Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Apa itu Programming? Ini Dia Tips Belajar yang Tepat!

5 min read

Apa itu Programming Ini Dia Tips Belajar yang Tepat!

Programming adalah salah satu pekerjaan paling menjanjikan di era globalisasi dengan perkembangan teknologi dan internetnya yang cepat. Bahkan dari pengakuan berbagai praktisi yang menggeluti dunia pemrograman, pekerjaan ini memang menguras otak namun setimpal dengan value dan bayarannya.

Selain itu, dari berbagai pekerjaan, developer jadi salah satu yang paling perusahaan multi nasional cari. Seolah para pebisnis berlomba-lomba membuat terobosan teknologi baru melalui seorang programmer. Penasaran dengan pekerjaan satu ini? Mari simak artikel ini sampai habis!

Apa itu Programming?

Pada dasarnya, programming adalah sebuah pekerjaan atau kegiatan yang berhubungan dengan pembuatan software, sistem, aplikasi, atau program berbasis komputer. Dalam prosesnya, seorang programmer akan mengolah susunan script, menggunakan bahasa pemrograman yang membentuk susunan perintah.

Agar dapat membangun sebuah sistem yang runtut dan berfungsi dengan semestinya, programmer harus memiliki keahlian pemecahan masalah yang baik. Karena dalam proses pembuatannya tugas programmer adalah untuk menganalisa masalah. Lalu, membuat pemecahan atau solusi dengan aplikasi yang akan dibuatnya.

Selain memahami pengertian programming, seorang programmer juga harus memahami bahasa pemrograman dan setiap sub informasi dalam bahasa tersebut. Sub informasi tersebut mencakup logika pemrograman atau algoritma, struktur basis data, serta memahami sedikit mengenai desain pemrograman.

Selain itu, programmer juga harus mampu menguasai tools yang akan digunakan dalam proses pembuatan aplikasi. Karena setiap jenis software membutuhkan tools yang berbeda-beda. Contohnya aplikasi desktop dan juga mobile yang pasti membutuhkan banyak tools dan library di mana harus Anda siapkan terlebih dahulu.

Uniknya, pekerjaan ini kini hampir jadi prioritas dan kebutuhan banyak bisnis dari berbagai bidang. Anda bahkan bisa membuka jasa pembuatan aplikasi untuk perusahaan atau bisnis yang butuh digitalisasi untuk perkembangan bisnisnya. 

Mengapa Programming Penting?

Pemrograman berkembang sangat cepat, terutama dalam beberapa tahun terakhir. Ini terlihat dari banyaknya framework dan library yang tersedia untuk memudahkan para programmer. Beberapa alasan di bawah ini juga semakin mengukuhkan pendapat bahwa programming adalah hal penting dalam perkembangan peradaban manusia:

1. Aplikasi dan Sistem yang Memudahkan Hidup Manusia

Sudah menjadi rahasia umum jika perkembangan teknologi memudahkan berbagai aktivitas dan kehidupan manusia. Mulai dari kebutuhan dan aktivitas sehari-hari, dunia pendidikan, kedokteran, militer, pemerintahan, dan pastinya bisnis.

Programmer dapat membangun berbagai macam aplikasi dan sistem yang dapat memudahkan kehidupan. Contohnya, aplikasi perbankan yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi tanpa harus datang ke bank atau aplikasi transportasi online yang memudahkan kegiatan antar jemput.

Selain untuk kepentingan pribadi, sistem atau aplikasi yang Anda buat juga akan bermanfaat untuk para penggunanya. Hal inilah yang membuat banyak generasi muda mulai mempelajari apa itu programming dan menetapkan cita-citanya menjadi programmer handal. 

2. Mendorong Inovasi dan Kemajuan Teknologi

Dalam proses pembuatan aplikasi atau sistem, programmer harus terus mengikuti perkembangan teknologi terbaru dan mengembangkan solusi yang inovatif. Hal tersebut akan mendorong kemajuan teknologi dan inovasi dalam berbagai bidang. Seperti kesehatan, transportasi, industri dan lainnya.

Contohnya, jika dulu mengirim pesan melalui email atau pesan elektronik sudah cukup canggih. Namun, semenjak perkembangan internet, kini Anda berkesempatan membuat dua orang dari belahan dunia berbeda bisa saling bertatap muka melalui fitur video call.

Bahkan untuk bisnis, programming adalah salah satu aspek penting yang akan meningkatkan kredibilitasnya. Karena melalui sistem kecerdasan komputer, bisnis bisa melakukan berbagai kegiatan dengan sistem yang serba otomatis dan lebih akurat dari cara manual.

3. Meningkatkan Kemampuan Logika dan Problem Solving

Karena pada proses pembuatannya programmer akan membuat atau mengembangkan sesuatu yang belum ada menjadi ada, maka kemampuan logika dan problem solving akan teruji. Karena pekerjaan ini memang melibatkan pemecahan masalah dan pengembangan logika yang sangat kompleks. 

Dalam proses mempelajari pemrograman, Anda akan belajar mengembangkan kemampuan problem solving, analisis, kreativitas, serta pengetahuan dasar dari programming itu sendiri. Beberapa kemampuan tersebut juga akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari Anda.

4. Menawarkan Jenjang Karir yang Menjanjikan

Seperti yang Anda tahu, perkembangan zaman dan teknologi membuat permintaan akan jasa programmer yang memiliki keterampilan dan pengalaman sangat tinggi. Oleh karena itu, pekerjaan ini dapat menawarkan kesempatan karir yang menjanjikan dan berpenghasilan tinggi bagi para profesional.

Bahkan, bisnis multinasional sekelas Google menawarkan gaji yang tak main-main untuk para programmer. Tak heran, bisnis ini jadi kesempatan karir yang bisa Anda asah sejak usia dini.

Selain itu, karena kebutuhan masih tinggi, programmer masih berkesempatan untuk menerima job dari berbagai bisnis sekaligus melakukan pekerjaan lepas maupun membangun bisnis developer sendiri. Tentu saja, hal ini semakin memperlihatkan bahwa programming adalah salah satu aspek penting bagi kehidupan.

Bahasa Pemrograman yang Cocok untuk Belajar Programming

Karena programming adalah pekerjaan yang menjanjikan, kini banyak generasi muda yang mencoba peruntungannya dalam dunia pembuatan aplikasi. Agar bisa memulai membuat aplikasi sendiri, Anda harus mempelajari terlebih dahulu bahasa pemrograman yang akan Anda gunakan, seperti:

1. Python

Bahasa pemrograman pertama yang wajib Anda pelajari adalah Python. Ini merupakan salah satu bahasa andalan dari banyak perusahaan multinasional. Selain itu, tingkat kesulitan dari bahasa pemrograman ini termasuk cukup rendah, bahkan untuk para pemula. Karena bahasanya paling mendekati dengan bahasa manusia (Inggris).

Bagi Anda yang ingin mempelajari pengertian programming dan membuat aplikasi Anda sendiri, ada baiknya memulai dengan bahasa pemrograman Python. Phyton juga termasuk salah satu source code yang paling populer beberapa tahun belakangan ini.

Sintaks dari bahasa Python pun sangat sederhana dengan sifat open source yang bisa Anda kembangkan dan gunakan secara gratis. Hal inilah yang membuat komunitas Python menjadi lebih cepat berkembang. Perkembangannya pun cukup pesat di seluruh dunia.

2. Java

Bahasa pemrograman berikutnya adalah salah satu bahasa tingkat tinggi yang muncul pada tahun 1995. James Gosling yang kala itu menganggap programming adalah hal yang penting dalam kehidupan manusia, mulai menciptakan Java untuk pengembangan perangkat lunak pada kala itu.

Kini, Java menjadi salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek yang tersusun dari beberapa kelas dan menjadi berbagai source code dari berbagai produk digital terkenal. Alasan lain untuk menggunakan bahasa pemrograman ini adalah karena bisa Anda gunakan dengan berbagai sistem operasi.

3. JavaScript

Berikutnya ada JavaScript. JavaScript merupakan source code yang berfokus pada pengembangan website yang bisa berkombinasi dengan HTML dan CSS. Karena memiliki potensi yang mudah untuk Anda pelajari, bahasa pemrograman ini jadi salah satu media pembelajaran dari berbagai universitas.

Bahasa ini juga memiliki kemampuan object oriented, sehingga memungkinkan Anda untuk menggunakan paradigma pemrograman berbasis objek. Untungnya, Anda bisa menjalankan program dari JavaScript lewat berbagai browser yang Anda gunakan.

4. PHP

Bagi para pemula yang tengah mempelajari apa itu programming, bahasa pemrograman PHP adalah salah satu yang wajib Anda pelajari. Karena bahasa pemrograman yang berkembang pada tahun 1994 dari versi PHP 1 hingga sekarang PHP 7 ini merupakan salah satu yang paling populer.

Bahasa pemrograman ini termasuk yang cukup mudah untuk pemula pelajari. Selain itu, inipun cukup efektif untuk pemula karena bersifat open source dan gratis untuk berbagai kebutuhan pembuatan aplikasi. Anda juga bisa menggunakan berbagai framework untuk memanfaatkan bahasa pemrograman ini.

Tips Belajar Programming dengan Mudah dan Cepat

Setelah memahami bahwa programming adalah hal yang penting dalam kehidupan manusia serta macam-macam bahasa pemrograman yang cocok untuk pemula. Kini, Anda perlu mempelajari dan menerapkan tips untuk mempelajari pemrograman lebih dalam lagi. Berikut uraian lengkapnya:

1. Konsisten pada Satu Bahasa Terlebih Dahulu

Setelah mengetahui bahwa beberapa bahasa pemrograman cukup mudah untuk Anda pelajari, pastinya Anda akan tergiur untuk mempelajari semuanya. Sayangnya, jika masih pemula, ada baiknya Anda fokus dalam mempelajari satu bahasa terlebih dahulu. Sehingga Anda benar-benar memahami bahasa tersebut.

2. Mulailah dari Dasar

Jangan terburu-buru ingin mempelajari konsep-konsep yang lebih sulit dan kompleks, tanpa memahami dasar-dasar programming. Pastikan Anda memahami konsep-konsep dasar. Seperti tipe data, variabel, dan struktur kontrol sebelum beralih ke konsep yang lebih tinggi.

3. Lakukan Tes dan Pecahkan Bug yang Ada

Tak hanya rajin melakukan tes dan pengujian aplikasi, Anda juga harus sering mencari bug yang bisa mengganggu performa aplikasi. Karena dalam dunia programming, bug adalah salah satu gangguan dalam program yang tak merusak sistem secara langsung. Namun, cukup mengganggu kinerja aplikasi.

4. Perbanyak Praktik 

Belajar programming tidak hanya tentang membaca dan memahami konsep-konsep, tetapi juga tentang praktik. Cobalah untuk membuat program sederhana dan aplikasi kecil untuk mempraktikkan konsep-konsep yang sudah Anda pelajari. Semakin banyak praktik, skill yang Anda miliki ajuga kan semakin terasah.

5. Gabung Komunitas dan Ikuti Kursus atau Pelatihan

Bergabung dengan komunitas programming besar dengan topik yang tepat adalah cara terbaik untuk belajar pemrograman. Karena Anda bisa mendapatkan tips dan bantuan dari para ahli. Komunitas programming juga dapat membantu Anda memperluas jaringan dan menemukan peluang pekerjaan dalam dunia pemrograman aplikasi.

Selain itu, Anda bisa mengikuti kursus atau pelatihan. Namun, Anda perlu mencari sumber atau tempat kursus terpercaya dan berpengalaman lebih dulu.

Sudah Tahu Apa itu Programming?

Intinya, programming adalah pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan software berbasis komputer. Hasil pemrograman juga dapat menjadi hal positif bagi berbagai bidang. Mulai dari kebutuhan pribadi, masyarakat, bisnis, dan berbagai aspek kehidupan lainnya. Bagaimana, Anda semakin tertarik untuk mempelajarinya?

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development