Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa Itu Composer? Ini Cara Kerja dan Fungsinya pada Pemrograman PHP

4 min read

Apa Itu Composer Ini Cara Kerja dan Fungsinya pada Pemrograman PHP

Dalam pembuatan program website berbasis PHP, Composer adalah sebuah tools paket yang memiliki manfaat untuk mempermudah proses developing program. Fungsi Composer tidak hanya mencakup tentang kemudahan akses program saja. Namun, tools paket ini juga akan membuat tampilan program menjadi lebih menarik.

Selain itu, dengan tools paket PHP ini, seluruh proses coding dengan bahasa program PHP dapat dilakukan dengan sangat mudah. Hal ini tidak terlepas dari tools paket ini yang menyediakan berbagai source dan library template yang bisa Anda sesuaikan dengan jenis program.

Penasaran tentang apa itu Composer dan seberapa pentingnya tools paket ini bagi para developer program PHP? Yuk simak selengkapnya dalam artikel ini!

Apa Itu Composer?

Composer adalah sebuah paket tools dependency manager untuk mempermudah proses coding bahasa pemrograman PHP. Tools paket berbentuk aplikasi yang diinstal dalam perangkat, dan akan memfasilitasi developer dengan berbagai library open source serta template program berbasis PHP.

Jadi, nantinya tools paket ini akan membantu pengembang program untuk mengatur dependency dalam proses coding dengan berbagai library open source. Hasilnya, proses coding jadi lebih cepat dan lebih terstruktur. Selain itu, tools paket ini juga akan mempermudah maintenance program saat Anda ingin meng-updatenya.

Composer pertama kali dikembangkan pada tahun 2012 oleh seorang programmer profesional bernama Jordi Boggiano dan Nils Adermann. Composer juga sangat berbeda dengan jenis tools paket Laravel. 

Jika Laravel adalah tools paket yang sifatnya hanya mempermudah coding saja, namun Composer akan menyediakan sumber yang sifatnya open source dengan berbagai template PHP program.

Cara Kerja Composer

Menurut definisi yang telah dijelaskan, Composer adalah paket tools dependency manager untuk mempermudah proses coding bahasa pemrograman PHP. Tools ini mempunyai cara kerja yang sangat unik.

Composer membutuhkan sebuah repository sebagai media template yang nantinya akan membuat struktur bahasa pemrograman secara otomatis. Dalam template ini, akan menyediakan berbagai fitur yang telah terintegrasi dengan GitHub Server dan Bitbucket. Atas dasar ini, maka cara kerja Composer adalah sebagai berikut:

  1. Composer membantu programmer untuk menemukan jenis paket dan template PHP yang telah tersedia pada library source dan Packagist.
  2. Sebelum mengunduh berbagai sumber template dan library yang Anda perlukan, Composer secara otomatis akan memeriksa beberapa hal seperti:
    • Apakah template unduhan tersebut membutuhkan sumber library lainnya sebagai tambahan dependensi.
    • Versi PHP yang terdapat dalam library yang telah Anda unduh.
    • Module yang Anda perlukan untuk library tersebut, agar proses coding jadi lebih mudah dan cepat.
  3. Setelah proses pengecekan selesai, maka tools paket ini akan mendownload sumber library lain yang Anda perlukan ke dalam project PHP pada sebuah direktori “vendor”.

Mengapa Developer Program PHP Membutuhkan Composer?

Kehadiran Composer adalah sebagai dependency manager yang membuat proses pengembangan project PHP jadi berjalan lebih mudah. Mengapa? 

Biasanya, dalam pengerjaan sebuah proyek akan memakan waktu cukup lama jika Anda membuatnya secara manual dari nol. Nah solusi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan library atau template yang telah jadi. 

Nantinya, Anda hanya perlu melakukan proses editing codes dan menyesuaikan struktur program PHP dengan kebutuhan program yang ingin Anda buat. Selain itu, tools paket ini juga mencakup template CSS yang bervariasi dengan tampilan desain menarik.

Fungsi Composer berperan sebagai tools yang membantu developer untuk mendapatkan template dan library PHP dari berbagai sumber. Jika Anda mengeksekusinya dengan tepat, template PHP tersebut dapat Anda kembangkan menjadi sebuah program baru yang lebih terstruktur dengan tampilan menarik.

Fungsi Composer dalam Program PHP

Nah, setelah mengetahui tentang definisi, cara kerja, dan pentingnya tools paket ini bagi developer program, berikut adalah beberapa manfaat serta fungsi utama Composer dalam program PHP. Simak penjelasan lengkapnya:

1. Mempermudah Proses Coding Program PHP

Jika Anda membuat program berbasis PHP dengan cara penulisan coding manual, tentu saja akan memakan waktu yang sangat lama. Selain itu, proses penulisan coding PHP secara manual juga memiliki potensi program error yang sangat tinggi. 

Faktor seperti kesalahan penulisan codes, kesalahan pemetaan DIV HTML, dan faktor lainnya akan memengaruhi tingkat keberhasilan suatu program PHP. Nah, dengan Composer, seluruh proses coding PHP tersebut dapat Anda lakukan dengan sangat mudah dan cepat.

Nantinya, tools paket ini akan menyediakan template yang telah berbentuk program jadi. Kemudian, Anda hanya perlu melakukan editing codes dan menyesuaikan template dan library tersebut dengan kebutuhan program yang ingin Anda buat.

2. Tampilan CSS Program yang Bervariatif 

Composer adalah sebuah tools paket PHP yang tidak hanya menyediakan template serta library hanya untuk struktur program saja. Akan tetapi, tools paket ini juga menyediakan sumber CSS yang sangat bervariatif dengan tampilan menarik dari berbagai source yang telah dibuat oleh developer di seluruh dunia.

Jadi, Anda bisa mendapatkan hasil program dengan tampilan desain yang menarik dengan struktur kuat di dalamnya. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan elemen lain dalam program PHP yang Anda buat. 

Bahkan, Anda dapat mengombinasikannya dengan source lain untuk menghasilkan program baru dengan tampilan CSS dan layout desain yang jauh lebih canggih. Hal ini tentu sangat berguna bagi para programmer yang ingin membidik target program dengan nilai layout desain serta CSS yang bervariatif.

3. Mempermudah Proses Maintenance Program PHP

Selanjutnya, fungsi dan manfaat Composer adalah untuk mempermudah proses maintenance program berbasis PHP. Seperti yang umumnya para programmer ketahui, program PHP perlu mendapatkan update dan maintenance agar dapat berjalan dengan baik.

Untungnya, tools paket ini akan secara otomatis memperbaiki coding serta meng-update versi PHP sesuai dengan struktur PHP terbaru yang terdapat dalam template tersebut. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mencari error codes untuk melakukan maintenance program. 

4. Sarana Bertukar Ilmu antar Sesama Developer 

Selain memiliki fungsi sebagai tools yang mempermudah proses coding program PHP, Composer adalah sebuah wadah atau sarana yang sangat bermanfaat bagi para developer pemula.

Lewat tools paket ini, Anda dapat bertukar ilmu antar sesama developer di seluruh dunia. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari banyak hal seputar dunia programming lewat tools paket ini. 

Berkat adanya berbagai sumber yang sifatnya open source, tentu saja akses Anda untuk mempelajari bahasa pemrograman PHP menjadi lebih luas. Anda juga bisa membagikan hasil program yang telah Anda buat dengan cara mengunggah template program tersebut dalam Packagist dari Composer tersebut.

Cara Instal Composer

Nah, saat ini tentu Anda penasaran bagaimana cara install tools paket ini dalam komputer Anda. Berikut adalah langkah-langkah proses penginstalannya:

  • Install terlebih dahulu aplikasi program PHP pada perangkat komputer Anda. Anda bisa menggunakan berbagai jenis aplikasi program PHP seperti XAMPP, MAMP,dan aplikasi lain sejenisnya.
  • Selanjutnya, silakan download file aplikasi Composer.
  • Setelah proses unduhan selesai, silakan buka lalu jalankan file Composer tersebut dengan cara mengklik “Run administrator” pada Installation Wizard. Kemudian, silakan ikuti proses instalasi dengan cara klik “Next” dan ikuti step selanjutnya sampai selesai.
  • Selanjutnya, silakan tentukan lokasi file yang akan Anda instal. Pada tahapan ini, akan muncul pop-up yang meminta Anda untuk mencari baris perintah berbasis PHP. Pastikan Anda memilih lokasi instalasi di penyimpanan C:/xampp/php/php.exe. Kemudian, klik “Next”.
  • Setelah itu, akan muncul lagi permintaan “Proxy Settings”. Jika Anda ingin menggunakan proxy, maka beri centang lalu masukkan URL proxy yang ingin Anda gunakan. Lewati tahapan ini dengan cara klik “Next” jika Anda tidak ingin menggunakan proxy, lalu klik “Install”.
  • Kemudian, akan ada tampilan pop-up pemberitahuan perubahan terhadap pengaturan Windows Environment. Hal ini bertujuan agar Composer yang telah Anda instal tersebut dapat Anda jalankan juga dalam aplikasi Windows Command Prompt.
  • Terakhir, proses instalasi telah selesai. Kini, Composer berhasil terinstal pada perangkat Windows Anda. Anda dapat menikmati semua fitur yang terdapat di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh template PHP program secara gratis.

Sudah Paham Tentang Apa Itu Composer?

Nah, itu dia penjelasan tentang apa itu Composer. Kesimpulannya, Composer adalah sebuah tools yang berisi paket, template, dan library PHP codes yang sifatnya open source. Kemudian, fungsi tools paket ini yaitu untuk mempermudah coding dengan bahasa pemrograman PHP.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development