Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu Class Diagram? Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Contohnya

3 min read

Apa itu Class Diagram Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Contohnya

Saat ini, profesi sebagai pemrogram sangatlah marak dicari mengingat tingginya kemajuan digital pada era millenium. Jurusan kuliah yang berkaitan dengan dunia IT, memiliki segunung peminat. 

Rata rata peminatnya merupakan orang yang tertarik dalam dunia IT. Tetapi ada juga sebagian orang yang tertarik pada dunia pemrograman, namun masih awam dengan istilah istilah dalam dunia progamming.

Dunia programming dikenal membingungkan bagi orang awam karena istilah istilahnya yang sulit dimengerti. Namun demikian, minat belajar terkait dunia programming masih sangat tinggi. 

Salah satu istilah yang kerap kali muncul adalah class diagram. Mungkin dari Anda masih belum mengerti apa itu class diagram. Oleh karena itu, simak penjelasan terkait class diagram hingga fungsinya, berikut ini.

Apa itu Class Diagram? 

Class diagram atau dalam bahasa Indonesia diagram kelas adalah salah satu jenis diagram struktur yang tertera pada UML. Diagram ini memiliki gambaran jelas terkait struktur, deskripsi kelas, atribut, metode hingga hubungan dari setiap objek. 

Diagram kelas memiliki sifat yang statis. Maksud dari statis disini adalah bahwa diagram kelas bukan menjelaskan apa yang akan terjadi jika terdapat hubungan antar kelas, melainkan akan menjelaskan hubungan apa yang terjadi pada antar kelas.

Bagi para programmer, diagram kelas ini cocok diimplementasikan ke pekerjaan proyek yang menggunakan konsep object oriented. Hal ini dikarenakan gambaran pada diagram kelas cukup mudah untuk digunakan. 

Diagram kelas memiliki desain model yang terbagi menjadi dua bagian berbeda. Bagian pertama merupakan bagian penjabaran dari database atau basis data. Bagian kedua merupakan bagian dari modul MVC. Bagian kedua memiliki class interface, class control, serta class entitity. 

Baca Juga : Flowchart: Pengertian, Fungsi, Contoh dan Cara Membuatnya (Lengkap)

Fungsi dan Manfaat Class Diagram

Class diagram memiliki berbagai macam fungsi yang dapat membantu struktur dalam dunia pemrograman. Fungsi pertama dari class diagram adalah untuk menunjukkan sebuah struktur statis pengklasifikasi suatu sistem. Selain itu, class diagram juga berfungsi untuk memberikan notasi dasar untuk diagram struktur lain yang ditentukan oleh UML. Fungsi lainnya adalah class diagram dapat digunakan sebagai media analisa bisnis untuk membuat model sistem dari sudut pandang bisnis. 

Selain memiliki fungsi yang beragam, class diagram juga memiliki keunggulan serta manfaat tertentu. Adapun keunggulan dan manfaat tersebut antara lain.

  • Mampu membuat ilustrasi terkait model data yang digunakan pada sistem informasi, dengan tidak memandang apakah model data yang Anda berikan rumit atau sederhana.
  • Mampu memberikan gambaran umum terkait skema dalam aplikasi dengan lebih baik.
  • Mampu membantu penyampaian secara visual berbagai kebutuhan spesifik dari suatu sistem untuk kemudian menyebarkan informasi tersebut ke dalam bisnis.
  • Dalam class diagram terdapat bagan yang mendetail dimana bagan tersebut menyoroti kode spesifik yang perlu diprogram dan diterapkan ke struktur yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Mampu memberikan deskripsi implementasi independen dari tipe yang digunakan sistem dan kemudian diteruskan ke setiap komponennya.

Komponen Class Diagram

Class diagram memiliki komponen komponen yang beragam. Berikut merupakan penjabaran komponen yang terdapat pada class diagram. 

  1. Komponen Atas 

Komponen atas adalah komponen yang berisikan nama kelas yang diperlukan. Nama kelas tersebut mencangkup baik dalam pengklasifikasian nama ataupun objek terkait.

  1. Komponen Tengah 

Komponen tengah berisikan atribut kelas yang fungsinya adalah untuk mendefinisikan kualitas kelas. Komponen tengah ini diperlukan untuk mendefinisikan instance dari suatu kelas.

  1. Komponen Bawah 

Komponen bawah merupakan komponen dari class diagram yang mana menampilkan informasi class. Informasi class tersebut disertakan dalam bentuk format daftar. Hal ini menyebabkan setiap sistem operasi akan memiliki barisnya sendiri. Komponen bawah juga menggambarkan interaksi antar class sesuai dengan basis data.

  1. Komponen Tambahan

Komponen tambahan dalam class diagram terdiri dari banyak sekali komponen. Berikut merupakan penjelasannya.

  • Class adalah sekumpulan objek yang terdiri atas unsur unsur yang sama
  • Signals adalah simbol yang mewakili komunikasi tidak sinkron antara objek aktif yang satu arah
  • Tipe data adalah data yang terbentuk dengan melakukan sistem klasifikasi yang dapat menentukan nilai data. Tipe data yang dihasilkan merupakan tipe primitif atau pencacahan
  • Packages merupakan komponen yang dirancang untuk melakukan klasifikasi pengaturan dalam diagram. Lambang komponen packages adalah persegi panjang.
  • Interface adalah kumpulan dari atribut yang menjabarkan kumpulan perilaku yang bersifat kohesif. Komponen ini cenderung sama dengan class dan setidaknya harus memiliki satu class untuk pengimplementasiannya.
  • Enumerations adalah komponen yang menggambarkan tipe data yang ditentukan oleh user atau pengguna. Enumerations cangkupannya adalah kelompok pengenal yang meakili pencacahan.
  • Objects merupakan komponen yang dapat ditambahkan ke dalam class diagram untuk mewakili contoh dalam bentuk konkret atau prototipe
  • Artifacts merupakan komponen model yang bersifat mewakili entitas konkret dalam suatu sistem perangkat lunak. Contoh dari artifcats antara lain adalah dokumen, basis data, file yang dapat dieksekusi, komponen perangkat lunak, dan lain sebagainya. 

Contoh Class Diagram

Class diagram dapat diterapkan d berbagai aspek penggunaan. Class diagram dapat dibuat dengan menggunakan berbagai alat untuk UML. Class diagram dapat digunakan untuk sistem manajemen hotel, sistem manajemen sekolah, diagram penjualan, diagram mesin atm dan lain sebagainya. 

Berikut merupakan salah satu contoh class diagram beserta penjelasan simbolnya. Gambar berikut merupakan salah satu contoh class diagram dalam bidang sistem penjualan. 

contoh class diagram adalah sebagai berikut

Pada class diagram yang tertera diatas, diketahui bahwa class departemen memiliki agresi yang sama atau linier dengan class pegawai. Hal ini dikarenakan departemen ini dapat berdiri sendiri. Pada class transaksi dapat kita lihat class tersebut tidak dapat berdiri sendiri, class transaksi kehadirannya bergantung pada tabel produk. Hal tersebut, juga sama berlakunya terhadap class produk, dimana class produk membutuhkan tabel departemen untuk berdiri. Dari class diagram diatas, dapat disimpulkan bahwa banyak pelanggan yang dapat melakukan banyak transaksi. Terlihat juga bahwa satu transaksi dapat mencangkup lebih dari satu produk. Contoh tersebut merupakan salah satu contoh implementasi class diagram dalam rumpun bisnis, Anda dapat menemui contoh contoh class diagram lainnya yang digunakan di berbagai sektor.

Sudah Mengerti Apa itu Class Diagram? Yuk Kita Gunakan !

Berikut tadi merupakan penjelasan terkait class diagram. Dapat disimpukan bahwa class diagram adalah salah satu jenis diagram struktur yang tertera pada UML. yang memiliki gambaran jelas terkait struktur, deskripsi kelas, atribut, metode hingga hubungan dari setiap objek. 

Class diagram memiliki berbagai macam fungsi dan manfaat yang dapat menunjang basis data. Class diagram juga memiliki komponen yang beragam mulai dari komponen atas hingga komponen tambahan. Semoga penjelasan diatas dapat menjawab rasa penasaran Anda tentang topik khusus class diagram.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development