Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Contoh Artikel SEO Untuk Optimasi Konten di Search Engine

3 min read

Contoh Artikel SEO Untuk Optimasi Konten di Search Engine

Tidak diragukan lagi, konten artikel memiliki peran yang sangat penting dalam kelangsungan sebuah website. Namun, artikel yang diperlukan oleh sebuah website bukanlah sembarang artikel, melainkan artikel SEO. Berikut ini kami berikan contoh artikel SEO untuk Anda.

Apa Itu Artikel SEO?

Artikel SEO adalah jenis artikel yang dirancang khusus untuk meningkatkan jumlah kunjungan organik ke website dan menjadi bagian penting dari strategi optimasi website perusahaan. 

Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa

Artikel SEO dan artikel biasa memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan informasi kepada pembaca. Namun, terdapat beberapa perbedaan antara keduanya, sebagai berikut:

1. Tujuan atau Niat Penulisan

Ketika menulis contoh artikel SEO, tujuan utama penulis adalah untuk menjawab pertanyaan atau masalah yang sering dicari oleh pengguna dan relevan dengan konten yang ada di website

Sebelum menulis artikel SEO, penting untuk memahami kebutuhan audiens target. Jika artikel-artikel dalam website memiliki keterkaitan dan relevansi yang tinggi, mesin pencari akan mempertimbangkan website perusahaan sebagai sumber yang direkomendasikan untuk pengguna.

2. Kata Kunci (Keyword)

Artikel SEO sangat terkait dengan penggunaan kata kunci tertentu yang relevan dengan topik artikel yang akan ditulis. Dalam menentukan kata kunci, penting untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. 

Cari kata kunci yang relevan dengan website perusahaan dan kemungkinan kata kunci yang akan diketik oleh pengguna pada mesin pencari. Terdapat berbagai alat yang dapat digunakan untuk mencari kata kunci, salah satunya adalah Google Trends.

Contoh Artikel SEO Friendly

Untuk membuat artikel SEO friendly, terdapat beberapa kriteria yang perlu diperhatikan, yakni:

1. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Pertama-tama, pastikan Anda menggunakan kata kunci atau keyword yang relevan pada artikel tersebut. Pilihlah kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi, karena hal ini menandakan bahwa topik tersebut banyak dicari oleh audiens

Namun, tetaplah memilih kata kunci yang sesuai dengan bisnis Anda, agar artikel tetap relevan. Misalnya, Anda memiliki bisnis pakaian, maka kata kunci yang relevan adalah “rekomendasi OOTD” atau “jenis kain”. Gunakan kata kunci tersebut secara strategis dalam paragraf pertama artikel, judul topik, isi artikel, dan bagian lainnya. 

Selain itu, Anda sebaiknya juga menghindari penggunaan kata kunci secara berlebihan, agar artikel tetap terbaca dengan lancar dan tidak terlihat seperti spam. Minimal persentase keyword di dalam artikel adalah 0,5% dan maksimal 2% dari jumlah kata artikel.

2. Penuhi Jumlah Kata Minimum

Pastikan artikel Anda memiliki jumlah kata setidaknya 300 kata. Artikel dengan jumlah kata yang lebih banyak cenderung lebih disukai oleh Google, karena artikel tersebut memiliki konten yang lebih padat. Namun, pastikan juga isi artikel tetap berkualitas dan informatif, bukan hanya berfokus pada memenuhi jumlah kata minimum.

Dengan memperhatikan kedua kriteria di atas, Anda dapat membuat contoh artikel SEO yang relevan. Perlu diingat, meskipun penting untuk mengoptimalkan artikel Anda untuk SEO, tetaplah fokus pada memberikan nilai tambah kepada pembaca Anda dengan konten yang berkualitas dan informatif.

3. Gunakan Judul yang Menarik

Penting untuk memperhatikan judul dalam artikel SEO. Pastikan judul artikel Anda menarik dan menarik minat pembaca. Jangan lupa untuk menyertakan kata kunci yang relevan dalam judul tersebut. Contoh artikel SEO bisa dengan judul “Rahasia Kecantikan ala Artis Korea dengan Perawatan Kulit X”.

4. Meta Deskripsi

Meta deskripsi ini memberikan ringkasan tentang isi artikel Anda. Pastikan meta deskripsi memiliki setidaknya 120 karakter dan mencakup kata kunci yang relevan. Buatlah meta deskripsi yang menarik, agar pembaca tertarik untuk membuka artikel Anda.

5. Struktur Heading Tepat

Keterbacaan merupakan hal penting dalam artikel SEO. Oleh karena itu, penggunaan heading sangat diperlukan. Dalam artikel SEO, tambahkan heading untuk memisahkan setiap poin pembahasan. 

Gunakan heading 1 untuk judul utama, kemudian gunakan heading 2 untuk sub-topik utama, dan gunakan heading yang lebih rendah seperti heading turunan untuk sub-topik yang lebih spesifik. Pastikan juga untuk menyertakan kata kunci dalam heading tersebut, tapi jangan berlebihan.

6. Manfaatkan Internal Link

Salah satu contoh artikel SEO friendly yang baik adalah ketika artikel tersebut mengandung internal link. Anda dapat menautkan ke halaman lain atau artikel terkait di dalam website Anda. 

Penggunaan internal link ini menunjukkan relevansi konten SEO dan merekomendasikan artikel tersebut. Tambahkan beberapa internal link yang relevan dalam artikel Anda untuk meningkatkan trafik kunjungan pada artikel Anda yang lain sekaligus optimasi ranking SEO website pada artikel bersangkutan.

7. Gunakan Out Link

Selain internal link, Anda juga dapat menambahkan out link. Out link adalah tautan ke website eksternal yang Anda masukkan dalam artikel Anda. Out link juga dapat memberikan nilai tambah pada konten Anda. 

Maka dari itu, pilihlah out link yang relevan dengan konten yang sedang Anda tulis. Anda dapat memasukkan out link yang mengarah ke akun media sosial bisnis Anda, portal berita, atau website lain yang relevan.

Misalnya, Anda menulis tentang topik “obat jerawat”, maka Anda bisa memasukkan eksternal link dari website Halodoc untuk membuat artikel Anda tampak valid.

8. Tambahkan Gambar

Kehadiran gambar dalam artikel SEO memiliki kepentingan yang tinggi. Karena artikel yang ramah SEO sebaiknya menyertakan setidaknya satu gambar sebagai gambar thumbnail. Selain itu, pastikan Anda juga menggunakan teks alternatif (alt text) pada gambar dengan menggunakan kata kunci yang relevan.

Tambahkan beberapa gambar di artikel Anda, agar pembaca tidak merasa bosan. Gambar-gambar tersebut dapat berupa infografik atau foto pendukung yang relevan dengan konten.

9. Berikan Penutup yang Mengesankan

Contoh artikel SEO yang baik selalu menyertakan kalimat penutup yang memberikan kesan yang kuat. Bagian penutup ini dapat digunakan sebagai inbound marketing, di mana Anda dapat menyertakan kalimat Call-to-Action (CTA).

CTA berfungsi untuk meminta pembaca untuk mengunjungi halaman lain, mengisi formulir, atau menghubungi kontak Anda. Manfaatkan bagian penutup ini untuk memberikan kesan yang menarik dan mendorong tindakan dari pembaca.

Jasa Artikel SEO Terbaik

Setelah membaca contoh artikel SEO di atas, mungkin terasa terlalu rumit untuk Anda, terutama jika Anda baru memulai memiliki website atau baru memasuki dunia pemasaran digital. 

Namun, jangan khawatir! Anda masih dapat membuat artikel yang ramah SEO loh. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan jasa penulis artikel SEO profesional. Dengan bantuan tim ahli kami, Anda dapat membuat artikel yang sesuai dengan standar SEO.

Menggunakan jasa kami tidak harus mahal, terutama jika Anda mempertimbangkan manfaat jangka panjang yang akan Anda dapatkan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera manfaatkan jasa SEO untuk membantu meningkatkan kualitas website bisnis Anda. Untuk konsultasi gratis, silakan hubungi Makinrajin segera!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development