contoh search engine

10 Contoh Search Engine Terbaik Beserta Ciri Khas dan Kelebihannya

Internet memang mempunyai jutaan dar halaman web dan juga search engine. Apa itu search engine dan apa saja contoh search engine? Search engine menawarkan cara yang cepat untuk memperoleh sebuah informasi tertentu. Cara kerja dari search engine yang terkenal, seperti google.com yang memang sudah tidak asing lagi, dan menjadi salah satu search engine wajib, bagi pengguna internet.

Search engine adalah teknologi yang tidak akan lekang oleh waktu. Sekarang sudah banyak sekali macam macam search engine. Kecepatan pencarian search engine tentu akan terus meningkat.

Baca : Apa Itu Search Engine ? Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat Search Engine

Oleh sebab itu developer search engine, contohnya google, akan terus meningkatkan daya hardware, yang menjadi induk server dari mesin pencarian mutakhir ini. Dan setiap tahun, database tentu saja akan berkembang pesat dan akan memakan banyak hardware server.

10 Contoh Search Engine Terbaik

Search engine memang diciptakan sebagai website khusus, ditambah dengan teknologi buatan yang memiliki daftar atau kamus (list) dari berbagai laman web. Contoh search engine, memang sangat berguna pada penggunanya.

Namun setiap laman web search engine, tentu harus memiliki ‘server’, yang harus aktif 24 jam tanpa berhenti dan dapat diakses langsung oleh siapa pun pengguna Internet.

Beberapa  penggunaan dari search engine, sudah umum dipakai secara luas. Hal ini kemudian menjadi persaingan perkembangan dari beberapa search engine. Dibawah ini beberapa contoh search engine yang sudah terkenal di dunia:

1. Google

Google

Tentu saja, bagi para pengguna internet, tidak ada yang tidak kenal dengan search engine abadi yang satu ini. Google.com merupakan sebuah search engine yang paling besar. Google.com sendiri, merupakan search engine, yang tentunya paling banyak dipakai oleh beberapa user yang berada di seluruh dunia.

Oleh karena itu, tidak jarang bila google.com menjadi topic utama yang paling di rekomendasikan. Sampai detik ini, para user yang menggunakan Google.com memang mencapai nilai yang super fantastis. Google.com sendiri merupakan contoh search engine yang menjadi rekor terbesar di dunia.

Hampir miliaran pengguna di seluruh dunia, menggunakan mesin pencarian ini. Oleh sebab itu, google.com sendiri di fonis sebagai, mesin yang tahu segalanya, bahkan beberapa orang sempat melontarkan candaan bagi pengguna google.com dengan sebutan sarjana google.

Di Indonesia sendiri. Google sering disebut dengan julukan “Mbah Google”, karena hampir 90% menjadi sebuah solusi dari permasalahan mengenai Informasi modern atau klasik. Oleh karena itu, google dipastikan tidak akan lepas dari umat manusia.

2. Yahoo

macam macam search engine - Yahoo

Contoh Search engine yang kedua adalah yahoo! Search. Mesin pencarian pada internet ini, yang mungkin bisa saja menjadi alternatif bila google.com macet, dan salah satu solusinya adalah Yahoo Search. Pada awal- awal kemunculannya, yahoo search sendiri memang diperuntukan oleh beberapa kalangan untuk membuat sebuah, rumah dari alamat pesan elektronik atau email.

Dan dahulu fungsi yahoo mail, memang  hanya untuk mencari beberapa bookmark (sebuah penandaan dari sebuah berita, yang kita cari) yang memang ada dalam naungan internet. Oleh karena itu mesin pencarian Yahoo hanya mampu memunculkan hasil, yang berupa sebuah halaman yang memang sering kita tandai atau dibookmark.

Intinya hanya beberapa web saja yang. Seperti mengunjungi portal/ web berita. Meskipun sekarang yahoo.com bisa menjadi mesin pencarian alternatif sampai saat ini, yahoo.com sendiri tidak jarang di gunakan. Ada beberapa user yang memang nyaman dengan mesin pencarian ini.

Meskipun begitu segi penggunaan pada user dan juga sistem pencariannya masih sangat kalah jauh bila dibanding dengan kemampuan proses pencarian dari google.com. Salah satu yang menyebabkan hal tersebut, karena google.com lebih laku, sehingga google.com memiliki dana yang lebih luas dari yahoo.com.

Hal itu terbukti dari besarnya server yang dimiliki oleh google.com. Namun, perlu diketahui bahwa Yahoo! Sendiri memang sering dikenal, menjadi salah satu search engine atau mesin pencarian tertua yang pernah ada. Saat dahulu, banyak orang yang mengeluhkan, bahwa halaman utama dari Yahoo! search sendiri, memang tidak terlalu baik, untuk sekelas mesin pencarian.

Seiring berkembangnya zaman, Yahoo! Search, meningkatkan sistemnya, dan kerap menggunakan jasa Google.com untuk mencari sebuah informasi web. Dan juga kebutuhan info dari database google.com sendiri. Dan kini Yahoo! Search, sudah menyediakan beberapa fitur menarik, contohnya fitur pencarian dari yellow pages ditambah fitur peta atau map, dan terakhir Yahoo! Search juga sudah menyediakan fitur untuk pencarian gambar.

3. Bing

Bing

Contoh search engine ke 3 adalah Bing. Bila anda pengguna mozila firefox atau google chrome, maka anda bisa mengatur mesin pencarian Bing, sebagai mesin pencarian utama. Bing sendiri merupakan salah satu search engine lain yang memang saat ini, sudah mulai banyak penggunanya.

Bing sendiri merupakan hasil pengembangan MSN Search serta Live Search, sebagai program dibawah naungan induk Microsoft, yang merupakan salah satu raksasa kemajuan teknologi besar pada abad ini.  Namun, meski Bing ini, merupakan sebuah program yang sengaja dikembangkan oleh pihak Microsoft, Bing sendiri belum bisa menyaingi para pengguna Google.com, dalam segmen earch engine

Bila dilihat perkembangannya Bing, merupakan contoh search engine milik Microsoft, yang selalu berkompetisi dengan Google.com. Dan tidak menutup kemungkinan bila Bing, akan mampu mengalahkan Google.com, bila sokongan dana server memadai.

4. Ask

ask

Kehadiran Ask.Com memang tercatat baru dan merupakan sebuah contoh search engine lainnya. Ask.com ini, salah satu mesin pencarian atau search engine, yang lahir tahun 1996 dan kini mulai kembali naik.

Diciptakan oleh dua manusia berbakat bernama, Gerret Gruener serta juga David Warthen, ask.com tampaknya sudah menemukan beberapa pengguna setia di internet seluruh dunia. Search engine pada ask.com terdiri dari tiga hal utama, yaitu:

  • Crawler atau biasa disebut spider, memang merupakan sebuah program yang akan bertugas dalam mencari sebuah halaman web yang berada di internet. Mirip dengan fungsi laba- laba, dalam menyebarkan  keseluruhan jaringnya dan juga akan secara detail merayap ke koneksi Internet atau browser, dalam mengumpulkan sebuah informasi web yang dicari.
  • Laba- laba tentu akan kembali ke sarangnya, dalam artian kembali ke halaman utama dari web search engine, memaparkan semua informasi yang dibutuhkan dari browser atau software index yang kita pakai. Bila terdapat perubahan halaman web, atau website tersebut non- aktif, maka laba- laba tersebut terus mencari ke bagian sudut internet untuk memperbaiki isian index dari search engine
  • Index atau disebut juga dengan database, merupakan bagian terpenting dalam search engine. Index ini mirip dengan direktori telepon yang terdiri dari jutaan list halaman web. ketepatan isi index ini tergantung seberapa sering index ini diupdate dan penampilan crawler yang mengumpulkan informasi.
  • Tool search, biasanya berupa kolom kotak, yang terdapat pada halaman utama search engine, contoh searh engine tool pada google, terletak di halaman utama dan berkolom besar, disitu anda bisa mencantumkan beberapa keyword yang memang akan dicari.

