cms adalah

Apa itu CMS ? Pengertian dan 6 CMS Terbaik Dalam Membuat Website

Pada kesempatan yang baik ini saya akan memberikan infromasi yang tak kalah menarik untuk kamu yang sedang memulai start up bisnis secara online. Dalam bisnis online melalui website atau blog pasti dibutuhkan sebuah hosting, domain, serta CMS.

Untuk hosting dan domain sudah saya buatkan artikel mengenai review penyedia web hosting terbaik di Indonesia. Meskipun beberapa penyedia domain dan hosting ada yang lebih mahal tetapi memiliki pelayanan yang baik, cepat dan ramah. Semuanya ada di tangan kamu dalam memilih penyedia hosting dan domain untuk bisnis online kamu.

Pengertian CMS

Untuk artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai CMS yang terbaik dan banyak digunakan oleh orang banyak. Sebelum saya memberikan daftar CMS terbaik, saya jelaskan apa itu CMS. CMS adalah kependekan dari Content Management System, secara luas CMS adalah Sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur keseluruhan tampilan, konten hingga system dari web atau blog itu sendiri.

Kelebihan CMS adalah kamu bisa mengetikkan isi website kamu tanpa kesulitan, karena sepintas dilihat CMS tampilannya seperti Ms. Word. Ada fitur Block, Italic, Underline maupun pengaturan lainnya. Bayangkan saja jika tidak ada CMS pasti kita akan kesulitan dalam mengelola sebuah website atau blog. Baik, langsung saja berikut daftar CMS terbaik yang banyak digunakan oleh blogger atau pengelola website.

CMS Terbaik

1. WordPress

WordPress pantas dijadikan nomor satu karena bisa dilihat dari banyaknya pengelola blog atau web yang menggunakan CMS ini. WordPress memberikan fitur yang sangat lengkap serta keamanan data yang baik.

belajar wordpress - CMS terbaik

Kemanan wordpress – Seorang penulis di suatu blog atau pun admin dalam mengelola sebuah blog diharuskan login terlebih dahulu. Hal ini tentu saja keamanan website atau blog sangat terjaga. Ditambah lagi di dalam wordpress kamu bisa menginstall plugin keamanan dalam memfilter komentar spam.

Anda bisa belajar panduan wordpress dengan cara klik buku di bawah ini :

belajar wordpress

Fitur wordpress dalam pembuatan artikel SEO – Sebuah blog tentu saja akan mendapatkan peringkat baik dimata google apabila memiliki atikel atau konten yang SEO serta bermanfaat untuk pembacanya. Untuk itu di dalam WordPress disediakan sebuah plugin bernama Yoast SEO yang berguna memberika nilai apakah artikel kamu SEO atau belum.

Masih ada banyak fitur unggulan di dalam wordpress, hal ini lah yang membuat wordpress dijuluki sebagai CMS terbaik dan paling banyak penggunanya.

2. Joomla

Joomla adalah CMS terbaik kedua setelah WordPress. Hal ini dilihat dari pengguna joomla yang memang dibawahnya wordpress. Jika kamu seorang pemula di awal pasti akan kebingungan saat memulai menggunakan joomla. Tapi jika sudah terbiasa semuanya menjadi mudah.

belajar joomla
joomla.org

Ketika pertama kali menggunakan joomla kamu bisa membaca dokumentasi dari forum atau ulasan official dari para pengguna CMS joomla. Seperti WordPress CMS ini menggunakan kode open source yang artinya bebas di gunakan. Selain itu, joomla juga sudah mendukung Database Mysql.

Keunggulan Joomla – Disediakan banyak fitur seperti template atau tema untuk menambah nilai SEO dan user friendly. Selain itu juga disediakan forum official para pecinta Joomla. Jadi jika kamu kesusahan bisa bertanya di forum tersebut. Silakan cari ulasan atau forum official Joomla tersebut.

Tapi, jika kamu membuat website menggunakan Joomla, kamu tidak dapat menggandakan situs seperti halnya WordPress (proses ini namanya multisite). Juga website yang dibangun dengan Joomla akan susah muncul di halaman terdepan hasil pencarian Google, meskipun sudah dibantu dengan tema yang tulisannya SEO Friendly.

Dan untuk urusan admin-peradminan, Joomla belum bisa menghandle-nya. Tidak seperti di WP yang memungkinkan kita mengatur siapa yang akan menjadi admin, siapa yang akan menjadi super admin.

3. Drupal

CMS terbaik ketiga adalah drupal, CMS ini bersifat opensource dan dirilis dalam lisensi GPL ( GNU Public Lisence ). CMS ini dibangun dan dikembangkan oleh Dries Buytaert dan pertama kali rilis pada Januari 2001. Selain itu, drupal juga memiliki komunitas di seluruh dunia yang selalu update dengan pengembangan pengembangan terbarunya.

belajar drupal
drupal.org

CMS Drupal mendukung pemasangan beberapa database, seperti MySQL, PostfgreSQL, MariaDB serta database yang lainnya. Selain mendukung database, web servernya juga mendukung Webserver seperti Apache, Nginx dan lain – lain.

Kelebihan Drupal – Bersifat open source dan bisa digunakan untuk membuat website portal web komunitas, forum diskusi, web perusahaan dan kegunaannya yang lainnya. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan. Menurut saya jika kamu baru memulai belajar CMS, kamu bisa mencoba memakai Drupal.

Namun dibalik semua kelebihannya, baik yang saya sebutkan di atas maupun yang tidak, ternyata tak sedikit kekurangan drupal. Diantaranya adalah yang paling mencolok adalah plugin-nya kurang banyak, tak seperti WordPress atau Joomla yang sampai kebanjiran plugin, baik yang gratis atau yang bayar.

Selain itu, drupal ini merupakan CMS yang “heavy” dan “complex” sehingga kita perlu lebih banyak resource server untuk menangani heavy-nya dan perlu banyak learning untuk menguasai semua fitur “complex”-nya.

4. Magento

Apabila Anda ingin memiliki sebuah website toko online tetapi tidak memiliki skill apapun di bidang pemrograman website, Magento adalah solusi terbaiknya. Magento adalah sebuah CMS yang didesain khusus untuk membangun sebuah toko online.

Magento merupakan CMS yang dikembangkan dengan menggunakan Zend framework oleh Varien. Saat ini Magento dimiliki oleh Magento Inc.

belajar magento
magento.com

Dirilis pada Mei 2008, Magento dibuat lebih fokus terhadap website toko online atau e-commerce. Fitur dan modul yang ditawarkan oleh salah satu CMS terbaik ini cukup lengkap bagi para pemula yang ingin membuat website toko online.

Selain itu, Magento juga dilengkapi fitur Multi-Store. Artinya, Anda bisa membuat lebih dari satu website e-commerce dalam satu admin panel. Jadi Anda tidak perlu repot login dengan berbagai akun karena satu akun saja sudah bisa membuat banyak website.

Saat ini Magento telah merilis dua versi, yaitu Professional Edition dan Enterprise Edition. Dengan kata lain, CMS Magento saat ini sudah mulai diperjual-belikan.

Kelebihan Magento cukup banyak, beberapa diantaranya adalah :

  • CMS yang mudah dikelola
  • Fitur yang ditawarkan cukup lengkap sehingga memudakan para pengguna
  • Install Magento bisa dengan offilne menggunakan web server, sebagai latihan menggunakan CMS Magento
  • Konsep Magento cukup rapi sehingga mudah dimaintenaince, dll

Tapi, Magento juga memiliki kekurangan, beberapa diantaranya adalah :

  • Untuk melakukan instalasi Magento, cukup rumit prosesnya
  • Banyak plugin Magento yang berbayar
  • Kinerja Magento lebih lambat jika dibandingkan dengan CMS lain
  • Ukurannya berat sehingga membuat boros pada hosting

Baca : 18 Tips Memilih Hosting Supaya Website Tidak Mudah Down

Nah, itulah pembahasan tentang salah satu CMS terbaik di dunia, yaitu Magento.

5. PrestaShop

belajar prestashop

Jika Anda sering berkecimpung dengan internet dan pembuatan website e-commerce, maka kemungkinan besar Anda tidak asing dengan yang namanya Prestashop. Ya, Prestashop adalah salah satu CMS (Content Management System) terbaik juga dalam pembuatan website toko online.

Ada banyak orang yang menggunakan Prestashop ini dalam membuat website jual belinya. Dan saat ini, Prestashop memiliki komunitas dengan jumlah anggota mencapai lebih dari 700.000 orang di dunia.

Berikut adalah kelebihan Prestashop :

  • Tampilan website toko onlinenya sudah responsive sehingga akan mudah jika dibuka melalui smartphone
  • Fitur yang disediakan oleh Prestashop cukup banyak
  • Terdapat versi trial atau demo yang membuat Anda bisa mencoba terlebih dahulu
  • Merupakan CMS terbaik dalam hal toko online pada tahun 2010 dan 2011, dll

Tapi, ada juga kelemahan Prestashop, apa saja ?

  • Kinerjanya lambat sehingga susah dimaintenaince
  • Cukup boros karena menggunakan resource memory yang banyak, apalagi kalau Anda menggunakan banyak fitur
  • Template yang gratis masih sedikit dan kurang bervariasi, dll

6. Opencart

belajar opencart
opencart.com

Opencart adalah sebuah CMS yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat dalam membuat website toko online. Anda tidak perlu menguasai bahasa pemrograman untuk website untuk membuat toko online. Karena dengan CMS terbaik yang satu ini, Anda bisa membuat web e-commerce hingga 100% jadi tanpa kemampuan pemrograman sedikitpun.

Opencart memiliki kelebihan, yaitu :

  • Loading yang dihasilkan cukup ringan
  • Tidak membingungkan, bahkan bagi pemula sekalipun
  • Fitur yang ditawarkan cukup lengkap
  • Terdapat versi trial
  • SEO nya cukup baik, dll

Kekurangan yang dimiliki oleh Opencart adalah :

  • Harganya cukup mahal

Itulah beberapa CMS terbaik yang digunakan banyak orang dalam membuat website. Yang mana CMS pilihan Anda ? Kirim di kolom komentar ya

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *