Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu Flask? Pengertian, Kelebihan, dan Kegunaannya (Lengkap)

2 min read

Flask Adalah - Pengertian, Kelebihan, dan Kegunaannya (Lengkap)

Flask adalah sebuah web framework yang tidak bisa lepas dengan bahasa pemrograman Python. Walaupun menjadi kerangka kerja dari Python, namun masih banyak pemula yang awam mengenai apa itu flask. Padahal framework ini berperan penting dalam membangun sebuah web development.

Apa itu Flask?

Secara garis besar Flask adalah sebuah framework sekaligus library keluaran Python, yang memiliki fungsi sebagai alat bantu pengembangan web development. Framework ini memungkinkan penggunanya membangun web development, dengan berbagai macam fitur terbaik melalui tools dan pustakanya.

Dengan adanya library bawaan ini, memungkinkan Python bisa langsung Anda gunakan tanpa adanya ketergantungan pada library pihak ketiga. Tak heran kenapa library Flask adalah framework yang harus Anda pelajari bersamaan dengan bahasa python. 

Jika bahasa pemrograman lain membutuhkan library tambahan untuk bisa tumbuh, dengan Flask Anda bisa menggunakan Python dengan lebih ringan dan mudah. Framework canggih ini sudah support pada berbagai macam kebutuhan, seperti deteksi error dan bug, keamanan sistem, dan masih bisa Anda tambahkan extensi.

Yang unik dari Flask adalah framework yang masuk dalam kategori mikro, sehingga akan mengurangi ketergantungan pada library dan extensi pihak luar. Karena termasuk dalam micro framework, framework ini memungkinkan Anda untuk membuat core dengan sintaks yang sangat sederhana.

Framework ini pertama kali dikembangkan oleh Pocoo pada tahun 2004 silam. Dengan dasar pembangunan dari Werkzeug dan Jinja2 yang merupakan proyek lain dari sang pengembang. Microframework ini sudah berbasis unicode, yang menggunakan Jinja2 template engine.

Kelebihan dari Flask

Jika dibandingkan dengan framework Python lainnya seperti Django, framework ini memiliki beberapa kelebihan khusus. Tak heran jika Flask adalah salah satu framework terbaik yang harus Anda pelajari. Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa anda rasakan:

Framework Super Ringan

Kelebihan pertama yang bisa Anda rasakan, adalah performa penggunaan framework. Flask adalah sebuah framework web development yang sangat ringan, hal ini bisa terjadi karena core dengan desain modular yang super simpel.

Friendly untuk Pemula

Framework ini menggunakan bahasa yang sangat friendly untuk pemula, sehingga akan lebih mudah mempelajari Python dengan framework ini. Namun untuk mempelajari Flask, akan lebih baik jika Anda mempelajari Python terlebih dahulu.

Support Extensi Pihak Ketiga

Flask memiliki fungsi dasar yang support pada penambahan library, module, hingga plugin lain sebagai extensi tambahan. Dengan kelebihan ini, akan memungkinkan pengguna membangun web development super kompleks.

Flask adalah Framework yang Free Penggunaan 

Pada dasarnya framework ini menggunakan Python sebagai bahasa pemrograman. Dengan sifat open source dan dukungan sistem dari Flask, pengguna bisa menggunakannya secara gratis. Bahkan Anda bisa membuat sebuah website untuk kebutuhan komersil.

Flask adalah Framework yang Fleksibel

Microframework ini memungkinkan Anda membangun web development, yang mencakup pengembangan front end dan back end. Sehingga Anda lebih leluasa untuk mengembangkan web, dalam satu framework saja.

Fitur Bawaan yang Menarik

Dengan menggunakan framework ini, Anda bisa menikmati berbagai fitur bawaan yang menarik. Sebut saja pengembangan server dan pewaktuan, dukungan integrasi pada pengujian unit, Secure Cookies, ReSTful Request dispatching, dan berbagai fitur menarik lainnya.

Flask Bisa Digunakan untuk Apa Saja?

Dengan menggunakan microframework ini, Anda bisa membangun berbagai web development. Berikut beberapa contoh penggunaan Flask:

Membuat Web Development

Hal paling umum yang bisa Anda buat, adalah membuat website sederhana hingga website super kompleks. Dengan framework ini Anda bisa mengembangkan front end dan back end dalam satu project kerja. Anda juga bisa menambahkan berbagai fitur menarik hingga menambahkan berbagai fitur dan plugin tambahan.

Membuat Machine Learning

Flask adalah salah satu microframework yang bisa Anda gunakan untuk membuat machine learning, framework ini akan memberikan fasilitas penuh pada sisi server. Anda bisa menambahkan library tambahan, untuk menunjang kinerja machine learning yang Anda buat.

Membuat Aplikasi Web 

Kegunaan lain dari Flask adalah memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi web, seperti contoh adalah aplikasi kasir sederhana, drive online, sistem akuntansi dan masih banyak lagi. Anda bisa membuat aplikasi sederhana hingga kompleks, dengan scripting yang lebih mudah.

Membuat Sistem Informasi Web

Selain kegunaan diatas, dengan Flask anda juga bisa membuat sistem informasi web. Anda bisa mengeksplorasi berbagai fitur yang ada, bahkan menambahkan plugin untuk kebutuhan performa sistem informasi.

Membuat Game Berbasis Web

Yang seru dari framework bawaan Python ini, adalah kemungkinan besar dalam membangun sebuah game berbasis web. Anda bisa membuat berbagai game ringan seperti flappy bird, puzzle dan berbagai game web lainnya.

Membuat Marketplace dan Katalog Web

Bagi Anda yang ingin mengembangkan sebuah toko online, Anda bisa membuat toko online dan katalog web dengan flask. Hal ini akan menambah nilai plus dari usaha Anda, apalagi Anda bisa menambahkan berbagai fitur seperti matematika dasar, fitur keranjang, fitur tracking dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Dari pembahasan ini bisa ditarik kesimpulan bahwa Flask adalah sebuah micro framework bawaan Python, yang memiliki fungsi untuk mengembangkan web development. framework ini memiliki sifat fleksibel, yang mendukung pengembangan front end maupun back end.

Flask merupakan micro framework yang menggunakan dependensi Wurzburg dan Jinja2. Walaupun memiliki core dengan module super simpel, Anda harus memahami penggunaan Python terlebih dahulu.

Dengan menggunakan framework ini, pengguna bisa mengeksplorasi developing web pada bidang yang sangat luas. Berbagai produk bisa Anda buat, seperti contoh situs web, machine learning web, marketplace, game dan berbagai produk web lainnya.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development