Programmer - Pengertian, Tugas, dan Cara Menjadi Programmer

Pengertian, Tugas, dan Cara Menjadi Programmer (Lengkap)

Salah satu profesi yang kini banyak dicari adalah seorang programmer. Dengan semakin pesatnya perkembangan dunia IT maka tidak aneh jika programmer menjadi salah satu profesi dengan lapangan kerja yang cukup luas.

Seorang programmer ini diharapkan bisa menjadi solusi dari beberapa masalah. Memang salah satu fungsi dari profesi ini adalah menciptakan pemecahan masalah dengan basis teknologi. Seorang programmer ini dituntut untuk bisa membuat sebuah sistem yang nantinya akan memudahkan kerja dari pengguna.

Apa Itu Programmer

Salah satu profesi yang kini banyak dicari sekaligus banyak diminati adalah programmer. Seiring dengan semakin berkembangnya dunia IT, menjadi seorang programmer kini menjadi sesuatu yang diinginkan banyak orang.

Secara mudah, seorang programmer adalah mereka yang membuat perangkat lunak untuk komputer. Seorang programmer adalah mereka yang akan membuat serangkaian kode untuk menciptakan perintah pada komputer.

Profesi ini bertanggung jawab untuk menuliskan kode – kode yang nantinya menjadi sesuatu, baik program aplikasi atau pun perangkat lunak yang akan dijalankan pada perangkat lain.

Kode yang ditulis oleh seorang programmer merupakan bahasa pemograman yang akan dipahami oleh komputer. Kode – kode inilah yang nantinya akan membuat perangkat bekerja. Proses penulisan kode – kode ini biasa disebut coding. Sementara kode – kode yang ditulis oleh seorang programmer lazim disebut syntax.

Ada banyak bahasa pemograman pada komputer. Seperti misal bahasa C, PHP, Java, JavaScript, dan masih banyak lagi. Bahasa – bahasa ini juga memiliki berbagai fungsi dan keunggulan masing – masing. Semakin banyak bahasa pemograman yang dikuasai maka akan semakin menguntungkan bagi seorang programmer.

Secara luas, menjadi seorang programmer maka akan bertanggung jawab dari awal sampai akhir tentang sebuah karya yang mereka buat.

Programmer adalah orang yang akan bertanggung jawab dari mulai perancangan, coding, ujicoba, troubleshoot, dan juga pemeliharaan. Meskipun kini, tugas – tugas tersebut biasa dikerjakan oleh banyak orang dalam satu tim.

Sebagai contoh, kita mulai sering melihat lowongan kerja di bagian front end developer dan backend developer. Pada dasarnya kedua pekerjaan ini memang ditunjukan untuk programmer, namun dengan job desk yang berbeda. Tentu saja kemampuan dasar dan tanggung jawab nya pun berbeda.

Seorang front end developer misalnya, mereka hanya akan bertanggung jawab untuk menciptakan tampilan yang akan dilihat oleh user. Biasanya mereka yang berada di bagian front end ini menguasai HTML, CSS, atau pun Java.

Jika Anda sedang mengunjungi sebuah website atau sedang menggunakan sebuah aplikasi dan merasa nyaman dengan segala tampilan yang ada pada website atau aplikasi tersebut, maka itu adalah salah satu dari hasil kerja seorang front end developer.

Sementara seorang back end adalah orang yang benar – benar bekerja di balik layar dari sebuah website ataupun aplikasi. Mereka ini adalah orang yang akan membuat pondasi dari sebuah web. Ada banyak bahasa pemograman yang biasanya dikuasai oleh seorang back end. Beberapa diantaranya adalah PHP dan Python.

Namun ada juga programmer yang biasa disebut dengan full stack developer. Lalu apa itu programmer full stack?. Seorang full stack adalah seorang programmer yang menguasai baik bagian front end maupun back end. Meskipun demikian, seorang full stack pun biasanya hanya fokus pada satu bidang saja.

Tugas dan Tanggung Jawab Programer

Dengan semakin dibutuhkan nya seorang programmer, hal ini membuat tugas dan tanggung jawab programer pun makin kompleks. Beberapa hal yang akan menjadi tugas dari programer diantaranya adalah:

1. Menentukan Kebutuhan Program

Seorang programmer yang nantinya akan membuat sebuah program biasanya terlebih dahulu haruslah bisa mengidentifikasi masalah. Kemampuan mengidentifikasi masalah ini nantinya akan menjadi dasar dari seorang programmer untuk membuat program yang cocok dengan kebutuhan.

