tips memilih laptop

16 Tips Cara Memilih Laptop Terbaik Yang Cocok Untuk Kebutuhan

 

Sekarang itu sudah banyak laptop canggih di mana-mana, laptop yang memiliki daya tarik bagus membuat orang tertarik ingin membelinya. Tetapi, kenyataanya ketika orang-orang membeli laptop yang ‘bagus’ itu mereka kecewa.

Mengapa ? Itu karena laptop yang mereka pilih tidak sesuai dengan kebutuhan mereka, bisa jadi karena spesifikasinya terlalu rendah sehingga mereka kurang nyaman atau spesifikasinya terlalu tinggi sehingga mereka baru sadar bahwa mereka membuang uang untuk membeli laptop yang mumpuni, padahal ia tidak butuh.

Untuk itulah tujuan dibuatnya artikel ini. Ya, artikel tentang tips cara memilih laptop agar Anda tidak mengalami kejadian seperti di atas.

Mari kita mulai.

tips cara memilih laptop

Cara Memilih Laptop #1. Baru atau Bekas?

Sebelum membeli laptop, tentukan kondisinya, mau yang baru atau bekas. Menurut saya tidak ada masalah sih, selama persiapannya seperti yang ada di poin-poin berikutnya. Tapi kalau mau beli bekas tapi nggatidak tau tips triknya, maka ada kemungkinan akan mengecewakan.

Baca : 15 Tips Cara Membeli Laptop Bekas Supaya Tidak Kecewa

Jika seandainya mau beli yang baru sih sah sah saja. Malahantidak perlu repot menjalankan semua tips dibawah, walaupun ada beberapa yang mesti dilakukan juga. Tapi kalau misalnya duitnya pas-pasan, mending beli yang bekas saja, yang penting hati-hati tertipu.

Cara Memilih Laptop #2. Memilih Sistem Operasi

Tips memilih laptop yang kedua ada pada sistem operasi. Sebelum membeli laptop kita sering sekali dihadapkan dengan kebingungan ketika kita memilih sistem operasi dari laptop tersebut, terutama bagi orang yang awam dengan dunia teknologi.

Sistem operasi ada banyak sekali, namun ada beberapa sistem operasi yang biasanya terjual beserta laptopnya, namun ada juga laptop yang dijual tanpa sistem operasi, jadi kita harus membeli lisensi dari sistem operasi yang kita inginkan. Sistem operasi yang biasanya ada di pasaran laptop antara lain :

a. Mac

Mac OS merupakan sistem operasi yang hanya didapatkan ketika membeli MacBooks. Sistem operasi ini memiliki antivirus yang bisa dikatakan sangat kuat, jadi jika kita membeli MacBook maka kemungkinan besar semua data pekerjaan kita dapat dengan aman disimpan tanpa harus terkena virus/malware.

Baca : Apa itu Malware ? Pengertian dan 11 Contoh Malware

Hal ini tentu menjadi sangat efektif, terutama bagi seorang editor video. Maka MacBook ini lebih dikhususkan oleh para video atau konten kreator, seperti youtube, film, dan lainnya. Harga dari MacBook ini memang sedikit mahal, tetapi dengan kualitas yang dijanjikan oleh perusahan Apple sendiri memang sangat mumpuni.

b. Windows 10

Windows adalah sistem operasi yang sangat sering sekali kita jumpai. Hampir semua komputer maupun laptop menggunakan sistem operasi ini.Windows 10 merupakan versi terbaru dari Microsoft setelah windows 8.1.

sistem operasi sebagai tips memilih laptop
informationq. com

Windows 10 ini menjadi salah satu penyempurna dari versi-versi sebelumnya, karena fitur yang ditawarkan dari windows 10 ini lebih menarik. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi kelas tinggi dengan segala kecanggihanya.

Windows 10 ini sudah dilengkapi digital assistant bernama Cortana. Hal ini menjadi sangat berguna ketika kita ingin mengetahui atau melakukan suatu hal dengan cepat. Karena dengan Corta kita hanya cukup memanggilnya dengan mengucapkan “Hey Cortana” maka dia akan bersiap menerima perintah yang kita inginkan.

c. Chrome OS

Chrome OS merupakan sistem operasi keluaran Google yang akhir-akhir ini sedang marak dibicarakan di banyak media.

Desain interface dari sistem operasi ini memang sangat menarik dan elegan dan tampilanya pun tidak berbeda jauh dari sistem operasi produksi microsoft. Sistem operasi ini juga dapat menjalankan beberapa aplikasi android yang ada di smartphone android kita.

Cara Memilih Laptop #3. Memilih Fasilitas 2 in 1 Sesuai Kebutuhan (Hybird / Konvensional)

Disamping faktor sistem operasi, kita juga harus memperhatikan fasilitas 2 in 1 dari beberapa laptop saat ini.Banyak sekali laptop yang mampu menjadi sebuah tablet ataupun menjadi bentuk-bentuk lain sesuai dengan kebutuhan.

Namun biasanya laptop yang memiliki fasilitas 2 in 1 ini memiliki masalah pada daya tahan baterainya. Daya tahan dari baterainya kadang memiliki kelemahan. Kebanyakan dia hanya mampu bertahan Screen on Time selama kurang lebih 60-90 menitan.

laptop hybrid sebagai model laptop terkini
knowyourmobile.com

Jadi untuk para editor maupun gamer sekalipun, ini menjadi masalah yang amat penting. Laptop dengan fasilitas ini biasanya lebih mementingkan desain dari pada kegunaanya. Maka laptop dengan fasilitas ini sangat tidak dianjurkan untuk para editor maupun gamer.

Baca : 12 Tips Memilih Laptop Gaming Untuk Para Gamer

Cara Memilih Laptop #4. Memilih Ukuran Laptop

Sebelum kita melihat harga dari sebuah laptop, kita juga memperhatikan ukuran dari laptop yang akan kita pilih. Ukuran laptop memiliki banyak varian, dari yang terkecil sampai terbesar. Itu semua digantungkan sesuai dengan kebutuhan kita. Biasanya, laptop dikategorikan dari ukuran layarnya.

Baca : 29 Cara Merawat Laptop Supaya Awet

Beberapa ukuran layar standar laptop di pasaran, antara lain :

11 – 12 inchi

Laptop dengan ukuran layar seperti ini biasanya hanya memiliki berat kurang lebih 1-1.8 kg. Cocok untuk anak-anak sekolahan

13 – 14 inchi

Laptop dengan ukuran ini mempunyai layar yang lumayan besar.

15 inchi

Ukuran ini sangat sering kita jumpai dalam toko-toko penjual laptop saat ini. Ukuran layarnya memang terbilang lumayan lega. Laptop dengan ukuran seperti ini biasanya digunakan oleh para mahasiswa maupun guru.

17 – 18 inchi

Jika anda seorang editor atau gamer, anda patut untuk membeli laptop dengan ukuran ini, karena dengan laptop sebesar ini semua kebutuhan anda tentang laptop menjadi sangat lega. Laptop dengan sebesar ini biasanya memiliki berat diatas 2 kg, maka untuk para guru laptop ini kurang cocok.

Cara Memilih Laptop #5. Koreksi Keyboard dan Touchpad

Keyboard dan Touchpad memang menjadi peran penting dari sebuah laptop. Tanpa adanya kedua hal ini, maka sebuah laptop tidak berarti apa-apa. Keyboard dan touchpad dari setiap laptop memang memiliki perbedaan. Namun perbedaan ini disesuaikan kebutuhan pengguna masing-masing.

Jika anda seorang pekerja atau orang yang setiap harinya membutuhkan laptop untuk mengetik, kami ada beberapa tips untuk memilih laptop dengan keyboard sesuai kebutuhan yaitu :

tips memilih laptop

· Pastikan ketika keyboard kita tekan lalu kita lepas, keyboard tersebut dapat kembali ke posisi semula dengan baik
· Pastikan jarak antar tombol pada keyboard sesuai dengan kebutuhan kita
· Pastikan ketika kita mengetik kita merasa nyaman saat menggunakanya

Touchpad juga salah satu hal penting. Ada beberapa tips lagi untuk memilih laptop
dengan touchpad yang baik :
· Keakuratan dari touchpad harus sempurna
· Sensitivitas dari touchpad harus terbilang lumayan
· Kualitas dan keawetan dari touchpad harus baik

Cara Memilih Laptop #6. Tentukan Spesifikasi

Laptop memiliki beberapa bagian didalamnya, ada prosesor, hard drive, RAM, VGA dan lainnya. Semua bagian tersebut merupakan penunjang dari kinerja setiap laptop. Semua bagian tersebut dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan kita.

Komponen utama dari laptop yaitu prosesor. Prosesor merupakan otak dari setiap laptop.Prosesor mempunyai banyak sekali varian, dari termurah sampai termahal. Prosesor setahu saya hanya ada dua merk ternama yaitu Intel Corporation dan AMD. Kedua merk ternama ini memang saling beradu kualitas terutama di bidang hardware.

Kedua prosesor ini memiliki karakter dan harga yang berbeda. Prosesor Intel memang lebih mahal dari AMD, namun performa dari keduanya tidak jauh berbeda. Kedua merk tersebut juga bersaing dalam bidang RAM maupun VGA Card.

Baca : AMD atau Intel ? Inilah Kelebihan dan Kekurangan AMD dan Intel

Tips memilih hardware laptop :
· Sesuaikan performa hardware sesuai dengan kebutuhan kita
· Pastikan anda tidak salah memilih
· Untuk para editor maupun gamer, pastikan memilih laptop dengan clock speed
diatas 3.0 Ghz
· Perhatikan ukuran RAM sesuai dengan kebutuhan kita

Cara Memilih Laptop #7. Baterai

Jika anda seorang yang memiliki banyak waktu didepan laptop, lebih baik anda memilih laptop dengan daya tahan baterai kisaran lebih dari 2 jam. Karena laptop dengan daya tahan baterai sebesar ini, kita tidak perlu direpotkan lagi
dengan charger laptop ketika kita sedang menggunakanya jauh dari sumber listrik.

Terutama kalau Anda seorang gamer yang membutuhkan laptop dengan kapasitas baterai yang mumpuni, Anda harus teliti memilih laptop dengan kapasitas baterai yang Anda anggap cocok untuk Anda. Namun biasanya ada juga beberapa merk laptop yang juga menjual baterai nya secara terpisah sesuai dengan kebutuhan kita.

Baca : 20 Laptop Gaming Terbaik Berbagai Harga (1-10 Jutaan)

Cara Memilih Laptop #8. Sesuaikan Dengan Kantong Anda

Sebelum membelinya pastikan anda memiliki budget yang cukup untuk membeli laptop sesuai dengan kebutuhan kita tentunya. Ketika anda memiliki budget yang lebih, lebih baik anda membeli laptop dengan spesifikasi yang Anda butuhkan, tidak perlu spek tinggi jika Anda belum membutuhkannya.

Namun, jika Anda belum punya dana yang cukup untuk membeli laptop yang Anda butuhkan, sebaiknya Anda menabung lagi dan menunggu sampai uang Anda cukup untuk membeli laptop yang Anda butuhkan daripada Anda membeli laptop yang spesifikasinya terlalu rendah dan tidak cukup untuk kebutuhan Anda hanya karena dana terbatas.

Cara Memilih Laptop #9. Memilih Merk

Sebelum anda membeli laptop pastikan merk sebuah laptop yang akan anda beli tersebut terjamin sekali kualitasnya. Karena ada beberapa laptop yang menjual barangnya di luar spesifikasi yang tersedia. Setiap vendor / merk pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca : 20 Laptop ASUS Terbaik Yang Cocok Untuk Anda

Tidak semua merk memiliki kinerja yang sama walaupun spesifikasi laptopnya sama. Itulah pentingnya Anda memilih merk apakah untuk laptop Anda.

Cara Memilih Laptop #10. Pastikan Aman

Seringkali Laptop dipakai untuk kerja. Dan kalau dipakai untuk bekerja, pasti laptop akan berisi file-file yang penting, seperti hasil kerja, atau bahkan dokumen perusahaan. Makanya keamanan dari laptop yang kita pakai itu harus diperhatikan.

Mengamankan laptop hanya dengan menggunakan password itu kurang aman. Apalagi kalau password-nya adalah hal-hal yang dekat dengan anda dan sudah diketahui banyak orang, nama anda misalnya. Tentu hal ini akan merugikan.

keamanan dalam memilih laptop

Data-data yang ada di laptop kita bisa diambil oleh orang yang tak bertanggung jawab. Untuk itu, diperlukan suatu pengamanan khusus, seperti fingerprint sensor. Cap jari anda tentunya tidak dimiliki oleh orang lain. Itulah kenapa perangkat yang ada fingerprint-nya itu aman.

Apalagi kalau ada software tambahan seperti Windows Hello. Wah, sudah pasti aman kalau begini. Windows hello merupakan fitur canggih di Windows 10 yang fungsinya untuk autentikasi biometrik, seperti identifikasi wajah, sidik jari, dan iris mata.

Untuk menggunakan fitur ini diperlukan perangkat khusus, seperti kamera RealSense 3D dan infrared sensor.

Cara Memilih Laptop #11. Harganya jika Dijual Kembali

Memilih merk yang bagus maksudnya bukan untuk gaya-gayaan atau biar bisa pansos di IG. Tapi dikhawatirkan jika kita membutuhkan uang yang mendesak, kita bisa menjual laptop.

Nah, jika merk-nya itu terkenal akan kualitasnya yang bagus, maka harga jual-nya masih relatif tinggi. Takutnya kalau harga jual bekasnya itu rendah, belum cukup untuk memenuhi kebutuhan itu tadi.

Jadi, sebaiknya Anda memilih laptop dengan merk yang terkenal karena harga jualnya tidak terlalu jauh dengan harga beli.

Baca : 20 Laptop ASUS Terbaik Yang Cocok Untuk Anda

Cara Memilih Laptop #12. Garansi dan Customer Service

Garansi itu sangat penting, jaga-jaga kalau laptop yang kita beli itu produk cacat. Bayangkan, kalau kita beli laptop itu hasil dari menabung bertahun-tahun, terus pas udah beli nggak lama kemudian rusak dan nggak ada garansi, bisa lemes badan mikir biaya servisnya.

Kalaupun ada garansi, usahakan untuk mencari tahu bagaimana pelayanan customer service dari produk tersebut, apakah ramah atau terkesan cuek? Jangan sampai CS-nya itu kurang bisa memuaskan. Takutnya nanti kita akan kesulitan ketika mengajukan garansi

Cara Memilih Laptop #13. Cek Fisik sebelum Meninggalkan Toko

Kalau kita mau membeli laptop baru sih tidak perlu cek fisik, karena ngga mungkin toko jual produk yang cacat, apalagi toko yang berskala nasional.

periksa laptop sebelum meninggalkan toko

Tapi tips ini perlu dilakukan jika Anda akan membeli laptop bekas atau toko pinggir jalan. Cek semua kondisinya, mulai dari baret-baret, layar (LCD), hingga semua tuts keyboard-nya masih berfungsi atau tidak. Jangan sampai tombol powernya  tidak bisa ditekan.

Cara Memilih Laptop #14. Upgrade-able

Kita kan tahu bahwa waktu ke waktu ada yang baru. Setiap bulan, ada aja laptop baru diluncurkan dengan membawa kualitas dan performa yang semakin baik tentunya.

Hal ini untuk mrngimbangi software yang fiturnya semakin kompleks dan tentu semakin berat.

Nah, daripada kedepannya kita beli laptop lagi untuk jangka waktu yang relatif pendek, mending kita beli saja laptop yang bisa diupgrade.

Pastikan laptop yang akan kita beli itu upgradable. Walaupun yang bisa ditingkatkan Cuma RAM-nya,
tapi itu akan membantu kita nantinya ketika menjalankan software dengan versi mutakhir-nya.

Cara Memilih Laptop #15. Kelengkapan dan Konektivitas

Secanggih apapun laptop ngga akan bisa bekerja sendiri. Pasti akan membutuhkan hardware lain, seperti printer. Semahal berapapun macbook, sehebat apapun alienware, ngga bisa ngeprint sendiri. Pasti butuh printer. Selain printer, laptop juga butuh mouse.

Se-powerful- powerfulnya ROG, MSI, pasti masih butuh mouse. Jadi, pastikan laptop yang akan kita beli itu punya port/colokan yang cukup dengan kebutuhan kita. Kalau masalah konektivitas, untuk saat ini tidak ada masalah.

Soalnya semua laptop sudah dibekali dengan komponen konektivitas yang kita butuhkan, seperti LAN, WiFi, dan Bluetooth. Semua bisa kita lakukan dengan jaringan lokal, mulai dari mengontrol mouse, berbagi file, sampai main game bareng.

Cara Memilih Laptop #16. Analisis Kebutuhan

Intinya, kita membeli laptop itu sesuai dengan kebutuhan saja, biar ngga susah nantinya. Tentukan jenisnya apa? mau dipakai apa? Secara umum, jenis laptop ada 3, yaitu netbook, notebook, dan laptop.

Netbook memiliki ukuran paling kecil dari 2 jenis lainnya. Biasanya memiliki spesifikasi rendah. Tandanya harga jenis ini paling murah. Lalu ada notebook, jenis yang paling banyak dipakai orang- orang.

Ukurannya pas, tidak terlalu kecil seperti netbook, juga tak terlalu besar layaknya laptop. Jadi nyaman dipakai. Masalah spek, tergantung harganya.

Kemudian ada laptop. Hampir mirip dengan notebook sehingga sering disamakan. Aslinya ya sama sih, Cuma yang beda adalah ukurannya. Dan cirinya itu ada numpad di bagian kanan keyboard, sedangkan notebook tidak ada.

Secara fungsional, laptop juga dibagi 3 jenis.

Yang pertama adalah laptop kantoran. Sesuai namanya, jenis ini dipakai orang kantoran untuk menjalankan aplikasi Office. Tapi juga dipakai anak sekolah buat ngerjain tugas sih.

Yang kedua adalah laptop desain, dipakai untuk menjalankan aplikasi editor media, seperti Photoshop, Corel, After Effect, hingga Premiere. Speknya tinggi dan biasanya berprosesor Intel.

Dan yang ketiga adalah laptop gaming, buat main games. Dipakai untuk main game saja. Harganya relatif mahal, karena speknya juga cukup tinggi dan berkualitas, menyesuaikan perkembangan games yang semakin sulit untuk diraih.

Baca : 12 Tips Memilih Laptop Gaming Untuk Para Gamer Sejati

Baca : 100+ Laptop Gaming Murah Terbaik dengan Harga (1-10 Jutaan)

Itulah tips cara memilih laptop yang cocok untuk Anda yang akan membeli laptop. Perlu diketahui, semua poin-poin di atas penting.

Jadi, Anda harus mempertimbangkan semua poin tersebut ketika akan membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

6 thoughts on “16 Tips Cara Memilih Laptop Terbaik Yang Cocok Untuk Kebutuhan

  1. kalau ane lebih suka laptop yang batterynya tahan lama, jadi nggak sering ngecas. oh ya mau nanya gan, kipas laptop bunyinya bising apa sih penyebabnya, gara gara itu laptop ane cepat panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *