Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Cara Menjadi Desainer Grafis Online, Prospek Menjanjikan

3 min read

Cara Menjadi Desainer Grafis Online, Prospek Kerja Menjanjikan

Cara menjadi desainer grafis banyak menarik minat kalangan milenial. Apalagi banyak perusahaan yang menggunakan berbagai media untuk mengembangkan bisnisnya. Hal ini menjadikan kebutuhan perusahaan pada desainer grafis terus meningkat.

Persyaratannya pun tidak hanya terbatas pada mereka yang menempuh pendidikan khusus desain. Skill yang mumpuni serta minat yang tinggi terhadap dunia grafis bisa menjadi salah satu peluang untuk meniti karir di bidang ini. Buat Anda yang penasaran, mari simak penjelasannya pada artikel berikut ini!

Bagaimana Cara Menjadi Desain Grafis Pemula?

Sebagai seorang pemula, Anda perlu memahami beberapa hal sebelum terjun dalam dunia desain grafis. Adapun cara menjadi desain grafis pemula yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Pahami Dasar-Dasar Desain

Sebagai seorang desainer grafis, banyak elemen dasar desain yang perlu dipahami dan dipelajari. Beberapa elemen tersebut seperti warna, bentuk tulisan atau tipografi, berbagai simbol, serta penerapan grid system.

2. Manfaatkan Google

Sebagai pemula, beberapa permasalahan dapat teratasi dengan banyak cara. Salah satunya dengan memanfaatkan bantuan dari Google. 

Google menjadi layanan mudah untuk setiap pertanyaan sulit yang barangkali tidak bisa orang-orang bantu dan temukan solusinya. Jaringan luas Google akan membantu Anda menemukan berbagai tips dan trend desain terbaru yang dapat membantu perkembangan desain Anda.

3. Kumpulkan Inspirasi Desain

Untuk dapat mengembangkan kemampuan desain grafis sesuai dengan perkembangan zaman, mengumpulkan berbagai desain yang menginspirasi dapat Anda lakukan.  

Hal ini akan menghasilkan desain unik yang menjadi ciri khas dan memberikan karakter tersendiri pada hasil desain Anda. Mudahnya akses ke berbagai media juga akan membantu Anda lebih mudah dalam mengumpulkan berbagai inspirasi desain yang menarik.

4. Bedah Proses Desain

Cara menjadi desainer grafis selanjutnya adalah melakukan pembedahan pada proses desain yang dilakukan. Setelah mengumpulkan berbagai inspirasi desain dari berbagai media, Anda bisa mulai menganalisis berbagai materi dalam desain, seperti warna, elemen-elemen dalam desain, hingga tool yang digunakan.

Melakukan pembedahan proses desain bisa dilakukan sesering mungkin. Semakin rutin Anda melakukannya, akan membuat Anda lebih mudah dalam memahami proses pembuatan desain. Hal ini juga akan melatih daya kreatif desainer dalam menghasilkan sebuah karya.

5. Recreate Desain Terbaik

Setelah melakukan pembedahan pada proses desainnya, Anda bisa membuat ulang desain tersebut. Desain yang dibuat ulang setelah melalui berbagai proses analisa, akan menghasilkan desain baru yang jauh lebih baik.

Pada dasarnya, karya terbaik tidak datang secara langsung, banyak proses yang telah dilakukan untuk menjadikan karya tersebut sebagai hasil terbaik. Terus berlatih dengan cara membuat ulang desain yang Anda anggap gagal sebelumnya, bisa jadi akan menghasilkan desain baru yang unik dan menarik.  

6. Pelajari Lebih Banyak Tools

Saat ini banyak tools yang bisa Anda pilih untuk menunjang karir sebagai desainer grafis, seperti Photoshop, Coreldraw, Adobe Illustrator, Canva, dan masih banyak lagi. Mempelajari berbagai macam aplikasi akan membantu mengasah kemampuan desain Anda.

Berbagai alat tersebut tentunya memiliki berbagai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Semakin memahami hal tersebut, tentunya dapat membuat Anda memutuskan alat yang sesuai dengan desain yang akan dibuat.

7. Pahami Dasar-Dasar Warna

Sebagai seorang desainer grafis, memahami berbagai dasar-dasar warna merupakan hal yang penting. Setiap warna memiliki unsur makna pada tema yang berbeda. Pemilihan warna tidak bisa dilakukan secara sembarangan. 

Kombinasi yang pas akan menghasilkan desain yang sesuai dengan tema yang diusung. Salah satu cara yang dapat Anda gunakan adalah dengan membuat color palette atau sekumpulan paduan warna yang membantu mempermudah proses pewarnaan.

8. Lakukan Presentasi

Cara menjadi desainer grafis lainnya adalah melakukan presentasi. Sebagai seorang desainer grafis, kemampuan presentasi juga merupakan hal yang penting. Tidak hanya kreativitas, akan tetapi bagaimana Anda mempresentasikan hasil karya kepada klien juga perlu menjadi perhatian. 

Kesalahan komunikasi pada presentasi bisa jadi justru membuat klien tidak bisa menerima ide yang Anda tuangkan dalam desain. Oleh karena itu, dalam melakukan presentasi, perlu adanya kemampuan komunikasi yang baik dan tidak bertele-tele, sehingga lebih mudah dipahami maksud dan tujuan dari karya yang Anda buat.

9. Manajemen Waktu

Seorang desainer grafis online atau freelancer biasanya mendapat banyak pekerjaan dari berbagai macam klien. Kemampuan manajemen waktu yang baik sangat penting, sehingga berbagai desain pekerjaan dapat terselesaikan sesuai tenggat waktu.

Manajemen waktu yang baik juga akan membantu seorang desainer mengatur berapa banyak pekerjaan yang diambil dan dapat diselesaikan dalam kurun waktu tertentu, tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti istirahat.

Tips Menjadi Desainer Grafis

Setelah memahami berbagai cara menjadi desainer grafis online, selanjutnya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yaitu: 

1. Membuat Portofolio

Untuk memulai karir sebagai seorang desainer grafis, portofolio merupakan hal yang penting. Portofolio akan membantu klien mengetahui dan melihat gaya desain yang Anda hasilkan. Saat ini, banyak platform yang bisa digunakan untuk menyusun portofolio yang baik, seperti Dribble, Behance, dan website lainnya. 

Semakin baik portofolio, akan membuat klien semakin yakin dan tertarik pada hasil pekerjaan Anda. Oleh sebab itu, Anda bisa memasukkan hasil latihan yang telah melalui proses bedah pada portofolio.

2. Promosikan Hasil Desain

Salah satu tips menjadi desainer grafis yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempromosikan hasil karya desain yang telah dibuat. Sebagai pemula, Anda tak perlu merasa malu maupun rendah diri. Semakin sering melakukan promosi, akan semakin membuat orang-orang tahu mengenai kemampuan Anda.

3. Bergabung dengan Komunitas Desain Grafis

Mempelajari desain tanpa bantuan orang lain yang bergelut pada bidang yang sama, tentunya memiliki kekurangan tersendiri. Salah satunya adalah sulitnya mendapatkan umpan balik dari hasil karya yang telah dibuat. Oleh sebab itu, bergabung dengan berbagai komunitas desain grafis bisa menjadi solusi yang tepat.

4. Terbuka Terhadap Kritik dan Saran

Proses belajar desain grafis membutuhkan banyak usaha. Sebagai seorang yang bekerja di bidang kreatif, perlu bersiap terhadap kritik dan saran. Apalagi setiap orang memiliki selera yang berbeda terhadap hasil desain. Menerima kritik dan saran dengan rendah hati akan membantu Anda berkembang menjadi lebih baik.

Sudah Tahu Cara Menjadi Desainer Grafis?

Nah, itulah beberapa cara menjadi desainer grafis online yang bisa Anda terapkan. Hal itu dapat membantu Anda membuka peluang usaha desain grafis yang saat ini banyak dibutuhkan dan memiliki prospek karir yang cukup menjanjikan, baik sebagai pekerjaan utama maupun sebagai sampingan. 

Bagi Anda yang membutuhkan jasa desain grafis sebagai partner bisnis menjadi desainer grafis, tak perlu khawatir. Saat ini Makinrajin dapat membantu kebutuhan desain logo dan kemasan produk bisnis sesuai yang klien Anda inginkan dengan harga yang bersaing.

Anda pun tak perlu ragu dengan kualitas desain kami, karena kami memiliki tim desain berpengalaman, pengiriman file desain yang lengkap, perancangan konsep sesuai keinginan Anda, serta garansi revisi dan gratis konsultasi sepuasnya. Maka dari itu, yuk, bermitra dengan Makinrajin!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development