Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Cara Membuat Daftar Isi Blog di WordPress Manual & Otomatis

4 min read

Cara Membuat Daftar Isi Blog di Wordpress Manual & Otomatis

Jika Anda menggunakan CMS WordPress untuk blogging, salah satu dasar yang harus Anda pahami terkait dengan pengelolaan halaman blog Anda adalah cara membuat daftar isi blog di WordPress. 

Daftar isi atau table of content (TOC) adalah navigasi yang mempermudah pengunjung dalam menemukan informasi yang mereka butuhkan di suatu halaman. Namun, bagaimana cara membuat table of contents di WordPress?

Kenapa Harus Membuat Daftar Isi?

Tahukah Anda mengapa keberadaan daftar isi terbilang vital bagi sebuah blog? 

Seperti yang disinggung di atas, daftar isi blog dapat menjadi navigasi bagi pengunjung untuk lebih cepat menemukan informasi tertentu yang mereka butuhkan.

Contohnya, Anda membuat sebuah artikel yang membahas “cara membuat backlink”. Di dalamnya, tentu ada sejumlah poin pembahasan terkait topik tersebut. 

Nah, melalui table of content, maka pengunjung akan dapat langsung pergi ke bagian subheading (penjukan) yang membahas tentang cara membuat backlink, tanpa harus menggulirkan layar secara manual.

Selain itu, dari sisi SEO, daftar isi juga terbukti dapat mengurangi bounce rate. Alasannya adalah karena pengunjung akan mendapatkan user experience baik ketika mereka langsung menemukan bagian konten yang memuat informasi yang dibutuhkan, tanpa harus membaca keseluruhan artikel.

Tidak hanya itu, Google dapat menghasilkan jump link ke sejumlah pembahasan penting (subheading) dalam artikel secara otomatis melalui daftar isi. Kondisi tersebut dapat membuat tampilan SERP (Search Engine Result Page) dari halaman blog Anda menjadi lebih menarik.

Baca Juga: Apa itu SERP? Pengertian, Fitur, dan Hubungannya dengan SEO

Cara Membuat Daftar Isi  Blog di WordPress Manual

Terkait cara membuat table of contents di WordPress, sebenarnya Anda dapat melakukannya dengan dua metode, yaitu manual dan otomatis. Jika Anda ingin membuat navigasi ini secara manual, ikuti panduannya berikut ini. 

1. Masuk terlebih dahulu ke panel kontrol (dashboard) blog WordPress Anda. 

2. Selanjutnya, akses halaman postingan yang ingin Anda berikan daftar isi. 

3. Terapkan format block subheading pada setiap pembahasan (topik) di konten artikel Anda (Anda dapat melewati langkah ini, jika artikel Anda telah dibuat dengan struktur subheading sejak awal).

4. Selanjutnya, arahkan kursor Anda pada subheading dan kemudian buka bagian “Advance” di bagian pengaturan.

5. Setelahnya tulis “html anchor” untuk bagian heading tersebut, tanpa spasi.

6. Terapkan langkah tersebut pada setiap subheading yang Ada.

7. Tambahkan block list pada bagian halaman dimana Anda ingin menambahkan daftar isi (table of content).  

8. Selanjutnya, tuliskan semua subheading yang sebelumnya telah Anda berikan html anchor dalam bentuk block list.

9. Blok salah satu dari block list sebelumnya dan klik ikon tautan (link) pada toolbar yang muncul.

10. Masukkan html anchor dari subheading yang sama dengan teks block list tersebut. Misalnya, block list nya adalah “Pengertian Backlink”, maka html anchor yang harus Anda masukkan adalah html anchor dari subheading “Pengertian Backlink”.

11. Langkah selanjutnya adalah mengulangi proses input html anchor tersebut ke semua block list.

12. Daftar isi untuk artikel tersebut pun sudah siap. 

Cara Membuat Daftar Isi di WordPress Otomatis

Cara membuat daftar isi blog di WordPress secara otomatis adalah dengan memanfaatkan sejumlah plugin SEO WordPress terkenal. Saat ini, beberapa perangkat SEO, seperti Rank Math dan Yoast telah, menyediakan fitur daftar isi yang dapat Anda gunakan di dalam halaman postingan.

Untuk memasukkan daftar isi yang plugin SEO tersebut sediakan, Anda hanya perlu membuka halaman blog yang ingin Anda berikan daftar isi. Selanjutnya, posisikan kursor pada bagian halaman dimana daftar isi akan diletakkan dan klik ikon “+” yang muncul pada sisi kursor Anda.

Selanjutnya, cari fitur daftar isi melalui kolom pencarian. Daftar isi pun akan langsung muncul di halaman terkait. 

Namun, tentu saja, sebelumnya Anda harus menerapkan struktur subheading terlebih dahulu di dalam konten Anda. Jadi, fitur daftar isi sebelumnya dapat memanggil subheading konten Anda ke dalam bentuk block list daftar isi.

5 Plugin Daftar Isi WordPress Terbaik

Cara menambahkan daftar isi di WordPress lainnya adalah dengan menggunakan plugin menggunakan plugin yang memang dirancang untuk membuat daftar isi secara otomatis. Di bawah ini adalah lima rekomendasi plugin yang dapat Anda pertimbangkan untuk membantu Anda membuat daftar isi secara efesien dan efektif. 

1. Easy Table of Contents

Easy Table of Contents adalah plugin Table of Content (TOC) terbaik pertama yang berada di dalam daftar kami. Plugin ini adalah hasil garapan Steven A. Zahm yang telah diunduh lebih dari 300 ribu kali, hadir dalam beberapa format bullet dan juga penyimpanan otomatis. 

Selain itu, Easy Table of Contents juga kompatibel dengan berbagai page builder serta tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Anda dapat memilih versi yang sesuai dengan anggaran keuangan Anda.

2. Table of Contents Plus

Plugin yang memiliki rating 4.6/5 ini hadir dengan fitur pengindeksan halaman, termasuk pengindeksan konten sidebar. Cara membuat daftar isi di WordPress otomatis menggunakan Table of Contents Plus termasuk sangat mudah.

Secara penggunaan, plugin ini sebenarnya lebih cocok untuk blog kompleks atau yang memiliki halaman panjang.

3. SimpleTOC – Table of Contents Block

Plugin ini termasuk salah satu yang kami sangat favoritkan. Selain memiliki rating tinggi di market plugin WordPress, SimpleTOC adalah plugin untuk daftar isi gratis yang sangat kompatibel dengan Gutenberg. 

Tidak hanya itu, SimpleTOC – Table of Contents Block juga mendukung banyak bahasa. Jadi, plugin ini cocok untuk digunakan untuk blog orang asing maupun orang Indonesia. Di samping itu, cara membuat daftar isi blog di WordPress menggunakan SimpleTOC ini sendiri terbilang sangat cepat dan simple.

4. LuckyWP Table of Contents

Dengan jumlah unduhan mencapai lebih dari 80.000, LuckyWP Table of Contents termasuk plugin daftar isi yang cukup populer di kalangan para pengguna WordPress hari ini. Plugin ini kompatibel dengan banyak page builder, khususnya Beaver Builder dan WPBakery, serta menawarkan tampilan yang SEO-friendly.

Yang lebih menarik, LuckyWP Table of Contents juga memiliki opsi table of content melayang yang dapat membuat tampilan halaman Anda makin keren. Anda juga dapat menggunakannya secara gratis!

5. Ultimate Blocks

Plugin TOC terbaik terakhir di daftar kami adalah Ultimate Blocks. Pada dasarnya, software ini bersifat multifungsi dan hadir dengan 47 jenis blok untuk editor Gutenberg di dalamnya, termasuk table of content

Ultimate Blocks termasuk salah satu opsi terbaik untuk Anda yang memiliki halaman blog bertipe panjang dan memiliki tujuan untuk konversi.

Hingga hari ini, plugin ini telah digunakan oleh lebih dari 30.000 situs web/blog dan mendapatkan rating 4.9/5 atas performanya. Selain itu, Ultimate Blocks juga termasuk dalam kategori plugin gratis.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Website dengan CMS WordPress

Sudah Lebih Paham Cara Membuat Daftar Isi Blog di WordPress?

Daftar isi atau Table of Content adalah jenis navigasi yang keberadaannya sangat membantu pengunjung dalam proses eksplorasi sebuah halaman blog. Dengan navigasi ini, pengunjung akan dapat dengan mudah menemukan informasi penting yang ia butuhkan dari suatu halaman situs web.

Selain itu, table of content juga dapat memberikan dampak baik pada user experience pengunjung dan juga mengurangi nilai bounce rate. 

Khusus untuk cara membuat daftar isi blog di WordPress, Anda dapat melakukannya secara manual melalui metode html anchorya. Anda juga dapat menggunakan plugin SEO WordPress yang menyediakan dukungan fitur ini, seperti Yoast dan Rank Math.

Opsi lainnya, Anda juga memanfaatkan sejumlah plugin table of content populer, seperti Easy table of Contents, Table of content plus, SimpleTOC hingga ultimate Blocks.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development