Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa Itu Food Vlogger? Pengertian, Keuntungan serta Tipsnya

2 min read

Apa Itu Food Vlogger Pengertian, Keuntungan serta Tipsnya

Food vlogger merupakan suatu trend yang berkembang di era digital saat ini. Pengertian food vlogger adalah seseorang yang memiliki pekerjaan untuk mereview kuliner untuk mereka bagikan di YouTube atau kanal video lain untuk tujuan tertentu.

Meskipun pekerjaan ini berbeda dengan pekerjaan kantoran, income atau penghasilan yang didapatkan bisa dibilang cukup tinggi loh. Nah, untuk lebih detailnya, kita akan mengupas tentang apa itu food vlogger, pengertian, serta tipsnya di bawah ini. Simak baik-baik ya!

Apa Itu Food Vlogger?

Food vlogger adalah sebuah profesi yang menawarkan pekerjaan untuk mengabadikan video tentang review berbagai macam kuliner dan dibagikan di media sosial berbasis video. Seperti YouTube, Instagram atau TikTok untuk ditonton oleh viewers yang biasanya juga pecinta kuliner.

Food vlogger biasanya akan mengambil keuntungan melalui konten review kuliner yang ia bagikan berupa penghasilan dari iklan seperti Google Adsense, Paid Partnership, dan sebagainya. Food vlogger di Indonesia yang terkenal adalah Tanboy Kun, Jessica Jane, Ria SW, Kubiler, dan masih banyak lagi.

Tips Menjadi Food Vlogger Yang Sukses

Nah, setelah tahu apa itu food vlogger, berikut tips yang harus Anda tahu untuk menjadi food vlogger yang sukses dan terkenal: 

1. Buat Ciri Khas Anda Sendiri 

Ciri khas menjadi modal utama yang harus Anda miliki untuk mengangkat konten video review kuliner, agar semakin dikenal oleh masyarakat. Dengan membuat ciri khas Anda sendiri, Anda sebagai food vlogger bisa mendapatkan perhatian lebih dari para audience serta bisa menjadi pembeda dengan food vlogger lainnya.

Apabila Anda bingung membuat ciri khas seperti apa, Anda bisa memulai dengan membuat opening, script, dan closing yang lucu serta mudah diingat oleh para audience. Tentunya jangan lupa untuk melakukan video editing yang berbeda dari yang lainnya.

2. Gunakan Judul Konten yang Menarik

Bagi Anda yang akan memulai mengunggah konten review kuliner, baik di YouTube, Instagram, atau TikTok, jangan lupa untuk membuat judul yang menarik perhatian para audience. Judul tersebut bisa memuat kata kunci yang bisa membuat Google dan YouTube menemukan konten Anda.

3. Review Kuliner yang Sedang Hype

Anda tidak harus berburu kuliner mahal sebagai bahan konten. Anda bisa mencari kuliner receh tapi unik dan masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Jika Anda menemukan kuliner di daerah Anda yang sedang hype di media sosial, Anda bisa jadikan kuliner tersebut sebagai bahan konten yang menarik bagi audience.

4. Buat Video Review yang Menarik

Meskipun Anda mempunyai konten review kuliner yang wah, namun video yang Anda sajikan kurang menarik, audience tentu saja tidak akan betah menonton video Anda. Jadi, usahakan untuk belajar banyak mengenai teknik membuat video konten, agar terlihat menarik.

5. Ajak Audience Untuk Subscribe Video Anda

Tips kelima menjadi food vlogger adalah setelah berhasil mempublish konten dan ditonton oleh audience, Anda bisa mengajak mereka untuk subscribe channel Anda dan terus menonton review Anda selanjutnya. 

Dan seperti saat opening, Anda juga harus membuat video closing dengan ciri khas yang telah Anda buat. Hal ini pastinya akan memudahkan audience untuk mengingat jargon Anda sebelum dan sesudah mereview kuliner.

6. Bagikan Konten Video di Media Sosial

Nah, tips terakhir yakni bagikan video konten Anda di sosial media yang lainnya, agar semakin banyak orang yang mengenal Anda dan konten Anda. Siapa tahu salah satu konten Anda viral dan trending. Tentu hal tersebut akan membanggakan, bukan?

Baca Juga: Food Blogger Surabaya

Keuntungan Menjadi Food Vlogger 

Berikut ini adalah beberapa keuntungan menjadi food vlogger yang perlu Anda tahu: 

1. Bisa Mendapatkan Penghasilan

Jika Anda menjadi food vlogger, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari konten seputar kuliner yang Anda bagikan di media sosial. Caranya, bangun dan kembangkan konten Anda sebaik mungkin. 

Dengan memiliki banyak visitor/viewers, kesempatan untuk mendapat penghasilan dari membuat konten kulineran menjadi lebih besar. Mulai pendapatan dari iklan, Google Adsense, hingga kerja sama dengan restoran ternama. Menarik bukan?

2. Sering Dapat Makanan Gratis

Menjadi food vlogger itu seperti mempromosikan kuliner dari pihak tertentu. Semakin terkenal Anda sebagai food vlogger, maka semakin banyak tawaran untuk mereview kuliner. Artinya, Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk bisa menikmati makanan gratis.

Banyak juga food vlogger yang diundang untuk menikmati acara suguhan makanan yang mewah dan bergengsi di hotel atau restoran bintang lima, baik dalam negeri maupun luar negeri.

3. Relasi Menjadi Lebih Luas

Seperti vlogger lainnya, food vlogger adalah profesi yang mewajibkan Anda untuk berkeliling mengunjungi banyak resto di berbagai daerah. Dengan wisata kuliner ini, Anda akan bertemu banyak orang. Mulai dari pemilik restaurant hingga rekan sesama vlogger.

Anda bisa menjalin kerja sama dengan mereka dengan membangun relasi lebih baik lagi. Dengan membangun relasi, akan mempercepat perkembangan YouTube channel atau karier Anda sebagai food vlogger, nantinya.

4. Membantu Pecinta Kuliner Lain

Semakin besar YouTube Anda, semakin diperhitungkan juga Anda sebagai food vlogger. Pecinta kuliner yang mencari inspirasi makanan pasti akan mencari rekomendasi di YouTube channel Anda. Hal ini akan membantu banyak pecinta kuliner menemukan makanan tertentu melalui unggahan review kuliner Anda.

Baca Juga: 10+ Food Blogger Bandung yang Paling Hits 2023

Tertarik Menjadi Seorang Food Vlogger yang Sukses?

Kesimpulannya, food vlogger adalah seseorang yang memiliki profesi untuk mereview kuliner yang ia coba untuk diunggah di media sosial tertentu. Seperti YouTube, Instagram, atau TikTok dalam bentuk video dan untuk tujuan tertentu. Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang food vlogger?

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development