cara meningkatkan keamanan website

Cara Membuat Website Mudah Untuk Pemula Dari Nol Hingga Online

Jika Anda ingin belajar cara membuat website tetapi Anda tidak ingin berurusan sedikitpun dengan bahasa pemrograman, Anda bisa menggunakan wordpress. WordPress adalah sebuah CMS yang memudahkan para pengguna dalam membuat website tanpa menguasai bahasa pemrograman sedikitpun.

Sebenarnya, tidak harus menggunakan CMS WordPress untuk membuat website. Anda bisa menggunakan CMS lain seperti Joomla, Drupal, dll. Tapi, saya sarankan Anda menggunakan WordPress saja. Anda akan menemukan alasannya setelah membaca panduan di bawah ini.

Panduan Belajar WordPress
belajar wordpress

Dengan Anda menguasai CMS seperti WordPress, Anda tidak perlu menguasai bahasa pemrograman dalam membuat website. Tetapi, tidak cukup sampai di sini. Anda perlu belajar cara membuat website Anda agar menjadi online dan bisa dilihat banyak orang.

Langsung saja kita bahas karena ini penting bagi Anda yang ingin membuat website Anda bisa dilihat seluruh orang di dunia.

Cara Membuat Website Anda Menjadi Online

1. Tentukan Nama Domain

Ketika Anda ingin memiliki website dengan CMS atau bahasa pemrograman sendiri, Anda memerlukan domain untuk website Anda agar website Anda bisa diakses oleh orang lain. Simpelnya, domain adalah alamat dari website Anda. Jika diibaratkan dengan toko, maka domain adalah alamat toko tersebut. Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca artikel ini.

Berikut adalah tips memilih nama domain :

  • Sebisa mungkin hindari angka dan simbol. Jadi nama domain diusahakan berupa huruf semua. Walaupun bisa domain Anda menggunakan angka, tetapi tidak baik dan membuat orang susah mengingat nama domain Anda.
  • Nama domain jangan terlalu panjang. Saran saya, cukup 5-10 karakter (huruf) saja sudah sangat cocok untuk domain Anda. Contohnya pada website ini, makinrajin.com memiliki 10 karakter.
  • Ekstensi domain .com. Faktanya, domain dengan ekstensi .com akan lebih mudah diingat para pengunjung dibandingkan ekstensi lainnya, seperti .net, .org, dll.

2. Pilih Web Hosting Terbaik

Tidak semua web hosting itu memiliki kualitas server yang baik. Untuk itulah Anda perlu jeli dalam memilih web hosting untuk website Anda. Untungnya, saya punya panduan tips memilih web hosting yang baik supaya website Anda tidak mudah down.

Saya merekomendasikan Niagahoster kepada Anda. Itu sebabnya saya menggunakan Niagahoster sebagai hosting dari website ini. Berikut adal ah panduan memesan web hosting di Niagahoster.

a. Kunjungi Niagahoster dan Pilih Paket Hosting

cara membeli hosting di niagahoster

b. Dapatkan Gratis Domain

cara mendapatkan domain gratis di niagahoster

Setelah berhasil memilih domain, selanjutnya klik tombol Add to Cart

c. Pembelian Fitur Tambahan (Opsional)

Anda boleh tidak membeli fitur tambahan yang ditawarkan. Pada panduan ini, kami tidak memilih fitur tambahan. Jika sudah, klik tombol Lanjutkan.

membuat toko online sendiri dengan wordrpess

d. Masukkan Kode Voucher 

kode kupon diskon hosting niagahoster

Pada bagian kolom kode promo, Anda bisa memasukkan kode MAKINRAJIN supaya bisa mendapatkan tambahan diskon sebesar 10%. Setelah itu, jangan lupa melakukan pembayaran untuk dapat menggunakan web hosting dan domain gratis.

3. Install WordPress 

Setelah berhasil melakukan pembayaran web hosting, selanjutnya Anda bisa menginstall WordPress. Ada berbagai cara install WordPress. Kali ini kita akan instal WordPress dengan Softaculous.

a. Buka cpanel Anda

Cara membuka cPanel Anda yaitu dengan mengetikkan domain anda/cpanel. Contoh: makinrajin.com/cpanel. Setelah itu, masukkan username dan password yang dikirimkan melalui email. 

masuk cpanel hosting

b. Cari Menu Softaculous

softaculous untuk instal wordpress

c. Instal WordPress dengan klik tombol Install Now

cara instal wordpress

 

 

4. Install SSL

Jika Anda menggunakan hosting dari Niagahoster, Anda akan mendapatkan gratis SSL untuk selamanya. Itu salah satu keunggulan dari Niagahoster. Di jaman sekarang, SSL itu penting sekali bagi keamanan dan SEO pada website Anda.

Jika website Anda untuk berjualan, wajib bagi Anda untuk memiliki SSL supaya data-data pelanggan lebih aman dan website Anda lebih terpercaya. Selain itu, Google juga memperbarui algoritma bahwa website yang memiliki SSL akan ditempatkan di posisi teratas di halaman pencarian dibandingkan website tanpa SSL.

Cara install SSL adalah sebagai berikut :

a. Buka domainanda/cpanel lalu login

masuk cpanel

b. Pilih Let’s Encrypt SSL pada menu Security

Let's Encrypt SSL

c. Klik tulisan Issue pada baris domain yang akan dipasang SSL

Issue pada domain

d. Pilih bagian dns-01 dan centang semua kolom Include Wizard

pilih dns-01

e. Klik Issue dan SSL Anda sudah terpasang

Setelah berhasil instal WordPress dan memasang SSL, sekarang saatnya kita melakukan konfigurasi pada WordPress. 

5. Konfigurasi Dasar Pada WordPress

Sekarang, Anda bisa membuat jenis website apa saja. Anda bisa melakukan berbagai konfigurasi dasar pada WordPress, seperti:

  • Pemilihan tema
  • Setting permalink
  • Install plugin
  • Pembuatan sitemap

Anda bisa membaca artikel tentang langkah yang harus dilakukan setelah install WordPress.

Nah, itulah cara membuat website dari nol hingga website Anda online dan bisa dilihat jutaan orang di dunia ini. Jika Anda ingin membuat toko online, kami juga memiliki tutorial tentang cara membuat toko online lengkap dari nol untuk pemula.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

3 thoughts on “Cara Membuat Website Mudah Untuk Pemula Dari Nol Hingga Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *