menambahkan efektifitasnya, biasanya anti malware ini juga biasa dipasang dengan anti virus lain.

21. BullGuard

Ini merupakan anti malware yang cukup populer akhir – akhir ini. Anti malware ini memiliki konfigurasi awal yang cukup mudah sehingga nyaman digunakan untuk pemula.

Anti malware ini memiliki berbagai fitur perlindungan dari berbagai jenis malware. Anti malware ini juga termasuk memberikan perlindungan pada media sosial dan bisa mengelola kata sandi yang anda buat.

22. AVG

Anti malware ini sebenarnya sudah cukup populer digunakan. Meskipun awalnya hanya dikenal sebagai anti virus saja namun belakangan software ini juga mulai menambah fitur dengan memberikan perlindungan pada malware.

Software ini juga bisa digunakan multi platform. Saat ini, software anti malware ini juga memberikan perlindungan dengan fitur lengkap. Anti malware ini memberikan perlindungan terhadap email dan web, optimalisasi perangkat anda, dan fitur lain.

Kelebihan lain dari anti malware ini adalah kecepatan pemindaian data dan files yang cukup cepat jika dibandingkan dengan anti malware sejenis lainnya.

23. Zemana

Ini merupakan software anti malware yang menawarkan perlindungan hingga files yang terkecil. Software ini juga bisa memberikan pilihan untuk perlindungan perangkat anda.

Apakah anda ingin mendapatkan perlindungan berkala atau perlindungan real time. Keunggulan lain dari anti malware ini juga deteksi file yang mendalam sehingga perlindungan akan malware menjadi lebih menyeluruh.

24. Symantec Safe Site

Ini merupakan tools anti malware yang dibuat untuk melindungi website anda dari serangan malware. Anti malware didesain untuk mendeteksi kemungkinan berbagai serangan pada website anda.

Anti malware ini juga memberikan penilaian terhadap seberapa rentan website anda untuk diserang. Hal ini bisa memberi anda masukan untuk membuat website anda menjadi lebih aman.

Anti Malware VS Anti Virus

Anti malware vs anti virus

Jika melihat berbagai macam jenis anti malware terbaik di atas dan melihat berbagai macam cara kerjanya, mungkin anda akan menilai jika anti malware ini sama dengan anti virus. Penilaian ini tidak sepenuhnya benar namun juga tidak salah.

Virus juga merupakan bagian dari jenis malware. Semua virus bisa dikategorikan sebagai malware. Namun tidak semua malware berupa virus. Ini adalah perbedaan paling mudah dari keduanya.

Anti malware bisa mendeteksi berbagai macam virus yang ada pada perangkat anda dan membuangnya. Sementara anti virus akan sangat sulit untuk mendeteksi ada atau tidaknya malware di dalam perangkat anda.

Anti virus sendiri tercipta karena banyaknya perangkat personal yang dimasuki malware dengan jenis virus. Maka daripada membuang – buang resource dengan menggunakan anti malware hanya untuk mencari virus dibuatlah anti virus.

Software yang dengan spesifik hanya mengincar virus yang masuk ke dalam sistem. Kalaupun bisa, anti virus ini juga bisa mendeteksi malware jenis lain namun dengan tingkat efektifitas yang rendah.

Tips Memilih Anti Malware Terbaik

Untuk mendapatkan perlindungan terbaik tentu anda harus bisa memilih mana anti malware yang cocok dan pas untuk anda. Beberapa tips ini akan membantu anda untuk memilih mana anti malware terbaik untuk anda gunakan.

1. Jangan Gunakan yang Bajakan

Hal penting pertama dalam memilih anti malware adalah selalu gunakan produk asli. Fitur dan keamanan pada produk asli sudah sangat terjamin. Jika anda menggunakan produk bajakan, selain fitur dan keamanan yang tidak terjamin bisa jadi software bajakan tersebut justru mengandung malware yang berbahaya.

2. Gunakan Produk Trial Jika Ragu

Jika anda ragu dengan keampuhan produk anti malware yang akan anda pilih, maka anda bisa menggunakan produk trial sebelum benar – benar menggunakanya.

Beberapa pengembang menyediakan fitur trial pada produknya untuk anda coba. Produk trial ini biasanya bisa digunakan antara 14 – 30 hari. Ini waktu yang cukup untuk anda mencoba anti malware yang akan anda gunakan.

Untuk mencoba produk trial ini, ambilah dari situs resmi software anti malware tersebut. Penggunaan produk trial resmi ini juga untuk menghindari anda menggunakan produk bajakan.

3. Gunakan Versi Terbaru

Versi terbaru dari tiap software berarti semua kelemahan dari versi lama sudah diperbaharui. Menggunakan versi terbaru juga berarti database tentang malware sudah ter update.

Ini membuat semua malware terbaru juga bisa di atasi. Anti malware versi lama akan kesulitan jika harus menghadapi berbagai jenis malware baru.

4. Perhatikan Review

Ini menjadi penting karena anda akan menilai seberapa cocok anti malware tersebut dengan anda. Anda akan menilai apakah software tersebut cukup baik atau tidak berdasarkan pengalaman orang lain yang pernah memakainya.

Itulah beberapa hal tentang rekomendasi anti malware terbaik yang harus anda ketahui. Sebagai pengingat, malware merupakan ancaman serius untuk perangkat anda, menggunakan anti malware dalam perangkat anda sama dengan menambah benteng pertahanan pada perangkat anda dari serangan malware yang mungkin muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *