Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Search Engine Marketing: Pengertian, Kelebihan, dan Cara Kerjanya

5 min read

Search Engine Marketing Pengertian, Kelebihan, dan Cara Kerjanya (1)

Search engine marketing adalah suatu hal yang tepat untuk Anda lakukan, agar website mengalami peningkatan dalam hasil situs pencarian. Selain SEO, strategi SEM juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan traffic pencarian website. Oleh sebab itu, Anda perlu untuk mengetahui dan memahami cara kerja dari SEM.

Apa Itu Search Engine Marketing?

SEM atau Search engine marketing adalah upaya berupa pemasaran yang dilakukan pada internet untuk membuat website mencapai visibilitas yang meningkat di hasil mesin pencarian.

Dalam kata lain, nantinya Anda diharuskan untuk “membeli” traffic dengan cara membayar pada mesin pencarian, misalnya seperti Google. Mesin pencarian sendiri kerap diakses oleh semua orang untuk mencari berbagai informasi. Salah satunya adalah informasi tentang produk, jasa, dan ulasannya.

Jika Anda memilih menggunakan strategi SEM, maka pemasar bisa dengan mudah meningkatkan kunjungan yang akan calon konsumen lakukan terhadap website bisnis saat mereka sedang mencari informasi di internet.

Strategi SEM biasanya akan memilih iklan dengan beberapa keywords yang berkaitan penjualan produk maupun jasa. Dengan demikian, saat seseorang mencoba mencari kata kerja dari kunci itu, maka mesin pencarian secara otomatis akan menampilkan hasil pencarian yang berbayar.

Baca Juga: Perbedaan SEO dan SEM, Mana yang Ingin Anda Gunakan?

Anda bisa menjadikan SEM menjadi media untuk promosi yang efektif dan cara tercepat dalam menuntun calon konsumen berkunjung ke website yang Anda miliki. Mengapa demikian? Hal ini karena adanya strategi SEM yang efektif dapat membantu Anda untuk menempatkan website di posisi pertama dalam pencarian.

Secara umum, pengguna mesin pencarian biasanya hanya akan mengakses situs yang berada pada posisi pertama dalam hasil pencarian saat mereka sedang mencari informasi. 

Dengan demikian, tentu saja dengan adanya SEM yang efektif, maka website Anda akan terbantu dan memungkinkan dipilih oleh calon konsumen dalam pencarian informasi yang menarik.

Ketika calon konsumen mengunjungi website Anda dengan sadar dan atas kemauan sendiri, maka mereka juga dengan keadaan yang baik untuk dapat menerima segala informasi tentang pemasaran produk maupun jasa yang Anda tawarkan di website.

Berbeda halnya dengan iklan yang ada di radio, televisi, atau bahkan media sosial sekalipun, dimana nantinya akan muncul interupsi dalam kegiatan konsumen. Search Engine Marketing akan mudah menjangkau banyak konsumen dalam waktu yang tepat, yakni saat konsumen terbuka dalam menerima sebuah informasi baru.

Kelebihan Search Engine Marketing

Pada zaman sekarang, calon konsumen biasanya akan jauh lebih selektif dalam membeli sesuatu. Mereka akan mencari informasi dari produk terlebih dahulu, bahkan mereka juga melakukan perbandingan antara satu produk dengan produk lainnya. Biasanya mereka melakukannya sebelum memutuskan untuk membeli.

Calon konsumen akan mencari informasi di internet, sehingga mayoritas hasil dari mesin pencarian akan memuat search engine yang dibutuhkan dan sesuai kehendak mereka.

Dengan memanfaatkan cara ini, maka mesin pencarian sekarang tidak hanya digunakan sebagai gudang informasi saja, namun juga berfungsi sebagai wadah dalam melakukan promosi. Itulah mengapa Search Engine Marketing (SEM) tercipta.

Sama halnya dengan konsumen, sebagai pemilik dari bisnis Anda juga harus memiliki pemikiran yang cerdas dalam memilih menggunakan cara ini. Oleh sebab itu, berikut kami berikan referensi dari kelebihan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan SEM :

1. Proses Lebih Cepat daripada SEO

Apabila Anda mengamati prosesnya, entah itu SEM maupun SEO, maka kemunculannya tidak akan langsung pada posisi pertama mesin pencarian. Namun ketika kita bandingkan antara SEM dan SEO, SEM lebih unggul dalam kecepatan.

Namun, ternyata SEM juga dapat Anda matikan jika target tidak sesuai. Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkannya kembali ketika sudah menentukan ulang target audiens yang ingin Anda capai.

Meskipun memang SEM tidak secara otomatis akan muncul saat baru memasangnya, hal ini karena membutuhkan proses dan persaingan dengan lainnya. Namun, proses dari SEM lebih unggul dan cepat jika Anda membandingkannya dengan SEO.

Jika SEM bisa Anda matikan dan hidupkan sewaktu-waktu, maka berbeda dengan SEO. Sebaliknya, SEO adalah strategi yang akan membutuhkan waktu untuk bisa melihat baik atau buruknya persaingan website yang terjadi.

Pada digital marketing, Anda juga perlu untuk menerapkan SEM supaya dapat menjangkau para pelanggan dengan cepat.

2. Bisa Menentukan Target

Sejatinya, SEO dan SEM sama-sama berfungsi untuk dapat memahami audiens yang lebih baik. Namun untuk memilih target audiens, maka Anda hanya akan membutuhkan SEM saja.

Ketika menggunakan SEM, Anda dapat memilih audiens yang sesuai dengan umur, lokasi, dan hal lainnya. Setelah itu, mesin pencarian akan menampilkan target yang sudah Anda atur sebelumnya.

Oleh sebab itu, SEM akan membantu Anda dalam menentukan target dengan sangat mudah. Melakukan pemasaran dengan menggunakan search engine akan memberikan kebebasan dalam memilih target melalui kata kunci yang relevan.

Dengan begitu, maka setiap akun yang berkunjung ke website Anda adalah audiens yang memang menyukai dan membutuhkan informasi tentang produk atau jasa tersebut. Sehingga, membuat mereka berpotensi menjadi konsumen tetap.

3. Budget Menyesuaikan

Search Engine Marketing adalah layanan yang berbayar, sehingga pada setiap prosesnya akan terasa transparan atau jelas. Hal ini yang akan memudahkan Anda dalam melihat kemana dan bagaimana kegunaan biaya.

SEM juga dapat membantu untuk mengontrol budget yang Anda punya, baik seberapa banyak yang ingin Anda habiskan dalam memasang iklan di laman Google. Dengan demikian, nantinya SEM akan menampilkan berbagai data-data yang penting.

Karena SEM menggunakan sistem pay per click atau PPC, maka Anda hanya akan membayar konten yang memang sudah mendapatkan klik dari target audiens. Dengan adanya sistem ini, maka Anda dapat lebih bijak dalam menggunakan budget untuk pemasaran.

Selain itu, sistem ini juga menjadikan SEM lebih murah jika Anda bandingkan dengan pemasangan iklan yang ada di koran, radio, majalah, bahkan televisi sekalipun.

Dengan kata lain, Anda bisa dengan mudah menentukan berapa budget yang akan Anda siapkan dan sesuai kemampuan. Namun, perlu diperhatikan bahwa semakin banyak anggaran yang Anda keluarkan, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mengalahkan kompetitor lainnya.

4. Dapat Menjangkau Banyak Audiens

Search Engine dapat Anda manfaatkan sebagai pondasi untuk memasarkan produk dengan banyak audiens yang terjangkau. Mengapa demikian? Karena saat ini, hampir seluruh orang yang ada di dunia akan menggunakan Search Engine dalam mencari berbagai informasi.

Tak dapat dipungkiri bahwa Search Engine memang bisa menjangkau audiens dengan sangat luas dan keseluruhan. Sehingga membuat setiap informasi yang sudah terunggah akan mampu audiens dunia dapat melihatnya. Salah satunya adalah melalui Google, yakni Search Engine terpopuler masa kini.

Google sendiri dapat menyebarkan berbagai informasi dunia, mulai dari 1,9 miliar lama website yang rata-rata terdapat 400 juta pencarian setiap harinya. Dengan pengguna internet dunia lebih dari 90,40% akun.

Walaupun informasi pemasaran yang Anda buat tidak mencapai banyak angka, namun Anda masih bisa untuk memperkirakan tentang berapa banyak orang yang nantinya akan Anda jangkau.

Semakin banyak audiens melihat, maka semakin banyak pula peluang Anda untuk mendapatkan kunjungan baru dari konsumen. Dengan begitu, SEM adalah layanan yang sangat cocok untuk Anda gunakan.

Cara Kerja Search Engine Marketing

Nantinya, Search Engine akan menggunakan algoritma yang terbilang rumit untuk bisa memastikan hasil paling relevan dalam setiap proses pencarian. Akan tetapi, dengan menggunakan SEM, maka iklan Anda nantinya akan tampil pada posisi atas dan samping mesin pencarian. 

Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan visibilitas lebih banyak lagi daripada melalui pencarian secara organik. Untuk dapat mencapai hasil ini, maka Anda harus melakukan beberapa hal berikut ini.

Pertama, melakukan proses registrasi terhadap penyedia layanan Search Engine Marketing.

Kedua, menentukan detail dari iklan sesuai keinginan. Misalnya seperti keywords, lokasi, dan hal-hal lainnya.

Ketiga, Search Engine akan melakukan proses pelelangan terhadap pembuat iklan dengan menggunakan kata kunci yang sama persis.

Keempat, Search Engine akan memunculkan pemenang dari lelang halaman yang ada di mesin pencarian.

Kelima, Anda dapat membuat laporan atas kinerja iklan dan kemudian membayar untuk sejumlah klik yang sudah berhasil Anda dapatkan.

Sama seperti penjelasan sebelumnya, bahwa Search Engine Marketing adalah salah satu perwujudan untuk menempatkan kata kunci pada setiap format pemakaian.

Anda perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu, sebelum menentukan keywords mana yang akan Anda taruh pada SEM. Usahakan untuk mencari keywords yang sedang tren dan banyak dicari oleh masyarakat. Dari tren tersebut, maka Anda bisa memilih mana yang paling relevan untuk dijadikan sebagai kata kunci.

Saat melakukan proses riset, Anda juga dapat menambahkan kata kunci yang terhubung dengan aktivitas jual beli. Misalnya seperti promo, kupon, beli, diskon, dan kata kunci jual beli lainnya.

Sebenarnya, banyak sekali website yang menawarkan layanan untuk melakukan riset seperti ini. Antara lain adalah Google Trends, ubersuggest, Ahrefs, dan lain-lain.

Baca Juga: Tools Riset Keyword Gratis untuk Riset Kata Kunci

Sebagai referensi, Google Trends dapat memberikan saran kata kunci yang sedang populer. Selain itu, layanan ini juga bisa menampilkan berbagai informasi yang ada pada wilayah dengan pencarian yang terbilang cukup tinggi.

Contoh Search Engine Marketing

Ada banyak varian format pada Search Engine Marketing, antara lain format yang berbentuk text dan juga PLAs. PLAs sendiri bentuk produk, review, rating, dan harga yang akan memiliki sifat visual.

Secara umum, dalam format teks biasanya Search Engine Marketing akan menggunakan Bing, Yahoo Gemini, dan juga Google Adwords. Maka dari itu, berikut ini kami berikan contoh penggunaan Google Adwords :

contoh penerapan search engine marketing di google ads

Agar terlihat lebih mudah, jadikan gambar diatas sebagai contoh. Yakni iklan Niagahoster dengan keywords “Niagahoster”. Saat seseorang mencari kata kunci dengan menggunakan “Niagahoster”, maka secara otomatis website yang menawarkan kata kunci itu pun akan ditampilkan pada posisi paling atas.

Oleh sebab itu, inilah yang menyebabkan hadirnya terms Pay Per Click (PPC). Yakni alasan diharuskannya seorang marketer untuk melakukan pembayaran terhadap Google setiap iklan tersebut berhasil audiens atau konsumen klik.

Kesimpulan

Search Engine Marketing adalah salah satu bagian untuk meningkatkan traffic kunjungan pada website, selain SEO.  Dengan menggunakan cara ini, diharapkan pemasaran yang Anda lakukan bisa mengalami peningkatan dan mencapai target yang dituju. Agar dapat melakukan pemasaran yang baik, maka perlu dilakukannya keuangan dengan pengelolaan yang efisien.

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development