3 Cara Install WordPress (XAMPP, Softaculous, dan File Manager CPanel)

Seringkali banyak orang itu tidak ingin menggunakan platform atau CMS WordPress karena cara install WordPress yang susah. Padahal caranya tidak susah sama sekali. Hanya butuh beberapa menit saja untuk menginstall WordPress dan Anda bisa menggunakan WordPress Anda.

Rugi kalau sampai Anda tidak menggunakan WordPress hanya karena tidak tahu cara install WordPress. Padahal WordPress itu memiliki banyak sekali kelebihan. Untuk itulah saya membuat artikel ini yang membahas tentang cara install WordPress. Ada 3 cara dalam menginstall WordPress, yaitu dengan XAMPP (localhost), Softaculous dan CPanel Manual.

Cara install wordpress yang akan kita bahas pertama adalah dengan web server XAMPP. Kelebihan menggunakan web server local adalah :

  1. Anda tidak perlu koneksi internet untuk menginstall dan menggunakan WordPress
  2. Anda tidak perlu biaya untuk mengelola website. Jadi bagi Anda yang sedang mencoba menggunakan WordPress bisa latihan. Tapi Anda harus punya software web server terbaik untuk menjalankan WordPress.

Tapi menggunakan web server lokal / offline juga terdapat kelemahan, yaitu website Anda tidak bisa diakses oleh orang lain dengan internet karena website (WordPress) Anda masih offline. Yang bisa mengakses hanya perangkat Anda.

Kalau Anda ingin website Anda bisa diakses oleh seluruh orang di dunia, Anda harus menyewa hosting. Untuk lebih lengkapnya tentang hosting, Anda bisa lihat artikel di bawah ini :

Baca : Apa itu Hosting ? Pengertian dan 8 Jenis Hosting

Baca : 18 Tips Memilih Hosting Supaya Website Anda Mudah Diakses

Cara Install WordPress di XAMPP

1. Buka Website Resmi WordPress.org Untuk Mendownload File WordPress nya

download wordpress org

Tekan tombol biru bertuliskan “Download WordPress x.x.x”. Untuk saat ini WordPress sudah diperbaharui hingga versi 4.9.4.

2. Letakkan di Dalam Folder HTDOCS

Setelah Anda berhasil mendownload file WordPress, langkah selanjutnya adalah Anda harus memindahkan file WordPress tersebut ke dalam folder HTDOCS. Folder HTDOCS itu terletak di dalam folder XAMPP. Misal kalau milik saya di sini :

folder htdocs pada xampp

Kalau untuk web server lain selain XAMPP, misal Appserv nama foldernya bukan HTDOCS tetapi WWW. Anda juga harus meletakkan file WordPressnya di dalam folder HTDOCS / WWW ini karena jika Anda meletakkan file WordPress di folder lain, maka web browser tidak bisa membaca WordPressnya.

Setelah Anda meletakkan filenya, Anda ekstrak saja yang sudah Anda download.

cara install wordpress

3. Hidupkan Web Server Anda dan Ketikkan “localhost/nama folder wordpress/” di Address Bar

localhost wordpress

Jika sudah, akan Anda tampilan seperti gambar di atas. Anda klik tombol “Let’s Go”

4. Isi Data Di Bawah Ini

cara install wordpress

Untuk kolom “Database Name” itu untuk mengisi nama database Anda. Untuk Username dan Password itu bisa berbeda-beda tergantung Anda saat menginstall XAMPP atau web server lainnya. Untuk table prefix nya biarkan saja seperti itu.

5. Isi Data Untuk Login

mengisi data wordpress

Penjelasan :

  • Site Title = Judul Website Anda
  • Username = Data untuk login
  • Password = Digunakan untuk login
  • Email = Ketika Anda lupa password Anda, Anda akan mendapatkan akses ke WordPress Anda yang dikirim melalui email tersebut. Anda juga bisa login menggunakan email tersebut
  • Search Engine Visibility = Untuk mengatur apakah website Anda terlihat oleh mesin pencari

Data yang diisikan terserah Anda. Setelah Anda mengisi, Anda klik “Install Wordrpess” dan kemudian akan muncul halaman login seperti di bawah ini :

langkah install wordpress

Isikan username atau alamat email dan password yang barusan Anda masukkan. Jika Anda berhasil maka Anda akan disuguhkan halaman dashboard admin wordpress seperti di bawah ini :

halaman dashboard admin wordpress

Itulah cara install wordpress di XAMPP (offline). Selanjutnya, akan kita bahas bagaimana cara install wordpress dengan hosting (online). Keuntungannya menggunakan web hosting adalah website Anda sudah bisa diakses oleh seluruh orang di bumi ini.

Tapi, Anda harus mengeluarkan biaya untuk menyewa hosting yang berkualitas. Saya sarankan Anda menggunakan hosting Niagahoster atau Hostinger Indonesia kalau target pengunjung website Anda berasal dari Indonesia.

Kalau target pengunjung Anda berada di daerah Eropa atau Amerika, saya sarankan Anda menggunakan BlueHost atau HostGator.

Atau Anda bisa cek di artikel ini untuk mendapatkan web hosting terbaik yang sesuai dengan selera Anda.

Cara Install WordPress dengan Softaculous

1. Buka domainanda/cpanel

Ketika Anda menyewa sebuah web hosting, pasti Anda memilih domain juga. Nah Anda buka domainanda/cpanel. Kalau dalam contoh ini saya menggunakan domain makinrajin.com. Jadi, saya mengetikkan makinrajin.com/cpanel. Anda diminta mengisi username dan password cpanel untuk login.

Selanjutnya Anda akan disajikan halaman dashboard kurang lebih seperti ini :

dashboard softaculous

Anda pilih bagian “Softaculous Apps Installer” pada bagian menu “Software”. Setelah itu Anda pilih tulisan “WordPress”. Sebenarnya ada banyak pilihan CMS terbaik di situ. Tapi Anda pilih wordpress saja karena ini tutorial cara install wordpress.

tutorial install wordpress di softaculous

Setelah itu, Anda pasti akan menjumpai halaman seperti di bawah :

cara install wordpress dengan softaculous

Anda tinggal klik tombol “Install Now” dan Anda diminta untuk mengisi data-data untuk website Anda. Gambarnya seperti di bawah ini :

tutorial install wordpress

Untuk kolom “Choose Protocol” itu diisi dengan https:// atau http://. Tergantung website Anda memiliki SSL atau tidak. Kalau tidak memiliki SSL ya Anda menggunakan http:// tanpa s.

Untuk “Choose Domain” itu website wordpress Anda mau dipasang di domain mana. Kalau Anda memilki beberapa domain atau subdomain dalam satu hosting seperti saya, Anda tinggal pilih saja mau pasang di domain / subdomain mana.

Dan baris yang ketiga, “In Directory” itu Anda mau meletakkan wordpress Anda di direktori atau folder mana. Misal di folder wp. Maka Anda mengisinya wp. Kalau Anda mau mengakses wordpressnya jadi domainanda/wp.

Tapi kalau Anda kosongkan, itu sama saja Anda memasang di root directory-nya, yaitu di domainanda. Jadi, Anda tinggal mengetikkan domainanda kalau Anda ingin membuka website wordpress Anda.

panduan install wordpress di cpanel

Site Name : Untuk judul website atau blog Anda

Site Description : Mendeskripsikan website Anda itu di bidang apa

Admin Username, Password, dan Email : Data yang digunakan untuk login nanti

Saran, untuk password sebaiknya Anda mengisi password dengan huruf, angka dan simbol supaya lebih aman. Kalau tidak, sebaiknya Anda mengisi password hingga para parameter di bawah menunjukkan tulisan Strong, bahkan sampai 100/100.

panduan menginstall wordpress dengan sofaculous

Select Language itu untuk mengatur bahasa di WordPressnya. Saran saya sih menggunakan English saja sekalian Anda belajar bahasa inggris. Kalau untuk “Limit Login Attempts (Loginizer)” itu adalah salah satu plugin wordpress untuk mencegah brute force pada website Anda.

Singkatnya begini, jika Anda ceklist pada pilihan tersebut, maka kalau ada orang yang mencoba masuk (login) tetapi gagal hingga 3 kali, IP orang tersebut akan diblokir selama rentang waktu tertentu (bisa Anda ubah) sehingga dia tidak bisa membuka halaman login website Anda. Sebaiknya Anda ceklist saja agar website Anda lebih aman.

Untuk bagian Advanced Options itu bersifat opsional, Anda tidak perlu mengubahnya. Dan untuk bagian Select Theme itu Anda bisa memilih theme atau tampilan website Anda. Jika sudah terlanjur tidak memilih, nanti Anda bisa  mengganti theme setelah login.

Anda sudah berhasil menginstall wordpress dengan Softaculous. Sekarang akan kita bahas cara install wordpress dengan manual di File Manager CPanel.

Cara Install WordPress dengan File Manager CPanel

1. Buka domainanda/CPanel untuk mengakses CPanel

2. Pilih Sub Menu “File Manager” pada menu “Files”

file manager cpanel

Setelah Anda pilih File Manager, maka akan muncul halaman seperti ini. Upload file wordpress Anda (.zip) ke dalam folder public_html jika Anda ingin menginstallnya pada domain utama Anda.

step by step install wordpress manual

Setelah itu, Anda ekstrak file wordpress (.zip) yang telah Anda upload barusan. Lalu buka domain Anda dan akan muncul halaman seperti di bawah ini :

 cara install wordpress

Anda bisa mengisi Database Name sesuai keinginan Anda. Untuk Username dan Password sesuaikan dengan data Anda. Tapi untuk  Database Host bisa berbeda-beda tiap hosting. Jadi Anda disarankan untuk menghubungi pihak hosting jika nama Database Host nya bukan localhost. Untuk table prefixnya diamkan saja.

Setelah itu tekan tombol Submit dan muncul halaman seperti ini :

mengisi data wordpress

Isi sesuai dengan kebutuhan Anda. Username, Password, dan Email itu digunakan untuk login halaman admin wordpress. Jadi, saya sangat menyarankan Anda memasukkan email aktif Anda supaya mudah dihubungi jika Anda lupas password.

Untuk bagian Confirm Password dan Search Engine Visibility itu diceklis saja. Bagian Search Engine Visibility itu berfungsi agar website Anda bisa terlihat oleh mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, dll).

Setelah itu pencet tombol Install WordPress dan Anda tinggal melakukan login. Anda telah berhasil melakukan install wordpress dengan 3 cara, yaitu :

  • Offline dengan Web Server (XAMPP)
  • Softaculous CPanel
  • Manual CPanel

Perlu diingat, dalam memilih hosting itu Anda jangan main-main. Pilihlah web hosting yang benar-benar berkualitas seperti Niagahoster atau Hostinger Indonesia.

Panduan Selanjutnya : 

Segera

Panduan Sebelumnya : 

Tutorial Belajar WordPress : Pengertian dan 15 Kelebihan WordPress

Daftar Isi 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *