kelebihan dan kekurangan php

Belajar PHP Part 2: Kelebihan dan Kekurangan PHP (Lengkap)

Istilah PHP sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat Indonesia atau bahkan luar negeri, terutama untuk CMS seperti WordPress, Joomla maupun Drupal. Menggunakan PHP dapat dijadikan sebagai pondasi untuk membangun sebuah website. Banyak sekali kelebihan dan kekurangan PHP yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Contoh dari penggunaan PHP ini bisa Anda lihat dari sebuah website yang terdapat form login. Pada saat Anda akan melakukan log in di suatu website, maka Anda diharuskan untuk memasukkan email beserta passwordnya.

Jika password serta email yang dimasukkan tidak sama, meskipun hanya berbeda satu karakter saja, maka pihak website tidak memberikan izin kepada Anda untuk masuk.

Apa itu PHP?

PHP memiliki arti sebagai bahasa pemrograman secara khusus yang seringkali digunakan dalam pembuatan aplikasi maupun website yang berbasis web. Kemudahan di zaman sekarang ini bisa dirasakan para kaum milenial, terutama bagi Anda yang hendak membuat sebuah blog.

Saat ini Anda sudah bisa membuat blog cukup dengan menggunakan content management system saja. Akan tetapi apabila Anda berkeinginan membuat sebuah aplikasi lebih rumit, seperti aplikasi keuangan reksa dana, aplikasi human resources, ataupun aplikasi rumit yang lainnya, tentu membutuhkan kustomisasi yang jauh lebih banyak.

Oleh sebab itu para penggunanya diwajibkan untuk mengetahui bahasa pemrograman lebih mendetail. Perlu diingat bagi Anda yang belum mengetahui, bahwa PHP bukanlah bahasa pemograman satu-satunya yang digunakan dalam proses pembuatan web.

Masih ada banyak bahasa pemrograman lain yang bisa digunakan, Misalnya Java, Asp.net, Ruby maupun yang lainnya. Dari sekian banyaknya pilihan bahasa pemrograman, silakan pilih bahasa pemograman yang paling sesuai.

Kelebihan dan Kekurangan PHP

Jika Anda sudah mengetahui apa yang disebut sebagai PHP, maka saatnya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari PHP itu sendiri. Mengetahui keunggulan beserta kelemahan yang dimiliki PHP, maka bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakannya. Berikut ini kelebihan yang dimiliki oleh PHP, yaitu:

1. Lebih mudah dipelajari

belajar php itu mudah

PHP memang jauh lebih mudah dipelajari, karena cukup dengan melakukan konfigurasi. Setelah itu penggunanya bisa menjadikan sebagai bahasa pemrograman pada tingkat entry level. Tingkat tersebut berada dalam tahap belaja, sehingga para pemula pengembangan website tidak akan merasa kesulitan.

Bahkan untuk tutorial dalam mempelajari pemrograman PHP bisa didapatkan dengan mudah, baik itu di toko buku, melalui online, belajar di lembaga bimbingan khusus untuk pengembangan website ataupun bisa juga melalui YouTube.

Kemudahan dalam mempelajari PHP membuat daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang masih awam.

2. Mempunyai community besar

banyak komunitas PHP

Ada banyak sekali website yang seringkali menggunakan PHP untuk dijadikan sebagai bahasa pemrograman dalam melakukan pembuatan aplikasi website. Salah satu contoh website yang sudah terkenal dalam penggunaan PHP yaitu seperti Yahoo, Facebook, WordPress, Wikipedia ataupun yang lainnya.

Hal ini dikarenakan PHP mempunyai community yang cukup besar. Dengan adanya forum tersebutlah, maka akan lebih memudahkan para anggotanya dalam membahas sekaligus bertukar pikiran pada pemrograman PHP yang saat ini memang sudah banyak bermunculan di berbagai situs.

Contohnya adalah grup PHP Indonesia di facebook. Bagi mahasiswa jurusan IT, PHP dijadikan bahasa pemrograman, selain itu untuk mahasiswa jurusan website development juga akan mempelajari bahasa pemrograman PHP.

3. Lebih ringkas

Keunggulan lain dari bahasa pemrograman PHP adalah para programer website akan merasakan kemudahan tersendiri karena PHP dianggap jauh lebih ringkas. Salah satunya yaitu dari segi proses instalnya yang tidak membutuhkan setting secara berlebihan.

Itu karena untuk konfigurasi pada database juga bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah. Proses pengembangan tidakmembutuhkan waktu yang lama, maka sudah bisa membuktikan bahwa proses pembuatan PHP menjadi lebih praktis dan ringkas.

Kemudahan itu sangat berbeda jika dibandingkan pada bahasa pemrograman yang lain, karena basaha pemograman yang lain memiliki proses konfigurasi agar bisa melihat website yang sudah terselesaikan.

4. Open source

PHP sebagai bahasa pemrograman yang open source, maka para pengguna bisa menggunakan PHP dengan sangat bebas dan gratis. Para pengguna tidak diharuskan memberi royalti berbentuk apapun. Akan tetapi para penggunanya berkewajiban memiliki PHP atau license yang dimiliki oleh PHP Group.

5. Memiliki perkembangan yang cukup cepat

Proses pembuatan aplikasi melalui PHP ini dianggap jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan mengembangkan pada suatu aplikasi website dengan bahasa pemrograman yang lainnya. Di dalam bahasa pemrograman PHP ini memiliki perkembangan yang cukup cepat, karena memiliki banyak sekali boiler, tools, yang sudah disediakan pada PHP secara open source.

Dengan perkembangan yang cukup cepat inilah maka untuk proses yang didapatkan pun juga lebih singkat. Baik itu dari start bahkan sampai dengan finish pada sebuah project dalam pembuatan aplikasi web.

6. Memiliki maintenance yang lebih mudah

kelebihan php: mudah maintenance

Web yang sudah menggunakan bahasa pemrograman PHP proses update bisa dilakukan dengan sangat mudah dan baik. Hal ini karena PHP memiliki sifat interpreter. Selain itu, untuk melakukan upgrade pada versi yang baru penggunanya tidak perlu melakukan konfigurasi secara ulang.

Sementara pada bahasa pemrograman yang lainnya, harus menentukan konfigurasi ulang apabila melakukan upgrade pemrograman yang baru. Terlebih lagi PHP juga mampu berjalan di berbagai jenis web server, misalnya seperti nginx, apache dan IIS.

Kekurangan PHP

Berdasarkan dari beberapa kelebihan yang ada di atas, bahasa pemrograman PHP juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

1. Memiliki banyak kompetisi

banyak yang belajar PHP

PHP memang memiliki banyak komunitas, yang mana hal ini justru membawa kompetisi yang tergolong lebih ketat. Para web developer akan semakin bertambah setiap harinya. Para pebisnis yang berharap produknya bisa terkenal, bisa menggunakan PHP dan harus mengembangkan aplikasi bisnisnya agar dapat bersaing secara kompetitif.

2. Tidak dilengkapi dengan tipe data

Perlu diketahui bahwa untuk PHP ini tidak mempunyai tipe data, sehingga pada bahasa pemrograman sering muncul bug-bug yang tidak berkaitan dengan standar tipe data PHP. Sementara untuk kekurangan yang satu ini memiliki hubungan terhadap pengalaman developer yang sedang menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman.

3. Rawan pembajakan

Sifat dari PHP adalah interpreter, sehingga cenderung lebih rawan terhadap pembajakan. Salah satu penyebabnya yaitu shortcode pada aplikasi bahasa pemrograman PHP ini dapat diubah dan dimodifikasi dengan mudah. Sebab itulah PHP kurang tepat digunakan sebagai pengembang aplikasi.

4. Kurang prestisius

Jika dibandingkan pada bahasa pemrograman yang lainnya, untuk PHP ini dianggap kurang prestisius, karena memiliki kesan yang kurang aman maupun memiliki celah yang terbatas. Penyebabnya yaitu karena pengembang belum mengetahui secara penuh tentang standar dalam pembuatan aplikasi menggunakan PHP yang benar.

Banyak kelebihan dan keuntungan PHP sebagai bahasa pemrograman yang paling tepat dipelajari. Bagi para development yang ingin mempelajari bahasa pemrograman dan menguasai bahasa pemrograman seperti PHP, tentunya ada banyak sumber yang bisa diakses.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan PHP. Meskipun rumornya PHP bakalan dikalahkan oleh bahasa pemrograman lain, seperti Python, ataupun JavaScript dengan Node.js nya, saat ini PHP masih cukup populer kok.

Panduan Sebelumnya : Konsep Dasar PHP
Panduan Selanjutnya : Cara Instal XAMPP

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *