tutorial cara menggabungkan pdf di PC dan android

5 Cara Menggabungkan File PDF Di PC dan Android

Artikel ini merupakan guest blog dari mas Dzkry Kun, pemilik dari blog LesKompi.

Membuat file PDF (Dari Word misalnya), akan menjadikan semua halaman yang telah dibuat sebelumnya menjadi satu PDF. Dan ketika tersimpan, maka bisa dibilang sifatnya akan permanen (Kecuali jika diconvert kembali). Nah, jika Anda sedang ingin menggabungkan file PDF, Anda sebenarnya tidak perlu repot-repot mengedit PDF tersebut dari awal.

Cara menggabungkan PDF jadi satu

Karena ada beberapa cara untuk menyatukan banyak PDF yang terpisah jadi satu, yang agaknya masih cukup jarang diketahui orang-orang. Walau tutorialnya agak jarang diketahui, tapi menggabungkan PDF ini lumayan cukup dibutuhkan.

Misalnya jika Anda membuat PDF dalam jumlah banyak, akan lebih efisien jika membuat PDF tersebut jadi satu.
Sedangkan untuk cara menggabungkannya tidaklah sulit. Walau tutorialnya jarang diketahui, tapi sebenarnya tidak sedikit website atau video Youtube yang telah membahas tutorial ini.

Dan pada artikel ini, disini saya ingin membahas bagaimana caranya untuk menjadikan banyak PDF sekaligus jadi satu, untuk metode Online, Offline, dengan atau tanpa software. Langsung saja, kita bahas caranya :

1. Menggabungkan PDF Terpisah Secara Online Dengan SmallPDF

Cara pertama, yakni dengan menggunakan SmallPDF yang mungkin Anda sendiri pernah mendengarnya. SmallPDF merupakan sebuah website yang dibuat sebagai layanan khusus PDF.

Di situs ini Anda bisa melakukan berbagai macam hal dengan file PDF, misalnya, mengecilkan ukuran PDF, mengubah file PDF, melakukan rotate pada PDF dan masih banyak lagi. Nah, di situs ini Anda juga bisa menggabungkan file PDF milik Anda jadi satu dengan mudah.

Caranya :

Langkah 1 : Buka terlebih dahulu situs SmallPDF.com kemudian klik Merge PDF

cara menggabungkan file pdf online

Langkah 2 : Setelah itu klik Choose File di kolom Upload >> kemudian pilih minimal 2 file PDF yang ingin Anda gabungkan.

menggabungkan pdf dengan drop pdf

Langkah 3 : Pilih opsi antara Page Mode atau File Mode (Disini saya pakai File Mode) kemudian klik Merge PDF

menggabungkan file pdf

Langkah 4 : Setelah proses penggabungannya selesai, Anda bisa menyimpan hasilnya langsung ke PC / Laptop Anda.

menggabungkan pdf dengan smallPDF

2. Menggabungkan PDF Online Tanpa Software Dengan PDFMerge

Sama seperti SmallPDF, PDFMerge merupakan salah satu situs yang dibuat sebagai layanan untuk kebutuhan yang berhubungan dengan PDF.

Baca : 10 Aplikasi Pembaca PDF Terbaik di Android

Bedanya, situs ini hanya didesain khusus untuk menggabungkan file PDF. Kelebihan dari situs ini adalah kita bisa memasukkan hingga puluhan PDF (Mungkin lebih) sekaligus menjadi satu. Ditambah penggunaannya juga sangat mudah. Cukup dengan beberapa kali klik, PDF sudah bisa digabung.

Caranya :

Langkah 1 : Pertama, buka terlebih dahulu situs PDFMerge.com
Langkah 2 : Klik Telusuri Files (Browse) >> Pilih PDF yang ingin Anda join. Ulangi berulang-ulang sampai seluruh kolom browse terisi (Minimal 2).

menggunakan merge PDF files untuk menggabungkan pdf

Langkah 3 : Klik Merge files kemudian tunggu proses penggabungannya.

tekan tombol merge files

Langkah 4 : Terakhir, Anda bisa menyimpannya langsung hasil merge tersebut ke PC atau Laptop Anda.

3. Cara gabung PDF dengan PDFMate

Sebagian dari Anda mungkin tidak asing lagi dengan PDFMate. Apalagi jika Anda sering berkutat dengan PDF. Dengan jumlah penggunaannya yang telah mencapai angka cukup banyak, PDFMate saat ini memang masih jadi salah satu aplikasi editor PDF populer.  Lewat aplikasi ini Anda bisa menggabungkan beberapa PDF yang Anda inginkan jadi satu.

Caranya :

Langkah 1 : Install terlebih dahulu software PDFMate. Anda bisa mendapatkannya secara gratis di situs www.pdfmate.com
Langkah 2 : Klik Add PDF dan centang Open Merger kemudian Tambahkan file PDF yang ingin Anda gabung (Minimal 2)

open merger

Langkah 3 : Jika seluruh PDF yang diinginkan sudah ditambah, cek pada bagian output file (Barangkali ingin dirubah). Jika sudah, klik Merge kemudian tunggu proses convertnya.

merge PDF PDFmate

Langkah 4 : Jika proses convert sudah selesai, Anda bisa langsung membuka PDF tersebut sesuai dengan pengaturan output file tadi.

4. Menyatukan PDF Dengan PDF Split&Merge

Seperti namanya, PDF Split and Merge, adalah sebuah software khusus untuk melakukan split (Memisah) atau merge (Menggabung). Selain PDFMate, software ini juga saya rekomendasikan karena penggunaannya yang mudah serta gratis untuk didapat. Untuk yang ingin coba, kita bahas disini.

Caranya :

Langkah 1 : Install terlebih dahulu Aplikasi IceCream PDF Split&Merge (Aplikasinya bisa didapat di pdfsam.org
Langkah 2 : Buka Aplikasinya, kemudian klik Merge

tombol merge PDF

Langkah 3 : Klik Add file kemudian pilih PDF yang Anda inginkan (Maksimal 3 PDF) :

klik add file

Langkah 4 : Pastikan posisi PDF sudah sesuai dengan yang diinginkan. Anda bisa menggantinya memakai tanda panah yang disediakan (Cek gambar dibawah) dan jika sudah, klik Merge. Jika sudah, Anda tinggal buka folder hasil merge tadi. Disana PDF yang baru sudah tersimpan.

tombol merge PDF split

5. Membuat file PDF jadi satu (Khusus HP Android)

Menyatukan file PDF di Android, saya pikir juga kadang cukup dibutuhkan. Terutama untuk orang yang lebih sering aktif di HP ketimbang di perangkat komputer. Sayangnya, untuk menggabungkan PDF di Android ini masih agak jarang dibahas. Karena waktu saya cek di Playstore juga aplikasinya masih sedikit.

Nah, sedikit bukan berarti tidak ada. Ada satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menggabung PDF Anda.

Caranya :

Langkah 1 : Install terlebih dahulu aplikasi PDF Utils di Playstore :

PDF Utils

Langkah 2 : Buka aplikasinya, kemudian klik Merge :

Merge PDFUtils

Langkah 3 : Pilih PDF Anda (Minimal 2), kemudian klik Create PDF :

create PDF

Langkah 4 : Beri nama PDF yang baru, kemudian klik OK.

nama PDF

Untuk proses mergenya tergantung dari size file PDF Anda. Namun menurut saya pribadi cukup cepat. Dan jika sudah berhasil di gabung, Anda bisa mengecek hasilnya melalui file manager di HP Anda.

Jadi cara yang mana yang paling Anda butuhkan?

Tutorial diatas sengaja tidak dibuat satu atau dua, melainkan 5 cara sekaligus (termasuk memakai HP Android). Alasannya, karena saya yakin walau tujuannya sama (Untuk gabung PDF), tapi cara yang Anda butuhkan pasti berbeda-beda.

Jika Anda punya pertanyaan atau ada yang tidak paham di salah satu poin, jangan sungkan untuk menanyakannya lewat kolom komentar dibawah ini. Semoga membantu.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *