Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Review Niagahoster: Web Hosting Terbaik Dengan 14 Kelebihan

7 min read

Review Niagahoster - Web Hosting Terbaik Dengan 14 Kelebihan

Kali ini kita akan membahas tentang review Niagahoster, salah satu hosting provider terbaik di Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa Niagahoster adalah layanan hosting yang menggunakan data center tier 4 bersertifikat internasional pertama di Asia Tenggara. Sekarang, mari kita lihat apa saja kelebihan dan kekurangannya!

Kelebihan Niagahoster

Sebagai web hosting terbaik di tanah air, Niagahoster pastinya memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan penyedia hosting lain. Beberapa kelebihan Niagahoster, yaitu:

1. Sangat Cepat

Semua review Niagahoster memuji kecepatannya yang mengagumkan. Standar umum dalam menilai kecepatan web hosting adalah 1 detik page load. Standar ini harus terpenuhi demi mendapatkan ranking yang baik di halaman 1 Google. Selain itu, loading yang cepat juga akan memuaskan pengguna.

Hasil uji coba kecepatan Niagahoster oleh beberapa reviewer, yaitu:

  1. Bitcatcha: 0,016 detik.
  2. IT Kampus: 0,770 detik
  3. Asifah: 0,845 detik

Semuanya menunjukkan hasil yang memuaskan di bawah 1 detik. Lebih jauh, saat Bitcatcha melakukan pengujian dari luar Asia Tenggara, hasilnya adalah 0,174 detik. Jika untuk ukuran web hosting, kecepatan sekian termasuk sangat tinggi, bahkan jauh melampaui rata-rata hosting lainnya.

2. Uptime Stabil 99,99%

Poin kedua yang menjadi sorotan di berbagai review adalah stabilitas uptime yang mendekati sempurna. Jika layanan hosting lain rata-rata hanya sanggup menjanjikan uptime 99%. Niagahoster mampu memberikan jaminan uptime mencapai 99,98%.

Jaminan uptime 99% artinya adalah hosting tersebut mungkin saja sesekali ‘tergelincir’ ke angka 98 koma sekian %. Selisih persentasenya memang kecil. Namun, jika kita kalkulasi dengan hitungan 365 hari dalam setahun, maka downtime 1% saja berarti website Anda tidak bisa diakses selama total 3-4 hari.

Hasil pengujian stabilitas uptime Niagahoster oleh beberapa reviewer, yaitu:

  1. Bitcatcha: 99,93%
  2. Asifah: 99,92%

Hasil di atas membuktikan bahwa Niagahoster benar-benar memberikan performa sesuai yang mereka janjikan. Anda mungkin menemukan hosting provider lain yang berani menjamin uptime hingga 100%. Akan tetapi, realisasinya bisa jauh di bawah ekspektasi. Sejauh ini, Niagahoster adalah hosting dengan uptime paling tinggi.

3. Fitur Speed Booster

Dari segi kecepatan, hardware server yang dimiliki Niagahoster adalah yang paling cepat. Semua review Niagahoster mengakuinya. Namun, kecepatan hardware saja rupanya belum cukup bagi Niagahoster. Hosting provider yang satu ini juga menambahkan banyak fitur speed booster untuk mempercepat website Anda.

Speed booster pertama adalah WordPress Accelerator. Fitur ini berfungsi untuk meningkatkan kecepatan loading website dan meringankan beban database. Lalu, yang kedua adalah HTTP/3, QUIC & BROTLI versi terbaru untuk menangani kompresi dan transfer data agar tetap mulus.

Selain itu, untuk mengantisipasi lonjakan trafik, Niagahoster juga menambahkan fitur CDN. Fitur ini berguna untuk memastikan konten dapat loading dengan cepat di seluruh dunia bahkan pada kondisi trafik ramai sekalipun. Menariknya, semua speed booster di atas bisa Anda dapatkan secara gratis dan otomatis di semua paket.

4. Dashboard Nyaman dan Kaya Fitur

Kelebihan keempat berkaitan dengan tampilan dan fitur dashboard. Kebanyakan penyedia hosting masih menggunakan dashboard WHMCS. Dashboard ini adalah standar umum untuk keperluan online billing. Akan tetapi, Niagahoster tampaknya tidak puas dengan apa yang WHMCS sediakan.

Niagahoster memilih untuk membuat custom dashboard dengan tampilan yang simple, rapi, bersih, intuitif, dan mudah digunakan. Karena sebagian besar website di dunia menggunakan CMS WordPress, dashboard Niagahoster pun dirancang khusus untuk mendukung manajemen website WordPress.

Melalui dashboard Niagahoster, Anda bisa menjalankan banyak fungsi operasional WordPress, di antaranya:

  1. Login ke WordPress tanpa username dan password.
  2. Install, upgrade, dan hapus WordPress.
  3. Backup dan restore.
  4. Auto update WordPress.
  5. Cloning website WordPress.
  6. Web staging.
  7. Force HTTPS.
  8. Speed test.

5. Mampu Menangani 25 Visitor dengan Stabil

Tolok ukur penting lainnya dalam review Niagahoster adalah kemampuan server dalam menangani banyak pengunjung sekaligus. Hosting yang bagus semestinya mampu melakukan akselerasi otomatis untuk menangani banyak visitor agar kecepatan dan performa tetap stabil.

Pada uji coba yang dilakukan oleh IT Kampus, Niagahoster terbukti mampu menangani hingga 25 pengunjung online secara bersamaan. Loading terlama selama pengujian tersebut hanya 0,638 detik, sehingga sangat memuaskan. Karena ketangguhannya, Niagahoster adalah pilihan tepat untuk website bertrafik tinggi.

6. Bandwidth dan Disk Space Unlimited

Faktor kuantitatif yang sangat penting dalam memilih web hosting adalah kapasitas bandwidth dan disk space. Dua poin ini cukup mendapat sorotan di ulasan Niagahoster. Bagaimana tidak? Di saat penyedia hosting lain bersaing ketat dalam memberikan kapasitas, Niagahoster malah menggebrak dengan unlimited space!

Bandwidth adalah jumlah data maksimum yang bisa ditransfer dalam satu detik. Kecepatan yang tinggi akan sia-sia jika bandwidth-nya kecil. Sebaliknya, bandwidth yang besar juga akan sia-sia jika tidak didukung dengan kecepatan yang setara. Berkaitan dengan bandwidth, Niagahoster memberikan kapasitas unlimited.

Disk space adalah kapasitas penyimpanan yang Anda dapatkan dalam paket hosting. Semakin besar disk space yang Anda punya, semakin banyak pula file yang bisa Anda simpan di dalamnya. Kombinasi bandwidth dan disk space unlimited yang Niagahoster tawarkan akan membuat Anda lebih leluasa dalam mengelola website.

7. Pilihan Layanan Lengkap

Tidak seperti penyedia hosting lain yang hanya membagi paket berdasarkan kecepatan dan kapasitas, Niagahoster menyediakan lebih banyak pilihan layanan. Review Niagahoster kali ini akan membahas beberapa layanan ekstra yang Niagahoster tawarkan.

Pada layanan hosting, Niagahoster menyediakan empat pilihan, yaitu:

  1. Unlimited Hosting
  2. Cloud Hosting
  3. WordPress Hosting
  4. Email Hosting

Sekilas, paket hosting dasar Niagahoster memang tidak jauh berbeda dari provider pada umumnya. Namun, Niagahoster juga menawarkan paket pembuatan website, yaitu:

  1. Website Instan
  2. Jasa Pembuatan Website

Lebih jauh, Niagahoster juga menyediakan paket VPS yang terbagi ke dalam 4 kategori, yaitu:

  1. Cloud VPS KVM
  2. Cloud VPS Hosting
  3. CyberPanel VPS Hosting
  4. VPS cPanel

Melalui pilihan paket layanan yang begitu lengkap, Niagahoster adalah partner terbaik Anda untuk segala kebutuhan server dan website.

8. Gratis Migrasi Hosting

Ada 2 benefit yang kerap ditawarkan oleh penyedia hosting, yaitu gratis migrasi dan gratis domain. Untungnya, dua benefit ini juga selalu bisa Anda temukan dalam Niagahoster. Ya, Niagahoster memang memberikan layanan migrasi hosting gratis untuk Anda yang ingin ‘pindah rumah’ ke Niagahoster.

Layanan pendukung ini tentunya sangat Anda butuhkan jika sudah terlanjur menaruh website di hosting company lain. Tim teknis Niagahoster akan memandu Anda untuk memindahkan website dari hosting lama ke Niagahoster sampai up kembali. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan melakukannya.

9. Gratis Domain

Jika Anda memilih Niagahoster untuk membuat website baru, maka Anda akan diuntungkan dengan adanya fasilitas domain gratis. Niagahoster menawarkan gratis domain untuk paket Unlimited Hosting, Cloud, maupun WordPress.

Menariknya, domain gratis dari Niagahoster sudah mendukung ekstensi favorit, yaitu .com. Biasanya, hosting lain hanya memberikan domain .com gratis untuk paket level tinggi. Inilah keunggulan lain yang kerap menjadi highlight dalam review Niagahoster.

10. Tutorial Lengkap (Artikel & Video)

Tidak semua pengguna menguasai teknis website. Bermodalkan alasan tersebut, maka Anda wajib mempertimbangkan kelengkapan dan kualitas tutorial sebagai poin penilaian. Bicara soal tutorial, Niagahoster agaknya sangat serius dalam menyediakan panduan teknis untuk pengguna mereka.

Terbukti dari blog dan ebook Niagahoster yang berisi materi lengkap, berkualitas, dan up-to-date. Tidak hanya itu, Niagahoster juga menyediakan tutorial dalam format video untuk pengguna yang kesulitan memahami panduan teks. 

11. Niagahoster Course

Niagahoster tidak hanya memandu pengguna dalam hal teknis hosting dan website. Lebih jauh, Niagahoster juga memberikan edukasi dan wawasan kepada masyarakat umum seputar bisnis online, SEO, dan digital marketing. Keberadaan Niagahoster Course ini menjadi poin plus yang langka dalam review Niagahoster.

Melalui sistem kursus online, Niagahoster menempatkan pengajar profesional dan berpengalaman di depan kelas. Ada juga forum tanya-jawab antara pengguna dengan para experts. Menariknya, Niagahoster Course 100% gratis!

12. Keamanan Total

Selain dari segi performa, review kali ini juga akan mempertimbangkan faktor keamanan. Niagahoster tidak main-main dalam hal security. Bukti pertamanya adalah fitur SSL gratis yang Niagahoster berikan di semua paket hosting mereka. 

Melalui SSL, transmisi data website Anda akan dienkripsi. Data yang encrypted tidak akan bisa dibaca oleh pihak lain, bahkan jika hacker mencuri data Anda di tengah transmisi.

Tidak hanya SSL, Niagahoster juga memberikan fitur keamanan tambahan, yaitu Immunify 360, Kill Mode, dan perlindungan email dengan SpamAssassin dan SpamExpert.

13. Smart Backup

Performa dan keamanan maksimal saja ternyata belum cukup untuk menilai kualitas hosting. Oleh karena itu, di review Niagahoster kali ini juga akan memasukkan fitur backup data sebagai penilaian. Walaupun hosting Niagahoster sangat stabil, Anda tetap perlu menyiapkan mekanisme backup sebagai antisipasi terakhir.

Mayoritas web hosting hanya menggunakan fitur backup cPanel. Sayangnya, fitur backup cPanel kurang fleksibel dan memiliki banyak keterbatasan. Untungnya, Niagahoster menggunakan fitur backup yang lebih canggih dari Jetbackup.

Jetbackup melakukan pencadangan data berdasarkan perubahan terakhir yang Anda buat. Tidak seperti fitur backup lain yang melakukan backup data penuh dari awal sehingga memakan banyak waktu dan penyimpanan. Anda tidak perlu khawatir kehilangan data saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

14. Garansi 30 Hari

Penilaian terakhir dalam review ini adalah sistem garansinya. Sebagus apapun kualitas sebuah hosting, pengguna pastinya tetap memerlukan jaminan layanan berupa fasilitas garansi. Niagahoster memberikan kesempatan garansi uang kembali yang cukup fleksibel selama 30 hari.

Dalam halaman syarat dan ketentuan, Niagahoster menyatakan bahwa pengembalian uang memerlukan proses maksimal 15 hari kerja. Selain itu, refund tidak akan diberikan untuk jenis pelanggaran yang serius. Misalnya phising dan hacking. Secara keseluruhan, sistem garansi Niagahoster termasuk fair dan win-win.

Kekurangan Niagahoster

Setelah mengetahui semua kelebihan Niagahoster, sekarang kita akan melihat berbagai kekurangannya. Niagahoster memang unggul dalam hal fitur dan performa. Namun dari sisi harga dan kebijakan, Niagahoster mungkin tidak se-friendly hosting lain. Beberapa kekurangan Niagahoster, yaitu:

1. Tidak Bisa Downgrade Paket

Sama seperti hosting lain, Niagahoster sangat suportif dalam melayani permintaan upgrade paket. Namun sebaliknya, untuk urusan downgrade paket, Niagahoster menutup aksesnya secara total. Artinya, Anda tidak bisa beralih ke paket hosting yang lebih rendah. Inilah poin minus pertama dari Niagahoster.

2. Live Chat Support Agak Lambat

Salah satu poin yang bisa memanjakan pengguna adalah kualitas support. Niagahoster menyediakan banyak channel kontak seperti telepon, email, WhatsApp, hingga sosial media. Dari semua opsi yang tersedia, fitur live chat support adalah yang paling disukai. Sayangnya, fitur ini kurang responsif dan terkesan agak lambat.

Dalam review Niagahoster oleh Bitcatcha, uji coba kecepatan live chat support memerlukan waktu antara 30 menit hingga 2 jam. Pada pengujian selanjutnya, respon live chat support sangat cepat, yaitu di bawah 2 menit. Akan tetapi, uji coba yang terakhir kembali menurun ke 20 menit.

Mungkin Niagahoster cukup kewalahan menangani jumlah pengguna mereka yang sangat banyak. Jika Niagahoster mampu meningkatkan kualitas dan kecepatan live chat support, maka Niagahoster akan semakin kokoh bertengger di puncak pasar web hosting Indonesia.

3. Harga Renewal Mencapai 4 Kali Lipat

Salah satu titik persaingan ketat antar penyedia hosting adalah harga renewal. Tak sedikit layanan hosting yang berani menerapkan harga flat renewal alias harga tetap. Sayangnya, Niagahoster tidak turut memberlakukan kebijakan ini. Niagahoster justru memasang harga renewal yang relatif tinggi.

Harga renewal di Niagahoster bisa mencapai 4 kali lipat dari harga awalnya. Namun, jika mempertimbangkan aspek kualitas, rasanya wajar saja jika harga Niagahoster lebih mahal dari hosting lainnya.

4. Tidak Bisa Memilih Lokasi Server

Poin minus terakhir dari Niagahoster adalah tidak adanya pilihan lokasi server. Di saat banyak penyedia hosting menawarkan pilihan lokasi server kepada pengguna, Niagahoster tidak menyertakan fasilitas ini. Jadi, saat Anda membeli layanan hosting di Niagahoster, Anda akan mendapatkan lokasi server secara otomatis.

Kemungkinan alasannya, karena spesifikasi server Niagahoster yang sangat tinggi sehingga tidak banyak tersedia. Karena pilihan lokasi server yang lebih terbatas, NIagahoster tidak memberikan pilihan ini kepada pengguna. Lagipula, pada akhirnya yang paling pengguna butuhkan adalah performa, bukan lokasi.

Kesimpulannya, sebagian besar poin minus dalam review Niagahoster sebenarnya adalah efek dari kelebihan yang mereka miliki. Bukan murni kekurangan atau kesalahan yang merugikan pengguna.

Paket Niagahoster

Niagahoster membagi pilihan paket hosting ke dalam empat kategori, yaitu Unlimited, Cloud, WordPress, dan Email. Di artikel ini, kita akan membahas layanan utamanya, yaitu Unlimited Hosting. Rincian paket Unlimited Hosting Niagahoster, yaitu:

1. Bayi

Harga Rp9.900,00 per bulan. Sanggup menangani hingga 15.000 pengunjung per bulan. Kapasitas SSD 500MB. Bandwidth unlimited. Tersedia 1 akun email. Gratis domain, SSL, dan Backup instan. Dilengkapi LiteSpeed Memcached, SpamAssassin, dan SpamExpert.

2. Pelajar

Harga Rp24.900,00 per bulan. Sanggup menangani hingga 60.000 pengunjung per bulan. Kapasitas SSD, bandwidth, dan email unlimited. Gratis domain dan 10 Add-On domain. Anda juga akan mendapatkan semua fitur yang ada di paket Bayi.

3. Personal

Harga Rp24.900,00 per bulan. Sanggup menangani hingga 135.000 pengunjung per bulan. Anda akan mendapatkan semua fitur yang ada di paket Pelajar. Ditambah Add-On domain unlimited, Analytics tools, serta mendukung NodeJS dan Python.

4. Bisnis

Harga Rp49.900,00 per bulan. Sanggup menangani hingga 180.000 pengunjung per bulan. Anda akan mendapatkan semua fitur yang ada di paket Personal ditambah Performance Monitoring Tools.

Tertarik Menggunakan Layanan Niagahoster?

Niagahoster memang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan layanan lain. Namun, dari segi kecepatan, stabilitas, dan keamanan, Niagahoster jauh lebih unggul dari kompetitornya. Dari review Niagahoster ini, kesimpulannya Niagahoster adalah hosting yang sangat recommended! Yuk, pakai dan rasakan sendiri! Anda bisa mendapatkan diskon tambahan yang besar jika order menggunakan kode kupon MAKINRAJIN.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development