Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Mengenal Bagian Bagian Corel Draw dan Kegunaannya

2 min read

Mengenal Bagian Bagian Corel Draw dan Kegunaannya

Bagian bagian Corel Draw terdiri dari komponen dengan fungsi yang berbeda-beda. Jika Anda baru pertama kali membuka aplikasi CorelDraw, maka Anda mungkin kebingungan melihat workspace yang begitu rumit. Akan tetapi, setelah membaca artikel ini, Anda tidak akan bingung lagi dalam mengoperasikan CorelDraw.

15 Bagian Bagian Corel Draw dan Fungsinya

Di artikel ini, kita akan mengenal bagian bagian Corel Draw dan fungsinya versi Graphics Suite 2019. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir, karena versi lain pun memiliki tampilan workspace yang tidak jauh berbeda. Gambar di bawah ini merupakan contoh tampilan workspace CorelDraw dan penjelasannya:

1. Toolbox

Bagian-bagian Corel Draw yang pertama adalah Toolbox. Komponen ini memuat berbagai macam tools Corel Draw untuk menggambar dan mengedit. Beberapa tools terlihat langsung di Toolbox, sedangkan sisanya tersimpan dalam flyout. Untuk mengakses flyout, klik gambar panah kecil di kanan bawah tools.

2. Document Tab

Komponen CorelDraw yang kedua adalah Document tab. Komponen ini berfungsi untuk memudahkan Anda dalam memindahkan workspace dari satu dokumen ke dokumen lain. Document tab pastinya Anda butuhkan saat mengerjakan project yang mengharuskan Anda membuka beberapa dokumen sekaligus.

3. Title Bar

Komponen Corel Draw yang ketiga adalah Title bar. Sama seperti aplikasi pada umumnya, Title bar pada Corel Draw berfungsi untuk menampilkan nama file yang sedang Anda buka.

4. Menu Bar

Komponen CorelDraw yang keempat adalah Menu bar. Komponen ini berfungsi untuk menampilkan berbagai macam menu. Jika Anda klik pada Menu bar, maka Anda akan melihat berbagai macam sub menu tampil di bawahnya. Di sinilah letak semua fungsi dan fitur CorelDraw.

5. Toolbar

Bagian-bagian Corel Draw yang kelima adalah Toolbar. Area ini berisi berbagai macam tools untuk mengatur workspace dan bekerja dengan file. Tidak seperti Toolbox yang berisi drawing tool, Toolbar berisi fungsi-fungsi kontrol file dan workspace, misalnya membuka, mengedit, menyimpan, dan menutup file.

6. Drawing Window

Komponen CorelDraw yang keenam adalah Drawing window. Area ini terletak di luar halaman gambar dan dibatasi oleh scroll bar. Semua area di dalam Drawing window bisa Anda gunakan untuk menggambar. Misalnya untuk menggambar objek baru atau mencoba efek sebelum menerapkannya ke gambar utama.

7. Property Bar

Komponen Corel Draw selanjutnya adalah Property bar. Terletak di bawah Toolbar, Property bar berisi perintah-perintah saat tools tertentu diaktifkan. Misalnya, saat Anda sedang menggunakan Text tools, maka Property bar akan menampilkan perintah-perintah yang berkaitan dengan Text.

8. Docker

Docker adalah komponen yang terletak di samping kanan Drawing window. Fungsi Docker adalah untuk menampilkan perintah-perintah yang berhubungan dengan Tools dan Controls. Docker bersifat detachable, artinya Anda bisa menampilkan dan menyembunyikan Docker sesuai kebutuhan.

9. Rulers

Bagian bagian Corel Draw selanjutnya adalah Rulers. Seperti namanya, Rulers adalah penggaris dengan posisi horizontal dan vertikal. Kegunaan dari Rulers adalah untuk mengatur ukuran dan posisi gambar. Anda bisa mengubah satuan Rulers menjadi pixels, centimeter, meter, dan masih banyak lagi.

10. Document Palette

Komponen CorelDraw selanjutnya adalah Document palette. Fungsi komponen ini adalah untuk menampilkan warna-warna yang Anda pakai dalam dokumen. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah menerapkan kombinasi warna yang sama ke area lain dalam gambar. Sehingga, Anda tidak perlu lagi membuka palet penuh.

11. Document Navigator

Bagian bagian Corel Draw selanjutnya adalah Document navigator. Komponen ini berfungsi untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain. Jika Anda mengerjakan file yang terdiri dari beberapa halaman, maka Anda pasti memerlukan Document navigator.

12. Drawing Page

Komponen CorelDraw selanjutnya adalah Drawing page. Komponen ini adalah area utama dalam pekerjaan Anda. Sebagai bagian dari Drawing window, Drawing page adalah area yang akan dicetak alias printable. Di dalam area inilah seorang desainer menuangkan kreativitasnya.

13. Status Bar

Bagian bagian Corel Draw selanjutnya adalah Status bar. Di komponen ini, Anda bisa melihat berbagai macam informasi mengenai file yang sedang Anda kerjakan. Contohnya seperti tipe file, ukuran, warna, dan resolusi.

14. Navigator

Komponen CorelDraw selanjutnya adalah Navigator. Anda bisa menemukan Navigator di sudut kanan bawah Drawing window berupa tombol lingkaran kecil. Fungsi tombol ini adalah untuk menampilkan window dalam ukuran yang lebih kecil. Dengan begitu, maka Anda bisa berkeliling Drawing window dengan lebih leluasa.

15. Color Palette

Bagian bagian Corel Draw yang terakhir adalah Color palette. Komponen ini menampilkan daftar warna lengkap dengan level bertingkat, agar Anda lebih mudah dalam mengakses warna. Dengan Color palette, maka Anda bisa memilih warna yang ideal tanpa harus mengkombinasikannya secara manual.

Sudah Memahami Bagian Bagian Corel Draw dan Fungsinya?

CorelDraw adalah aplikasi desain grafis dengan drawing tools paling lengkap untuk memudahkan desainer. Jika Anda ingin menekuni dunia desain grafis, maka mengenal bagian bagian Corel Draw adalah langkah pertama Anda. Sudah siap menjadi desainer profesional?

Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development