WordPress Developer - Skill, Tanggung Jawab, dan Gajinya

WordPress Developer: Skill, Tanggung Jawab, dan Gajinya

Di era seperti sekarang, memiliki website sudah menjadi seperti kebutuhan untuk banyak orang. Baik dalam urusan bisnis, maupun personal website bisa dibilang menjadi media komunikasi yang banyak digunakan saat ini. Website dinilai lebih murah dan efektif ketika harus menyebarkan sebuah informasi.

Dalam masalah bisnis contohnya, kini hampir semua perusahaan sudah memiliki official websitenya sendiri. Website tersebut bisa digunakan sebagai media pengenal, media promosi, penyebar informasi, bahkan menjadi tempat mereka berjualan produk mereka.

Ini juga berlaku bagi website yang dibuat untuk kebutuhan personal. Website bisa menjadi tempat mereka untuk menuangkan segala hal yang mereka inginkan. Tentu, sangat banyak ya manfaat website bagi orang-orang.

Lalu bagaimana cara membuat website? Tentu banyak orang yang berpikir jika membuat website haruslah mengerti tentang bahasa pemograman. Hal itu memang benar. Website memang dibuat dengan menuliskan kode – kode tertentu sehingga menjadi website yang bisa dilihat banyak orang.

Jadi, apakah mereka yang tidak paham dengan bahasa pemograman tidak bisa membuat website? Zaman dulu mungkin iya, namun sekarang kalaupun anda tidak memiliki pengetahuan tentang apa itu HTML, CSS, atau JavaScript anda masih bisa membuat website anda sendiri. Saat ini anda bisa menggunakan apa yang disebut dengan CMS.

CMS atau content management system merupakan sebuah software yang diperuntukan untuk membuat, mengelola, dan memodifikasi website. Dengan CMS ini anda tidak perlu menuliskan kode – kode untuk membuat website. CMS sudah menyediakan cara bagaimana anda membuat website tanpa memerlukan penulisan kode pemrograman. Salah satu CMS yang paling dikenal adalah WordPress. Itulah mengapa, pekerjaan menjadi seorang WordPress developer banyak dilirik saat ini.

Apa itu WordPress Developer?

apa itu wordpress developer

Setelah mengetahui banyak hal tentang wordpress maka anda bisa mencoba untuk menjadi seorang wordpress developer. Meskipun terlihat sederhana, namun pekerjaan sebagai seorang wordpress developer ini tentu sangat menjanjikan.

Seorang wordpress developer adalah orang yang bertanggung jawab untuk membangun dan mengembangkan website yang berbasis wordpress. Seorang wordpress developer bisa dilakukan oleh mereka yang paham bahasa pemograman ataupun tidak. Mendevelop website berbasis wordpress bisa menggunakan berbagai plug in, tema, ataupun template yang telah tersedia.

Banyak jasa pembuatan website yang menggunakan wordpress sebagai basisnya. Hal ini karena dengan menggunakan wordpress atau CMS akan sangat memudahkan bagi para developer. Dari mulai website pribadi sampai website untuk kepentingan bisnis pun bisa dibuat dengan menggunakan wordpress.

Seorang wordpress developer akan bertanggung jawab untuk membuat, membangun, mengembangkan, dan melakukan optimalisasi website yang dibuat dengan menggunakan wordpress. Pada pengerjaanya, wordpress developer tentu akan membuat website sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari klien.

Pada pekerjaanya seorang wordpres developer akan dibagi menjadi 3 tipe yaitu :

1. Core Developer

Ini merupakan tipe dari wordpress developer yang akan mengembangkan inti wordpress. Biasanya mereka dengan tipe ini akan banyak bekerja menggunakan kode – kode pemograman karena akan berhubungan dengan core. Pekerjaannya akan mempengaruhi dari performace wordpress itu sendiri.

2. Theme Developer

Para wordpress developer yang ada pada tipe ini biasanya bekerja untuk membuat tema baru guna mengupdate tema yang sudah ada. Para theme developer akan membuat tema sehingga para pengguna akan mendapatkan tema yang sesuai dengan yang mereka butuhkan.

3. Plugin Developer

Ini merupakan developer dengan tanggung jawab utama adalah mengupdate dan membuat plug in yang ada pada wordpress. Plug in sendiri merupakan aplikasi yang mampu meningkatkan fitur dari website.

