aplikasi pembaca pdf android

10 Contoh Aplikasi Pembaca PDF Android yang Perlu Anda Coba

Membaca dapat menjadi aktivitas menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Selain itu, membaca juga dapat menjadi aktivitas killing time yang berkualitas ketika Anda hendak menunggu sesuatu. Anda dapat membaca beragam bacaan melalui smartphone Android.

Sayangnya, tidak setiap smartphone dibekali aplikasi pembaca PDF. Akibatnya, Anda harus mendownload dan menginstal sendiri aplikasi pembaca pdf android tersebut.

Apa Itu Aplikasi Pembaca PDF?

Aplikasi pembaca PDF atau PDF reader adalah aplikasi (program) yang bisa membaca format file PDF (.pdf). Format file tersebut merupakan format file paling umum pada buku digital (e-book) dan beragam produk bacaan digital lainnya.

Dengan kata lain, dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda dapat membaca buku, majalah, komik, dsb. Selain PDF, format file populer lain dari produk bacaan digital adalah EPUB (.epub) dan PDB (.pdb). Tanpa aplikasi pembaca PDF, Anda tidak bisa mengakses apalagi membaca e-book.

Baca : 5 Cara Menggabungkan File PDF di Android dan PC

Jika Anda sudah terbiasa dengan ‘baca membaca’ buku digital, maka Anda tidak akan kesulitan dan mencari aplikasi PDF untuk Android. Sebelum membahas mengenai beragam aplikasi pembaca PDF untuk Android, berikut adalah beberapa hal penting mengenai aplikasi pembaca PDF yang harus Anda ketahui.

  • Umumnya beragam aplikasi, aplikasi PDF ada yang berbayar, ada juga yang tidak, dan ada juga yang dua-duanya (free version dan premium version). Versi premium tentu menawarkan fitur ekstra dan eksklusif. Jika Anda baru menggunakan, gunakan saja PDF reader yang free version.
  • Aplikasi pembaca PDF tidak hanya bisa membaca format PDF saja, tetapi bisa juga membaca format e-book lain. Apa saja dan berapa banyak bergantung pada aplikasi masing-masing.
  • Aplikasi PDF tidak hanya bisa membaca saja, tetapi dilengkapi juga dengan fitur-fitur literasi lainnya, diantaranya mengedit, menandai, menandai halaman, dsb.
  • Google Play merupakan tempat download beragam aplikasi Android, tidak terkecuali aplikasi pembaca PDF. Dengan demikian Anda tidak perlu kesulitan mencari kesana kemari.

10 Aplikasi Pembaca PDF untuk Smartphone Android yang Layak Anda Coba

Terdapat banyak aplikasi PDF yang sudah beredar di jagat maya. Lalu, bagaimana cara memilih aplikasi PDF yang tepat dari banyaknya aplikasi tersebut? Simple dan mudah saja, pilih saja yang sudah memiliki popularitas tinggi, banyak didownload, dan mendapat good review baik dari pengguna ampun para ahli. Dengan mempertimbangkan ke-3 hal tersebut, berikut adalah 10 aplikasi pembaca PDF Android yang layak Anda coba.

  1. Adobe Acrobat Reader

adobe acrobatamazon.com

Adobe Reader sudah dikenal sebagai salah satu aplikasi pembaca PDF terbaik. Tidak jauh berbeda dengan versi desktop, versi mobile-nya pun merupakan salah satu pdf reader terbaik. Adobe Reader dilengkapi dengan beraga, fitur bermanfaat, diantaranya kemampuan membuat note pada PDF dan mendukung Dropbox dan Adobe Document Cloud. Jika berlangganan, Anda bisa merubah file dari format PDF menjadi beragam format lainnya.

  1. Foxit PDF Reader

Foxit PDF Readerfoxitsoftware.com

Foxit Reader merupakan aplikasi pembaca PDF yang juga sudah terkenal. Foxit menawarkan pengalaman menggunakan aplikasi PDF yang komplit alias menyeluruh. Foxit menawarkan beragam fitur yang cocok digunakan untuk keperluan bisnis. Beberapa fitur Foxit Reader adalah mendukung file PDF dengan sertifikat, password, serta Microsoft’s RMS, dan menyediakan fitur pengorganiasian (manajemen) file PDF.

  1. CamScanner

Camscanner
amazon.com

CamScanner cukup berbeda dengan aplikasi PDF lain. Mampu membaca dan melakukan beragam kegiatan literasi lainnya, CamScanner juga dilengkapi dengan fitur yang mampu mengubah file ke dalam format PDF. Fitur beda dan ‘spektakuler’ CamScanner adalah mampu menscan objek atau dokumen fisik dan membuat atau merubahnya menjadi file PDF. Fitur tersebut membuat CamScanner banyak direkomendasikan oleh para ahli.

  1. Fast Scanner

Fast Scanner adalah versi yang lebih ringan dari CamScanner. Namun jika dibandingkan dengan CamScaner, fitur yang ditawarkan Fast Scanner lebih sedikit. Meskipun demikian, Fast Scanner mudah digunakan dan cocok untuk Anda yang tidak mau ribet melakukan banyak pengaturan. Fast Scanner dapat menscan dan merubah objek menjadi file PDF dan fitur-fitur untuk membuat hasil scan Anda menjadi lebih halus dan berkualitas.

  1. WPS Office

WPS Officeamazon.com

WPS Office adalah aplikasi office yang dilengkapi dengan kemampuan untuk membaca file PDF. Selain itu WPS juga bisa merubah beragam jenis dokumen menjadi file PDF. Selain fitur PDF-nya, WPS juga dilengkapi dengan beragam fitur office, diantaranya pengaturan dokumen, spreadsheet, dsb. WPS Office merupakan aplikasi pembaca pdf android yang mampu membaca file PDF sekaligus menjalankan beragam kegiatan office lainnya.

  1. OfficeSuite

Sesuai dengan namanya, OfficeSuite dilengkapi beragam fitur office, diantaranya mendukung beragam format file documents, membuat presentasi, spreadsheet, dan tentu saja membaca file PDF. OfficeSuite merupakan salah satu aplikasi office dan pdf reader yang sederhana dan tradisional. Anda dapat menggunakan kedua fitur tersebut dengan mudah. Untuk beragam fitur ekstra Anda bisa mencoba versi premium (berbayar).

  1. Moon+ Reader

Moon+ Readeramazon.com

Aplikasi pembaca PDF satu ini adalah aplikasi yang paling colorful. Moon+ Reader tidak hanya bisa membaca file PDF tetapi dapat juga ‘dicorat-coret’. Anda bisa menandai, mewarnai, dan memberikan efek visual lainnya pada buku yang sedang Anda baca. Terdapat banyak fitur yang berkenaan dengan desain visual, pemilihan mode membaca, dsb. Moon+ Reader adalah aplikasi pdf reader yang inovatif, responsif dan interaktif.

  1. Google PDF Viewer

Google PDF Viewerplay.google.com

Google PDF Viewer adalah salah satu PDF reader yang paling sederhana dan mudah digunakan. Google PDF Viewer memiliki beragam fitur bermanfaat, diantaranya Anda dapat mencari kata atau frasa pada buku, dapat menyalin (copy) teks, dan dapat menyembunyikan ikon pada app drawer Anda. Selain itu, Google PDF Viewer sudah diintegrasikan dengan Google Drive dan Google Docs.

  1. Librera

PDF reader satu ini terus berkembang dan menambahkan beragam fitur yang bermanfaat. Librera mampu membaca beragam jenis format file, dilengkapi dengan mode membaca yang menarik, desain yang modern, dan fitur Text-To-Speech. Fitur tersebut membuat Anda dapat mendengarkan teks pada buku yang Anda buka. Librera menawarkan aplikasi PDF dengan kapabilitas dan fitur yang cukup komplit.

  1. EBookDroid

EBookDroidplay.store.com

Jika Anda hanya ingin menggunakan aplikasi PDF reader sederhana tanpa menuntut beragam fitur tambahan, maka EBookDroid dapat menjadi pilihan utama Anda. EBookDruid mendukung beragam format file, menyediakan beragam fitur standar (umum) aplikasi PDF reader, diantaranya layout customization, annotations, dan text selection. Jika Anda tidak membutuhkan fitur-fitur tingkat lanjut (advance), maka EBookDroid dapat diandalkan.

Itu 10 Aplikasi Banyak Juga, Jadi Pilih yang Mana?

Anda dapat melakukan penyortiran pada ke-10 aplikasi pembaca pdf android di atas. Lakukan penyortiran berdasarkan fitur, kegunaan, dan kapabilitas. Untuk menentukan aplikasi mana yang akan digunakan, Anda bisa mempertimbangkan kebutuhan Anda.

  • Jika Anda ingin sekadar membuka file PDF, maka pilih saja PDF reader yang sederhana, diantaranya Google PDF Viewer dan EBookDroid.
  • Untuk pengguna PDF reader yang menginginkan fitur office dan bisnis profesional, Anda bisa menggunakan WPS Office dan OfficeSuite. Fitur scanner pada CamScanner dan Fast Scanner juga cukup berguna dalam aktivitas pengarsipan.
  • Untuk yang menginginkan pengalaman membaca dengan beragam fitur interaktif dan visual yang menarik, Anda bisa memilih Librera dan Moon+ Reader.
  • Bagi Anda yang menggunakan PDF reader untuk keperluan desain grafis bisa menggunakan CamScanner dan Fast Scanner.
  • Dan bagi para pemula (pertama kali) dan pengguna umum, Adobe Reader dan Foxit Reader adalah 2 aplikasi yang baik untuk memulai pengalaman Anda menggunakan aplikasi pembaca PDF.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *