apa itu server

Apa itu Server? Pengertian, Fungsi, dan Jenis Server [Lengkap]

Secara sederhana. server akan bekerja sesuai dengan permintaan sebuah client. Misalnya pada sebuah web server, saat penggunanya mengetikkan alamat website melalui browser, maka komputer akan bertindak sebagai client dan meminta informasi pada pihak web server. Setelah itu web server akan mengirimkan isi website pada komputer. Secara lebih jelas apa itu server?

Pada server FTP, para penggunanya bisa mengirimkan data maupun dokumen menuju server FTP, dengan begitu dokumen bisa disimpan pada server tersebut. Anda selaku klien berhak menyimpan data di bagian server FTP, sehingga apabila ada orang lain yang ikut bergabung pada jaringan server dan berkeinginan mengunduh dokumen atau data, maka server FTP menyediakan koneksi bagi para klien tersebut.

Apa itu Server?

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu server, server merupakan sistem komputer yang telah menyediakan area pada sebuah jaringan komputer. Bagian server akan didukung oleh prosesor dengan sifat scalable dan memiliki RAM yang cukup besar. Selain itu juga dilengkapi sistem operasi secara khusus yang seringkali disebut, sistem operasi jaringan work operating system.

Perlu diketahui, bahwa dibagian server terdapat perangkat lunak yang berperan sebagai pengontrol dalam akses jaringan ataupun sebagai sumber daya di dalam server. Hal ini pun juga berlaku pada alat pencetak seperti printer maupun berkas untuk memberikan akses pada workstation sebagai anggota jaringan.

Perlu diketahui bahwa untuk server ini memiliki banyak jenis, yang masing-masing jenis tentunya mempunyai fungsi yang tidak sama. Misalnya seperti web server memiliki kegunaan sebagai penyimpan data pada sebuah website. Sementara untuk FTP server ini memiliki fungsi dalam menangani transfer file, database server, mail server, berbagai macam file atau data lainnya.

Fungsi Server

Jika diperhatikan, maka server secara umum akan bekerja dan menjalankan tugasnya sesuai dengan fungsi masing-masing server. Misalnya saja seperti melayani permintaan data client, bahkan sampai dengan memberikan perlindungan dalam komputer client. Masing-masing fungsi server tergantung pada jenis server-nya.

Berikut ini daftar fungsi dari server yang wajib diketahui yaitu:

  • Melakukan jaringan pada percetakan printer yang nantinya akan digunakan secara bersama-sama.
  • Menyimpan file secara bersamaan dengan hardisk.
  • Mengelola komunikasi antara workstation, misalnya seperti email, pengatur pesan maupun yang lainnya.
  • Dapat digunakan untuk keperluan dalam pengiriman data dengan adanya tambahan software ataupun hardware yang seringkali digunakan.
  • Memberikan pelayanan pada permintaan komputer client.
  • Menyediakan sumber daya bagi para klien.
  • Melakukan pengaturan pada lalu lintas data.
  • Melakukan pengaturan dari hak akses pada level jaringan-jaringan, dengan begitu tidak membuka bagian akses data yang ada pada komputer server.
  • Sebagai penyedia aplikasi atau database yang nantinya akan dijalankan pada seluruh komputer.
  • Melindungi komputer dari bahayanya virus maupun bahaya lain dengan cara memasang anti malware atau firewall dalam komputer server.

Jenis-jenis Server

Setiap server yang digunakan berguna sebagai pelayan permintaan dari akses komputer client yang terdiri dari beberapa jenis. Server merupakan bagian perangkat komputer yang kali dikenal memiliki banyak fungsi dan memiliki sistem yang didukung dengan adanya prosesor. Jika Anda sudah mengetahui fungsinya, sudah saatntya Anda mengetahui jenis server, diantaranya yaitu:

1. VPN

Virtual Private Network atau VPN merupakan koneksi antara dua segmen yang aman dari jaringan pribadi, yang sering kali digunakan dalam jaringan public seperti internet agar lebih mengurangi biaya operasional. Kedua segmen akan disambungkan dengan jaringan public, sementara untuk VPN ini menggunakan dua teknologi enkripsi dan tunneling yang dapat mengamankan jaringan.

2. FTP

File Transfer Protocol atau FTP adalah jenis protokol terdapat di internet dan memungkinkan para penggunanya bisa melakukan transfer file atau pertukaran sebuah server internet. Cukup dengan melalui FTP ini, maka para penggunanya dapat melakukan pengunduhan, mengakses, meng-upload, bahkan sampai mengelola file dengan sangat mudah.

Server FTP dibagi menjadi dua, yaitu anonymous FTP dan authenticate FTP. Pada authentic FTP ini, para penggunanya tidak dapat melakukan akses server FTP apabila tidak memiliki password maupun username pada server tersebut.

Sedangkan untuk Anonymous FTP para penggunanya dapat mengakses server FTP dengan bebas, cukup dengan menggunakan username beserta password dari email.

3. Web Server

Software berupa web server yang dipasang pada sebuah server yang mempunyai fungsi sebagai penyedia permintaan dari data. Protokol https atau http dapat diakses melalui aplikasi tertentu, misalnya seperti web browser.

Untuk web server nantinya akan merespon pada setiap permintaan dengan cara mengirimkan konten kembali berupa tulisan maupun gambar. Ada beberapa contoh web server populer, seperti Apache, NginX, maupun LiteSpeed.

Jenis web server yang sudah banyak digunakan di internet yaitu web server apache yang mana untuk jenis server ini menjadi program pertama kalinya diliris sebagian sistem operasi Unix. Setelah itu, di bagian versi selanjutnya akan dikeluarkan program yang bisa dioperasikan melalui Windows NT. Apache mempunyai program yang banyak menawarkan fitur lengkap.

Teknologi baru sebagai pengganti apache di masa depan dan sudah diciptakan yaitu web server litespeed. Sesuai hasil dari riset, untuk program ini mempunyai kelebihan yaitu memiliki kecepatan hingga 50% lebih cepat pada proses PHP. Dibandingkan apache, web server litespeed ini jauh lebih cepat 6 kali lipat.

Sementara untuk NginX ini mampu memberikan konten secara statis melalui penggunaan efisiensi dari sumber daya sistem secara cepat. Jenis web server ini bisa melakukan penyebaran konten secara dinamis melalui http jaringan dengan fast CGI Handler Script yang memiliki fungsi sebagai software yang dapat menyeimbangkan beban.

Untuk konten yang telah dikirimkan tersebut nantinya akan ditampilkan pada web browser. Anda pun juga sudah bisa melihat beberapa contoh dari web server yang secara umum digunakan.

4. DHCP

Dynamic Host Configuration Protocol atau DHCP, dalam protokol yang berbasis server atau arsitektur client yang seringkali digunakan untuk mempermudah pengalokasian dari alamat IP pada satu jaringan. Apa fungsi DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) ? Fungsi DHCP sendiri adalah untuk memberikan nomor IP secara otomatis kepada komputer yang melakukan request.

5. Proxy Server

Sebuah program dari komputer yang bisa bertindak sebagai komputer yang lainnya, yaitu seperti proxy server.  Para penggunanya bisa melakukan request pada konten intranet maupun dari internet. Proxy server dalam dunia Internet memiliki fungsi sebagai gateway pada setiap komputer client. Server ini juga sebagai pengaman jaringan pribadi yang terhubung dengan jaringan publik.

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan seseorang ketika menggunakan jenis jaringan ini. Jika dibandingkan dengan router yang mempunyai fitur packet filtering. Proxy server lebih memiliki banyak manfaat, sementara untuk router akan beroperasi pada level lebih tinggi serta mempunyai kontrol secara menyeluruh pada akses jaringan.

Pihak klien bisa saja menjalankan komputer yang sama, akan tetapi harus terhubung pada server yaitu WAN, jaringan internet, maupun LAN. Fungsi utama dari komputer tersebut sengaja dirancang sebagai server yang secara umum memiliki tugas yang berbeda. Jika dibandingkan dengan komputer desktop standar, tentunya server komputer jauh bisa diunggulkan.

6. Fax Server

Fax server (server faks) adalah sistem yang dipasang di server jaringan lokal (LAN) yang memungkinkan beberapa pengguna komputer yang terhubung ke LAN untuk menerima atau mengirim sebuah pesan Faks.Server faks terdiri dari Komputer dengan program Faks, Modem Faks atau modem yang mampu mengirim atau menerima sinyal data internet konvensional.

Siapa yang memerlukan Fax server ? Yakni suatu Perusahaaan yang telah terpasangan jaringan Network dan intensitas pengguna Fax, yang dimana untuk perusahaan transparansi adalah sesuatu yang sangat penting, maka fax server adalah sesuatu investasi yang layak untuk dipertimbangkan.

Salah satu kelemahan Fax server ialah semua fax yang kita terima atau dikirim akan terbaca oleh semua orang yang terhubung dalam jaringan. Terdapat 2 manfaat dari solusi Fax server, antara lain:

  1. Biaya operasional lebih murah karena tidak perlu adanya keras faks, sehingga mencetak apa yang diperlukan saja.
  2. Jika menggunakan fax konvensional saat disimpan akan luntur, dengan fax server Anda bisa mencetak atau print yang ada, sehingga lebih tahan lama.

7. DNS

DNS (Domain Name System) yang merupakan sebuah sistem yang bertugas untuk menyimpan semua informasi data domain dalam jaringan. Dengan adanya DNS, domain atau hostname yang akan di translate dan diterjemahkan dalam alamat IP sehingga bisa diakses.

Fungsi DNS server berfungsi sebagai database server yang menyimpan alamat IP yang digunakan untuk pada sebuah Hostname. Mengapa harus menggunakan DNS? Tentu ada kaitannya dengan IP address dari setiap situs web yang ada pada jaringan komputer terluas, yaitu internet.

Jadi fungsi DNS ialah pada saat Anda mengetik Google.com maka DNS server yang menerjemahkan ke alamat IP dan menghubungkan ke google akhirnya tampil di google, pada layar pencarian google search.

8. File Server

File server merupakan sebuah layanan tempat yang berupa penyimpanan file di komputer seperti File Dokumen, File audio, Gambar, Database, dan lain lain.

9. Database Server

Database server merupakan sebuah program di komputer yang menyediakan sebuah layanan pengelolaan berbasis data dan melayani program application basis data dengan model server. Database server menyediakan beberapa manfaat, antara lain:

  1. Mengelompokkan data untuk mempermudah identifikasi data
  2. Menghindari data ganda atau double dan inkonsistensi data
  3. Memudahkan akses, menyimpan setiap data, mengedit menghapus, dam banyak lagi
  4. Menjaga kualitas data dan informasi agar tetap sama
  5. Meningkatkan kinerja aplikasi yang membutuhkan penyimpanan data.

Ada beberapa Jenis Software program Database Server antara lain:

1. MySQL

Mysql berfungsi sebagai sistem manajemen yang berbasis data SQL (Data Management System). Kelebihan MySQL adalah sebagai berikut:

  1. Portabilitas
  2. Free (Bebas di download)
  3. Stabil dan Fleksibel
  4. Security keamanan yang baik
  5. Dukungan dari banyak komunitas dan perkembangan
  6. Kemudahan management Database

2. Oracle

Oracle merupakan Relational database Management system ( RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, dan terintegrasi. Oracle server menyediakan solusi yang cukup efisien dan efektif karena memiliki kemampuan.

3.Firebird

FIREBIRD merupakan aplikasi RDBMS (Relational Database Management System) yang bersifat open source.

4. Microsoft SQL Server 2000

Microsoft SQL Server 2000 merupakan perangkat lunak relational database management system (RDBMS) yang didesain untuk melakukan proses manipulasi database berukuran besar dengan berbagai macam fasilitas.

5. PostgreSQL

PostgreSQL adalah tool untuk membuat database server yang bersifat open source yang dimiliki license GP: ( general Public License).

10. Mail Server

Mail server merupakan sebuah tools atau program daemon yang berfungsi untuk menampung dan mendistribusikan email dalam jaringan.  Pengertian Mail server memiliki dua cara kerja yang saling melengkapi, yakni sebagai outgoing server dan Incoming Server.

Fungsi Outgoing berfungsi sebagai pengirim email (send email) dan incoming sebagai penerima email (Receiving email). Dan mail server ialah Kantor pos bagi E-mail.

11. Realtime Communication Server

Real time Communication (RTC) adalah pengguna telekomunikasi apapun dimana semua dapat bertukar informasi secara langsung atau instan dengan latensi yang dapat diabaikan.

RTC Communications dapat meliputi :

  1. Telephony adalah pengertian Konvensional
  2. Telepon Seluler
  3. Instant Messaging (Pesan singkat)
  4. VoIP (voice over IP yang disebut telepon Internet)
  5. IRC (internet Relay Chat) Mode obrolan (Chatting)
  6. Komunikasi Video Conference langsung
  7. Komunikasi Teleconference langsung
  8. Telepresence Robot.

12. Virtual Server

Virtual Server merupakan server yang ritual (tidak nyata). Definisi tersebut benar akan tetapi menurut ulasan Wikipedia.com, Virtual Private Server (VPS) sebagai Resource server fisik ke dalam server virtualisasi dimana Resource dibagikan dengan satu cara uang tidak mempengaruhi hardware server.

Apa bedanya Virtual Server dengan Hosting?

Perbedaan pertama, pada akses kontrol kebutuhan Resource dan sistem operasi yang dijalankan. Pada Hosting, Anda tidak mendapatkan sistem akses root dari Server. Apa itu akses root? akses root merupakan salah satu akses utama dari server. Supaya lebih jelas, Anda dapat membaca artikel tentang apa itu hosting.

Anda dapat melakukan aktivitas apapun tanpa ada batasan, ketika login name password root. Lalu pada virtual Server atau VPS, Anda bisa mendapatkan akses kontrol tanpa batas dengan login root.

Perbedaan kedua, Pada hosting Anda tidak dapat memilih ukuran RAM, jumlah Core pada CPU, kapasitas SSD, maupun Bandwidth jaringan.Sedangkan Virtual Server (VPS) dapat disesuaikan kebutuhan.

Perbedaan ketiga, pada VPS Anda bebas menggunak sistem operasi (OS) yang digunakan, lalu untuk Hosting Tidak. Ada beberapa kegunaaan VPS yaitu:

  1. Sebagai web server menggantikan hosting
  2. Sebagai Server remote desktop
  3. Sebagai Host server untuk VPN
  4. Sebagai Storage Server

Menggunakan server virtual (VPS) perusahaan atau individu dengan situs web tidak hanya dapat memiliki nama domain dan alamat Ip sendiri, tetapi Anda dapat mengelola direktori File secara mandiri. dengan menambahkan akun email, alamat, beberapa pengelola log, dan analisis statistik.

13. Game Server

Game server adalah server yang biasa digunakan untuk menghubungkan antara pemain atau client dengan pemain lainnya. Game server ini selain server sendiri, ternyata bisa juga didirikan dari komputer client yang bersama game tersebut.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *