Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development

Ukuran Feed Instagram 12 Kotak, Begini Cara Membuatnya

2 min read

Ukuran Feed Instagram 12 Kotak, Begini Cara Membuatnya

Instagram menjadi salah satu sosial media yang memiliki jutaan pengguna dari seluruh dunia. Tentu saja, konten pada Instagram dapat Anda buat sesuai keinginan. Namun, biasanya menggunakan ukuran feed Instagram 12 kotak untuk membuat konten yang rapi dan aesthetic. Lantas, bagaimana cara membuatnya?

Ukuran Feed Instagram 12 Kotak

Secara umum, ukuran feed Instagram 12 kotak di Canva terbagi menjadi beberapa variasi. Setiap gambar atau video yang diunggah, secara otomatis akan diatur dalam kotak atau grid khusus. Adapun berikut ini adalah beberapa ukuran yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda:

1. Ukuran Landscape

Baik Instagram marketing ataupun versi biasa, Anda bisa mengotak-atik feed sesuai dengan keinginan. Lalu, untuk ukuran yang pertama ialah landscape port yang bentuknya seperti persegi panjang. Feed ini mempunyai rasio 16:9 atau 1.91:1 dengan resolusi 1080 x 566 pixel

Landscape post bisa pula disebut sebagai feed horizontal, di mana untuk mendapatkan rotasi yang pas Anda wajib bisa mengeditnya. Jenis landscape memiliki ukuran yang cukup panjang ke arah samping, sehingga memberikan kesan luas dari arah kiri ke kanan. Ukuran feed Instagram ini cocok untuk promosi.

2. Ukuran Portrait

Jenis ukuran feed Instagram 12 kotak kedua ialah portrait post. Feed ini mempunyai ukuran 4:5 dengan bentuk yang lebih panjang ke atas. Lewat ukuran 1080 x 1350 dan 480 x 600 pixel, Anda bisa menyesuaikan postingan dengan kebutuhan promosi.

3. Ukuran Square

Ukuran square disebut pula sebagai post persegi dengan rasio 1:1, di mana antara panjang dan lebar memiliki ukuran yang sama. Selain itu, ukuran feed 12 kotak yang satu ini sangat cocok untuk menempatkan foto selfie.

Baca Juga: Cara Membuat Feed Instagram Aesthetic, Cocok untuk Brand Image!

Cara Membuat Feed Instagram 12 Kotak di Canva

Setelah membahas tentang 3 ukuran feed Instagram 12 kotak, kini saatnya Anda melihat cara membuat feed Canva. Aplikasi Canva adalah platform yang digunakan untuk mengedit foto dan video dengan desain yang unik. Berikut langkah-langkahnya:

1. Download dan Install Aplikasi Canva

Langkah pertama membuat feed Instagram 12 kotak adalah download dan install aplikasi Canva melalui Play Store. Caranya buka Play Store dan di bagian pencarian silahkan ketikkan Canva. Unduh dan pasang, kemudian buka aplikasinya untuk segera melakukan editing.

Namun, Anda juga bisa mengakses Canva melalui web jika tidak ingin mengunduh aplikasinya. Cukup kunjungi link berikut ini https://www.canva.com/id_id/.

2. Membuat Desain dan Edit Gambar

ukuran feed instagram 12 kotak

Buat desain feed Instagram sesuai keinginan. Caranya pilih Create a Design dan klik opsi Custom Design. Kemudian masukkan dimensi foto yang akan Anda buat. Dalam proses ini pengguna sangat disarankan memakai dimensi 1320 x 4320  pixel.

Lanjutkan proses dengan masuk ke Edit Gambar, pilih Elements. Lalu, cari opsi Grids dan klik See All. Pilih grid yang sesuai dengan kebutuhan, yakni 12 kotak. Klik dua kali bentuk grid agar muncul di tampilan editing.

3. Menciptakan Template Puzzle

ukuran feed instagram 12 kotak

Langkah membuat ukuran feed Instagram 12 kotak di Canva selanjutnya adalah mendesain template puzzle feed. Buat kisi pembatas untuk menentukan letak potongan-potongan dalam desain yang akan dibuat. 

Lalu, masuk ke opsi Elements dan pilih garis yang tampak seperti titik-titik. Buat garis yang sesuai dengan peletakan grid yang telah dibentuk. Apabila sudah, silakan hapus.

4. Membuat Desain Feed

ukuran feed instagram 12 kotak

Selanjutnya, masukkan foto ataupun tulisan yang akan Anda muat dalam feed. Agar tidak terlalu ramai, gunakan dua hingga tiga warna saja. Ini juga berlaku untuk font. Jika Anda menggunakan banyak font, nanti akan merusak keserasian feed.

5. Download Desain yang Berkualitas

ukuran feed instagram 12 kotak

Langkah berikutnya ialah download template. Pilih template yang berkualitas baik agar ketika dibuka gambar bisa terlihat HD dan jernih. Sehingga, desain akan tampak semakin bagus dan cantik.

6. Upload di Instagram

ukuran feed instagram 12 kotak
bizstyler

Tahap untuk mengedit feed Instagram 12 kotak di Canva sudah selesai, maka waktunya Anda menguploadnya di akun Instagram. Namun, sebelumnya Anda harus memotong gambar menggunakan Pine Tool. Caranya mudah, cukup buka situs Pine Tool dan klik menu Image yang ada di sebelah kiri.

Pilih Split Image dan upload foto yang hendak Anda potong. Klik option dan pilih menu both grid. Isilah foto-foto vertikal dan horizontal sesuai dengan jumlah postingan yang Anda inginkan. Pilih opsi Split Image dan download hasilnya. Baru setelahnya upload konten di Instagram.

Sudah Tahu Cara Membuat Feed Instagram 12 Kotak?

Demikianlah penjelasan tentang ukuran feed Instagram 12 kotak. Setelah ini, Anda bisa langsung eksekusi untuk mencoba membuat dan mengeditnya sendiri melalui aplikasi Canva. Semoga membantu!

Makinrajin menyediakan jasa social media untuk membantu mengelola serta mengoptimasi media sosial Anda. Tentunya, kami dapat membantu untuk meningkatkan engagement akun Anda dengan cara yang aman dan jangka panjang. Tunggu apa lagi? Serahkan strategi social media marketing bersama Makinrajin

Alexandromeo I'm an experienced SEO Specialist who can grow a website through organic channel. I'm also passionate about digital marketing and web development