Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu Domain Authority? Pengertian dan Cara Meningkatkannya

3 min read

Domain Authority Adalah - Pengertian dan Tips Meningkatkannya

Banyak para pemula yang baru masuk ke dunia digital marketing yang belum tahu apa itu domain authority. Pada dasarnya, domain authority adalah sebuah metrik yang digunakan oleh para digital marketing strategist untuk mengetahui peringkat situs website perusahaan mereka dengan kompetitor.

Di era digital seperti sekarang ini, banyak pebisnis yang mulai sadar akan pentingnya sebuah website untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan mereka. Saking banyaknya, perusahaan membutuhkan seorang digital marketing specialist untuk membantu mendongkrak domain authority perusahaan supaya dapat dijangkau oleh konsumen mereka.

Apa Itu Domain Authority?

apa itu domain authority

Domain authority adalah metrik atau penilaian peringkat mesin pencari yang dikembangkan oleh Moz. Penilaian ini dapat memprediksi seberapa besar sebuah website untuk mendapatkan peringkat dalam mesin pencari atau yang biasa dikenal dengan search engine results page (SERP).

Pada dasarnya, penilaian otoritas domain ini berkisar dari 1 hingga 100, website yang memiliki nilai yang lebih tinggi memiliki peluang besar untuk mendapatkan peringkat yang lebih besar.

Apa Itu Page Authority?

Sama seperti domain authority, Page Authority adalah sebuah metrik yang dikembangkan oleh Moz untuk mengetahui seberapa baik page website tertentu pada search engine results page

Tidak seperti domain authority yang menjadi salah satu faktor sebuah website untuk mendapat peringkat di dalam SERP. Page authority hanyalah penilaian halaman website yang memiliki potensi untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dari kompetitor.

Manfaat Memiliki Domain Authority Tinggi

Memiliki penilaian domain authority yang tinggi memberikan banyak manfaat untuk situs website bisnis Anda. Salah satu manfaatnya adalah:

  • Mendapatkan peningkatan posisi SERP.
  • Menarik perhatian audiens untuk melakukan guest post dan meninggalkan komen.
  • Memiliki potensi besar untuk mendapatkan iklan.
  • Berpotensi untuk mendapatkan sponsor postingan.
  • Meningkatkan penjualan afiliasi bisnis Anda.

DA adalah salah satu aspek terpenting dalam dunia SEO untuk berkompetisi dengan kompetitor. Jika Anda ingin situs bisnis berada di peringkat tinggi di mesin pencari sehingga mendapatkan lalu lintas yang lebih tinggi, sekarang adalah waktu yang tepat untuk Anda membuat strategi di domain authority.

Cara Mengetahui Skor DA dan PA

Saat ini sudah ada banyak sekali alat berbayar dan gratis yang dapat melihat penilaian DA dan PA, salah satunya adalah:

1. Prepostseo.com

Prepostseo adalah website yang menyediakan alat penilaian DA dan PA secara gratis. Salah satu hal yang menarik dari situs ini adalah dapat melihat penilaian DA dari beberapa situs yang berbeda. Ini berarti, Anda bisa melihat penilaian DA website Anda, kompetitor 1, kompetitor 2 dalam waktu yang sama.

2. Moz.com

Sebagai  pionir DA dan PA, Moz juga menyediakan alat untuk melihat skor DA dan PA website secara gratis, bahkan Anda juga bisa melihat backlink situs kompetitor, broken links, dan lain-lainnya dalam satu pencarian saja.

Project Backlink menawarkan fitur untuk melihat skor DA untuk 20 website dalam satu kali pencarian. Namun, hasil laporan yang mereka berikan tidak selengkap Prepostseo dan Moz.

Cara Meningkatkan Skor DA dan PA

domain authority adalah metrics yang cukup penting

Memiliki skor DA dan PA yang tinggi sangat membantu visibilitas website bisnis Anda untuk dijangkau oleh audiens. Untuk mendapatkan nilai yang tinggi, Anda harus membuat strategi yang tepat. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk website bisnis.

Sekarang siapapun bisa membuat website sendiri tanpa perlu memiliki keahlian khusus. Akan tetapi, mereka tidak mengetahui bagaimana cara menaikkan peringkat situs mereka supaya bisa dijangkau oleh audiens mereka.

Salah satu hal yang mereka tidak ketahui adalah backlink. Backlink atau tautan balik adalah salah satu faktor penting untuk mendapatkan penilaian tinggi dalam DA. Bahkan, sebuah studi yang dikeluarkan oleh Ahrefs menunjukkan bahwa 55.24% situs web tidak mendapat traffic organic sama sekali karena mereka tidak memiliki backlink.

Salah satu cara untuk mendapatkan backlink adalah dengan guest post, kolaborasi dengan blogger, atau menjadi sponsored post di website yang memiliki skor DA tinggi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan audiens dari situs mereka.

2. Membuat Konten Berkualitas

Salah satu cara untuk meningkatkan skor DA dan PA adalah dengan membuat konten berkualitas. Kenapa harus berkualitas?

Biasanya, audiens atau pengunjung sangat menyukai konten yang mereka anggap sangat bermanfaat dan layak untuk dibagikan dengan orang lain. Kegiatan sharing inilah yang membantu situs Anda mulai dijelajahi oleh banyak orang.

Semakin banyak konten berkualitas yang Anda miliki, semakin tinggi peluang untuk menjangkau audiens.

3. Audit Situs Anda

Setelah membuat website, biasanya para pemula tidak melakukan audit secara berkala. Padahal, kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk menghindari adanya tautan rusak dan lain sebagainya.

Anda bisa mengandalkan Moz, Ubersuggest, Ahrefs, hingga SEMRush untuk melakukan audit situs. Setelah itu, Anda bisa mengetahui tautan apa saja yang mempengaruhi penurunan DA situs dan memperbaiki semua masalah dengan cepat.

Anda bisa meng-hire seorang web developer atau menggunakan jasa web maintenance untuk membantu Anda memperbaiki situs yang rusak ini.

4. Optimasi Struktur dan Pengalaman Pengguna (UX)

cara meningkatkan domain authority dengan meningkatkan UX

Sumber: Unsplash / Alt Text: Struktur website mempengaruhi skor domain authority

Layaknya sebuah film yang harus memiliki alur cerita yang menarik dan terstruktur, situs Anda juga harus memiliki struktur yang baik supaya audiens dapat memahami isi dari situs Anda.

Masalah struktur ini tidak hanya mempermudah audiens mencerna setiap poin yang ada di halaman website saja, tetapi juga sangat penting bagi mesin pencari untuk mempermudah mengindeks situs website Anda. Dengan begitu, user experience pada website Anda akan bagus.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan tampilan situs pada smartphone. Berdasarkan laman Statista, sebanyak 67% masyarakat Indonesia menggunakan smartphone di tahun 2020. Ini berarti, kurang lebih sebanyak 171 juta masyarakat Indonesia mengakses internet melalui smartphone.

Maka dari itu, pastikan situs Anda ringan dan memiliki tampilan responsif yang baik untuk pengguna smartphone. Dengan begitu, audiens bisa mengunjungi situs Anda tanpa hambatan.

Terakhir adalah meningkatkan tautan internal yang memberikan arah ke laman situs informatif lain yang ada di dalam situs Anda. Hal ini sangat bermanfaat untuk membuat pengunjung tetap terlibat dan mengurangi bounce rate (rasio pentalan).

Selain itu, tautan internal (internal link) juga memudahkan mesin pencari untuk menjelajahi situs yang membantu mereka untuk mengindeks halaman.

Kesimpulan

Page authority dan Domain authority adalah faktor penting yang dapat meningkatkan visibilitas website dalam mesin pencari. Tentunya, memiliki domain authority tinggi tidak hanya menghasilkan pengunjung yang tinggi saja, tetapi Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan potensial konsumer dari pengunjung tersebut.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development