Tugas WordPress Developer

Dengan kemampuannya maka tidak aneh jika kini banyak orang yang membutuhkan kinerja dari seorang wordpress developer. Sementara itu, beberapa tugas dan tanggung jawab dari seorang wordpress developer diantaranya adalah :

1. Membangun Website

Tanggung jawab yang utama dari seorang wordpress developer tentu saja membuat dan membangun website. Tentunya website yang dibangun akan berbasis pada wordpress. Membangun website ini akan berhubungan dengan pekerjaan sebagai front end developer dan back end developer.

Dalam penggunaan CMS ini sebenarnya kinerja sisi front end dan back end menjadi bisa digabung. Sudah banyak plug in yang bisa dijalankan untuk melakukan hal ini. Membuat dan membangun website di wordpress ini juga bagi sebagian developer memang lebih mudah dari membangun web tanpa CMS yang membutuhkan penulisan code.

2. Membuat Tema dan Plugin

Ini menjadi salah tugas dan tanggung jawab dari seorang wordpress developer. Mereka akan membuat berbagai macam tema dan plug in. Mungkin ini pekerjaan yang membutuhkan pemahaman tentang pemograman. Mereka yang bertugas seperti ini, biasanya berada di pihak ketiga diluar wordpress.

Baca Juga: 36+ Plugin WordPress Terbaik untuk Meningkatkan Performa Website Anda

Para wordpress developer yang membuat tema dan plug in biasanya membuat untuk digunakan pihak lain. Biasanya mereka menggunakan kemampuannya untuk menghasilkan tema dan plug in ini baik yang berbayar maupun yang gratis.

3. Optimalisasi Web

Seorang wordpress developer juga akan bertanggung jawab untuk membuat web yang dibuat menjadi optimal. Hal ini dilakukan dengan melakukan berbagai penggabungan plugin. Ada banyak plugin yang bisa digunakan untuk membuat web anda optimal dari mulai tampilan sampai peringkat di mesin pencari.

4. Mengelola WordPress

Tanggung jawab wordpress developer juga adalah dengan membuat dan mengelola web yang berbasis ini wordpress. Seorang web developer ini akan membuat web tersebut menjadi user friendly. Selain masalah teknis, tanggung jawab ini juga akan berhubungan dengan UI dan UX yang baik.

5. Desain dan Konten Website

Seorang wordpress developer juga akan bertanggung jawab dalam masalah penentuan desain. WordPress menyediakan banyak sekali template design yang bisa digunakan. Namun jika template tersebut dinilai tidak cukup maka seorang developer pun harus bisa membuat dan menambahkan desain yang diinginkan.

Selain itu seorang developer juga biasanya akan diberi tanggung jawab untuk masalah konten pada website tersebut. Seorang developer akan mengisi website tersebut dengan berbagai macam hal yang sudah ditentukan sebelumnya.

6. Monitoring Kinerja Website

Hal penting yang juga akan menjadi tugas dan tanggung jawab dari seorang wordpress developer adalah memastikan kinerja dari website yang dibuat bisa beroperasi dengan optimal. Website bisa diakses, kemudahan saat diakses, informasi yang mencapai target, dan lainnya akan menjadi salah satu tugas dari monitoring kinerja website itu sendiri.

Skill WordPress Developer

skill yang harus dikuasai

Untuk menjadi seorang wordpress developer yang handal selain membutuhkan pengalaman, anda juga harus memiliki beberapa skill dasar yang akan sangat membantu pekerjaan anda nantinya. Beberapa skill yang harus anda kuasai diantaranya adalah :

1. Bahasa Pemograman

Meskipun membuat website dengan menggunakan CMS tidak memerlukan codingan tapi tidak ada salahnya anda untuk mengerti dan paham tentang bahasa pemograman. Menggunakan bahasa pemograman selain bisa memudahkan kerja anda juga akan membuat anda mudah paham dengan berbagai cara kerja dari wordpress

Paham bahasa pemograman juga membuat anda terlihat lebih profesional dan meyakinkan terkait pekerjaan anda sebagai wordpress developer. Anda bisa mulai dengan memahami bahasa pemograman seperti PHP dan javascript. Kedua bahasa ini merupakan bahasa pemograman yang paling banyak digunakan terutama untuk membangun website.

Untuk membuat anda menjadi lebih interaktif, maka anda bisa mencoba untuk memahami bahasa pemograman javascript. Selain menggunakan plugin, menggunakan javascript ini juga bisa membuat website anda menjadi lebih optimal.

2. Design

Meskipun wordpress menyediakan berbagai macam template design namun jika design yang disediakan dirasa kurang pas maka anda pun harus membuat design sendiri. WordPress memang menyediakan fitur kustomisasi yang tidak terbatas sehingga kita bisa bebas merubah banyak hal termasuk dalam urusan design.

Masalah design ini juga akan sangat berhubungan dengan pembuatan UI dan UX nantinya. Design yang dibuat sendiri tentu akan membuat website yang anda buat menjadi beda dari website lain.

Salah satu cara untuk mempelajari teknik desain ini adalah dengan sering mencoba menggunakan software olah visula seperti Adobe photoshop misalnya. Terbiasa menggunakan software olah visual ini akan memudahkan anda ketika harus membuat design untuk website anda.

3. SEO

SEO atau search engine optimization merupakan hal yang wajib dikuasai oleh seorang wordpress developer. Menggunakan SEO akan membuat website anda berada pada peringkat atas mesin pencari. Hal ini akan membuat website anda menjadi mudah untuk ditemukan. Maka dari itu, sangat disarankan untuk Anda belajar SEO.

Dalam kepentinganya untuk berbisnis, mudah menemukan website anda maka akan sangat menguntungkan. Kemudahan tersebut akan membuat banyak audien yang melihat website anda. Semakin website anda mudah ditemukan maka akan semakin banyak pengunjung pada website anda.

4. Debugging

Skill untuk mencari masalah dan menemukan solusinya tentu menjadi hal yang penting meskipun anda membuat website dengan menggunakan CMS. Hal ini karena dalam penggunaanya pun CMS tidak akan lepas dari banyak gangguan.

Salah satunya gangguan atau bug ini muncul karena penggunaan plug in yang sembarangan. Selain itu, seorang wordpress developer juga harus bisa memastikan jika mereka menggunakan plugin ataupun tema yang tepat agar tidak menimbulkan masalah.

5. Website Perfomance

Karena dibuat dengan CMS yang sudah banyak menyediakan plugin, tentu anda sebagai developer akan sangat mudah jika menginginkan sesuatu. Namun penggunaan plug in atau tema yang berlebihan terkadang malah membuat website menjadi berat dan performanya turun. Tentu ini bukanlah hal yang diinginkan.

Performa dari website haruslah tetap terjaga, ini merupakan satu skill tersendiri yang juga harus dimiliki oleh seorang wordpress developer. Menjaga performance juga tidak hanya masalah kecepatan namun juga harus memperhatikan hal seperti akses yang tetap mudah, navigasi yang tidak membingungkan, dan lain sebagainya.

6. Bisnis Skill

Skill ini diperlukan seorang developer karena pada dasarnya wordpress developer pun harus bisa menjual apa yang dia buat. Minimal, seorang developer harus bisa meyakinkan orang lain jika mereka mampu membuat website seperti yang diharapkan oleh para client.

Akan menjadi percuma jika website canggih yang dibuat namun tidak bisa digunakan karena tidak ada yang tahu. Kemampuan bisnis ini juga akan sangat penting terutama jika anda ingin bekerja sebagai wordpress developer dan mengambil pekerjaan secara freelance.

7. Strategi dan Tujuan

Selain masalah hard skill, menjadi seorang wordpress developer juga membutuhkan keahlian soft skill tersendiri. Salah satunya adalah kemampuan menentukan strategi dan tujuan.

Menentukan stratergi akan sangat berkaitan jika anda membuat website untuk berbisnis. Anda harus memikirkan cara bagaimana website yang anda buat bisa menaikan nilai dari bisnis yang ada. Ini juga harus selaras dengan tujuan dari pembuatan website itu sendiri. Itulah mengapat kemampuan untuk membentuk strategi dan tujuan menjadi salah satu soft skill yang diperlukan.

8. Kreatif dan Inovatif

Dengan banyaknya template yang disediakan oleh CMS tentu sangat besar kemungkinan kita akan menggunakan template yang sama dengan orang lain. Hal ini tentu akan sangat dihindari. Inilah fungsinya jika anda memiliki daya kreasi dan inovasi. Anda bisa membuat desain sendiri misalkan. Sehingga website anda menjadi berbeda dengan website yang lainnya.

9. Kemampuan Analytics yang Baik

Tidak hanya mampu melakukan analisa secara teknis, namun seorang wordpress developer juga harus mampu melakukan analisa untuk hal lain seperti target pasar misalnya. Jika anda membuat website toko online contohnya maka anda haruslah tahu seperti apa target pasar anda sehingga anda bisa membuat website yang sesuai dengan hal tersebut.

Kemampuan analisa ini juga akan menjadi nilai lebih bagi anda. Dengan analisa yang baik maka pengerjaan khususnya pada tahap pengembangan akan menjadi lebih mudah karena anda sudah tahu apa yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan.

10. Komunikasi yang Baik

Seorang wordpress developer tentu akan bekerja untuk membuat dan mengembangkan website milik orang lain. Hal ini pasti akan banyak menimbulkan perbedaan, terutama jika klien anda tidak mengerti teknis sama sekali.

Membutuhkan skill komunikasi untuk menghadapi hal seperti ini. Itulah mengapa kemampuan berkomunikasi dengan baik juga menjadi salah satu hal yang perlu dimiliki oleh seorang wordpress developer.

Cara Menjadi WordPress Developer

cara menjadi wordpress developer

Dengan banyaknya tutorial yang ada pada saat ini, maka untuk menjadi seorang wordress developer tidaklah sulit. Beberapa cara yang bisa anda coba untuk menjadi seorang wordpress developer diantaranya adalah :

1. Cobalah untuk Membuat Website dengan WordPress

Untuk menjadi wordpress developer maka anda bisa langsung mencoba untuk membuat website dengan menggunakan wordpress. Jika anda merasa ragu, maka anda bisa menggunakan fitur wordpress offline.

Ini juga bisa menjadi salah satu media belajar wordpress bagi anda yang ingin menjadi seroang wordpress developer. Anda bisa mendownload CMS wordpress di situs resminya dan coba untuk mengkustomnya. Ini juga bisa menjadi bahan latihan anda untuk membuat website.

Selain wordpress CMS, untuk mendukung pembelajaran ini anda juga memerlukan beberapa program lain seperti web server, text editor, dan tentu saja web browser. Semua ini bisa anda download secara gratis dan legal.

XAMPP berguna untuk membuat lokal server pada komputer anda. Jika tidak menggunakan XAMPP maka anda bisa menggunakan yang lain seperti AMPPS, WAMP ataupun LAMP fungsinya sama saja. Browser untuk membuka website yang anda buat dengan menggunakan URL.

Untuk browser anda bisa menggunakan chrome atau mozilla firefox. Sementara text editor berguna jika anda ingin merubah tampilan website dengan bahasa pemograman bukan dengan plug in ataupun tema yang disediakan. Text editor yang bisa anda gunakan misalnya visual code ataupun notepad ++

Setelah semua software di atas anda miliki, maka langkah selanjutnya adalah dengan meng install wordpress CMS tadi di server lokal yang anda buat. Selanjutnya anda bisa langsung menggunakan wordpress tersebut sebagai tempat anda belajar dan berlatih untuk menjadi wordpress developer.

Dengan cara ini anda bisa langsung mempelajari basic dari wordpress. Anda juga bisa sambil melakukan berbagai percobaan dan modifikasi. Selain itu anda juga bisa mencoba untuk memahami bagaimana cara kerja dari wordpress itu sendiri.

2. Membaca Dokumentasi

Salah satu cara yang juga bisa dilakukan untuk menjadi seorang wordpress developer adalah dengan banyak membaca dokumentasi tentang pembuatan website berbasis wordpress. Ini akan membantu anda untuk mempelajari tentang berbagai macam hal tentang wordpress.

Jika anda membutuhkan tutorial, maka anda bisa mencari di situs resmi wordress itu sendiri. Situs resmi dari wordpress menyediakan beragam tutorial untuk menggunakan wordpress pada codex dan developer. Anda cukup mengunjungi situs codex.wordpress.org ataupun developer.wordpress.org disitu anda akan mendapatkan banyak cara tentang menggunakan wordpress.

3. Pahami Bahasa Pemograman

Meskipun wordpress merupakan sebuah CMS yang relatif tidak memerlukan codingan, tetapi bagi seorang developer maka tidak ada salahnya untuk mengerti tentang bahasa pemograman. Anda bisa melakukan modifikasi sesuka anda tanpa harus terbatas dengan plug in atau tema yang tersedia.

Anda juga akan menjadi lebih mudah untuk paham tentang cara kerja dari wordpress dan website jika anda paham bagaimana cara kerja dari bahasa pemograman. Bahasa pemograman akan menjadi alat yang selalu digunakan jika anda merupakan seorang programmer khususnya developer.

4. Mencoba Berbagai Tema dan Plugin WordPress

Seorang wordpress developer tentu harus tahu tentang banyak plug in yang ada pada wordpress. Termasuk masalah kelebihan dan kekurangannya. Selain plug in seorang developer juga harus mengetahui banyak tema yang ada pada wordpress.

Salah satu cara untuk melatih hal ini adalah dengan mencoba menggunakan tema dan plug in tersebut satu persatu. hal ini akan membuat anda memiliki banyak pengetahuan tentang tema dan plug in

Ini merupakan suatu cara jika anda belum terlalu yakin untuk membuat website buatan anda online. Sebelum meluncurkan website anda, maka anda bisa mencoba menggunakan wordpress sandbox ini. Ini merupakan layanan dari wordpress yang bertujuan untuk mengecek seberapa siap website anda sebelum dipublish.

Di sini anda bisa menilai seberapa siap website tersebut sebelum diluncurkan. Jika anda baru mengganti tema atau baru menambah plug in, anda bisa mengetesnya terlebih dahulu di sini apakah semua sudah bekerja dengan baik atau belum.

Jika muncul masalah, anda bisa langsung mengatasinya di sini. Ini juga merupakan tempat yang pas jika anda ingin bereksperimen dengan website anda.

5. Mempelajari Algoritma Website

Jika anda membuat website dari nol tanpa CMS maka mungkin anda akan mudah untuk menentukan algoritmanya karena anda benar – benar membuat nya dari nol. Namun jika anda menggunakan CMS untuk membuat website maka mungkin anda juga harus kenal bagaimana algoritma yang ada.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Blog SEO Friendly dengan Harga Murah

Hal ini karena website yang anda buat tidak sepenuhnya dibangun dari nol oleh anda. Anda hanya membangun dengan kerangka yang sudah ada, meskipun kerangka itu bisa anda rombak total. Memahami algoritma akan membuat anda mudah jika menemukan masalah dan mencari solusinya. Terutama jika masalahnya muncul pada sistem yang dibuat orang lain.

6. Ikut Komunitas WordPress

Cara lain untuk menjadi wordpress development handal juga adalah dengan ikut ke komunitas wordpress yang ada. Di sina anda akan mendapatkan banyak sekali pelajaran dan bisa saling berbagi ilmu. Komunitas tersebut biasanya berisi dari pemula sampai dengan profesional sehingga banyak hal baru yang bisa anda dapatkan.

Cara Meningkatkan Performa WordPress

cara meningkatkan performa wordpress

Salah satu fungsi dari seorang wordpress developer adalah untuk memastikan website berada performa yang maksimal. Termasuk dalam masalah kecepatan. Sebuah website haruslah memiliki kecepatan karena hal ini akan berhubungan dengan UX.

Ada beberapa website yang bisa anda gunakan untuk mengecek seberapa cepat website anda. Website seperti GTMetrix atau google page speed bisa anda gunakan untuk membantu anda menganalisa kecepatan website anda. Website ini juga bisa memberikan masukan tentang bagian mana yang perlu dioptimasi.

Beberapa cara untuk meningkatkan performa wordpress diantaranya adalah :

1. Gunakan WordPress Versi Paling Update

Menggunakan versi paling update akan membantu anda mengoptimalisasi website anda. Karena platform ini merupakan platform open source maka pengembanganya akan selalu dilakukan. Setiap update versi dilakukan untuk memperbaiki kesalahan di versi sebelumnya. Menggunakan wordpress versi lama selian membuat website anda menjadi lambat juga akan rentan terhadap berbagai ancaman.

2. Manfaatkan Caching WordPress

Caching ini akan bisa mempercepat kecepatan dari website anda karena caching ini akan bekerja dengan cara membuat file HTML statis. Ketika web diakses kembali, kecepatan aksesnya menjadi lebih cepat karena web tidak perlu memuat script dinamis yang akan membebani server. Pada wordpress caching ini bisa menggunkana beberapa plug in seperti WP super cache ataupun W3 total cache.

3. Gunakan Plugin Seperlunya

Plugin memang berfungsi untuk meningkatkan performa website. Tetapi menggunakan plugin secara berlebihan dan tidak sesuai kebutuhan malah akan memperlambat website anda. Semakin banyak plug in yang anda gunakan maka semakin resource yang akan anda butuhkan.

Untuk melihat bagaimana performa dari plugin yang anda gunakan anda bisa menggunakan plugin Performance Profiler. Ini merupakan cara untuk melihat apakah plugin yang anda gunakan sekarang masih perlu digunakan atau harus diganti.

4. Gunakan Tema yang Ringan

Selain karena tampilan yang enak dilihat, memilih tema juga harus memikirkan masalah ukuran. Tema yang berat akan membuat website menjadi berat saat loading. Selain masalah ukuran, pastikan tema yang anda pilih juga tidak memusingkan bagi pengguna.

5. Kompresi Gambar

Sama dengan tema, gambar dengan ukuran besar hanya akan menambah waktu loading website anda. Gambar dengan ukuran besar memang memiliki resolusi yang baik. Untuk masalah ini, agar tetap memiliki resolusi yang baik namun dengan ukuran kecil maka anda bisa melakukan kompresi.

Melakukan kompresi adalah cara untuk melakukan optimasi pada gambar. Gambar tetap memiliki resolusi yang baik tetapi dengan ukuran yang lebih minimal. Masalah ukuran gambar ini anda bisa menggunakan GTMetrix untuk melakukan analisa gambar mana saja yang masih bisa diperkecil ukurannya.

6. Gunakan Embed

Menyimpan video langsung di website selain akan membebani kerja website juga akan menghabiskan space bandwidth hosting anda. Jika anda ingin menempatkan video dalam website, maka anda bisa menggunakan fasilitas embed video. Anda bisa menggunakan embed video dari youtube yang ditempatkan pada editor wordpress. Video tersebut akan tampil secara otomatis saat publish.

7. Gunakan Gzip

Gzip merupakan sebuah cara untuk melakukan kompresi pada website. Kompresi Gzip memungkinkan untuk mempercepat loading website anda. Kompresi ini berfungsi untuk memperkecil ukuran berbagai file pada website seperti HTML, CSS, Javascript, JSON, ataupun font. Kompresi ini juga akan berpengaruh pada resources dan bandwidth hosting yang anda gunakan

8. Gunakan Content Delivery Network

Content Delivery Network atau CDN adalah sebuah cara agar website anda bisa diakses dari manapun dengan waktu yang cepat. Waktu akses website akan dipengaruhi oleh lokasi server dan client. Semakin jauh antara lokasi client dan server maka akan semakin lama waktu akses anda.

CDN akan menghilangkan hal ini. CDN merupakan jaringan server yang bisa menyimpan file statis website anda. Jaringan CDN ini akan membuat file website anda mudah diakses dari lokasi manapun.

9. Jangan Gunakan Trackback dan Pingback

Trackback dan pingback memang akan membuat web anda lebih mudah terindeks oleh mesin pencari. Namun cara ini juga akan dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mendapatkan backlink. Ini akan menjadi masalah ketika backlink yang dikirim merupakan spam. Semakin banyak spam yang masuk dari sini maka akan mempengaruhi kecepatan website anda.

10. Gunakan layanan Hosting yang Tepat

Layanan hosting tentu akan mempengaruhi kecepatan website anda. Ada banyak layanan hosting yang bisa anda pilih. Gunakan layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan anda. Karena dengan menggunakan hosting terbaik, maka performa website Anda juga akan bagus.

11. Maintenance Secara Rutin

Melakukan maintenance secara rutin juga bisa mempengaruhi kecepatan. Maintenance rutin bisa dilakukan untuk menghapus hal – hal yang tidak perlu seperti menghapus komentar SPAM. Melakukan maintenance juga akan menjaga performa dari website anda.

12. Menggunakan AMP

AMP atau accelerated mobile page adalah sebuah cara untuk membuat versi mobile dari website anda. AMP akan membuat website anda menjadi lebih ringan ketika diakses menggunakan handphone. Cara ini akan membuat website anda berada performa optimal ketika dibuka di smartphone pengguna.

Gaji WordPress Developer

Seorang wordpress developer bisa menjadi suatu pekerjaan yang cukup menjanjikan. Seorang wordpress developer dengan level junior bisa mendapatkan gaji kira – kira 4 juta per bulannya.

Sementara di level senior merek bisa mendapat 3 kali dari itu bahkan lebih. Tentu masalah ini gaji ini akan kembali ke masalah tempat kerja, tugas, dan tanggung jawab. Seorang wordpress developer pun bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan yang cukup menjanjikan.

Itulah beberapa hal tentang wordpress developer dan CMS yang harus anda ketahui. Meskipun menggunakan CMS yang bisa dilakukan tanpa coding, seorang developer  haruslah menguasai bahasa pemograman.

Hal ini untuk mempermudah berbagai pekerjaan meskipun menggunakan CMS. Mengerti bahasa pemograman akan lebih memahami berbagai cara kerja dari sistem pada CMS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *