Alexandromeo “If I had six hours to chop down a tree, I'd spend the first four hours sharpening the axe.”, - Abraham Lincoln

6 Ciri-Ciri Artikel Berkualitas yang Perlu Diperhatikan (Lengkap)

3 min read

Ciri-Ciri Artikel Berkualitas yang Perlu Diperhatikan (Lengkap)

Ciri-ciri artikel berkualitas bisa Anda jadikan sebagai patokan dalam membuat artikel terbaik. Artikel berkualitas ini merupakan artikel yang berbobot dengan bahasa yang mudah dipahami dan memberikan manfaat bagi para pembacanya. 

Lalu apa saja sih kriteria yang membuat suatu artikel bisa dikatakan artikel yang berkualitas? 

6 Ciri-Ciri Artikel Berkualitas

Jika ingin tulisan Anda cepat terbit dan dilirik oleh editor, maka artikel anda harus berkualitas baik. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana ciri-ciri artikel berkualitas? Simak penjelasannya dalam pembahasan berikut ini. 

1. Pembahasan Mendalam dan Runtut

Ciri pertama dari artikel yang berkualitas adalah memiliki pembahasan yang mendalam dan berisikan informasi penting yang perlu untuk pembaca ketahui. 

Dengan kata lain, topik pembahasannya berbeda dari artikel pada umumnya, karena lebih lengkap. Untuk menciptakan artikel seperti itu, tentunya anda harus kreatif dan bisa mencari celah topik baru untuk pembahasan. 

Selain itu, artikel yang berkualitas baik tentunya akan memiliki susunan yang tertata rapi alias runtut, dari awal hingga akhir pembahasan. 

Jadi, artikel akan memuat pembukaan, lanjut ke bagian isi, dan terakhir adalah penutup artikel yang semuanya akan tersusun dengan baik. 

Sebab, penulisan yang runtut ini akan membuat artikel menjadi enak dan nyaman dibaca. Baik dibaca oleh editor maupun pembacanya. Jika pembaca merasa nyaman, maka informasi dalam artikel tersebut akan tersampaikan dengan baik. 

Perlu Anda ketahui juga, bahwa penjabaran dalam artikel ini tidak boleh terlalu singkat, namun juga tidak baik jika terlalu bertele-tele. Hal ini juga termasuk salah satu ciri-ciri artikel berkualitas.

Dengan kata lain, ketika membaca artikel tersebut pembaca tidak akan merasa bosan dengan tulisan yang terlalu panjang. 

2. SEO Friendly (Penempatan Keyword Bagus dan Natural)

Ciri lain dari artikel yang berkualitas adalah SEO friendly. Maksudnya adalah artikel tersebut mengandung kata kunci atau keyword yang sudah Anda targetkan sebelumnya. 

Menyisipkan kata kunci pada setiap artikel akan memudahkan Anda untuk mengoptimalkan artikel tersebut untuk keperluan SEO, baik SEO onpage maupun SEO offpage. 

Pengulangan kata kunci yang baik adalah satu kata kunci untuk setiap 100 katanya. Jika lebih dari itu, maka hal ini akan dianggap spam oleh Google. 

Selain itu, penempatan keyword yang Anda gunakan juga harus bagus dan natural, sehingga akan tetap enak dalam membacanya. Dengan begitu, maka artikel Anda akan lebih mudah dipahami isinya. 

3. Disertai Data dan Sumber yang Valid

Perlu Anda ketahui, bahwa ciri-ciri artikel berkualitas selanjutnya adalah yang menyertakan data dan sumber yang valid. 

Setiap artikel yang baik tentunya akan menyertakan sumber data yang valid sebagai sumber dari penulisan artikel tersebut. 

Hal ini dilakukan agar kualitas artikel Anda terjamin. Selain itu, adanya sumber data yang valid ini akan membuat pembaca merasa yakin dengan informasi yang Anda sampaikan dalam artikel tersebut. 

Dengan begitu, maka pembaca pun akan percaya dan yakin bahwa informasi yang Anda sampaikan benar dan bisa Anda pertanggung jawabkan keakuratannya. 

Tidak hanya itu, dengan adanya sumber data yang valid ini akan membuktikan bahwa artikel Anda merupakan karya orisinil dan bukanlah artikel plagiat. 

4. Tidak ada Kesalahan Penulisan (Typo)

Ciri-ciri artikel berkualitas berikutnya adalah tidak adanya kesalahan dalam penulisan artikelnya atau typo. Sebab, artikel yang tidak memiliki kesalahan apapun di dalamnya akan lebih mudah dilirik oleh editor sebagai artikel yang memiliki kualitas baik. 

