Apa itu Backlink - Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengoptimalkannya

Apa itu Backlink? Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengoptimalkannya

Setiap pemilik website saat ini selalu berusaha sebaik mungkin dalam mengoptimalkan peringkat website mereka di mesin pencarian. Salah satu cara yang cukup populer dilakukan adalah dengan memanfaatkan inbound link atau backlink. Backlink adalah teknik SEO yang harus Anda lakukan jika ingin bersaing di search engine untuk kata kunci yang cukup sulit. Lalu, apa itu backlink?

Meskipun penggunaannya cukup populer, masih banyak orang yang salah kaprah dalam mengartikan istilah yang satu ini. Apabila Anda mengartikan sebuah inbound link sebagai link yang Anda sisipkan di artikel pada website milik Anda, maka Anda termasuk ke dalam orang yang salah kaprah dalam mengartikannya.

Backlink adalah sebuah tautan atau url bisa berbentuk teks maupun gambar pada suatu website, yang apabila pengunjung klik tautan tersebut, maka akan mengarahkan ke website pemilik inbound link itu. Backlink merupakan salah satu strategi off page SEO yang cukup ampuh untuk meningkatkan ranking.

Contoh backlink adalah seperti ini: Anda memiliki website abc.com. Kemudian, Anda menghubungi pemilik website xyz.com dan meminta dia memberikan link ke website Anda. Maka, link yang mengarah ke website Anda dinamakan backlink.

Dalam hal ini, semakin baik kualitas website yang memberikan link ke website Anda, maka akan semakin tinggi juga penggunaan backlink ini dalam mendongkrak peringkat website Anda di mesin pencarian. Hal ini juga berlaku sebaliknya ketika website xyz.com memiliki reputasi yang buruk.

Setelah memahami seperti apa inbound link ini, Anda harus mengetahui apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk SEO. Berikut diantaranya :

1. Meningkatkan Kesan Baik dari Search Engine

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya. Penggunaan backlink bisa mendongkrak peringkat website milik Anda di mesin pencarian. Hal ini bergantung dengan seberapa baik reputasi dari pemberi inbound link. 

Saat pemberi inbound link memiliki reputasi yang bagus, maka search engine akan menganggap bahwa website Anda juga sangatlah bagus.

Hal ini karena search engine akan melihat website mana saja yang menyarankan atau menyisipkan tautan website tersebut pada artikel website lain. Semakin banyak yang mereferensikan website milik Anda, maka mesin pencari akan menganggap bahwa website milik Anda ini sangatlah penting dan bagus. 

Dengan begitu, mesin pencari akan memberikan kesan yang baik terhadap website milik Anda sehingga peringkat website bisa dengan mudah naik secara signifikan

2. Meningkatkan Traffic Antar Halaman

Selain bisa meningkatkn kesan baik dari mesin pencari, backlink atau inbound link ini juga akan meningkatkan traffic antar halaman yang ada di website milik Anda. Inbound link ini merupakan salah satu jalan yang bisa orang-orang tempuh untuk bisa mengakses website Anda dengan mudah selain menggunakan search engine.

Pada saat terdapat website lain yang menyisipkan tautan yang menuju ke website milik Anda, maka akan semakin banyak juga orang yang mengunjungi website milik Anda menggunakan link tersebut. 

Semakin ramai situs yang menyisipkan tautan website Anda, maka akan semakin tinggi juga peningkatan traffic yang terjadi pada website milik Anda. Tentunya hal ini juga harus tetap memperhatikan seberapa baik penyisipan tautan yang diterapkan pada inbound link tersebut. 

3. Brand Anda Menjadi Lebih Terkenal

Seperti halnya pada manfaat pertama sebelumnya, salah satu manfaat backlink adalah dapat memberikan kesan baik terhadap website milik Anda sehingga orang-orang akan mengakui brand website milik Anda ini.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh kasus berikut ini. Saat Anda memiliki sebuah toko roti dan ada seorang chef terkenal yang menyarankan orang-orang untuk membeli roti di tempatmu, apa yang akan terjadi? Ya, benar. Reputasi toko roti milik Anda akan meningkat secara drastis. Ini terjadi karena toko Anda disarankan oleh seorang chef terkenal.

Lalu, apa jadinya apabila ada seorang tokoh masyarakat yang terkenal memiliki reputasi buruk karena sudah berulang kali tertangkap karena kasus korupsi, menyarankan orang-orang untuk membeli roti di tokomu. Apakah toko Anda akan menjadi lebih ramai? Atau malah menjadi lebih sepi?

Bukannya bertambah, toko Anda malah akan menjadi sangat sepi karena orang-orang menganggap Anda merupakan kenalan dari seorang koruptor. Nah, hal semacam ini juga sangat berpengaruh dalam backlink untuk membuat brand website Anda diakui oleh para pengunjung.

Tertarik untuk segera menerapkan hal yang satu ini pada website milik Anda? Ya, manfaat pada poin sebelumnya memang sangat menggiurkan. Namun, Anda tidak perlu terburu-buru untuk segera mempraktekkan nya. Pahami terlebih dahulu seperti apa kriteria inbound link yang berkualitas.

Penyisipan tautan oleh website lain bisa diletakkan di mana saja. Bisa jadi di dalam landing page, footer, about us, dan lain sebagainya. Hal ini bergantung pada pemilik website itu ingin meletakkan link di bagian mana saja yang mereka inginkan.

Nah, untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu memahami bahwa backlink dengan kualitas terbaik adalah backlink yang diletakkan di dalam artikel.

Ketika inbound link itu berada di dalam sebuah artikel, maka pembaca akan lebih mudah dalam menekan tautan itu. Pembaca akan terbawa suasana dengan terus membaca artikel yang ada. Sehingga secara tidak sadar akan langsung menekan tautan yang tersedia karena artikel tersebut membuat dia harus mengklik tautan itu.

Penyisipan backlink semacam ini dirasa lebih efektif daripada apabila tautan terlihat disisipkan dengan pemaksaan. Pengunjung tidak akan menekan tautan tersebut sehingga peningkatan traffic tidak bisa Anda rasakan nantinya.

Tautan yang disisipkan secara kontekstual ini juga sangat disukai oleh mesin pencari. Mesin pencari akan menganggap bahwa tautan semacam ini sangat penting untuk diperhatikan. Sehingga, peringkat website Anda di mesin pencarian juga bisa dengan mudah naik saat menggunakan tautan semacam jenis kontekstual ini. 

Anda tidak bisa memilih secara acak ingin mendapatkan inbound link dari berbagai website. Anda perlu memahami terlebih dahulu seperti apa topik utama dari website yang Anda miliki ini. Pahami secara mendalam topik-topik apa saja yang sekiranya relevan dengan topik utama yang ada.

Setelah itu, barulah Anda bisa menentukan inbound link dari website lain. Gunakanlah hasil analisis Anda terhadap topik website sebelumnya untuk memilih website mana yang sekiranya cocok untuk mencantumkan backlink dari website Anda ini. 

Hal semacam ini sebenarnya bisa Anda lihat pada kehidupan nyata. Apabila terdapat beberapa ahli fotografer yang menyarankan untuk membeli produk dengan merek A, maka orang-orang bisa dengan mudah mempercayai hal itu karena orang yang menyarankannya memang sudah ahli dan sangat relevan dengan produk itu.

Namun, apabila beberapa ahli fotografer menyarankan sebuah restoran, maka hal itu tidak bisa bekerja dengan efektif. Mungkin fotografer tersebut menyarankan restoran itu karena restoran itu merupakan spot foto yang sangat bagus. 

Namun, hal ini kurang bisa menghasilkan peningkatan yang baik. Akan lebih baik hasilnya ketika ada seorang pecinta kuliner yang menyarankan suatu restoran.

Untuk itu, Anda pun juga harus bisa memperhatikan topik relevan ini pada website yang akan mencantumkan backlink nantinya. Dengan begitu, Anda bisa merasakan manfaatnya dengan sangat maksimal.

3. Traffic Website Tinggi

Salah satu kriteria backlink berkualitas adalah berasal dari website bertraffic tinggi. Traffic website merupakan arus lalu lintas yang terjadi pada sebuah website. Semakin tinggi angka traffic pada sebuah website, itu berarti semakin banyak juga jumlah pengguna internet yang mengunjungi website tersebut. Hal itu juga berlaku sebaliknya ketika angka traffic website sangatlah rendah.

Kriteria backlink yang berkualitas biasanya berasal dari website dengan traffic yang tinggi. Website dengan traffic yang tinggi sudah pasti memiliki banyak pengunjung yang memang sudah percaya dengan website tersebut. Ini berarti reputasi dari website itu sangatlah baik sehingga tentunya bisa mengangkat nama website Anda.

Inilah mengapa inbound link yang berasal dari website dengan traffic tinggi sangatlah berkualitas. Anda bisa dengan cepat merasakan efeknya pada website milik Anda saat Anda memiliki inbound link di dalam website seperti ini.

Selain itu, traffic website yang tinggi juga berperan dalam menjangkau pengunjung lebih banyak lagi. Semakin tinggi traffic website nya, maka akan semakin banyak juga pengunjung yang berkesempatan untuk mengklik tautan backlink yang ada pada website tersebut.

4. Website dengan High Authority

Selanjutnya, backlink yang berkualitas biasanya berasal dari website dengan high authority. High Authority merupakan sebuah acuan yang bisa Anda gunakan untuk menilai performa suatu website secara menyeluruh. 

Sebuah website bisa dikatakan high authority ketika Domain Authority dan Page Authority nya sangatlah bagus. Kedua hal itu sangat berpengaruh besar nantinya dalam proses perangkingan di dalam mesin pencarian. Semakin tinggi skor keduanya, maka rangking di mesin pencari juga akan semakin tinggi.

Untuk itu, website dengan high authority bisa memberikan backlink yang sangat berkualitas karena website mereka sendiri saja sudah bisa dikatakan high authority. Ini berarti nama website Anda bisa meningkat karena mendapatkan inbound link dari website yang sudah sangat bagus.

5. Artikel Website Terindeks Google

Google merupakan salah satu situs pencarian terbesar yang ada di seluruh dunia. Saking besarnya, bahkan ada beberapa orang yang mengganti penyebutan mesin pencari dengan nama Google itu sendiri. Inilah bukti betapa besarnya nama Google di mata orang-orang.

Maksud dari artikel website terindeks google adalah artikel yang mencantumkan tautan backlink ke website Anda itu bisa ditemukan oleh google dengan mudah. Ini akan sangat mempermudah orang-orang dalam membaca artikel tersebut untuk kemudian mengetahui bahwa terdapat link yang mengarah ke website milik Anda di sana.

Kemudian dengan terindeks Google, maka Google bisa mengetahui ada atau tidaknya inbound link yang mengarah ke website milik Anda itu. Dengan begitu, Google bisa memahami bahwa memang terdapat banyak tautan yang disisipkan oleh website lain yang mengarah ke website milik Anda. Semakin banyak tautan yang dibaca oleh Google, maka Google akan menganggap bahwa website milik Anda ini sangatlah penting dan juga relevan dengan topik tersebut.

Outbound link merupakan tautan yang dicantumkan oleh sebuah website untuk mengarahkan ke website lain. Backlink yang berkualitas, berasal dari website yang tidak secara sembarangan melakukan outbound link ke sembarang website. 

Ini untuk menghindari citra atau reputasi buruk pada website pemberi tautan tersebut. Hal ini penting karena apabila Anda salah dalam menilai kualitas outbound link, bisa jadi malah peringkat website Anda menjadi semakin turun nantinya.

Yang terakhir adalah kualitas inbound link yang masuk ke website yang mencantumkan tautan ke website Anda. Pastikan tidak ada website aneh yang tidak baik yang mencantumkan link website tersebut. 

Dengan begitu, Anda bisa memastikan bahwa website itu memang tidak ada relasi sama sekali dengan website aneh lainnya. Nah, hal ini juga bisa meningkatkan kesan baik dari mesin pencarian nantinya.

Untuk bisa mendapatkan inbound link yang berkualitas, Anda perlu memperhatikan beberapa cara berikut ini. Perhatikan setiap cara yang ada agar tidak salah dalam mengartikannya!

1. Buat Konten yang Informatif

Sebelumnya Anda sudah mengetahui kriteria backlink yang berkualitas yaitu yang berjenis kontekstual. Nah, untuk itu, Anda harus bisa menghasilkan sebuah konten yang sangat informatif. Sebuah konten informatif akan sangat menarik apalagi jika konten itu sangatlah unik dan belum banyak yang membahasnya.

Baca Juga: Cara Membuat Artikel yang Informatif dan Mudah

Sebagai penulis yang pertama kali membawakan konten unik dan informatif itu, website Anda akan dijadikan rujukan oleh website lain yang juga mengangkat tema serupa setelah Anda. Ini akan menjadi sebuah inbound link yang bisa Anda dapatkan dengan gratis.

Tautan yang mengarah ke website milik Anda akan dicantumkan oleh website lain secara cuma-cuma tanpa perlu Anda bayar. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan murah untuk mendapatkan inbound link berkualitas.

2. Gunakan Website User Generated Content 

Untuk menuliskan backlink, Anda tidak perlu bersusah payah menulisnya pada website milik perorangan. Anda bisa menuliskan tautan yang mengarah ke website milik Anda melalui website user generated content seperti medium, hipwee, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan website tersebut, Anda bisa menghasilkan tulisan yang sudah pasti terindeks oleh Google. Ini akan berguna dalam meningkatkan pembacaan tautan yang mengarah ke website Anda oleh mesin pencari. 

Selain itu, dengan menggunakan nama besar seperti medium dan juga hipwee, Anda bisa mendapatkan inbound link yang berkualitas dan tentunya bisa mendongkrak kualitas dari website milik Anda.

3. Kerjasama dengan Pemilik Website Lain 

Apabila Anda merasa bahwa cara di atas tidak bisa bekerja dalam waktu yang cepat, Anda bisa menggunakan cara terakhir ini untuk bisa mendapatkan inbound link yang berkualitas. Silahkan jalin kerja sama dengan pemilik website lain agar pemilik website tersebut mau mencantumkan backlink untuk website Anda. 

Untuk melakukannya, tentunya Anda perlu mengeluarkan biaya agar website tersebut bersedia untuk mencantumkan inbound link yang Anda inginkan. Anda bisa memberikan beberapa uang kemudian meminta pemilik website untuk mempublikasikan artikel yang sudah Anda siapkan sebelumnya lengkap dengan backlink di dalamnya. Hal ini disebut dengan content placement.

Dalam hal ini, Anda tidak bisa sembarangan bekerja sama dengan semua pemilik website. Pilihlah website yang memiliki tema relevan dengan website Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa sia-sia setelah mengeluarkan uang untuk hal ini.

Jasa backlink adalah sebuah layanan yang menawarkan backlink ke website Anda dari berbagai jenis website. Saat ini ada banyak sekali jasa backlink yang bisa menawarkan backlink untuk website Anda. Namun, Anda juga harus tahu bagaimana cara kerja mereka. Tujuannya supaya Anda tidak salah memilih jasa backlink sehingga bisa mendapatkan backlink yang berkualitas.

Karena jika Anda salah pilih, maka besar kemungkinan Anda akan mendapatkan backlink spam dan tentunya sangat berdampak buruk bagi website Anda. 

Makinrajin menyediakan jasa backlink berkualitas untuk membantu mendongkrak ranking maupun traffic website Anda. Dengan begitu, diharapkan tingkat penjualan atau conversion rate produk Anda meningkat.

Jadi, backlink adalah salah satu strategi yang dapat mendongkrak peringkat website Anda. Untuk kata kunci dengan persaingan menengah ke atas, tentunya Anda akan butuh backlink supaya dapat bersaing di kata kunci tersebut.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda menjelaskan gambaran tentang backlink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *