framework css terbaik

10 Framework CSS Terbaik yang Perlu Anda Coba Untuk Membuat Web

Pengguna website apapun pasti akan membutuhkan yang namanya CSS Framework. Hal ini berguna untuk mempermudah dalam mendesain dalam sebuah website dan pemanfaatan yang ada. Bisa dikatakan framework CSS adalah sebuah pustaka CSS terbaik yang dibuat dengan keadaan sudah siap untuk digunakan.

10 Framework CSS Terbaik

Jadi proses dalam mendesain sebuah web lebih mudah mudah dengan menggunakan class yang tersedia. Pada umumnya CSS akan selalu dikaitkan dengan kinerja HTML pada sebuah website. Fungsi yang ada memang akan saling berkaitan, dengan HTML membuat struktur atau isi yang terdapat pada halaman web.

Untuk CSS berguna dalam membuat tampilan halaman website tersebut. CSS juga membantu dalam mengubah desain dari text, warna, gambar, dan latar belakang dari seluruh kode tag HTML.

Bootstrap

Framework CSS terbaik yang paling umum digunakan adalah Bootstrap. Bootstrap merupakan salah satu front end framework yang memiliki bentuk bagus, modern,dan memiliki tampilan yang bagus ketika website diakses melalui ponsel.

Baca : 17 Skill Penting yang Diperlukan Untuk Menjadi Front End Developer

Bagi para pengembang dari framework sendiri akan mendapatkan kemudahan dalam mengembangkannya lebih lagi dan prosesnya lebih cepat. Biasanya Bootstrap tersedia di HTML dan Javascript juga dengan kondisi yang mudah dikembangkan. Berikut ini adalah kelebihan menggunakan Bootstrap :

  1. Cocok dengan berbagai versi browser

Penjelajah internet tentunya masih ada yang menggunakan berbagai macam browser tipe lama hingga baru. Walaupun dari berbagai versi, Bootstrap tetaplah memberikan respon yang terbilang sangat responsif dan mudah diakses seperti yang sebelumnya. Tentunya ini akan memberikan keuntungan tersendiri untuk berbagai penjelajah situs di dunia.

  1. Menyingkat waktu

Bagi para pengembangnya sendiri, Bootstrap memberikan kemudahan berupa berbagai template yang gratis dan mudah didapatkan. Dengan begitu para pengembang sendiri dapat menjadi lebih fokus untuk mendapatkan template yang dibutuhkan saja tanpa perlu bingung.

Hal semacam ini sangat berguna tentunya agar mempersingkat waktu yang bisa terbuang ketika harus mengembangkan sebuah situs.

  1. Konsep desain yang stabil

Untuk yang menggunakan Bootstrap apapun, template dan bentuk desain yang diusung dari Bootstrap terbilang tetap stabil dan bagus. Ini mempengaruhi kepada performa website yang tetap baik dan gunakan oleh banyak orang. Sehingga anda bisa konsisten dalam proses mengembangkan website anda nantinya.

Semantic UI

Selain Bootstrap, ada juga Framework CSS yang bernama Semantic UI dengan pengembangan berupa front end yang masa kini. Sebenarnya framework ini bisa dibilang hanya sebagai alternatif untuk mendesain situs dari framework lainnya seperti Bootstrap.

Baca : Cara Membuat Website Untuk Pemula Dari Nol Hingga Online

Pada Semantic UI, berbagai jenis layout yang menarik tersedia banyak ketika anda akan menginstall dan mengunduh pertama kali.

Beberapa ini keunggulan utama pada Semantic UI :

  1. Tampilan yang menarik dan elegan

Banyak website yang menggunakan CSS ini mendapatkan tampilan yang menarik para pengunjung situs setiap harinya. Apalagi aspek “user friendly” selalu dipertahankan sehingga membuat orang yang menjelajah internet menjadi lebih mudah memahami situs tersebut. Tampilan yang bersih dan nyaman untuk Grader menjadi hal yang utama agar selalu elegan.

  1. Penulis class cukup mudah

Bagi para pengembang sebuah CSS, hal yang menjadi masalah ada ketika bingung menentukan ingin menggunakan CSS apa yang mudah. Bila seorang yang sudah memahami tekniknya, maka banyak lebih cenderung ke Semantic UI karena sangat mudah dan tidak membingungkan. Hal ini menjadi solusi agar tidak perlu khawatir dengan memakai framework ini untuk berbagai macam situs.

  1. Komponen lengkap

Menurut banyak pengembang, Semantic UI memiliki nilai lebih pada Greader yang menjadikan komponen yang dimilikinya lebih lengkap. Dengan begitu, tentunya akan membuat para pengembang website pada bidang khususnya front-end sebuah situs menjadi lebih mudah. Segala kebutuhan yang perlu dipenuhi tentu akan tersedia dengan menggunakan Semantic UI.

Foundation

Foundation merupakan salah satu framework CSS terbaik yang cukup populer di kalangan front end developer. Foundation termasuk dalam jenis framework yang cocok dengan HTML dan CSS dengan mengedepankan menangani tampilan untuk pengguna.

Baca : 10 Framework PHP Terbaik yang Perlu Anda Coba Sebagai Backend Developer

Para pengguna sebuah situs tentunya menginginkan kinerja dan tampilan sebuah situs yang responsive dan cepat. Sejak dirilis tahun 1998, framework satu ini termasuk yang cukup mudah dan menganut open source.

Kelebihan menggunakan Foundation :

  1. Kekayaan fitur

Untuk anda yang ingin menggunakan Foundation, maka anda tidak perlu takut akan kekurangan fitur yang berguna. Hampir seperti Bootstrap, foundation memiliki kelebihan dengan kebutuhan fitur yang tersedia secara baik untuk para pengembangnya. Dengan begitu, maka akan membantu dalam membuat akses website menggunakan foundation tetap dalam performa yang baik.

  1. Cocok segala browser

Framework Foundation termasuk yang sangat baik dalam bekerja diberbagai macam browser yang tersedia. Baik dalam versi yang sudah lama atau yang terbaru bisa diakses jika menggunakan framework ini. Kelebihan ini sangat berguna dan berimbas dengan kemudahan para pengguna untuk mengunjungi situs yang diinginkan.

  1. Kinerja yang baik dan cepat

Untuk kinerja yang diberikan untuk mengatasi bug, Framework Foundation memiliki kinerja yang baik untuk para penggunanya. Keamanan pada sebuah website merupakan aspek penting agar membuat situs dapat bekerja dengan baik. Masalah yang dapat terjadi dari luar atau dari pengguna pun bisa diminimalisir dengan adanya pengembangan secara berkala.

Bulma

Mungkin masih banyak yang belum mengenal dengan framework bernama Bulma, namun framework ini cukup memberikan kenyamanan pada penggunanya. Dengan berbasis framework yang sudah modern dengan tata letaknya berbasis Flexbox sehingga membuat tampilannya menjadi sangat responsif.

Banyak pengembang yang mengatakan framework ini sangat memudahkan berbagai hal. Kemudahan yang terjadi sendiri adalah karena kelengkapan yang sudah tersedia dan cocok untuk Bulma CSS sendiri.

Bulma juga memiliki banyak variasi yang cukup bagus untuk membuat layout yang kreatif untuk setiap halaman website. Ketika anda ingin membuat atau mengubah dari fungsi pada variabelnya Bulma dibagian sass.

Skeleton

Bagi anda gemar mengakses website melalui perangkat mobile seperti ponsel android atau tablet, maka CSS yang tepat untuk situs tersebut adalah Skeleton. Tampilan yang menarik untuk website dengan dibantu kemampuan responsif yang baik untuk situs adalah kekuatan utama dari framework ini. Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa framework Skeleton memiliki kemudahan untuk pengembang dibidang ponsel Android.

Pure CSS

Jika anda masih pemula dalam mempelajari Framework CSS, maka anda bisa memilih jenis Pure CSS untuk anda pelajari. Alasannya tentunya karena mudah dan sangat minim untuk digunakan disetiap kalangan yang ingin mengerti tentang ini.

Walau sederhana tapi anda jangan remehkan, itu karena walaupun cukup berukuran kecil namun cakupannya luas. Ini tentunya sangat berpengaruh untuk anda yang ingin membuat website yang responsive namun tetap ringan.

Panduan Belajar CSS Untuk Pemula

belajar css

Pure menggunakan format file berupa Gzip dan menciptakan berbagai file dengan ukuran yang terbilang minim dan efisien. Ukurannya bisa dibandingkan dengan framework seperti Bootstrap yang bisa menghemat hingga 155kb jika dibandingkan.

Berikut ini juga keuntungan dengan menggunakan Pure CSS :

  1. Tampilan menarik

Hasil tampilan yang dapat dihasilkan oleh Pure CSS termasuk cukup menarik dan berkualitas sehingga bisa diperhitungkan. Hal ini juga didukung mudahnya pengembang dari Pure CSS untuk mengembangkan kualitas framework ini sendiri. Selain itu, tampilan yang bagus tersebut juga diikuti dengan tampilan yang bersih.

  1. Grid responsive

Tingkat responsif yang dimiliki oleh Pure CSS pada gridnya juga bagus sehingga mudah untuk anda modifikasi. Aspek ini tentunya sangat dibutuhkan oleh pengembang agar mendapatkan hasilnya mudah dan cepat. Selain itu juga memberikan kualitas sebuah situs menjadi lebih meningkat ketika digunakan nantinya.

  1. Cocok untuk berbagai browser

Pengujian yang sudah dilakukan dengan CSS ini termasuk banyak dan hasilnya cukup bagus. Browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Safari, dll. terbukti sudah banyak yang menggunakan framework CSS ini. Hal lainnya adalah framework ini mampu mengkoreksi dan memperbaiki bug yang terjadi pada CSS.

Susy

Framework CSS terbaik yang selanjutnya adalah Susy. Susy merupakan salah satu framework yang sangat berguna untuk membantu proyek atau pengerjaan dalam jangka panjang. Desain yang sederhana dan grip layout yang sangat responsif merupakan salah satu alasan mengapa framework ini cukup banyak digunakan.

Banyak yang mempelajarinya untuk menggunakan dengan teknik floats, flexbox, tables, dll. untuk membuat pekerjaan anda lebih mudah.

Metro UI

Bagi anda yang ingin memiliki tampilan seperti bawaan Windows 8, maka gunakan saja framework satu ini. Kerangka web bisa dibilang cukup sederhana serta fleksibel sehingga dapat memberikan tampilan yang elegan dan modern untuk para penggunanya.

Ini juga menjadi alternatif untuk anda agar lebih bervariasi dalam mendapatkan tampilan untuk para pengunjung situs nantinya.

Materialize

Salah satu yang tidak kalah populer dibidang framework terselip nama framework Materialize yang memiliki banyak hal baik. Banyak pengembang website sudah menggunakan CSS ini untuk membantu mendesain agar websitenya lebih menarik.

Penggunaannya pun cukup bervariasi, bisa untuk website secara umum atau untuk platform Android. Material yang ada pada Materialize juga didesain dengan spesifik agar memudahkan segala pekerjaan. Berikut ini kelebihan menggunakna Materialize :

  1. Memudahkan membangun website responsif

Situs yang responsif merupakan keuntungan tersendiri untuk pengunjung situs atau pun para pengembangnya. Manfaat dari ini juga membuat proses pengaksesan website menjadi lebih fleksibel untuk di komputer atau di ponsel. Hal ini memberikan pengalaman yang baik untuk setiap pengguna agar lebih praktis dan mudah.

  1. Banyak fitur

Fitur yang disediakan juga cukup lengkap sehingga membantu proses membangun sebuah website. Jika anda yang ingin menggunakan Materialize, maka anda mendapatkan banyak fitur yang akan berguna.

Hampir seperti CSS lainnya, Materialize memiliki kelebihan dalam memenuhi fitur yang tersedia secara baik untuk pengembangnya sendiri. Sehingga akan membantu mempertahankan performa website dengan baik.

Uikit

Salah satu Framework CSS yang mementingkan bagian kelengkapan fiturnya dengan baik adalah Uikit. Tentunya dengan lengkapnya fitur, memberikan lebih kemudahan pada siapapun yang ingin mengembangkannya. Selain itu, tampilan yang dihasilkan oleh framework ini tidak kalah dengan framework CSS terbaik lainnya.

Ini juga didukung dengan template dasarnya yang terbilang sederhana untuk dipelajari. Setelah anda mengetahui banyak jenis dari Framework CSS yang ada untuk berbagai kebutuhan website, maka anda tinggal memilihnya saja.

Pilihlah yang memang cocok dan memudahkan agar membantu membuat website tetap menarik dikunjungi. Selain itu, ini juga menjadi rekomendasi untuk anda yang bosan jika hanya menggunakan Bootstrap terus menerus, sehingga anda bisa mencoba hal lain.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *