Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Belajar PHP Part 8: Mengenal 3 Perintah Perulangan Pada PHP

4 min read

belajar perulangan php
Jika Anda seorang programmer, maka Anda pasti tidak asing lagi dengan yang namanya bahasa pemrograman. Nah, di dalam pemrograman itu pasti ada perintah-perintah dasar dalam membuat program. Ada percabangan, perulangan dan lain-lain.
 
Nah, kali ini yang akan dibahas adalah perintah dasar perulangan yang ada pada PHP. Bisa untuk kalian yang sedang belajar PHP tepatnya tentang struktur perulangan. Apa saja sih perintah dasar perulangan ?
Ada perintah for, while, do-while, dan ada perintah dasar perulangan yang cukup istimewa, yaitu foreach. Mengapa dikatan istimewa ? Karena foreach ini bisa berhenti dengan sendirinya tanpa kita harus mengatur batas akhirnya. Bingung ?

Sedikit Tentang Foreach

Saya jelaskan sedikit tentang foreach…
 
Dalam foreach, kita tidak perlu membuat batas akhir sebuah perulangan. Yang penting kita membuat variabel array. Nah, jumlah variabel array tersebut lah yang menentukan batas akhir perulangan foreach.
 
Misal, kita membuat variabel array dengan jumlah 5, maka nanti perulangan foreach akan berhenti setelah 5 kali perulangan. Nah, sekarang saya akan membahas tentang perintah dasar perulangan yang terdiri dari for, while, serta do-while.
 
Sebelum saya menjelaskan tentang ketiga perintah dasar dalam perulangan tersebut, saya akan menanamkan algoritma perulangan terlebih dahulu. Tujuannya apa ?
 
Supaya Anda tidak hanya menghafal struktur perulangannya saja, tetapi Anda juga paham alur algoritmanya serta logikanya, karena itu sangat penting dan harus dikuasai oleh seorang programmer.
 

[Baca : 6 Hal Yang Harus Dikuasai Seorang Programmer]

[Baca : 6 Cara Agar Bisa Menguasai Bahasa Pemrograman (Studi Kasus)]

 
Nah, perulangan itu apa sih ?
 
Perulangan adalah kondisi dimana kita menyuruh komputer untuk mengulang apa yang akan komputer lakukan sebanyak yang kita minta.
 
Maksudnya?
 
Jika Anda memiliki nilai awal 1 dan Anda akan memiliki batas kurang dari 5, serta tiap perulangan Anda menampilkan kata-kata “Makin Rajin” dengan penambahan 1 tiap perulangan. Maka, berapa kata-kata “Makin Rajin” yang muncul di browser ?
 
Jika Anda menjawab 4, maka saya rasa Anda sudah paham konsep perulangan.
 
Perulangan memiliki 3 perintah dasar, yaitu for, while, do while. Ketiga perintah dasar tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda pada PHP. Saya rasa Anda sudah mengerti, maka saya akan menjelaskan tentang ketiga perintah dasar perulangan tersebut pada PHP.

Penjelasan Tentang For

Pertama yang akan saya bahas yaitu perintah dasar FOR.
 
Pada perintah for, Anda diharuskan memasukkan nilai awal, batas akhir perulangan, increment (penambahan) atau decrement (pengurangan) serta apa yang akan dilakukan jika pengulangan tersebut berhasil dilakukan.
 
Misal gini, Anda memiliki nilai awal sebesar 1, lalu Anda memasukkan batas akhir pengulangan itu kurang dari 5 (Maka jika nilai awal tadi sudah sama dengan atau lebih dari 5, perulangan akan dihentikan), dan penambahan 1.
 
Maksudnya penambahan 1 itu adalah nilai awal tadi akan bertambah 1 setelah berhasil menjalankan 1 perulangan.
 
Setelah menambahkan penambahan, maka Anda diharuskan memasukkan juga aksi apa yang akan dilakukan jika pengulangan tersebut dilakukan. Misal, menampilkan tulisan “Hello World” lah atau “Makin Rajin” juga bisa.
 
Tidak hanya menampilkan tulisan, melakukan proses aritmatika pun juga bisa. Biasanya, aksi ini terletak di antara kurung kurawal buka { dan kurung kurawal tutup } di bawah perintah for.
 
Untuk penulisan perintah for, bisa dilihat gambar di bawah berikut.
[php]
<html>
<body>
<?php
for ($i=1; $i<5; $i++)
{
     echo "Makin Rajin";
     echo "<br/>";
}
?>
</body>
</html>
[/php]
Nah, coding atau penulisan syntax tentang perulangan FOR itu terletak pada baris ke 5 sampai baris ke 9.
 
Kalau untuk baris pertama itu tag pembuka pada HTML (Agar kita bisa menggunakan tag HTML lainnya di dalam tag <html>…</html> seperti pada contoh di atas yaitu tag <br> yang memiliki fungsi untuk mengganti baris tiap aksi perulangan dengan perulangan selanjutnya.
 
Jadi, kalau dari gambar di atas itu, pertama kita membuat variabel (nilai/value) awal yang berjumlah 1. Setelah itu, kita membuat batas akhir perulangan kurang dari 5.
 
Setelah membuat batas akhir, kita membuat sebuah increment (penambahan) 1 untuk tiap variabelnya jika telah melewati 1 perulangan yangg ditulis dengan penulisan $i++. Sebenarnya, kita bisa juga tidak menggunakan penulisan tersebut.
 
Lalu, penulisan seperti apa yang bisa dituliskan selain di atas ? Bisa juga Anda mengganti $i++ menjadi $i += 1 yang memiliki arti sama dengan sebelumnya yaitu $i = $i + 1. Nah, aksi pada perulangan ini adalah menampilkan tulisan “Makin Rajin” untuk tiap barisnya.
 
Jadi, butuh berapa kali $i yang awalnya bernilai 1 menuju ke batas akhir yang bernilai kurang dari 5 atau bisa dibilang 4 ? Ya, butuh 4 kali penambahan dari angka 1 ke angka 4.
 
Bukannya 3 kali ya ?
 
Itu 4 kali penambahan. Karena angka 1 nya juga dihitung. Kalau tidak percaya, coba buktikan sendiri pada komputer Anda.
 
Jika dibutuhkan 4 kali penambahan dari variabel awal yang bernilai 1 menuju angka 4, berarti mesin akan melakukan aksi (dalam kasus ini, menampilkan tulisan Makin Rajin) sebanyak 4 kali.
 
Berikut adalah hasil dari percobaan di atas :
 
belajar for php
 
Terbukti kan ada 4 tulisan “Makin Rajin” yang muncul. Jika Anda belum paham, Anda bisa baca ulang artikel ini atau baca artikel lainnya yang bisa membuat Anda lebih paham dalam mendalami dunia pemrograman (programming).
 
Itulah penjelasan singkat tentang perulangan FOR pada PHP. Sekarang, akan saya jelaskan tentang perulangan WHILE pada PHP beserta struktur (syntax) nya.

Penjelasan Tentang WHILE

Sama seperti perintah FOR. Anda diharuskan membuat nilai awal dari sebuah variabel, batas akhir dari perulangan tersebut, serta operasi (increment / decrement) yang terjadi ketika satu perulangan telah berhasil dilakukan.
 
Namun, yang membedakan adalah struktur serta peletakan coding nya saja. Pada hakikatnya, fungsi antara While dengan For maupun Do-While itu sama. Langsung saja bahas syntax nya…
[php]
&amp;lt;?php
$i = 1;
while ($i&amp;lt;5)
{
&amp;nbsp; &amp;nbsp; &amp;nbsp;echo "Makin Rajin";
&amp;nbsp; &amp;nbsp; &amp;nbsp;echo "&amp;lt;br/&amp;gt;";
&amp;nbsp; &amp;nbsp; &amp;nbsp;$i++;
}
?&amp;gt;[/php]
Perulangan While di atas digunakan pada baris ke-5 sampai baris ke- 10. Nah, disitu bisa dilihat, bahwa pada sebelumnya sudah dibuat variabel dengan nama “i” yang mempunyai nilai sebesar 1.
Lalu, kita membuat sebuah pernyataan selama (while) variabel i kurang dari 5 maka akan menampilkan tulisan Makin Rajin yang menderet ke bawah, serta variabel i akan bertambah 1 dan perulangan akan kembali dilakukan sampai variabel i bernilai 5.
Kira-kira seperti itu algoritma nya. Nah, hasilnya pun seperti ini…
Apakah Anda sudah mulai paham ? Selanjutnya akan saya bahas tentang perulangan Do-While


Penjelasan Tentang Do-While

Pada dasarnya, do while itu hampir sama dengan while. Berikut adalah contoh coding nya yang cukup sederhana
[php]
&amp;lt;?php
$i = 1;
do
{
&amp;nbsp; &amp;nbsp; &amp;nbsp;echo "Makin Rajin";
&amp;nbsp; &amp;nbsp; &amp;nbsp;echo "&amp;lt;br/&amp;gt;";
  &amp;nbsp; &amp;nbsp;$i++;
}
while ($i&amp;lt;5)
?&amp;gt;[/php]
Perulangan dimulai di baris ke 5 sampai ke 11. Pada baris ke 5 itu merupakan sebuah perintah untuk melakukan sebuah aksi. Nah, aksi yang akan dilakukan itu adalah aksi pada baris  yang terdapat di dalam kurung kurawal.
Nah, batasnya kapan ? Batas akhirnya itu selama variabel i kurang dari 5 atau ketika variabel i sudah bernilai 5. Berikut adalah contoh hasilnya jika dilihat dalam browser
belajar do while php
Hasilnya pun seperti itu. Apabila ada yang mau ditanyakan, bisa lewat kolom komentar ataupun kunjungi halaman “Contact” di bagian bawah blog ini.
Panduan Sebelumnya: Percabangan Pada PHP
Panduan Selanjutnya : Foreach Pada PHP
Alexandromeo Lawrence I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development