Seorang programmer harus bisa menganalisa seberapa penting dan efisien program yang ia buat untuk kepentingan tempat nya bekerja. Seorang programmer juga harus bisa menganalisa kemungkinan – kemungkinan lain yang terkait dengan program yang mereka buat.

Pada bagian ini seorang programmer juga akan menentukan pondasi dari program yang akan mereka buat. Mereka harus sudah punya bayangan tentang gambaran umum dari program yang akan mereka buat. Beberapa hal yang akan dihasilkan dari proses analisa ini seperti tampilan untuk user, kemudahan penggunaan, dan lain sebagainya.

2. Menentukan Desain

Jika Anda sering mendengar tentang UI/UX maka itu adalah sebagian dari tugas programmer di sini. Seorang programmer harus bisa membuat program yang mudah digunakan oleh user. Selain masalah mudah digunakan, programmer juga harus bisa membuat program yang nyaman dalam hal tampilan untuk para user.

Masalah user interface adalah salah satu masalah yang menjadi tugas dan tanggung jawab programmer di sini. Setidaknya penggunaan program komputer haruslah menjadi sebuah solusi yang memudahkan bagi penggunanya, bukan menjadi hal rumit yang sulit dimengerti oleh pengguna.

Hal ini juga akan berhubungan dengan user experience. Semakin mudah dan nyaman sebuah program digunakan maka kemungkinan user akan menggunakannya terus menerus menjadi lebih tinggi.

Rancangan – rancangan untuk membuat program yang nyaman tadi biasanya diawali dengan membuat flowchart. Ini juga salah satu hal yang harus dimengerti oleh seorang programmer.

Dengan membuat dan mengerti flowchart seorang programer sudah bisa membayangkan bagaimana UI/UX yang akan mereka buat. Dengan adanya flowchart juga seorang programmer sudah bisa menentukan alur kerja mereka untuk membuat program tersebut akan seperti apa.

3. Coding

Mungkin ini adalah hal yang paling identik dengan seorang programmer. Seorang programmer memang akan terbiasa dengan pekerjaan satu ini. Seperti sudah dibahas di awal, coding merupakan suatu kegiatan menuliskan serangkaian kode ke dalam komputer yang nantinya kode – kode tersebut akan menjadi perintah untuk sebuah program.

Proses coding ini bisa dibilang adalah inti dari semua tugas dan tanggung jawab seorang programer. Pada proses coding ini, proses analisa dan desain akan dituangkan ke dalam program. Semua hasil analisa akan dieksekusi ke dalam program dan juga semua hasil desain akan dibuat untuk program

Pada proses coding ini juga nantinya gambaran nyata dari sebuah program yang akan dibuat oleh seorang programmer sudah mulai terlihat. Proses coding ini biasanya akan menjadi lebih mudah jika proses analisa dan desain dilakukan dengan baik. Pada proses ini, seorang programmer harus sudah tahu kode apa yang akan ia masukan pada program yang akan dia buat.

4. Cek Kesalahan

Setelah proses coding selesai, seharusnya program sudah siap untuk uji coba. Namun sebelum ke proses itu ada satu hal yang biasanya dilakukan seorang programmer sebagai tugas dan tanggung jawab programmer lainnya. Hal itu biasa disebut dengan proses debugging.

Secara mudah debugging bisa diartikan sebagai proses mencari bug atau gannguan pada program yang telah dibuat. Pada proses ini seorang programmer akan melakukan pengecekan bila ada kemungkinan masalah pada bahasa pemograman yang digunakan.

Jika pada proses nya ditemukan sebuah masalah, maka seorang programmer harus bisa mencari sumber masalahnya dan juga menemukan solusi untuk memperbaiki masalah yang ditemukan tersebut.

Ada banyak kemungkinan masalah yang ditemukan pada tahap ini. Salah penulisan kode ataupun syntax yang tidak bisa dipahami, merupakan contoh dari kemungkinan masalah yang bisa ditemukan pada tahap ini.

Jika masalah – masalah ini ditemukan pada tahap ini programmer akan bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan. Di sini juga programmer akan bisa menganalisa tentang kinerja dari program yang telah mereka buat.

Salah satu hal yang membuat tanggung jawab ini penting adalah untuk menghindari error yang lebih fatal nantinya. Dengan semakin dini kemungkinan kesalahan itu diketahui maka akan semakin cepat juga penangananya.

5. Pengujian

Setelah semua tahap terlewati dengan baik maka tugas dan tanggung jawab seorang programmer yang lainnya adalah melakukan pengujian untuk program yang sudah mereka buat. Proses ini akan sangat penting karena seorang programmer akan melihat apakah program yang mereka buat berguna atau tidak.

Seorang programmer juga akan mengetahui bagaimana respon dari pengguna. Dalam tahap uji coba ini juga akan menentukan apakah program ini sudah bisa digunakan atau masih memerlukan beberapa perubahan.

Pada proses ini selain program yang bisa dijalankan, juga akan dinilai apakah program tersebut mudah digunakan atau tidak. Segala respon pengguna akan dinilai pada tahap ini. Tugas seorang programmer adalah memastikan program yang mereka buat sesuai dengan kepuasan para penggunanya.

Ada banyak masalah yang biasanya baru muncul pada tahap ini. Seperti misalnya ternyata program memakan terlalu banyak memory, program yang dibuat membuat baterai pada perangkat pengguan cepat habis, sampai masalah tampilan yang rumit biasanya baru akan ditemukan di sini.

Itulah mengapa tahap ini juga penting bagi tugas seorang programmer. Dengan mengetahui masalah – masalah tersebut pada proses ini maka seorang programmer bisa membuat program yang mereka buat menjadi lebih baik sebelum akhirnya digunakan.

Skill Programer

Untuk menjadi seorang programer sebenarnya ada beberapa skill yang wajib dikuasai. Skill – skill ini akan sangat berguna nantinya untuk menunjang pekerjaan mereka sendiri. Beberapa skill yang wajib dimiliki oleh seorang programmer diantaranya adalah :

1. Algoritma

Skill ini juga merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh programmer. Seorang programmer dengan kemampuan analisa yang baik akan mampu mengidentifikasi masalah yang bisa muncul pada sebuah program. Kemampuan analisa ini juga bermanfaat jika kita mencoba menganalisa kelemahan dari sebuah sistem.

Kemampuan analisa ini juga biasanya dibarengi dengan kemampuan pemecahan masalah. Seorang programmer sejatinya dibutuhkan karena adanya masalah yang harus dipecahkan. Seorang programmer harus mampu mengidentifikasi masalah lalu menemukan cara paling efektif dan efisien dan untuk menyeselaikan masalah tersebut.

2. Bahasa Pemograman

Mungkin ini adalah skill yang sangat wajib untuk dimiliki. Seorang programmer wajib memiliki pengetahuan tentang bahasa pemograman. Ada banyak bahasa pemograman yang kini digunakan dalam dunia programming. Masing – masing bahasa itu tentu memiliki fungsi masing – masing dan penggunaannya juga berbeda – beda.

Beberapa bahasa pemograman yang kini banyak digunakan diantaranya adalah Java, Bahasa C, PHP, JavaScript, dan lainnya. Pada penggunaannya bahasa – bahasa inilah yang nantinya akan digunakan oleh para programmer untuk membangun program yang dibutuhkan.

Bahasa pemograman ini yang merupakan pondasi dari seorang programmer. Semakin banyak bahasa pemograman yang bisa dikuasai oleh seorang programmer maka semakin banyak juga hal yang bisa dibuat. Bagi seorang programmer maka ini akan menjadi sebuah portofolio programmer yang baik.

3. Bahasa Inggris

Mungkin agak aneh, namun seorang programmer akan lebih baik jika memiliki background programmer yang menguasai bahasa Inggris. Salah satu alasan kenapa skill bahasa Inggris menjadi penting adalah karena hampir semua dokumentasi dan juga penjelasan untuk bahasa – bahasa pemograman menggunakan bahasa Inggris.

Jika pada saat membuat program Anda memiliki masalah, maka semua pesan error yang muncul akan menggunakan bahasa Inggris. Semua dokumentasi dan referensi yang nantinya akan banyak membantu kalian juga biasanya ditulis dalam bahasa Inggris.

Setidaknya untuk skill bahasa Inggris ini seorang programmer minimal memiliki kemampuan bahasa Inggris yang pasif. Setidaknya skill ini bisa digunakan jika Anda sedang mencari informasi tentang programming dari forum yang berskala global.

4. Membaca Dokumentasi

Dalam hal ini, dokumentasi yang dimaksud merupakan manual dan cara – cara untuk menggunakan suatu teknologi tertentu. Ada banyak orang yang biasanya membagikan dokumentasi atas apa yang telah mereka buat. Entah itu codingan sebuah program ataupun hal lainnya.

Dengan memiliki kemampuan membaca dokumentasi ini kita setidaknya bisa melihat bagaimana cara program lain dibuat. Hal lain yang juga menjadi manfaat adalah jika kita memiliki masalah lalu ada orang yang lain pernah mengalaminya juga dan sukses mengatasi nya maka kita bisa melihat cara bagaimana dia mengatasi masalah tersebut. Inilah beberapa manfaat jika kita memiliki kemampuan untuk membaca dokumentasi.

Lalu seberapa sulitkah skill membaca dokumentasi ini?. Sebenarnya kesulitan untuk menguasai skill ini relatif untuk sebagian orang. Namun hal yang mungkin menjadi kesulitan di sini disebabkan beberapa hal seperti :

  • Semua dokumentasi ini akan ditulis dalam bahasa teknis yang mungkin akan sangat menyulitkan dan membosankan.
  • Kalaupun dokumentasi ini memiliki gambar, biasanya gambar berupa tangkapan layar dengan syntax yang tidak begitu lengkap.

Masalah kedua ini yang membuat banyak orang kesulitan membaca dokumentasi. Hal ini karena merasa dokumentasi tersebut tidak lengkap. Ini juga bisa menjadi salah satu manfaat dari skill membaca dokumentasi yang  kalian kuasai.

Beberapa contoh kumpulan dokumentasi yang bisa kalian pelajari bisa dicari devdocs ataupun google developers. Jika kalian mencari dokumentasi linux untuk programer bisa juga dicari di the linux documentation project.

5. Membaca Source Code

Mungkin ini menjadi skill yang juga harus dimiliki oleh seorang programmer. Bagi seorang programmer skill membaca source code ini juga tidak kalah penting nya dengan skill menulis source code. Hal ini akan sangat bermanfaat terutama jika kita akan membaca source code yang dibuat oleh orang lain.

Membaca source code maka harus juga memahami logika dari yang membuat. Inilah inti dari skill membaca source code. Dalam pembuatan program nantinya, biasanya kita akan bekerja dengan orang lain. Inilah mengapa kita juga harus bisa membaca source code terutama source code yang ditulis orang lain. Kemampuan membaca source code ini juga harus ditunjang dengan pengetahuan berbagai bahasa pemograman.

Ada beberapa cara untuk bisa memahami source code yang ditulis orang lain. Salah satunya adalah dengan membaca source secara urut dari atas ke bawah dan baca yang mudah dipahami terlebih dahulu.

6. Debugging

Secara mudah pekerjaan programmer yang satu ini adalah mencari bug dalam sebuah source code. Skill ini wajib dimiliki oleh seorang programmer karena akan berhubungan langsung dengan proses pembuatan program yang akan mereka buat.

Beberapa manfaat yang akan didapat dengan memiliki skill debugging seperti bisa memahami masalah yang muncul pada program, memahami maksud jika ada pesan error yang muncul, mencari letak error pada source code, menganalisa penyebab dan mencari solusi dari error yang muncul.

Proses mencari bug ini biasanya akan memakan waktu yang lama. Bahkan mungkin lebih lama dari waktu untuk menuliskan source code nya itu sendiri. Inilah mengapa kesabaran menjadi salah satu soft skill yang dibutuhkan untuk skill ini. Mencari bug sendiri akan membuat Anda memiliki banyak pengalaman dalam memecahkan masalah.

Skill programmer yang memiliki kemampuan mencari bug ini juga akan berfungsi untuk menjaga program yang dibuat dari kemungkinan serangan di kemudian hari. Programmer yang mengerti cara mencari bug juga bisa menjaga sistem supaya program bisa bekerja sesuai dengan alur yang sudah dibuat.

7. Komunikasi

Seperti sudah sering dibahas jika pekerjaan programming ini biasanya dikerjakan dalam tim. Skill komunikasi ini akan sangat bermanfaat karena bekerja dalam tim tentu saja membutuhkan banyak komunikasi yang baik.

Selain itu kemampuan komunikasi ini juga akan sangat bermanfaat jika Anda mengalami stuck dalam berbagai macam proses kerja nya. Anda bisa bertanya ke berbagai orang tentang masalah yang Anda temukan dan sulit Anda cari solusi nya.

Meskipun cara mencari solusi ini bisa ditemukan dengan mencari di google, namun ketika Anda harus mencari di forum maka kemampuan berkomunikasi ini juga akan sangat berguna. Kemampuan berkomunikasi ini juga termasuk cara bertanya yang baik. Ketika Anda bertanya dalam sebuah forum pastikan Anda juga menyertakan informasi yang detail dan lengkap. 

Cara Menjadi Programmer

Sekarang ini dengan banyak orang yang membutuhkan seorang programmer membuat cara menjadi programmer pun relatif mudah. Baik secara formal maupun tidak. Background programmer pun kini menjadi sangat beragam.

Secara formal, untuk menjadi programmer kita bisa masuk ke sekolah yang memiliki jurusan ini. Saat ini bahkan di tingkat menengah sudah banyak sekolah menengah kejuruan yang memiliki jurusan yang mana lulusan nya disiapkan menjadi programmer handal.

Selain di sekolah, kini juga banyak tempat – tempat yang bisa memberikan pelatihan bagi kita untuk menjadi seorang programmer. Tempat – tempat ini juga biasanya menyediakan berbagai macam sertifikasi programmer bagi mereka yang membutuhkan.

Selain hal – hal diatas ada beberapa tips yang bisa digunakan sebagai cara menjadi programmer.

1. Pahami Konsep Programming

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengerti dan paham konsep dari programming itu sendiri. Semakin banyak informasi yang Anda miliki tentang dunia pemograman ini maka akan semakin mudah nantinya untuk mempelajari. Memiliki pemahaman tentang konsep dasar pemograman juga akan membantu dalam mempelajari bahasa pemograman nantinya.

2. Cari Bidang yang Anda Minati

Semakin banyak kebutuhan di dunia programming maka semakin banyak juga bidangnya. Meskipun programmer yang baik harus bisa mengerjakan dari A – Z namun itu bukanlah kewajiban. Saat ini ada banyak bidang pada dunia programming yang bisa Anda pilih.

Beberapa bidang itu diantaranya adalah :

  • Web development

Seorang web development merupakan orang yang akan membuat, merancang dan memelihara dari sebuah web.

  • Software development

Hampir sama dengan web development, seorang software development merupakan orang yang akan bertanggung jawab dari sebuah perangkat lunak.

  • Database administrator

Database admin merupakan orang yang akan bertanggung jawab atas berbagai data dalam sebuah sistem. Mereka adalah orang yang akan mengelola berbagai data tersebut untuk berbagai keperluan.

  • App development

Seorang app development adalah orang yang akan bertanggung jawab dari mulai merancang, membuat, memelihara, dan mengembangkan sebuah aplikasi.

Sebagai permulaan, Anda bisa mencoba memilih salah satu bidang tersebut lalu pelajari dengan baik. Semakin banyak bidang yang nantinya Anda kuasai maka akan semakin baik.

3. Pilihlah Satu Bahasa Pemograman

Ada banyak bahasa program yang digunakan saat ini. Sebagai awal Anda bisa memilih satu bahasa pemograman. Masing – masing bahasa pemograman ini memang memiliki penggunaan nya sendiri.

Menguasai satu bahasa pemograman di awal akan menjadi modal yang sangat penting untuk kita menguasai bahasa pemograman lainnya. Setiap bahasa pemrograman memiliki karakteristiknya masing-masing. Maka dari itu, Anda harus memiliki tujuan sebelum memilih bahasa pemrograman.

4. Mulailah Belajar

Jika sudah menentukan akan mulai darimana maka mulai lah belajar. Tidak perlu menunggu waktu lama. Ada banyak media yang bisa kita gunakan untuk memulai menjadi programmer ini. Saat ini informasi di internet tentang pemograman sudah sangat banyak.

Sudah banyak forum juga yang menyediakan berbagai informasi tentang pemograman. Kita bisa mulai belajar dari sini. Belajarlah perlahan dan pahami konsepnya.

5. Cobalah Membuat Program yang Sederhana

Dengan ilmu yang ada, cobalah untuk mengaplikasikannya. Cobalah dari membuat program – program yang sederhana. Hal ini akan membantu Anda untuk mengerti konsep nya dan membuat Anda bisa memahami alur dari setiap code yang Anda buat.

Hal ini juga akan membantu Anda melatih terus kemampuan yang Anda punya. Semakin banyak program yang pernah kita buat maka ini juga akan menambah banyak portofolio programmer kita.

Mencoba membuat program di sini juga akan sangat membantu kemampuan Anda terutama jika terjadi masalah. Anda bisa mencoba untuk menyelesaikan masalah yang muncul tersebut. Dengan mencoba membuat program juga Anda akan mencoba terbiasa dengan cara kerja seorang programmer.

6. Selalu Update dengan Informasi

Hal ini menjadi penting karena perkembangan informasi saat ini sangatlah cepat. Jangan sampai kita hanya mempelajari sesuatu yang bahkan sudah tidak digunakan lagi saat ini. Kini internet sudah sangat menyediakan berbagai update informasi tentang hal ini.

Selain dari internet, Anda juga bisa bergabung dengan banyak komunitas tentang pemograman. Dengan bergabung dengan komunitas ini Anda akan banyak mendapat informasi terbaru dari dunia programming ini. Anda juga bisa mendapat banyak masukan tentang programming.

7. Bergabung Di Project Open Source

Project open source merupakan sebuah project yang akan memberikan kode kepada para programmer secara bebas. Project ini biasanya bertipe pengembangan. Pada project seperti ini siapa saja boleh ikut. Project dilakuakan secara terbuka dimana setiap orang bisa berkontribusi.

Manfaat dari mengikuti project open source ini adalah Anda bisa berlatih bekerja dalam sebuah tim. Selain itu Anda juga bisa melihat bagaimana cara orang lain menulis kode. Manfaat lainnya juga Anda bisa berdiskusi tentang coding. Hal ini akan membantu meningkatkan kemampuan programming Anda.

8. Ikut Sertifikasi Programmer

Dengan mengikuti sertifikasi programmer, selain mendapatkan ilmu tambahan kita juga akan mendapatkan pengakuan bahwa kita mampu mengerjakan sebuah project. Nantinya sertifikasi – sertifikasi ini akan sangat membantu Anda dalam mencari kerja.

Dengan sertifikasi, Anda akan dianggap memiliki nilai tambah dibandingkan jika tidak memiliki sertifikasi. Maka dari itu, perusahaan akan cenderung tertarik kepada Anda.

Gaji Programmer

Tidak perlu khawatir untuk urusan gaji. Seorang programmer, terutama mereka yang memiliki sertifikat programmer maka kisaran pendapatan pun cukup menjanjikan. Selain masalah gaji, pekerjaan programmer pun lintas bidang.

Kini hampir semua sektor membutuhkan keahlian dari seorang programmer ini. Bahkan, Anda juga bisa bekerja sendiri dari rumah. Anda bisa menjadi seorang freelancer yang menawarkan jasa pembuatan website, jasa pembuatan program, atau pun pekerjaan lain yang berhubungan dengan programming ini.

Untuk masalah gaji, rata – rata seorang programmer akan mendapatkan kisaran gaji pertama sebesar 5 juta. Biasanya ini didapatkan oleh para programmer pemula. Jika sudah berpengalaman maka gaji pun bisa menyentuh angka puluhan juta.

Tentu saja besaran gaji dari seorang programmer juga akan ditentukan dari kompetensi yang mereka miliki. Sema Semakin banyak skill yang dimiliki seorang programmer maka kemungkinan mereka mendapatkan gaji yang cukup tinggi pun cukup besar.

Itulah beberapa hal tentang programmer yang semoga bisa menambah wawasan Anda. Tidak ada kata terlambat untuk mencoba menjadi seorang programmer. Dengan perkembangan informasi yang sepesat sekarang ini, maka Anda bisa memulai belajar menjadi seorang programmer di mana saja.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *