Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

13 Extension Visual Studio Code Terbaik Andalan Programmer

4 min read

13 Extension Visual Studio Code Terbaik Andalan Junior Programmer

Extension visual studio code adalah sebuah software yang sangat membantu para programmer junior maupun senior dalam mengembangkan sebuah aplikasi. Pasalnya code editor seperti ini, bisa memudahkan proses editing source code karena memiliki berbagai keunggulan.

Tak heran banyak junior maupun senior programmer yang menggunakan satu dari 13 extension terbaik pada artikel ini. Karena menurut penggunanya, fitur unggulan yang ada pada extension ini mampu meningkatkan performa puluhan kali lipat lebih baik dari sebelumnya.

13 Extension Visual Studio Code Terbaik untuk Programmer 

Menggunakan sebuah alat bantu dalam dunia kerja bukanlah hal yang tabu, sama halnya saat para programmer menggunakan extension yang mampu meningkatkan kinerjanya. Dari berbagai extension, editor code adalah satu yang paling laris digunakan. Contohnya seperti 13 VS Code di bawah ini:

1. Beautify, Membantu Source Code Lebih Rapi (Free)

Extension atau plugin pertama yang bisa Anda coba adalah Beautify. Terutama untuk Anda yang merasa masih sering copy paste script dari forum belajar. Pasalnya teknologi ini mendukung berbagai bahasa pemrograman.

Apalagi sistem dari teknologi ini cocok untuk berbagai OS, jadi bisa Anda gunakan untuk semua perangkat atau device kesayangan Anda. Alasan utama kenapa banyak yang menggunakan extension ini adalah karena membantu code script yang Anda kelola lebih rapi dan bersih. Belum lagi beberapa fitur unggulan ini juga bisa Anda coba:

  • Multi Platform
  • Smart Format Selection
  • Format on Save

2. Live Server, Editing Code dengan Real Time Interface (Free)

Masalah yang sering menghambat para pemula adalah membuka banyak aplikasi untuk melakukan cek perubahan interface saat melakukan editing code. Untungnya, kini ada extension visual studio code seperti Live Server, yang dapat menunjukkan perubahan tampilan dengan satu aplikasi saja.

Sehingga perubahan dan perkembangan pemrograman aplikasi maupun web, bisa Anda pantau secara realtime. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fitur bermanfaat lainnya, seperti:

  • Start or Stop server button
  • Support berbagai device dan OS
  • Custom Port Number dan Server Root

3. Auto Rename Tag, Extension VS Code Anti Typo (Free)

Masalah lain yang sering terjadi seperti error maupun bug dari sistem yang programmer kembangkan adalah typo atau salah ketik pada tag atau code perintah. Sehingga menggunakan Auto Rename Tag, pastinya akan sangat membantu mengatasi masalah ini. 

Melalui teknologi ini, tag pasangan yang Anda edit akan otomatis mengikuti perubahan yang Anda lakukan. Sehingga peluang terjadinya typo pada tag akan jauh lebih minim. Selain itu, performa pemrograman Anda pasti juga akan jauh meningkat.

4. Pattier, Source Code Lebih Bersih Secara Otomatis (Free)

Extension visual studio code satu ini juga memiliki fungsi yang mirip dengan Beautify. Namun, dengan popularitas dan fitur yang lebih mumpuni. Code Formatter ini mampu merapikan source code yang Anda buat dengan aturan yang sebelumnya sudah Anda tentukan.

Bahkan hal tersebut bisa sistem lakukan secara otomatis, tanpa harus klik ini dan itu. Pattier menjadi salah satu extension tools yang banyak digunakan para pengembang untuk merapikan project belakangan ini. Selain itu, teknologi ini juga lengkap dengan berbagai fitur, seperti:

  • Opsi konfigurasi default format
  • Support pallete perintah CMD
  • Linter Integration

5. GitLens, untuk Navigasi dan Jelajah Repository Git (Free)

Extension VS code berikutnya adalah teknologi ajaib yang membantu meningkatkan kemampuan Git pada perangkat yang Anda gunakan. Melalui extensi ini, Anda selaku pengguna bisa melakukan monitoring pada setiap perubahan source code secara berkala.

Sehingga setiap perubahan bisa terekam untuk memudahkan restorasi source code di kemudian hari. Tak hanya itu, dengan berbagai fitur GitLens ini, Anda bisa mendapatkan wawasan lebih luas mengenai perkembangan dan evolusi source code yang Anda kembangkan. Berikut adalah beberapa fitur andalannya:

  • Revision Navigation
  • Current line blame
  • Authorship CodeLens

6. Quokka.js, Memungkinkan Anda Membuat Javascript (Free)

Jika sering merasa bermasalah setiap kali berurusan dengan error dan bug pada sistem yang Anda kembangkan, maka Anda perlu mempelajari dan menggunakan extension visual studio code ajaib ini. Pasalnya Quokka.js memungkinkan Anda mengetahui status supporting dari script yang Anda buat secara real time langsung di IDE.

Asumsinya adalah nilai runtime akan muncul seketika setelah Anda menuliskan sebuah perintah. Jadi, Anda akan tahu apakah perintah tersebut memungkinkan atau tidak untuk dieksekusi. Pastinya, hal ini akan menyingkat waktu programming. Karena sistem akan bekerja membaca script yang Anda kembangkan dalam sekejap.

7. JavaScript Code Snippets, Estensi dalam Sintaks ES6 (Free)

Bagi seorang programmer, membuat susunan source code yang clean adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkannya adalah menggunakan JavaScript Code Snippets, extension yang berisi banyak snippets code menggunakan sintaks ES6.

Selain memudahkan Anda dalam mengembangkan dan memasukkan berbagai cuplikan perintah, ekstensi ini juga mendukung berbagai ekstensi file, seperti:

  • JavaScript “.js”
  • TypeScript “.ts”
  • HTML “.html”

8. Browser Preview, Extension VS Code dengan Pratinjau (Free)

Ketika menggunakan extension visual studio code ini, Anda bisa melakukan editing script sekaligus melihat pratinjau browser dengan lebih mudah. Sistem kerja Browser Preview ini hampir sama dengan Live Server, sehingga proses coding akan jauh lebih menyenangkan.

Teknologi tambahan ini memungkinkan Anda membuka pratinjau browser yang bekerja secara realtime. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai fitur menarik seperti halnya:

  • Browser preview inside
  • Debugger for Chrome
  • Setting rendering

9. Coderunner, Ekstensi untuk Testing Snippets dengan Mudah (Free)

Extensi berikutnya sangat berguna saat Anda telah memasuki finishing touch pemrograman. Karena pada fase ini, Anda akan melakukan berbagai testing secara berulang untuk memastikan semua perintah maupun snippets yang Anda buat berjalan dengan semestinya.

Ketika menggunakan Core Runner sebagai alat bantu, Anda bisa menjalankan seluruh project dengan sangat mudah. Bahkan Code Runner merupakan salah satu extension visual studio code terbaik yang bisa mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti:

  • JavaScript
  • Python
  • PHP

10. Material Icon Theme, Bisa Buat Aplikasi Lebih Bergaya (Free)

Terkadang sedikit tampil beda, bisa memberikan kesan tersendiri untuk para pengguna bahkan bagi pengembang itu sendiri. Oleh sebab itu, tak jarang Anda akan mengekspor berbagai macam cara untuk membuat interface yang menarik.

Salah satu caranya adalah mengganti icon dengan berbagai tema icon yang menarik menggunakan Material Icon Theme. Pada ekstensi ini tersedia ratusan tema icon, yang bisa membuat tampilan aplikasi Anda lebih bergaya. Tak hanya itu, jika Anda menemukan icon menarik, Anda juga bisa melakukan berbagai penyesuaian, seperti:

  • Mengubah warna icon.
  • Mengatur opacity sesuai kebutuhan.
  • Custom saturasi juga memungkinkan.
  • Bahkan Anda bisa membuat icon melalui file dengan ekstensi “.svg”.

11. Error Lens, Deteksi Kesalahan Lebih Akurat (Free)

Plugin berikutnya yang wajib Anda coba adalah Error Lens. Karena extension visual studio code ini bisa memberikan sorotan error yang lebih intens. Bahkan ekstensi ini dapat membantu menunjukkan kesalahan pada baris yang mengalami error.

Selain itu, ekstensi ini juga memungkinkan Anda melakukan berbagai hal lain, seperti konfigurasi tampilan aplikasi. Mulai dari layout, warna, font, dan size dengan cara yang lebih mudah.

12. PHP Intellisense, Katakan Bye Bye pada Menghafal Code (Free)

Bagi para pemula, menghafal ratusan code dan syntax pastinya sangat merepotkan. Namun, hal itu kini bukan masalah karena sudah ada PHP Intellisense yang dapat membantu memberikan rekomendasi code saat Anda melakukan pemrograman komputer.

Bahkan, ekstensi ini memberikan beberapa rekomendasi susunan code dan syntax potensial yang dapat membantu Anda mengenbangkan aplikasi dengan mudah. Sayangnya, tools ini hanya mendukung penuh pemrograman dengan bahasa PHP.

13. One Dark Pro, Mengatur Tema VS Code ke Mode Gelap (Free)

Jika Anda bosan dengan tampilan editor code saat ini, Anda bisa menggunakan One Dark Pro dan mengubah tampilan menjadi mode gelap yang lebih soft. Walaupun tema yang ditawarkan kebanyakan mode gelap. Namun, ada berbagai macam tema yang bisa Anda sesuaikan dengan selera.

Mana Extension Visual Studio Code Terbaik Andalan Anda?

Nah, itulah beberapa extension visual studio code terbaik yang bisa Anda gunakan untuk membantu proses pemrograman komputer. Pada dasarnya tujuan ekstensi code adalah memudahkan proses pemrograman dengan editor code berbentuk visual. Tak heran para junior programmer sangat bergantung pada beberapa tools ini!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development