Panduan Belajar Javascript Lengkap Untuk Pemula

Panduan Belajar Javascript Lengkap Untuk Pemula Dalam Membuat Web

Apa itu javascript? Javascript adalah sebuah bahasa pemrograman yang berfungsi untuk membuat interaksi pada sebuah website. Sebenarnya tidak hanya membuat website, Javascript juga mampu membuat game, IoT, aplikasi android, dan lain-lain. Tapi kali ini kita akan belajar Javascript untuk membuat website saja.

Penggunaan Javascript ini sangat banyak dan bahkan hampir semua website menggunakan bahasa pemrograman Javascript ini sebagai penyusunnya. Itulah mengapa Anda perlu belajar Javascript mulai dari sekarang. Javascript juga merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh seluruh programmer di dunia berdasarkan Github. Berikut adalah grafiknya:

Chart Javascript

Javascript adalah sebuah bahasa yang bisa digunakan untuk membuat IoT, game, dan lain-lain. Pada awalnya, Javascript ini dibuat untuk menjadi bahasa pemrograman client side pada website. Javascript termasuk bahasa pemrograman dengan perkembangan yang cukup pesat dibandingkan dengan bahsaa pemrograman lainnya.

Javascript adalah sebuah bahasa pemrgograman yang dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape. Pada awalnya, Javascript bernama Mocha. Kemudian, Mocha berganti nama menjadi LiveScript. Itulah awal mula Javascript ada.

Apabila Anda seorang programmer web, Anda perlu menguasai Javascript untuk membuat web yang interaktif. Selain itu, Anda perlu menguasai beberapa bahasa ini dalam membuat website karena merupakan komponen penting pada website.

Panduan Belajar Javascript Lengkap Untuk Pemula

Contoh Javascript

Penerapan Javascript itu bisa dilihat dengan adanya interaksi antara website dengan user. Contohnya fitur chatting, games dinosaurus pada Google Chrome, dan lain-lain. Sekilas, Javascript dan Java itu hampir sama. Tetapi, keduanya tidak memiliki hubungan apapun. Penggunaan Javascript yang banyak digunakan itu salah satunya adalah AJAX (Asynchronous Javascript and XML).

Dengan menggunakan AJAX, Anda bisa berkomunikasi dengan server tanpa perlu refresh halaman. Contoh penerapannya adalah live chatting. Anda tidak perlu refresh halaman supaya pesan Anda terkirim. Javascript juga bisa diintegrasikan dengan bahasa markup maupun bahasa pemrograman lainnya, seperti HTML, CSSPHP.

Apabila Anda belum paham Javascript, saya sarankan untuk belajar Javascript sekarang juga karena penggunaan Javascript itu cukup banyak pada sebuah aplikasi/website.

Indeks Belajar Javascript Dasar

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *