11 Marketing Tools Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan Anda

11 Marketing Tools Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Era digital membawa perubahan yang sangat besar pada kehidupan manusia termasuk cara memasarkan produk. Kini Anda tentu mengenal istilah digital marketing. Untuk menjalankan digital marketing pada bisnis Anda, Anda memerlukan berbagai marketing tools yang akan berguna untuk membantu bisnis Anda.

Apa itu marketing tools, manfaatnya, serta apa saja marketing tools yang perlu Anda coba untuk membantu bisnis Anda ini? Simak informasinya berikut ini.

Apa itu Marketing Tools?

Marketing tools adalah alat yang akan membantu bisnis Anda dari sisi penjualan di dunia digital marketing. Dengan menggunakan tools yang tepat, tidak hanya dari sisi penjualan saja yang akan meningkat, melainkan juga Anda bisa meningkatkan dari sisi efisiensi penggunaan biaya pemasaran yang bisa Anda maksimalkan.

Manfaat Marketing Tools

Marketing tools memiliki beberapa manfaat seperti membantu memasarkan produk Anda, membantu mendapatkan data-data yang kemudian bisa Anda gunakan untuk mengambil suatu keputusan, membantu membuat desain yang menarik untuk beberapa hal seperti logo bisnis, foto atau video, dan masih banyak lagi.

Terdapat banyak sekali marketing tools yang bisa Anda gunakan, dan biasanya beberapa tools ini memiliki manfaat yang saling berhubungan dan saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Karena hal inilah, akan jauh lebih baik jika Anda bisa menggunakan dan memanfaatkan beberapa tools tersebut.

11 Marketing Tools yang Perlu Anda Coba

Saat ini terdapat banyak sekali pilihan digital marketing tools yang bisa membantu Anda bisnis Anda di dunia digital. Apa saja itu marketing tools tersebut? Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tools yang bisa membantu Anda.

1. Trello

Trello adalah aplikasi yang berhubungan dengan manajemen task list dalam suatu pekerjaan. Aplikasi ini mempunyai fungsi membantu Anda membuat, menyusun, dan memantau pekerjaan dalam bisnis Anda. Melalui Trello Anda juga dapat berbagi atau berkolaborasi dengan orang lain untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Trello memiliki beberapa manfaat untuk bisnis Anda seperti dapat membuat laporan pekerjaan menjadi lebih mudah, Anda dapat mengatur deadline pekerjaan Anda dan tim Anda, progress pekerjaan menjadi lebih jelas, dan lebih mudah untuk membuat board pekerjaan bagi Anda dan tim Anda.

Aplikasi Trello juga mempunyai kelebihan dibandingkan aplikasi task list lainnya, yaitu mudah untuk mengaksesnya, karena aplikasi ini tersedia di handphone, komputer atau laptop dan aplikasi ini juga dapat Anda gunakan dengan gratis. Dengan Trello Anda dapat mengatur setiap langkah perkembangan bisnis Anda.

2. Google Analytics

Jika Anda ingin melakukan digital marketing pada bisnis Anda, maka Anda memerlukan sebuah website yang akan menjadi rumah bagi bisnis Anda di dunia digital marketing. Setelah memiliki website, maka Anda wajib memiliki tools google analytics.

Google analytics adalah tools yang disediakan oleh google untuk memantau performa dan juga keadaan website Anda. Google analytics akan memberikan data-data berupa informasi yang dapat Anda kelola untuk menjadi dasar dalam pengambilan suatu keputusan.

Terdapat beberapa menu dalam google analytics yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan website Anda, dan beberapa menu tersebut adalah

  • Realtime akan memberikan informasi mengenai halaman mana saja yang saat ini sedang dikunjungi oleh orang-orang yang berkunjung ke website Anda. 
  • Audience berguna untuk melihat seperti apa sajakah pengunjung website Anda mulai dari gender, usia, lokasi, bahasa, alat yang mereka pakai untuk mengunjungi website Anda yaitu komputer atau handphone dalam jangka waktu yang dapat Anda sesuaikan.
  • Acquisition adalah menu yang akan memberikan informasi melalui cara apa pengunjung website Anda bisa masuk ke dalam website Anda. Apakah melalui sosial media, hasil pencarian google dan lain-lain.
    Menu ini juga akan memberikan informasi penting seperti jumlah pengguna dalam website Anda, pengguna baru, rata-rata waktu berkunjung di dalam website Anda, dan masih banyak yang lainya dalam rentang waktu yang dapat Anda sesuaikan.
  • Behaviour merupakan menu yang cukup menarik. Melalui menu ini, Anda dapat melihat dengan jelas seperti apa aktivitas kunjungan orang-orang yang berada pada website dari halaman satu ke halaman yang lainnya
  • Menu terakhir yang bisa Anda manfaatkan pada Google Analytics adalah conversions. Melalui menu ini, Anda bisa melihat seberapa besar atau banyak orang yang melakukan aktivitas yang menguntungkan bisnis Anda melalui website seperti pembelian barang, berlangganan dan lain sebagainya.

3. Google Ads

Digital marketing tools berikutnya adalah google ads. Google ads adalah metode pengiklanan berbayar yang google berikan kepada penggunanya. Melalui google ads website Anda dapat muncul pada halaman pertama google dengan kata kunci tertentu yang akan meningkat kunjungan dan juga conversion rate atau penjualan dalam website Anda.

Google ads sangat cocok untuk bisnis dengan skala kecil dan baru untuk meningkatkan brand awareness produk atau bisnis mereka yang nantinya akan meningkatkan jumlah kunjungan dan penjualan dalam website.

Jika Anda ingin menggunakan google ads, maka Anda harus bisa memperhitungkan besarnya biaya modal yang akan Anda gunakan. Jangan sampai modal yang Anda gunakan untuk google ads tidak menghasilkan keuntungan yang maksimal bagi bisnis Anda

Untuk memaksimalkan keuntungan, maka Anda harus bisa mengatur biaya-biaya dalam google ads seperti biaya per click, biaya per impresi, dan juga biaya per konversi.

4. Google Trend

Marketing tools terakhir yang google berikan untuk mengembangkan bisnis Anda adalah google trend. Google trend akan memberikan Anda kata kunci atau keyword yang sedang banyak orang cari pada suatu wilayah tertentu.

Selain itu, jika Anda memiliki suatu ide mengenai sebuah keyword, Anda juga dapat melihat bagaimana performa keyword tersebut dalam jangka waktu tertentu dan pada suatu wilayah tertentu.

Cara menggunakan google trend juga sangat mudah. Pertama Anda dapat membuka halaman google trend yang telah disediakan google. Kemudian pada menu dropdown, terdapat pilihan trending searcher yang bisa Anda gunakan untuk melihat kata kunci apa yang sedang banyak orang cari di google.

Menu lainnya yang tersedia di google trend adalah explore. Dengan masuk ke dalam menu ini, Anda dapat melihat performa dari suatu kata kunci pencarian dalam suatu wilayah dan jangka waktu tertentu. Selain itu juga Anda juga dapat membandingkan beberapa kata kunci pencarian dan melihat data yang diberikan oleh google.

5. Canva

Canva adalah marketing tools yang banyak orang gunakan untuk membuat berbagai hal yang berhubungan dengan desain seperti logo, poster, brosur, sampai dengan materi presentasi. 

Cara menggunakan sangatlah mudah. Anda cukup mendaftarkan diri menggunakan email, kemudian login ke dalam canva. Canva memiliki kelebihan yaitu terdapat banyak sekali template siap pakai yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk menggunakan semua template yang sudah tersedia, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk berlangganan. Namun Anda tidak perlu khawatir, dengan fitur gratis yang tersedia juga sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan desain Anda.

6. Mailchimp

Salah satu peluang di digital marketing adalah email marketing. Mailchimp adalah marketing tools yang akan membantu Anda mengirimkan email-email pemberitahuan dan info menarik lainnya dari bisnis Anda kepada orang-orang melalui email.

Email marketing mungkin terdengar tidak menarik jika Anda membandingkannya dengan sosial media. Namun jangan salah, email marketing mempunyai ternyata cukup efektif terutama untuk orang-orang yang berusia dewasa yang lebih sering membuka email dari pada sosial media.

Mailchimp memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah mudah untuk menggunakannya, terdapat banyak model template yang bisa langsung Anda gunakan, dapat terintegrasi dengan berbagai platform, dapat mengirim email secara otomatis,  dan tentu saja mailchimp dapat memaksimalkan email marketing Anda.

7.Yoast SEO

Marketing tools berikutnya adalah yoast SEO yang hadir untuk memaksimalkan  bisnis Anda melalui SEO. Yoast SEO adalah salah satu plugin wajib yang paling banyak digunakan oleh pengguna website yang menggunakan CMS wordpress.

Dengan menggunakan yoast SEO, maka akan terdapat beberapa parameter yang dapat menjadi panduan Anda dalam mengoptimasi suatu konten atau halaman agar bisa muncul di posisi teratas hasil pencarian google secara organic dengan suatu kata kunci tertentu.

Untuk membuka seluruh fitur dari yoast SEO maka Anda perlu berlangganan dan mengeluarkan biaya. Namun jangan khawatir, dengan fitur gratis yang sudah tersedia juga sudah cukup untuk memaksimalkan halaman-halaman website Anda agar bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian google.

8. Ahrefs

Mungkin marketing tools yang satu ini masih terdengar asing bagi Anda yang baru menjalankan digital marketing untuk bisnis Anda. Namun untuk orang-orang yang sudah menjalankan digital marketing untuk bisnis mereka, tools yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi.

Dengan berbagai fitur menu yang terdapat pada ahrefs, ahrefs bisa membantu website bisnis Anda secara keseluruhan. Untuk menggunakan ahrefs Anda juga perlu mengeluarkan biaya berlangganan perbulan. Apa saja fitur-fitur yang ada pada Ahrefs dan juga berapa biaya berlangganan perbulannya? Berikut informasinya

 Berikut ini adalah beberapa fitur yang terdapat pada ahrefs

  • Fitur pertama adalah site explorer. Fitur memudahkan Anda untuk melihat performa dari website Anda. Mulai dari seperti apa traffic organis website Anda, keyword apa saja yang orang gunakan untuk masuk ke dalam website Anda, seperti apa backlink atau referensi dari luar website Anda yang mengarah ke website Anda
    Fitur ini juga bisa Anda gunakan untuk mengecek performa dari kompetitor Anda dan bisa Anda gunakan untuk menjadi referensi dalam memaksimalkan website Anda, mulai dari kata kunci yang mereka gunakan, sampai dengan backlink yang mereka gunakan
  • Selanjutnya adalah fitur keyword explorer. Keyword explorer akan memberikan data mengenai jumlah volume atau banyaknya pencarian suatu kata kunci. Fitur ini juga akan memberikan Anda banyak rekomendasi serupa dengan kata kunci yang ingin Anda ketahui jumlah volume pencariannya
  • Fitur site audit adalah fitur yang cukup penting dan harus Anda gunakan. Melalui fitur ini, Anda akan dapat melihat berbagai hal yang perlu Anda perbaiki pada website Anda. Dengan menggunakan ahrefs, Anda juga dapat berlangganan pemberitahuan untuk fitur ini, sehingga Anda tidak perlu memeriksa setiap saat
  • Rank tracker berguna untuk memberikan gambaran tentang performa website Anda. Data performa yang tampil adalah seperti banyaknya jumlah pengunjung website Anda, rata-rata kata kunci pencarian untuk website Anda berada pada urutan berapa dalam hasil pencarian google, dan yang lainnya
  • Content explorer akan membantu Anda melihat halaman-halaman apa saja yang mempunyai performa melalui media sosial dengan menggunakan suatu kata kunci pencarian. Menu ini akan berguna bagi Anda untuk memaksimalkan social media marketing website Anda

Untuk menggunakan ahrefs, Anda perlu mempersiapkan sejumlah biaya paket ahrefs setiap bulannya sesuai dengan kebutuhan seperti jumlah pengguna yang bisa masuk dan menggunakan ahrefs ini dalam tim Anda, serta jumlah website yang ingin Anda maksimalkan, dan berikut ini adalah rincian biaya paket yang bisa Anda pilih

  • Paket pertama adalah paket lite. Paket ini bisa Anda coba gratis selama 7 hari pertama, lalu Anda harus mengeluarkan biaya $99 perbulannya. Bisa untuk satu orang pengguna dan untuk 5 website
  • Selanjutnya adalah paket standar. Paket ini juga bisa Anda coba terlebih dahulu gratis selama 7 hari pertama. Paket ini tersedia dengan harga $179 untuk satu orang pengguna dan 10 website
  • Kemudian ada paket advance dengan harga $399. Paket advance bisa digunakan untuk 3 orang pengguna dan untuk 25 website
  • Pilihan paket yang terakhir adalah paket agency. Paket ini bisa untuk 5 pengguna, dan memantau 100 website. Paket ini tersedia dengan harga $999

9. Hubspot

Hubspot adalah marketing tools yang akan membantu banyak hal dalam sisi digital marketing bisnis Anda. Tidak hanya membantu dalam sisi optimasi halaman pencarian google saja, hubspot juga bisa membantu Anda untuk social media marketing dan juga email marketing.

Hubspot juga bisa Anda gunakan untuk membangun sebuah website yang nantinya Anda gunakan untuk memaksimalkan digital marketing pada bisnis Anda. Untuk bisa menggunakan hubspot, Anda perlu mempersiapkan biaya pengeluaran perbulan sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan.

10. IFTTT

IFTTT merupakan layanan yang membantu Anda membagikan konten ke banyak platform sekaligus. Dengan menggunakan layanan ini Anda akan menghemat waktu dan juga tenaga tanpa harus membuka satu persatu platform yang Anda gunakan. 

Sebagai contoh apabila Anda mempunyai konten yang akan Anda bagikan di sosial media facebook, maka dengan menggunakan IFTTT konten tersebut akan otomatis juga tampil di sosial media twitter bisnis Anda. IFTTT merupakan kepanjangan dari “If This Then That”

11. Ubersuggest

Marketing tools terakhir yang bisa Anda coba adalah ubersuggest. Ubersuggest adalah tools yang dibuat oleh praktisi SEO terkenal bernama Neil Patel. Tools ini akan membantu website Anda bisa mencapai posisi pertama hasil pencarian google dengan suatu kata kunci tertentu.

Dengan menggunakan ubersuggest, Anda bisa mencari banyak kata kunci yang bisa Anda sesuaikan dengan halaman-halaman website Anda. Anda juga dapat menyesuaikannya dengan lokasi negara tempat bisnis Anda berada. 

Marketing tools Mana yang Sudah Anda Gunakan?

Itu adalah 11 marketing tools yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan digital marketing untuk bisnis Anda. Setiap tools memiliki fungsinya masing-masing, dan tentunya hasilnya akan maksimal jika Anda bisa menggunakan banyak tools tersebut.

Seperti contoh apabila Anda ingin mencari data-data yang kemudian Anda gunakan untuk mengambil keputusan, Anda bisa menggunakan google analytics, ahrefs, dan hubspot sebagai bahan pertimbangan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Untuk memaksimalkan website bisnis Anda agar bisa berada di peringkat teratas mesin pencari, maka Anda perlu mempertimbangkan menggunakan kata kunci yang tepat. Untuk melakukan ini Anda bisa menggunakan google trend dan ubersuggest.

Dan untuk memasarkan produk Anda bisa menggunakan Google Ads, Yoast SEO, dan Mailchimp.

Melakukan digital marketing untuk bisnis Anda tentu bukanlah yang mudah dan tentunya akan membutuhkan waktu dan juga tenaga. 

Untuk menyelesaikan masalah ini, Anda dapat menggunakan digital marketing agency yang sudah memiliki tenaga profesional di bidangnya masing-masing sehingga Anda dapat fokus pada hal lain di bisnis Anda seperti keuangan dan juga operasional bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *