34 Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika / Ilmu Komputer Beserta Gajinya

­­­Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Dunia informatika sangat menarik untuk dipelajari oleh mereka orang-orang yang suka dengan teknologi dan berwawasan luas yang ingin berkarya dan menghasilkan sebuah teknologi. Kehadiran informatika secara tidak langsung telah mengantarkan dari ketidak tahuan menjadi mengerti hingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

Informatika sendiri merupakan ilmu yang mepelajari seputar perangkat baik itu sistem ataupun alat yang bisa menyampaikan informasi. Informatika tidak bisa lepas dari yang namanya informasi, sebab pada informasi itu terdapat sesuatu yang dituju dengan penyampaian dan penjabaran yang sebenarnya.
teknik informatika / ilmu komputer

Informatika sendiri tidak jauh dengan perangkat berupa komputer dan perangkat lunak lainnya yang di dalanya membahas sistem jaringan dan telekomunikasi, sebab komputer merupakan sebuah bidang yang juga sangat penting dalam kehidupan manusia di setiap harinya.

Dengan perkembangan jaman yang semakin maju ini mau tidak mau bagi seseorang yang ingin mengembangkan kepandaiannya di bidang Matematika, Fisika, Ekonomi dan yang lainnya maka ia harus mengoptimalkan penguasaan ilmu Teknik Informatika nya.

Namun, banyak orang yang salah kaprah antara jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Teknik Komputer, Sistem Komputer, dan Sistem Informasi. Anda bisa membaca artikel ini untuk membedakan keenam jurusan tersebut.

Apakah Anda bingung dengan prospek kerja jurusan informatika yang diambil dalam kuliah ? Tidak usah bingung dengan jurusan teknik informatika yang telah kalian ambil di universitas, sebab prospek cerah telah menunggu Anda sebagai ahli di bidang Teknik Informatika tersebut.

Di jaman sekarang ini ada banyak instansi pemerintahan maupun swasta yang sangat membutuhkan ahli-ahli informatika guna memajukan perusahaan yang dikelolanya dengan begitu banyak kesempatan bagi Anda untuk menjadi bagian dari instansi tersebut.

Ditambah lagi dengan Anda menjadi seorang ahli informatika maka selanjutnya dapat membuat website-website berkualitas sebagaimana perkembangan di masa kini yang sangat maju pesat.Lulusan jurusan Teknik Informatika pasti tugasnya membuat program.

Seorang programmer terbaik itu mampu untuk membuat program perangkat lunak dari komputer dari nol sehingga bisa membuat seseorang lebih mudah dalam mengerjakan tugasnya. Programmer itu profesi yang cukup digemari banyak orang karena kelebihannya, apa saja kelebihan yang dimiliki seorang programmer ?

Programmer itu harus memiliki kemampuan dalam menguasai bahasa pemrograman. Karena tanpa menguasai bahasa pemrograman, sang programmer tidak bisa membuat sebuah program. Bahasa pemrograman itu ibaratnya seperti pondasi dalam sebuah program aplikasi.

Bayangkan saja, di Indonesia sendiri setiap minggunya ada sekitar 200-an website baru yang muncul dibuat, bukankah itu merupakan peluang bagi tenaga ahli informatika? Apa saja prospek kerja jurusan teknik informatika ?

1. Android Programmer

mobile programmer

Untuk menjadi sang mobile programmer itu, Anda disarankan menguasai bahasa pemrograman Java. Tetapi, itu juga tergantung dari perusahaan, akan memakai bahasa pemrograman Java atau yang lainnya. Biasanya, jika ingin membuat aplikasi android menggunakan Java.

Saat ini, banyak orang yang lebih menggunakan android ketimbang desktop / PC. Itu merupakan peluang bagi Anda yang suka membuat aplikasi android. Terlebih, aplikasi android tersebut bisa lebih optimal karena bisa dipasangi iklan.

Seorang android developer merupakan seorang programmer yang mampu mengerjakan aplikasi android agar dapat digunakan pengguna dalam sistem operasi Android. Sistem operasi Androdi kini tengah sangat berkembang di Indonesia, sehingga pekerjaan ini memiliki peluang yang cukup besar.

Sebagai lulusan teknik informatika, anda harus memiliki bekal kemampuan bahasa pemrograman Java ataupun Kotlin untuk menjadi Android developer.

Selain itu, anda juga harus berkolaborasi dengan UX Desainer untuk mendapatkan aplikasi yang mudah digunakan oleh pengguna. Gaji soerang Android developer di Indonesia berkisar Rp 6 Juta per bulan.

2.Tenaga Pendidik IT

Pengajar IT

Seorang lulusan jurusan Teknik Informatika ternyata juga bisa menjadi pengajar IT seperti dosen atau guru, termasuk guru SD. Hal itu dikarenakan kebutuhan IT yang sangat diperlukan di masa yang akan datang sehingga siswa SD pun sejak sekarang sudah dibekali wawasan tentang dunia teknologi sehingga mereka menjadi melek IT/ Teknologi.

IT kini sudah menjalar di mana-mana, hingga pada sekolah dasar (SD) pun sudah terdapat mata pelajaran berbasis komputer / teknologi ini. Namun, pelajaran teknologi yang dipelajari di SD dengan di SMP pastinya berbeda tingkat kesulitannya.

Bagi Anda lulusan Teknik Informatika yang tidak terlalu suka berlama-lama duduk di depan komputer, Anda bisa mencoba profesi yang satu ini. Anda tidak harus duduk berlama-lama di depan komputer karena tugas utama Anda itu mengajarkan pendidikan teknologi / IT kepada murid-murid Anda.

Jika Anda suka dengan anak-anak, dan memilki passion mengajar, pekerjaan ini tentu sangat cocok. Apalagi anda bukan seseorang yang betah berlama-lama di depan komputer dan ingin berinteraksi dengan orang-orang.

Untuk kisaran gaji tenaga pendidik IT sendiri bermacam-macam tergantung dengan pendidikan yang ia ampu, misalnya untuk dosen memiliki gaji pokok di kisaran Rp 2-5 juta (namun masih memiliki berbagai tunjangan), Rp guru sekolah 2 hingga 5 juta.

3.Software Engineer

Seorang programmer juga banyak dijumpai di berbagai tempat dengan menjadi ahli Software Engineer. Software Engineer biasanya mengembangkan perangkat lunak menjadi berbagai macam keperluan yang dapat digunakan untuk mendukung pekerjaan atau yang lainnya.

Di dalam pengembangan software tersebut seorang engineer harus benar-benar memiliki skill bagus dibalik ilmu teknik informatika yang ia kuasai.

Seorang ahli software engineer biasanya sangat pandai membuat perangkat lunak yang ia kebangkan untuk simulasi-simulasi teknologi yang sering kita jumpai. Itulah salah satu prospek terbaik bagi lulusan informatika.

Selain itu, profesi software engineer juga harus pandai dan mahir dalam bahasa pemrograman. Tidak hanya itu, sebenarnya software engineer harus memahami kelima hal ini selain bahasa pemrograman.

Tugas utama profesi ini adalah mengembangkan program aplikasi yang sebelumnya telah dibuat sang programmer. Jika diibaratkan, programmer itu membuat program awal, lalu dikembangkan oleh Software Engineer.

Sebenarnya, programmer juga bisa mengembangkan sebuah program aplikasi. Dengan kata lain, Software Engineer itu termasuk Programmer, tetapi Programmer belum tentu Software Engineer. Tujuan diadakan pengembangan perangkat adalah agar perangkat tersebut lebih menghasilkan kinerja yang efektif.

Profesi software engineer juga bisa membuat plugin untuk sebuah web / CMS, seperti wordpress. Hal itu juga termasuk upaya mengembangkan sebuah program aplikasi perangkat lunak.Anda harus menguasai algoritma dan flowchart, juga dasar-dasar bahasa pemrograman yang bisa anda pilih.

Rentang gaji yang diterima seorang software engineer adalah berkisar antara Rp 4 jutaan untuk posisi staf dan berkisar Rp 7 jutaan untuk posisi manajer.

4.System Analyst

Berkaitan dengan perangkat lunak yang sering kita gunakan dan yang ahli informatika pakai dalam pekerjaannya membangun sebuah teknologi.
system analystPerangkat lunak atau program erat kaitannya dengan komputer tentunya, seabagi lulusan teknik informatika juga mempunyai prospek cemerlang untuk kerja sebagai System Analyst.

System Analyst adalah profesi yang memiliki tanggung jawab atas perencanaan, koordinasi, dan analisa sistem perangkat lunak yang telah direkomendasikannya.

Tugas utama profesi System Analyst adalah menganalisa sistem yang akan dibuat. Selain itu, seorang analis sistem setidaknya memiliki keahlian analisis, manajerial, interpersonal, dan teknis.

Seorang System Analyst biasanya dapat melakukan analisa terhadap sistem atau program yang basisnya teknologi dan informasi. Dari hasil analisis tadi kemudian ia berusaha menemukan jalan keluar.

Biasanya, tugas profesi System Analyst / System Integrator adalah sebagai berikut :

a. Berinteraksi dengan client untuk memahami kebutuhan perangkat lunak / keras yang diperlukan
b. Berinteraksi dengan designer untuk membuat rancangan UI (User Interface) supaya tidak terjadi salah paham.
c. Berinteraksi dengan programmer untuk membuatkan sebuah program perangkat yang diminta oleh pelanggan dan dirancang oleh designer.
d. Menguji Perangkat (Biasanya dilakukan oleh tester).
e. Melakukan dokumentasi penting terhadap program yang telah dibuat.

Selain itu, System Analyst juga memiliki kemampuan mengatur budget yang dibutuhkan perusahaan yang memasang/menginstal sebuah sistem.

Pada praktiknya, System analyst bekerja sama dengan programmer. Perusahaan pasti menginginkan sebuah sistem yang teoat guna dan efektif untuk mendukung pekerjaannya. Bekerja sebagai System Analyst membuat anda bisa memiliki gai pada kisaran 72 juta setiap tahunnya.

5. Konsultan IT

Konsultan IT

Seorang ahli IT pasti sangat faham dengan teori-teori teknologi, pemograman, serta teknologi yang berbasis komputer, terutama pada bagian logika karena hal itu penting untuk menjadi seorang konsultan IT.

Seorang lulusan Ilmu Komputer / Teknik Informatika juga dapat menjadi IT Consultant / Konsultan IT, dengan demikian ia dapat menerapkan ilmu yang ia dapatkan di jurusan Teknik Informatika yang dimilikinya secara nyata, terutama dalam hal perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dalam teknologi dan informasi.

Konsultan IT harus memiliki kemampuan standar tinggi, kemampuan analisis yang kuat untuk memahami setiap solusi masalah yang akan ditemukan.

Secara spesifik, konsultan IT bisa menjadi spesialis teknis yang fokus dalam mengintegrasikan teknologi informasi dalam bisnis dan memberi saran atau konsultasi pada klien dalam penggunaan teknologi informasi supaya penggunaannya efisien dan sesuai target.

Seorang Konsultan IT bisa digaji sebesar Rp 12 juta hingga Rp 15 juta sebulan. Tugas utama dari profesi ini adalah menjadi tempat untuk berkonsultasi orang lain, jika di kantor ya bisa menjadi konsultan untuk atasannya.

Profesi ini lebih tepatnya merekomendasikan kebutuhan sistem program aplikasi seperti apa yang akan dipasang di kantornya.

6. Computer Network atau Data Comunication Engineer

computer network

Seorang lulusan Ilmu Komputer (Computer Science) atau Teknik Informatika (Informatics) dapat menjadi ahli computer network dimana dapat merancang arsitektur dan pembangunan jaringan. Seorang Computer Network juga berperan besar dalam perawatan dan pengelolaan jaringan dalam suatu perusahaan.

Jadi seorang lulusan informatika itu mempunyai banyak tempat mentereng untuk kerjanya. Selain itu, seorang Computer Network / Data Communication Engineer wajib tahu perangkat jaringan komputerkarena peralatan tersebut sangat penting bagi profesi ini.


Banyak yang beranggapan bahwa profesi ini cukup mudah. Tetapi, pada kenyataannya cukup sulit dan tidak semua lulusan jurusan TI bisa melakukannya.Contoh kecil adalah, ketika data communication engineer diminta untuk menaikkan kecepatan internet di sebuah perusahaan.

Adapun untuk gaji profesi ini ada di kisaran Rp 5 juta hingga Rp 8 juta setiap bulannya.

7. Intelligent System Developer

Intelligent System Developer

Lulusan jurusan Teknik Informatika sangat berpotensi menjadi profesi ini. Profesi ini cukup menjanjikan karena sistem yang akan dikembangkan itu tidak main-main, melainkan sistem perangkat lunak yang bersifat intelejen.

Perangkat lunak ini cukup vital dalam penggunaanya. Selain itu, cara kerja perangkat lunak ini membutuhkan nilai akurat yang tinggi. Untuk itu, dibutuhkan seseorang yang memiliki ketelitian dan kreativitas yang cukup tinggi untuk menduduki profesi ini karena cukup sulit.


Profesi ini bisa dibilang cukup sulit, tetapi biasanya gaji yang diterima juga cukup banyak dari profesi jurusan IT lainnya. Tingkat kesulitan berbanding lurus dengan upah yang diterima. Perkiraan gaji yang bisa diterima oleh seorang intelligent system developer adalah Rp 20 juta pada level manajer.

8. Software Tester

Seorang Sofware Taster biasanya akan melakukan pengujian pada perangkat lunak di tempatnya bekerja. Ia akan bertanggung jawab atas kebenaran serta fungsinya sebagai perangkat lunak yang telah diciptakan.


Tester


Selain itu, biasanya software tester menguji perangkat lunak dengan menggunakan perangkat lunak tersebut tetapi di luar aturan dari perangkat lunak tersebut.


Contohnya : Pada sebuah game terdapat pernyataan bahwa jika tokoh tersebut tidak bisa berenang, dan jika dia berada di laut / kolam renang yang cukup dalam ketinggiannya dalam sekian detik, maka ia akan mati. Maka aturan permainan adalah tokoh tersebut jangan sampai berada di kolam/laut.


Nah, sang software tester tersebut mencoba bermain game namun ia mencoba menceburkan tokoh tersebut ke laut/kolam. Jika tokoh tersebut mati, berarti game tersebut cukup berhasil. Jika tidak mati, maka sang developer game harus memperbaiki gamenya.


Hal itu dilakukan berulang-ulang sampai tidak menemukan kesalahan sedikitpun. Karena jika salah sedikit, maka game tersebut akan dianggap tidak berkualitas dan akan berkurang peminatnya.

Tanggung jawab besar juga ada pada seorang Sofware Tester dimana dirinya menentukan layak tidaknya perangkat lunak tersebut untuk digunkan.

Pada jabatan ini juga memerlukan lulusan informatika yang handal sehingga ia mampu menjalankan semua proses sehubungan dengan pekerjaan yang dia geluti. Untuk kisaran gaji seorang Software tester di Indonesia adalah Rp 5 juta hingga Rp 10 juta tergantung dengan skill dan lamanya pengalaman kerja.

9. Database Administrator

database administrator

Biasanya pekerjaan dari seorang Database Engineer atau Database Administrator ini hanya mengurusi perawatan dan pengembangan database / basis data. Dengan demikian data-data yang ada pada sebuah intansi atau perusahaan dapat dirancang dan dipelihara sebaik mungkin, serta teratur dan mudah untuk diakses.

Selain itu, tugas dari profesi ini adalah mengatur hak akses tiap user. Dengan kata lain, siapa saja user yang boleh mengakses database ini secara penuh (admin), dan siapa saja yang hanya bisa melihat isi databasenya.


Bisa dikatakan kalau tanggung jawab seorang Database Engineer ini cukup besar mengingat dirinya harus bisa menjaga dari pencurian data yang mingkin bisa saja terjadi dilakukan okeh pihak tidak bertanggung jawab yang ingin menguasai semua data penting di dalamnya.

10. Game Developer

game developer

Pada pekerjaan Game Developer ini juga memerlukan keahlian dari lulusan informatika, terutama ia yang mahir grafis. Untuk membuat game, harus dilakukan secara tim karena proyek ini bisa dikatakan cukup berat. Ada yang bagian membuat animasi grafis, ada yang bagian programming, dll.


Prospek kerja ini cukup menjanjikan, tetapi Anda juga harus dibekali bahasa pemrograman yang cukup. Nah, bagaimana cara efektif belajar bahasa pemrograman bagi Anda yang tak ingin mengeluarkan uang yang banyak ? Artikel itu ocok untuk Anda yang tidak mau keluar banyak uang.


Bagi Anda yang kuliah di jurusan Teknik Informatika dan suka sekali dengan yang namanya games, tidak ada salahnya Anda membuat games. Selain mendapatkan uang, Anda bisa memainkan games buatan Anda sendiri.

Jadi, Anda bisa merasakan sensasi bangga pada diri Anda ketika memainkan game yang Anda buat dengan jerih payah sendiri. Jika games Anda cukup berat dan Anda belum memiliki laptop gaming, Anda bisa membaca tips memilih laptop gaming yang sangat cocok untuk gamer di sini.

 

Developer game yang ada di Indonesia memiliki rentang gaji antara Rp 3 juta hingga Rp 7 juta tergantung dari jabatan pada perusahaan itu apakah ia staf ataupun manajer.

Tentunya setiap perusahaan memiliki standar pengupahan yang berbeda-beda tergantung pada kemampuan perusahaan serta kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki oleh sumber daya manusianya.

11. Web Developer

membuat website

Sebagaimana yang kita ketahui bahwasanya website merupakan perkembangan nyata dari teknologi informatika. Website telah menjadi sebuah media untuk menyampaikan berbagai informasi yang ada. Dalam membuat sebuah website yang bagus tentu kita harus memiliki teori-teri khusus dari pemograman sehingga hsilnya memuaskan.


Jika Anda ingin belajar membuat website, namun Anda bingung harus menguasai apa saja, lebih baik baca artikel ini yang berisi apa saja yang harus dikuasai untuk belajar membuat website.


Menurut Wikipedia, ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun 10 website terbesar dan yang paling banyak pengunjungnya di dunia :

top programming on big website

Menjadi seorang perancang website, Anda harus tahu apa itu domain dan hosting beserta fungsinya. Selain itu, Anda harus memahami bahasa pemrograman seperti PHP, Javascript, dll. Dari segi penghasilan, web designer atau web programmer bisa menerima gaji dengan besar Rp 8 juta hingga Rp 10 juta per bulannya.

12. Freelance Programmer

Tingginya orang yang minat dengan jurusan TI serta kebutuhan dunia industri akan pekerja lulusan TI ini yang cukup sedikit membuat banyak lulusan TI banyak yang menjadi programmer freelance.


freelance programmer

Programmer jenis ini adalah programmer yang bekerja paruh waktu yang bekerja jika ada pekerjaan. Jika tidak, programmer ini bisa membuat aplikasi / website sendiri lalu dipasarkan ke masyarakat. Banyak juga programmer yang seperti ini.

Selain aplikasi / website, mereka juga sering membuat plugin-plugin yang bisa memudahkan pekerjaan seseorang. Keuntungan menjadi programmer freelance adalah tidak terikat waktu. Jadi, mereka bebas bekerja kapan saja mereka mau.

 

Namanya juga freelance, programmer ini tidak terikat waktu dan jam kerja. Mereka biasanya ditugasi oleh seseorang untuk membuat aplikasi, website, atau plugin yang memudahkan pekerjaan seseorang. Namun demikian, penghasilan yang diterima programmer freelance juga tidak pasti. Karena bekerja sewaktu-waktu, tentu saja penghasilan tergantung dengan apakah job yang diterima sedang banyak atau tidak.

13. Security System

Security System

Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin canggih. Untuk itulah dibutuhkan profesi Security Systemagar bisa menjaga sistem. Sejak ada internet, istilah cyber crime mulai berkembang dan menghantui para pengguna internet.

Tujuan dari Security System adalah mengamankan data-data user maupun sistem dari gangguan black hat hacker. Selain itu, profesi ini juga sering bekerja dalam menangani malware yang datang. Untuk Anda yang ingin menjadi Security System, Anda setidaknya harus memahami apa itu malware, contoh malware, dan cara menanganinya.

Tetapi, bahasa pemrograman juga wajib untuk Anda kuasai. Karena itu merupakan pondasi utama dalam profesi ini. Semua perusahaan yang memiliki basis teknologi sebagai media dalam berbisnis wajib memiliki pekerja dengan profesi ini.

 

14. Desktop Programmer

Bagi Anda yang suka dengan PC, Anda bisa membuat aplikasi berbasis desktop untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan Anda. Namun, kelemahan menjadi desktop programmer adalah jumlah para pengguna desktop itu semakin lama semakin berkurang dan tergantikan oleh mobile / smartphone.

Itu karena mobile / smartphone lebih mudah dan portable dalam penggunaannya. Manusia zaman sekarang itu lebih suka dengan yang mudah. Tetapi, profesi desktop programmer juga cukup menjanjikan dan memiliki profit yang cukup tinggi.

15. PNS

Programmer PNS

Menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) memang tidak harus memiliki latar belakang IT. Tetapi, pada kenyataannya lulusan jurusan IT ini banyak yang berprofesi menjadi PNS entah karena alasan apa.

Sebenarnya, masih ada korelasi antara PNS dengan IT walaupun hanya sedikit. Pekerjaan yang dilakukan tidak jauh dari komputer seperti pengetikkan, menyusun data ataupun desain grafis. Biasanya motivasi utama seorang lulusan teknik informatika mendaftar PNS adalah untuk mendapatkan penghasilan yang besar.

Karena memang penghasilan PNS ditentukan melalui golongan. Misalnya untuk golongan I/A masa kerja 0 tahun punya gaji pokok sebesar Rp 1,5 juta Jadi, seperti pengetikkan, desain grafis, dll. Sangat jarang saya dengar bahwa lulusan jurusan IT yang bekerja sebagai PNS itu bekerja sebagai programmer yang melakukan programming.

16. Wiraswasta

Nah, jika Anda lebih suka bekerja sendiri dan tidak mau disuruh-suruh orang lain, Anda bisa menjadi wiraswasta. Anda membuat aplikasi/website sendiri kemudian dikembangkan hingga menghasilkan uang. Setelah itu Anda bekerja di situ sebagai CEO dari aplikasi tersebut.

Banyak yang telah mencoba profesi ini, di antaranya adalah Bill Gates, Steve Jobs, dll. Untuk Anda yang ingin melihat kisah Bill Gates dari lahir hingga membesarkan Microsoft, bisa kunjungi link tersebut. Selain itu, jika Anda ingin melihat kisah Steve Jobs dalam mengurus Applenya, bisa kunjungi link tersebut.

 

17. iOS Developer

menjadi ios developer

IOs Developer adalah orang yang yang bertugas mengerjakan program atau programmer aplikasi sistem operasi iOs dari perusahaan Apple. Anda dituntut untuk menguasai bahasa pemrograman Sift dan pemrograman objective-C. Seiring perkembangan zaman dan berkembang pula produk-produk apple, maka pekerjaan ini semakin banyak pula yang membutuhkan.

Menjadi seorang iOS Developer berarti anda harus mampu membuat dan merancang aplikasi yang bisa digunakan ataupun dijual oleh perusahaan yang mempekerjakan anda. Kisaran gaji bagi seorang iOS developer rata-rata adalah Rp 6 juta per bulannya.

18. Full Stack Developer

Full Stack Developer adalah seorang yang bekerja dalam berbagai bidang di IT. Full Stack Developer bertanggung jawab dalam mengembangkan semua pekerjaan termasuk database, server, sistem engineering ataupun bagian dari sisi client.

Bahkan full stack developer juga bekerja dari sisi front-end dan back-end. Menjadi seorang full back developer membutuhkan proses yang lama karena dituntut menguasai konsep dari teknologi tersebut.

Mereka juga harus memiliki kreativitas lebih, luwes dan selalu ingin belajar. Karena berbagai kemampuan seorang full stack developer, maka gaji yang akan didapatkan juga besar, ada pada kisaran Rp 1,5 miliar per tahun sepeti menurut situs Engine Yard.

Kisaran gaji yang diterima seorang full stack developer adalah Rp 8 jutaan per bulan.

19. Computer Forensic Investigator

Semakin tingginya ancaman kejahatan siber membuat perusahaan-perusahaan meningkatkan kewaspadaannya. Maka perusahaan-perusahaan itu membutuhkan orang yang menangani kasus cybercrime dalam sebuah unit atau satuan. Orang yang di-hire tersebut adalah seorang Computer Forensic Investigator.

Dalam bahasa lebih umum bisa disebut juga sebagai Digital Forensic Investigator. Pekerjaan ini juga dibutuhkan di Kepolisian.

Belum banyak sumber daya manusia yang menggeluti pekerjaan ini, oleh karena itu peluangnya masih terbuka sangat lebar. Rentang gaji yang ditawarkan untuk jenis pekerjaan ini sangat tinggi, mencapai Rp 1 miliar tiap bulannya.

20. Back End Developer

Tugas seorang back-end developer bisa diibaratkan sebagai orang yang berada di balik layar. Maksudnya, Back-end developer bertanggung jawab pada semua program yang tudak bisa dilihat langsung oleh pengguna seperti server dan database. Selain itu, mereka juga betugas untuk API supaya sebuah aplikasi dapat berkomunikasi dengan aplikasi lain.

Beberapa bahasa pemrograman untuk back-end developer antara lain Java, PHP, Ruby, Phyton dan JavaScript. Pekerjaan ini juga berkaitan erat dengan Front-end developer. Gaji seorang Back-end Developer di Indonesia ada pada kisaran Rp 5 juta per bulan.

21. Front End Developer

prospek kerja teknik informatika - front end developer

Front-end Developer adalah orang yang bertugas untuk mengerjakan program (programmer) yang langsung dilihat oleh pengguna. Program yang bisa dilihat oleh pengguna secara langsung misalnya HTML (sebagai kerangka website), CSS (memperindah tampilan website) dan pemrograman JavaScript (fungsional komponen website).

Baca : 17 Skill yang Harus Dimilki Oleh Seorang Front End Developer

Ada pula kemampuan yang dibutuhkan seorang Front-end developer lebih lanjut di antaranya menguasai berbagai jenis framework JS seperti React, Angular, Vue, CSS Preprocessor dan masih banyak lagi. Anda juga dituntut untuk menguasai responsive desain serta testing pada aplikasi. Rata-rata gaiji seorang front-end developer di Indonesia mencapai Rp 5-6 juta per bulannya.

22. Business Analyst

Business Analyst sedang marak

Business Analyst atau bisa disingkat sebagai BA, adalah pekerjaan dengan tugas melakukan assessment. Mereka juga dituntut untuk bisa menganalisis domain bisnis untuk mendukung kegiatan pengambilan keputusan. Beberapa jenis Business Analyst yang ada di beberapa perusahaan antara lain Business System Analyst, Business Solution Analyst dan Business Solution Architect.

Business Analyst juga melakukan pengawasan atau monitoring serta evaluasi pada data seperti pengolahan data dari Koran, jurnal, majalah atau internet. Kisaran gaji seorang Business Analyst di Indonesia adalah Rp 13 juta untuk seseorang dengan posisi manajer. Sedangkan untuk posisi staf ada pada kisaran Rp 5 juta setiap bulannya.

23. Cloud Architect

Cloud architect adalah salah satu prospek kerja teknik informatika yang ada di dalam pembahasan kita kali ini. Cloud Architect adalah tenaga ahli di bidang IT yang paham betul mengenai Cloud Computing. Cloud Computing adalah proses pengolahan daya komputasi (CPU, RAM, Network Speeds, Software, OS dan Storage) melalui jaringan internet.

Manfaat cloud computing sendiri adalah sebagai penyimpanan data akibat peningkatan jumlah pemakaian komputer dan para pengguna seluler. Perusahaan-perusahaan akan sangat memerlukan penyimpanan yang besar dan berperforma tinggi. Gaji yang ditawarkan sebagai tenaga ahli IT dengan pekerjaan Cloud Architect mencapai Rp 440 juta hingga Rp 600 juta per tahun.

24. IT Executive

menjadi IT Executive

Seorang IT Executive memiliki tugas untuk memlihara kecukupan standard dan kesiapan sistem atau infrastruktur untuk memastikan pengoperasiannya dapat efektif dan efisien. IT Executive juga bertugas untuk menerapkan prosedur IT dan proses untuk memastikan data terproteksi secara maksimum.

Jika anda tertarik dengan prospek kerja ini, maka anda dituntut untuk bersikap kritia sterhadap permasalahan, kreatif dan cekatan atau dapat bertindak secara cepat. Rata-rata gaji seorang IT Executive di Indonesia antara Rp 6 -7 juta setiap bulannya dilihat dari jenis pekerjaan dan penghalaman bekerjanya.

25. IT Manager

IT Manager - Prospek kerja jurusan ilmu komputer

Dalam bahasa Indonesia sering juga disebut sebagai manajer IT. Untuk kisaran gaji pekerjaan ini adalah sekitar Rp 7,5 juta tergantung dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK) atau UMR (Upah Minimum Regional) daerah masing-masing di Indonesia.

Manajer IT bertanggung jawab merencanakan, melaksanakan, dan mengelola proyek IT dalam sebuah perusahaan. Manajer IT merupakan salah satu prospek kerja dari jurusan teknik Informatika. Jabatan ini menuntut anda memiliki pengetahuan yang mumpuni di bidang perkomputeran dan teknologi informasi.

Posisi manajer membuat anda tidak harus mengatasi permasalahan sendirian, Anda cukup meminta tolong kepada staf anda, namun demikian dibutuhkan kemampuan koordinasi yang mumpuni kepada staff dari manajer IT itu sendiri.

26. Junior Programmer

Sebagai lulusan jurusan teknik informatika, banyak orang yang memulai kariernya sebagai Junior Programmer. Banyak perusahaan yang membutuhkan programmer seperti perusahaan software sampai perusahaan database. Umumnya, perusahaan membutuhkan orang yang menguasai bahasa pemrograman Java, C++ dan Visual Basic.

Sedangkan untuk pemrograman database, yang perlu dikuasai adalah bahasa SQL. Untuk web programmer, kebutuhan paling banyak adalah mereka yang menguasai bahasa HTML/XML, PHP, ASP dan Cold Fusion. Kisaran gaji seorang Junior Programmer bisa mendapatkan kurang lebih Rp 60 juta per tahun.

27. QA Analyst

QA Analyst yakni singkatan dari Quality Assurance Analyst, adalah seorang ahli di bidang IT yang melakukan proses sistematis untuk memeriksa apakah sebuah software telah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang tekah ditentukan sebelumnya.

Tugas utama seorang QA analis adalah melaksanakan pongujian, membuat alur oengujian dan membuat laporan hasil pengujian. Prospek kerja teknik informatika yang satu ini memang sedang ramai.

Beberapa kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang QA Analyst adalah kemampuan analisis, kemampuan pengujian performa, kemampuan memperbaiki proses dan kemampuan pengujian keamanan. Gaji QA analyst ada di angka Rp 6 juta per bulan.

28. UX Researcher

UX adalah singkatan dari User Experience, atau profesi yang bisa digeluti oleh lulusan teknik informatika. Pengalaman pengguna sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan sehingga perusahaan tersebut mengetahui produk apa yang cocok bagi para pengguna.

Tugas utama UX Researcher adalah untuk melakukan riset terhadap produk yang dibutuhkan oleh pasar. Riset adalah pekerjaan utama dari UX Researcher.

Bahkan ada tiga fase riset yang dilakukan yakni, Insight Research, Validation Research dan Post-launch Research. Post launch research adalah riset yang dilakukan setelah hasil riset disajikan. Gaji UX Researcher rata-rata di Indonesia mencapai Rp 6 juta per bulan.

29. SEO Specialist

Profesi SEO Specialist merupakan favorit

Prospek kerja teknik informatika selanjutnya adalah menjadi seorang SEO Specialist. Pekerjaan ini muncul setelah adanya mesin pencari di Internet seperti Google. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization.

Jadi tugas dari seorang SEO Sepecialist adalah membuat suatu website muncul dalam halaman pertama hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Menjadi SEO Specialist akan membawa anda kepada istilah-istilah yang umum digunakan seperti Google Search Console, Google Analytics, MOZ, SEMRUSH dan lain-lain.

Anda dituntut untuk bisa membuat konten dengan memaksimalkan faktor-faktor seperti kata kunci ataupun dari segi hyperlink. Penghasilan SEO Specialist di Indonesia berkisar Rp 6 juta hingga Rp 17 juta setiap bulan.

30. Database Designer

Database designer adalah orang yang bertugas untuk membuat database di sebuah perusahaan. Database yang dibuat umumnya terdiri dari dua jenis, yakni merancang Logical Database, yaitu mengidentifikasi entitas, atribut dan hubungan di antara keduanya.

Kemudian tugas lainnya adalah merancang desain database secara fisik, yaitu memutuskan bagaimana logical database dapat tersaji secara fisik. Pekerjaan ini juga berkaitan erat dengan Data administrator dan database administrator.

Dalam pembuatan database, ketiga orang ini adalah yang berhak mengakses untuk kepentingan database sebuah perusahaan. Adapun untuk rentang gaji seorang database designer ada pada angka Rp 4 juta hingga Rp 6 juta.

31. System Integration Engineer

Untuk prospek kerja teknik informatika selanjutnya adalah system intergartion engineer. Beberapa tanggung jawab seorang system integration engineer adalah menyusun rencana tahapan dan pelaksaan integrasi berkoordinasi dengan tenaga ahli lainnya.

Kemudian memastikan bahwa aplikasi, jaringan, infrastruktur dan komponen lainnya yang terkait sesuai dengan ketentuan yang diisyaratkan dan dapat diintegrasikan dengan baik.

Selain itu, System Integration Engineer juga bertugas melakukan system integration test (SIT) dan oengujian lainnya serta menyusun laporan hasil pengujian. Sedangkan untuk rentang gaji pekerjaan ini adalah Rp 6 juta hingga Rp 8 juta per bulan.

32. Platform Engineer

Platform engineer merupakan salah satu jenis teknisi IT untuk platform tertentu. Misalnya untuk platform oracle maka spesialisasi platform engineer terdiri dari weblogic middleware, manajemen database dan database oracle.

Beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan platform Engineer adalah Application engineer dan system integrator.

Menjadi seorang platform engineer dituntut untuk memelajari teknologi batu, emngantisipasi dan merencanakan pengembangan teknologi. Untuk gaji sendiri, pekerjaan ini memiliki gaji antara Rp 10 juta hingga Rp 20 juta per bulan.

33. Network Engineer

Network engineer adalah salah satu prospek kerja teknik informatika yang memiliki tugas untuk mengurusi jaringan komputer/telekomunikasi sebuah organisasi atau perusahaan. Network Engineer yang handal akan menjamin jaringan dapat berfungsi dengan baik, stabil, dapat diakses dan digunakan oleh pengguna, sehingga tujuan perusahaan berhasil.

Biasanya perusahaan yang membutuhkan network engineer adalah perusahaan yang cara berkomunikasi antar karyawannya menggunakan teknologi networking sepeeti via laptop, handphone dan lain-lain.

Untuk gaji tergantung pada dua faktor yaitu skill dan pengalaman engineer itu sendiri, dan kemampuan finansial perusahaan. Namun begitu, rentang gaji Network Engineer adalah Rp 5 juta hingga Rp 7 juta untuk setiap bulan.

34. Data Scientist

Prospek kerja teknik informatika - Data Scientist

Seorang data scientist memiliki tugas mengubah data-data operasi bisnis suatu perusahaan menjadi sebuah informasi berharga menggunakan algoritma dan machine learning.

Pekerjaan ini cukup populer karena perusahaan atau organisasi banyak menggunakan dan mengumpulkan data dalam operasi bisnisnya dan kegiatannya sehari-hari.

Data Scientist mengerjakan proyek-proyek tersebut untuk memenuhi kebutuhan konsumen atau bisnis serta mempresentasikan hasilnya dengan bahasa jelas dan informative.

Pekerjaan data scientist ini dibutuhkan dalam berbagai bidang seperti keuangan, riset ilmiah, ritel atau e-commerce. Rentang gaji seorang data scientist cukup besar, bisa mencapat Rp 12 juta atau Rp 15 juta per bulan.

Prospek kerja bagi lulusan teknik informatika sangat menjanjikan, sebab telah ada banyak yang siap memperkerjakan lulusan tadi tapi dengan sarat kelulusannya berkualitas serta yang bersangkutan memiliki skill dibidangnya, yakni informatika dan teknologi.

Tetapi, menjadi seorang programmer itu juga memiliki kekurangan yang membuat para peminatnya mempertimbangkan profesi ini.

Itulah beberapa prospek cemerlang bagi lulusan informatika dalam membangun teknologi. Seorang lulusan informatika pastinya akan mampu berkarya dan menunjukan kemampuannya untuk hasil terbaik bagi teknologi yang perkembangannya sangat luas.

Seorang lulusan informatika pastinya dapat menciptakan beberapa teknologi melalui perangkat lunak computer sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh orang banyak.

Teknologi secara tidak langsung telah memberikan banyak perubahan pada dunia, dari yang tadinya tidak mengetahui informasi menjadi mengerti apa yang terjadi di dunia ini melaui perangkat yang diciptakan oleh mereka-mereka para ahli perangkat lunak.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

8 komentar pada "34 Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika / Ilmu Komputer Beserta Gajinya"

  1. Informatif sekali mengingat banyak nya sarjana IT yang bertebaran di indonesia dan termasuk saya sendiri. Butuh sekali deskripsi pekerjaan IT seperti postingan ini , yaa mana tahu menjadi motivasi inspirasi dan menemukan minat yang sebenarnya. Hehe

    1. Iya mas biar gambaran tentang jurusan Teknik Informatika itu jelas di mata orang-orang. Kan banyak tuh orang yang masuk TI cuma karena ikut-ikutan, gengsi, dll. Akhirnya mereka merasa salah jurusan terus jadi takut sama coding. Kan sayang kalo gitu.

  2. Trimakasi… Saya mau masuk kuliah.. Karena kemampuan saya IT.. Saya jadi ragu2 tentang masa depan saya… Setelah lihat ini saya jadi semangat belajar IT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *