Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Berapa Komisi TikTok Affiliate? Ini Penjelasannya (Lengkap)

1 min read

Komisi TikTok Affiliate: Nominal Pendapatan dan Cara Melihatnya

TikTok Affiliate adalah sebuah program dari TikTok yang menggabungkan antara kreator dan penjual. Melalui program ini, pengguna dapat melakukan promosi atau endorse produk. Lalu, berapakah jumlah komisi TikTok Affiliate? Cari tahu di sini!

Berapa Komisi TikTok Affiliate?

Dalam afiliasi TikTok, banyak metode yang digunakan untuk memasarkan produk. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan konten video. TikTok memiliki algoritma yang relevan untuk mempromosikan konten, sehingga pengguna bisa melihatnya di halaman akun mereka.

Namun, masih ada banyak orang yang masih bingung tentang keuntungan dari menjadi affiliate TikTok. Secara umum, mereka akan mendapatkan komisi 5 hingga 10 persen dari total hasil penjualan produk yang sudah transaksi.

Oleh sebab itu, nominal pendapatan per bulan dari TikTok Affiliate memang tidak menentu. Nominalnya akan cenderung menyesuaikan keberhasilan transaksi penjualan. Namun, pencairan komisinya terbilang mudah, jadi Anda tidak akan kesulitan.

Cara daftar TikTok Affiliate juga cukup mudah. Biasanya, di awal pendaftaran sebagai afiliasi, Anda harus menuliskan nomor rekening. Sehingga, komisi dapat ditransfer ke nomor rekening bank yang sudah tercatat pada program.

Lantas, kapan komisi TikTok Affiliate cair? Umumnya, komisi bisa dikirim oleh pihak TikTok setelah 7 hari barang diterima oleh konsumen. Bagi Anda yang ingin mencoba program ini, maka Anda harus menunggu setidaknya satu minggu untuk menerima komisi.

Cara Melihat Komisi Tiktok Affiliate

Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk melihat pendapatan dari program afiliasi ini, antara lain sebagai berikut:

  • Pertama, masuk ke profil TikTok milik Anda.
  • Lalu, buka TikTok Shop (berbentuk ikon keranjang belanja).
  • Setelah itu, Anda pilih menu Komisi. Dari sini Anda sudah bisa melihat jumlah penghasilan dari penjualan afiliasi.

Mengapa Komisi Tiktok Affiliate Tidak Masuk?

Tidak menampik bahwa, ada juga beberapa afiliasi yang komisinya tidak masuk ke rekening mereka. Padahal, sudah banyak orang yang membeli produk melalui konten. Lantas, kenapa komisi TikTok Affiliate tidak masuk? Nah, berikut ini berbagai alasannya:

  • Proses pembayaran belum selesai.
  • Produk pesanan yang dibatalkan. 
  • Konsumen mengajukan refund atau pengembalian uang.
  • Dalam proses pengiriman. Pada poin ini, afiliasi harus sabar menunggu kurang lebih 7 hari.

Bagi Anda yang ingin mengaktifkan TikTok Affiliate dan menjadikannya sebagai side income, pastikan Anda harus konsisten. Karena untuk mendapatkan komisi, kesabaran sangatlah dibutuhkan. 

Oleh sebab itu, buatlah  konten persuasif, informatif, dan pilih produk yang ciamik. Sehingga, orang-orang akan merasa tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Baca Juga: Cara Daftar TikTok Affiliate Tanpa Followers Paling Jitu

Tertarik Bergabung dengan TikTok Affiliate?

TikTok Affiliate memiliki cara kerja yang mudah, Anda cukup menyebarkan konten dan menunggu orang-orang membeli produknya melalui link afiliasi. Tentu saja, komisi TikTok Affiliate sebanding dengan kemudahan programnya. Jika tertarik bergabung, pastikan Anda membuat konten yang menarik dan tidak monoton, ya!

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development