Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

10 Contoh Copywriting Instagram untuk Meningkatkan Brand Awareness

3 min read

Contoh Copywriting Instagram untuk Meningkatkan Brand Awareness

Teknik copywriting Instagram adalah sebuah teknik penulisan kata-kata untuk sebuah konten, yang bersifat mengajak audiens agar tertarik terhadap brand tertentu. Jika ingin menarik perhatian audiens di platform Instagram, Anda bisa pelajari contoh copywriting Instagram lewat artikel ini.

Pentingnya Membuat Copy yang Menarik di Instagram

Dalam sebuah konten Instagram, untuk bisa mengundang ketertarikan audiens tentu harus disertai dengan kalimat-kalimat yang unik. Jadi, dengan penulisan kalimat yang unik ini, audiens akan merasa semakin dekat dengan brand tersebut dan bisa menjalin sebuah ikatan emosional antara brand dengan audiensnya.

Selain itu, copywriting Instagram yang menarik juga dapat membangun identitas dari sebuah brand atau produk, agar memiliki ciri khas tersendiri.

10 Contoh Copywriting Instagram yang Unik

Dalam proses pembuatan konten berupa tulisan, Anda perlu merangkai sebuah kalimat unik agar bisa menarik perhatian audiens. Berikut ini contoh penulisan konten Instagram yang unik dari berbagai brand:

1. Contoh Copywriting Brand Fashion

Untuk contoh copywriting produk fashion, hal yang paling utama adalah penjelasan tentang keunggulan produk. Namun, penjelasan tersebut tidak boleh dijelaskan terlalu panjang dan rumit.

Anda cukup menerangkannya secara singkat, namun jelas poin-poinnya. Selain itu, detail tentang keunggulan produk juga bisa Anda jelaskan dalam konten sebuah foto. Namun, tetap harus dibuat simpel dan jelas, ya. Berikut ini contoh tips copywriting di Instagram untuk produk busana:

“Mau tampil keren dan eye catching? Buruan beli kemeja X ini. Selain keren, kemeja ini juga nyaman dipakai untuk semua aktivitas. Buruan Serbu!”

2. Penulisan Copy Menggunakan Bahasa Bijak

Selanjutnya, sebagai contoh copywriting Instagram yang unik, Anda bisa mencoba gaya tulisan dengan menggunakan bahasa yang menarik. Bahasa menarik ini tidak harus mengandung ajakan untuk membeli produk, namun Anda bisa merangkai kalimat bijak atau keren yang berhubungan dengan produk.

Anda bisa menggunakan contoh kalimat seperti ini:

“Kualitas diri Anda terlihat dari hal yang Anda kenakan”

3. Contoh Kalimat untuk Brand Kopi

Bisnis kopi saat ini menjadi salah satu bisnis yang sedang naik daun. Bagi sebagian orang, kopi sudah menjadi gaya hidup yang tidak terpisahkan dari pekerjaan. Jadi, untuk penulisan kalimat unik terkait brand kopi, Anda bisa menyisipkan kalimat motivasi yang berhubungan antara kopi dengan penikmat kopi.

“Butuh penyemangat tapi gak punya ayang? Eits! semangati dirimu sendiri dengan secangkir kopi X agar tetap full senyum”

4. Kalimat Menarik dengan Menjalin Komunikasi Audiens

Anda juga bisa menggunakan audiens sebagai bahan untuk konten tulisan, lho. Caranya adalah membuat copywriting yang mengandung unsur komunikasi antara brand dengan audiens. 

Dengan penulisan berbentuk komunikasi ini, audiens tentu akan merasa terlibat dalam konten tersebut. Selain itu, komunikasi antara brand dengan audiens juga akan memunculkan ikatan emosional dan kemistri yang mendalam. Berikut ini contoh penulisan kalimatnya:

“Met pagi guys, udah pada sarapan belum? Jangan lupa bahagia ya :)”

5. Contoh Copywriting Instagram untuk Produk Skincare

Pada dasarnya, teknik copywriting di Instagram untuk semua jenis brand dan produk itu relatif sama. Anda perlu menunjukan keunggulan produk dalam tulisan dan konten Anda. 

Untuk jenis produk perawatan wajah, Anda perlu menjelaskan kelebihan produk dengan penyampaian yang sederhana dan masuk logika. Berikut ini contoh tulisan untuk produk skincare:

“Yuk, pakai Skincare X. Terbuat dari bahan alami yang terbukti mampu atasi serangan jerawat. Kandungan Vitamin C nya, mampu menjaga kulit wajah Anda dari polusi dan paparan sinar matahari, serta berfungsi sebagai antioksidan yang mendetox kulit”.

6. Contoh Kalimat Penulisan Diskon

Diskon adalah hal yang sangat penting setelah kelebihan produk yang Anda jelaskan. Tanpa diskon, produk semenarik apapun akan kehilangan audiensnya karena dinilai pelit. Terlebih lagi, jika harga produk relatif mahal, maka diskon adalah bentuk promosi terbaik untuk meningkatkan angka penjualan.

Penulisan kalimat diskon ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyampaikan jenis diskon yang terdapat dalam produk yang akan Anda promosikan. Berikut ini contoh kalimatnya:

“Serbu sekarang juga! Produk X ada DISKON 25% + GRATIS ONGKIR!!”

7. Copywriting dengan Bahasa Inggris

Contoh copywriting Instagram selanjutnya, Anda bisa mencoba bereksperimen dengan menggunakan penulisan copy menggunakan Bahasa Inggris. Selain itu, penulisan caption atau copywriting dengan bahasa asing juga akan memberikan kesan elegan pada brand Anda.

Kesan elegan ini lah bisa menambah nilai jual produk serta menciptakan identitas tersendiri terhadap produk yang Anda pasarkan. Berikut ini adalah tips copywriting di Instagram menggunakan Bahasa Inggris:

“X Collection is here! Lead the path you choose together to welcome this power – TOP 10 COLLECTION X PRODUCT”

8. Copywriting Tips & Trik

Selain membahas tentang produk, sebagai bahan konten tulisan di Instagram Anda juga bisa memanfaatkan konsep konten tips & trik. Konten tulisan ini juga terbukti memiliki efektivitas tinggi untuk meningkatkan brand awareness produk karena berisi informasi bermanfaat.

Bahkan, penulisan konten tips & trik juga bisa menjadi inovasi konten dalam sebuah brand agar tidak terkesan membosankan. Tentunya, penulisan konten yang melulu tentang produk akan membuat audiens merasa jenuh. Terlebih lagi, jika produknya tampil sebagai konten yang terkesan itu-itu saja.

Untuk contoh penulisan ini, sebenarnya bisa merujuk pada berbagai sumber atau product knowledge bisnis Anda, namun dikemas dalam bentuk gambar. Untuk mempelajari konsepnya, Anda bisa melihat beberapa akun Instagram brand ternama sebagai referensi. 

Semisal Anda punya bisnis makanan, silakan bisa mencontoh konsep penulisan copy dari brand mie instan ini. Sebagai tambahan, Anda juga perlu menyisipkan kalimat-kalimat tersebut dalam caption konten.

9. Konten Copywriting untuk Tempat Wisata

Tempat wisata  juga merupakan bisnis yang saat ini sedang populer karena hampir seluruh pengguna Instagram membutuhkan konten wisata sebagai penghias galeri mereka. 

Untuk penulisan konten jenis ini, Anda hanya perlu menjelaskan tentang spot apa yang menjadi daya tarik dari lokasi tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menyisipkan gambar tambahan sebagai pemanis promosi konten tulisan agar lebih menarik. Berikut ini contoh penulisan kalimat captionnya:

“Nikmati sensasi pedesaan khas Eropa dari Indonesia” 

10. Contoh Copywriting Tempat Usaha

Sebagai pembahasan terakhir terkait contoh copywriting Instagram, adalah tentang tips copywriting di Instagram untuk keperluan tempat usaha seperti, cafe, kedai kopi, restoran, dan lain sebagainya.

Untuk konten tulisan bertema tempat usaha, sebenarnya hampir serupa dengan penulisan konten untuk tempat wisata. Namun, Anda perlu menambahkan promo menarik. Misalnya, dalam tulisan tersebut sisipkan informasi spot paling menarik dari tempat usaha Anda. Berikut ini contoh penulisan yang bisa Anda gunakan:

“Sensasi makan malam romantis dengan sentuhan Vintage Classic. Ada promo menarik spesial untuk kamu yang ingin melamar pujaan hati”

Kesimpulan

Sekian pembahasan tentang contoh copywriting Instagram sebagai bahan referensi konten tulisan Anda. Tentunya, teknik penulisan ini sangat berpengaruh terhadap kualitas brand tertentu. Jika Anda bingung dengan cara membuat copy yang menarik dan informatif, Makinrajin menyediakan jasa copywriting untuk mendukung bisnis usaha Anda.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development