Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu ERD? Pengertian, Komponen, dan Cara Membuatnya

3 min read

ERD Adalah - Pengertian, Komponen, dan Cara Membuatnya

ERD adalah akronim dari entity relationship data. Istilah ini memang terdengar kurang familiar bagi orang awam. Namun untuk orang-orang yang terjun di dunia database, mereka tentu tidak asing dengan entity relationship diagram.

ERD adalah akronim dari entity relationship data. Istilah ini memang terdengar kurang familiar bagi orang awam. Namun untuk orang-orang yang terjun di dunia database, mereka tentu tidak asing dengan entity relationship diagram.

Dalam himpunan data, ada banyak susunan file yang kemudian membentuk database pada program komputer. Agar menjadi sebuah sistem yang rapi serta terstruktur, maka perlu adanya entity relationship diagram atau ERD.

Adanya ERD memungkinkan database menampilkan informasi terkait data-data yang mempunyai hubungan. Berikut ini kami akan mengajak Anda untuk mengulas tentang pengertian ERD serta berbagai hal yang berkaitan dengan istilah tersebut.

Apa Itu ERD?

Entity relationship diagram atau ERD jenis diagram yang memiliki sifat lebih struktural. Anda bisa menggunakannya di dalam sebuah desain untuk database maupun rencana bisnis atau business plan. ERD juga ada yang menyebutnya sebagai ER Diagram atau model ER.

Terdapat banyak komponen yang akan membentuk sebuah ERD, misalnya konektor dan simbol. Nanti komponen tersebut akan melakukan visualisasi terhadap dua informasi penting. Informasi pertama merupakan entitas pertama yang ada dalam ruang lingkup sistem.

Kemudian untuk informasi kedua yaitu hubungan yang ada di berbagai entitas. Ketika membahas entitas di dalam ERD, umumnya entitas tersebut yaitu objek yang berhubungan dengan bisnis. Objek tersebut bisa berupa benda yang berwujud seperti barang dan bisa juga tidak berwujud, misalnya entry log.

Komponen ERD

Terdapat banyak komponen di dalam entity relationship diagram. Beberapa komponen entity relationship diagram adalah seperti berikut:

1. Entitas

Entitas merupakan kumpulan objek yang akan diidentifikasi. Pada saat membuat ERD, umumnya entitas akan digambar pada sebuah simbol berbentuk persegi panjang. Kemudian ada juga entitas lemah yang dalam menggambarnya memakai simbol persegi panjang kecil.

Setiap entitas memiliki perbedaan. Ketika ada entitas yang sama, biasanya Anda tidak perlu mencantumkan entitas tersebut.

2. Atribut

Komponen yang kedua dari ERD adalah atribut. Setiap entitas memiliki atribut atau elemen. Umumnya atribut merupakan sebuah simbol yang di antaranya atribut kunci, simple, gabungan, atribut derivatif, dan lain-lain.

3. Relasi

Hubungan atau relasi merupakan suatu ketertarikan terhadap beberapa entitas yang berasal dari gabungan lainnya. Secara umum, relasi berupa simbol yang memiliki bentuk seperti belah ketupat. Pada ERD, terhadap beberapa jenis relasi seperti One to Many, One to One, serta Many to Many.

Tools untuk Membuat ERD 

Terdapat beberapa tools yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat entity relationship diagram. Beberapa tools tersebut yaitu:

1. dbdiagram

Sebuah tools yang bisa Anda manfaatkan untuk mendesain database secara cepat. Di dalam pemrogramannya, tools ini mempunyai bahasa yang mudah untuk Anda pahami. Selain itu, dbdiagram juga ekslusif menggambarkan ERD.

Dbdiagram menawarkan penyimpanan online dan Anda bisa lebih mudah dalam membagikannya. Selain itu, tools tersebut juga gratis dan Anda tetap bisa menikmati berbagai fitur yang tersedia.

2. Draw.io

Tools kedua untuk membuat ERD adalah Draw.io. Untuk para pengguna casual, ini merupakan tools ERD yang cukup bagus. Draw.io berperan sebagai flowchart maker maupun algoritma. Tools ini juga mendukung penyimpanan cloud misalnya oneplus, drive, serta non-cloud.

3. Lucidchart

Lucidchart merupakan tools yang lebih ditujukan pada para designer profesional. Tools ini hadir dengan tampilan yang lebih baik. Akan tetapi, lucidchart merupakan tools yang sifatnya berbayar.

Memang Anda bisa menggunakan versi gratisnya namun fitur-fitur yang Anda dapatkan tidak terlalu lengkap. Keunggulan lainnya Lucidchart juga mendukung penyimpanan berbasis storage maupun cloud. Sebuah tools yang sangat cocok untuk para designer ERD berpengalaman.

4. SQLDBM

Bagi Anda yang menggunakan database berbasis MS SQL atau MySQL, maka tools SQLDBM merupakan pilihan yang tepat. Tools ini bekerja untuk browser apa pun tanpa membutuhkan database engine tambahan. Selain itu, SQLDBM juga termasuk tools yang gratis. Sangat cocok bagi pada designer ERD yang menggunakan SQL.

5. QuickDBD

QuickDBD merupakan tools yang berbasis teks. Anda bisa dengan mudah serta cepat menggambarkan diagram sesuai keperluan. Meskipun sifatnya berbayar, namun QuickDBD juga memiliki versi gratis.

Anda bisa mencoba versi gratisnya terlebih dahulu untuk mengetahui seperti apa performa dari tools tersebut. Di dalam QuickDBD juga memungkinkan Anda untuk melakukan export pada berbagai format. Beberapa format yang mendukung seperti PDF, SQL, serta Word. Sebuah tools yang menjadi pilihan bagi pengguna yang suka ERD Text Based serta berfokus pada kecepatan ketika mendesain.

Cara Membuat ERD

Setelah memahami tools entity relationship diagram, informasi selanjutnya yaitu tutorial membuatnya. Langkah-langkah dalam membuat ERD adalah seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

1. Identifikasi Entitas

Jika Anda ingin membuat ERD, langkah pertama Anda yaitu melakukan identifikasi semua entitas yang akan Anda gunakan. Anda dapat memasukkan semua entitas pada kolom persegi. Caranya dengan memasukkan deskripsi singkat berkaitan dengan informasi yang akan Anda simpan.

Dengan cara tersebut, seluruh entitas yang akan Anda gunakan akan mempunya sistem dan struktur yang baik. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari entitas yang gagal. Anda juga perlu mencoba membuat bagian kosong untuk tempat informasi tambahan berkaitan dengan entitas tersebut.

2. Identifikasi dan Menjelaskan Hubungan Entitas

Kemudian Anda perlu mengidentifikasi ulang serta menjelaskan seperti apa relasi antara setiap entitas tersebut. Akan tetapi, sebelumnya Anda perlu menemukan dua entitas yang memiliki relasi satu sama lain. Setelah menemukannya, silakan menyambungkan dengan menggunakan satu garis.

Kemudian Anda harus memberikan penjelasan terkait bagaimana relasi antar entitas tersebut bisa terjadi. Lalu, beri simbol khusus hubungan berbentuk belah ketupat pada deskripsi hubungan entitas tersebut.

3. Menambahkan Atribut

Selanjutnya, cara membuat ERD adalah dengan menambahkan atribut kunci di setiap entitas. Anda bisa menggunakan simbol yang berbentuk oval. Kemudian Anda tambahkan beberapa atribut berdasarkan fungsi atribut yang telah ditentukan.

4. Mengisi Diagram Entity Relationship Diagram Secara Keseluruhan

Pada beberapa langkah sebelumnya, Anda sudah mempunyai entitas yang saling berhubungan. Anda juga telah memberikan deskripsi dengan menempatkan simbol relasi menggunakan garis penghubung. Itu artinya semuanya sudah saling berkaitan dan memiliki deskripsi jelas.

Sekarang waktunya Anda membuat ERD dengan hal yang sama terhadap semua entitas yang ada. Jika ada entitas yang ternyata tidak memiliki relasi atau jika ada satu entitas yang mempunyai banyak relasi, Anda tidak perlu khawatir. Anda harus lebih teliti lagi pada entitas yang telah Anda deskripsikan sebelumnya. Mungkin Anda perlu menambah maupun menghapusnya.

Jadi, ERD Adalah?

Sekian penjelasan tentang entity relationship diagram. Jadi, entity relationship diagram adalah model data yang berbentuk notasi gratis untuk mencerminkan relasi antar sistem penyimpanan. Ada beberapa tools yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat ERD.

Dalam proses membuat ERD, Anda juga dapat memberi perbedaan. Caranya dengan memanfaatkan simbol yang ada. Semoga bermanfaat.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development