Tidak adanya kesalahan dalam penulisan ini adalah penulisan dalam bahasa asing yang benar atau penggunaan tanda baca maupun kata sambung yang tepat. 

Jadi, bisa dikatakan bahwa editor akan lebih senang dengan tipe artikel yang tidak memiliki kesalahan dalam penulisannya. Sebab, selain tidak perlu lagi melakukan editing, isi dari artikel tersebut pun sudah bagus untuk dibagikan kepada para pembaca. 

Tidak hanya itu, tata bahasa dan ejaan yang benar juga menjadi penentu apakah artikel tersebut menarik dan enak dibaca atau tidak. 

Oleh karena itu, sebelum Anda menulis sebuah artikel pastikan bahwa Anda sudah memiliki banyak ilmu mengenai EYD dan PUEBI yang baik. 

5. Bahasa Mudah Dipahami

Ciri-ciri artikel berkualitas lainnya adalah artikel yang mudah dipahami oleh pembaca. Tulisan yang baik tentunya akan mengandung informasi, karena artikel tersebut bisa digunakan sebagai solusi atas ketidaktahuan pembaca terhadap sesuatu hal. 

Dalam menulis artikel yang mudah dipahami adalah dengan menggunakan bahasa semi formal. Sebab, bahasa ini tidak terlalu baku dan tidak terlalu lokal juga. 

Selain itu, Anda juga harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara menulis artikel yang baik. Dengan Anda membahas suatu topik yang jelas, dan konsisten, maka artikel Anda akan menjadi artikel yang berkualitas. 

Anda harus bisa mengedepankan bahasan dari suatu tema, tanpa ada pengulangan kata yang berlebih. Selain itu, isi dari pembahasan ini haruslah informatif, sehingga pembaca bisa mengingat tulisan Anda dengan baik setelah membacanya. 

Mengenai pengulangan katanya sebaiknya jangan Anda lakukan secara berlebihan. Sebab, hal ini akan membuat tulisan Anda menjadi kurang enak dibaca. 

Lakukan pengulangan kata sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya adalah yang terdapat dalam penulisan artikel SEO. 

Akan tetapi, pengulangan kata yang dibutuhkan haruslah dalam nilai yang wajar dan tidak sampai mengganggu pembaca dalam memahami tulisan Anda tersebut. 

6. Format Penulisan Rapi dan Sesuai PUEBI 

Perlu Anda ketahui, ciri-ciri artikel berkualitas yang terakhir adalah artikel yang menggunakan format penulisan rapi. 

Maksudnya adalah ketika membaca artikel, tentunya Anda sendiri akan merasakan adanya perbedaan antara artikel yang memiliki font sangat besar dan font sangat kecil. 

Untuk itu, diperlukan pemilihan font penulisan yang sesuai dengan standar penulisan artikel dengan line spacing yang tepat juga. 

Selain itu, penggunaan sub heading juga akan lebih memudahkan pembaca dalam menangkap isi dari artikel yang Anda buat. Tidak hanya itu, pembaca juga bisa dengan mudah membedakan setiap pokok bahasan yang ingin Anda sampaikan. 

Tidak hanya itu, dalam menulis artikel juga harus disesuaikan dengan PUEBI. PUEBI sendiri adalah singkatan dari Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. 

Sebagian besar aturan dalam PUEBI kurang lebih sama dengan EYD. Akan tetapi, terdapat sejumlah perubahan dan tambahan. Salah satunya adalah penggunaan huruf kapital. 

Jadi, dalam penulisan artikel juga harus diperhatikan penggunaan huruf kapitalnya. Selain digunakan pada huruf awal nama orang, nama gelar, keturunan, dan keagamaan, huruf kapital juga digunakan untuk huruf awal julukan. 

Penggunaan italic pada kata asing juga harus Anda perhatikan dengan baik dalam penulisan artikelnya. Sebab, hal ini juga tertera dalam peraturan PUEBI. 

Sudahkah Anda Menulis Artikel Berkualitas?

Demikianlah ciri-ciri artikel berkualitas yang perlu Anda ketahui. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan foto atau gambar ilustrasi sebagai pendukungnya. Dengan begitu, maka pembaca pun akan semakin tertarik untuk membaca artikel Anda tersebut. 

Jadi, apakah Anda sudah bisa menulis artikel yang berkualitas dengan berbekal penjelasan lengkap diatas? Semoga dengan penjelasan ini artikel yang Anda buat bisa cepat dilirik oleh editor dan diterbitkan. 

Makinrajin menyediakan jasa penulis artikel SEO dengan kualitas tinggi untuk membantu meningkatkan traffic website Anda. 

Alexandromeo “If I had six hours to chop down a tree, I'd spend the first four hours sharpening the axe.”, - Abraham Lincoln