5. MSN

MSN - Contoh search engine terbaik

Microsoft Network atau perusahaannya Bill Gates, mencoba menciptakan mesin pencarian yang menemani internet Explorer. Dengan perkembangannya, contoh search engine ini, mampu mencari peta, yellow pages, white pages, sering pula untuk pencarian pekerjaan dan beberapa aset properti serta bisnis.

Oleh karena itu, bila keyword yang memang dituliskan oleh anda, sangat tidak sesuai dan tidak berhasil, maka dipastikan index dalam search engine tersebut tidak lengkap.

Oeh karena itu, beberapa search engine akan berlomba- lomba meningkatkan kredibilitasnya untuk sebuah inputan. Dan faktanya beberapa developer search engine, kerap memasukan beberapa pekerja untuk melakukan pekerjaan ini.

Beberapa fungsi dan juga manfaat yang biasanya digunakan oleh search engine MSN untuk kebutuhan informasi bagi kita diantaranya:

  • Search engine MSN digunakan, dimana kebanyakan orang, akan mendapatkan kebutuhan akan sesuatu dalam via internet.
  • Sebagian pengguna yang memanfaatkan mesin pencari, faktanya tidak pernah untuk melewatkan tiga dan dua halaman yang terdapat dari search engine.
  • Informasi yang dapat di akses dengan mudah , oleh semua kalangan, baik itu dalam degri ataupun luar negeri.
  • Search engine MSN tentu akan memudahkan kinerja masyarakat dalam mencari informasi di internet, terutama pengguna internet explorer.

6. Aol

Aol

Bergerak dalam jasa internet serta telekomunikasi, menjadikan Aol.com sangat baik di tahunnya. Tahun 1983 Virginia, adalah kelahiran dari search engin tipe ini, dan dikembangkan oleh perusahaan Control Video Corporation. Aol.com merupakan contoh search engine yang mempunyai fitur simpel.

Penggunaan dari teknologi internet, membuat Aol.com mengembangkan beberapa server. Dan diharapkan untuk mengubah suatu kehidupan bagi beberapa kaum penikmat internet. Banyaknya pemanfaatan yang dihasilkan dari internet, menjadi kunci didirikannya Aol.com, untuk menemani sehari- hari.

Fitur pemanfaatan search engine aol.com akan membantu, dalam mencari web tertentu. Search engine Aol.com tentu menjadi fitur yang selalu digunakan, dan sudah menjadi standar fitur dalam penggunaan pc atau laptop tahun 90an.

Dan dengan adanya beberapa fitur pilihan pada gadget kita saat ini, maka Search engine Aol.com akan dapat digunakan setiap saat dalam kebutuhan kita.

Ketika melakukan sebuah pencarian dalam sebuah search engine Aol.com, maka kita akan dipertemukan dengan hasil yang sangat beravariasi, seperti link, beberapa file contohnya PDF dan juga word. Beberapa kemampuan lain tentu akan menjadi beberapa hal yang menarik.

7. Blekko.com

Blekko.com salah satu contoh search engine dan di produksi oleh International Business Machines. Blekko sendiri, berdiri pada November 2010. Tentunya search engine blekko.com, cukup simple dan juga mudah dipahami. Search engine ini merupakan mesin pencari, yang akan berkinerja dengan sebuah software dan beberapa program komputer.

Search engine ini, biasanya sudah tersingkronisasi untuk menencari beberapa data, serta berkas yang kita butuhkan. Oleh karena itu server untuk search engine Blekko.com cukup besar. Meskipun tidak seperti google, yang memiliki gudang server besar.

Search engine blekko.com tidak akan kalah, karena menjadi sebuah program multifungsi, dan mengikuti kemajuan teknologi zaman. Bahkan pihak elit pun tidak akan terlepas dari sebuah search engine ini, yang digunakan untuk sebuah informasi. Maka dari itu, pelacakan tentu akan sangat mudah dilakukan oleh pihak- pihak tertentu.

8. Wolframalpha

Wolframalpha

Wolfram Alpha adalah search engine yang dikembangkan Wolfram Research,  didirikan oleh Stephen Wolfram sendiri. Dengan slogan “Making the world’s knowledge computable” search engine ini cukup terkenal. Situs ini lahir pada 18 Mei 2009.

Bagaimana konsep kerja dari search engine Wolframalpha itu sendiri? Memang fitrahnya sebagai sesosok manusia modern yang haus informasi, seperti saat ini, kita tidak hanya membutuhkan sekadar search engine saja.

Pada umumnya, cara bekerjanya sebuah search engine Wolframalpha, memang sangat mirip, layaknya penggunaan sebuah perpustakaan digital atau elektronik. Kita hanya tinggal memasukan sebuah nama buku, setelah itu seluruh data tentu akan muncul.

Dan data tersebut berasal dari database. Perbedaannya search engine Wolframalpha, akan tersambung terlebih dahulu ke berbagai server yang dibutuhkan dan juga sudut- sudut database yang berada di seluruh dunia. Dan hal itu dibutuhkan untuk mendapatkan beberapa pilihan dan juga hasil yang akan direkomendasikan dari setiap search engine.

Saat hasil dari sebuah pencarian ditampilkan, maka anda bisa lihat keterangan singkat yang akan menunjukan kesimpulan link dari website yang anda cari. Bila isinya, memang sesuai dengan apa yang Anda cari, maka anda dapat meng- klik link yang anda butuhkan tersebut.

9. DuckDuckGo

DuckDuckGo

Duck Duck Go salah satu contoh search engine, dengan mengutamakan perlindungan (protection) privasi dari user, sebagai pencari. Dengan slogan “The search engine that doesn’t track you” search engine ini sangat aman di gunakan. Gabriel Weinberg adalah orang yang meluncurkan situs ini, pada 25 september 2008.

Terdapat dua kriteria, untuk pemberian dari hasil pencarian DuckDuckGo, yang memang akan dilakukan oleh metode search engine, diantaranya :

  • Relevansi yang menentukan antara keyword dan isi yang terdapat pada halaman web terkait.
  • Banyaknya orang yang mengunjungi web tersebut.
  • Dari kriteria tersebut, maka search engine DuckDuckGo akan mampu untuk melayani kebutuhan anda, dalam menampilkan halaman random yang sesuai dengan topic atau keyword yang dicari.

Fungsi lain search engine DuckDuckGo pada sebuah browser, tentu saja adalah untuk memudahkan kita mencari setiap informasi yang dibutuhkan, secara lebih detail. Dengan memasukkan suatu keyword atau topic yang kita butuhkan, maka beberapa search engine akan berbeda kepintaran dan kecepatannya.

Baca : 18 Browser Android Terbaik, Tercepat dan Tidak Boros Untuk Digunakan

10. WayBackMachine

Wayback Machine adalah search engine dengan fungsi digital archive websites serta informasi dalam situs  internet. Diluncurkan oleh Internet Archive, yang merupakan lembaga non profit di San Fransisco, dan juga California, Negara Amerika Serikat.

Beberapa kecepatan search engine, seperti yang dimiliki WaybackMachine.com, memang tergantung dari kapasitas server yang dimiliki oleh sebuah developernya. Sampai detik ini, disamping Google.com, Yahoo.com, Bing.com, MSN.com, juga Ask.com, dan yang lainnya, memang terdapat beberapa search engine lain yang dalam tahap pengembangan.

Dan contoh search engine diatas, memang untuk beberapa keperluan khusus. Sebagai pengguna internet, tentu saja anda dapat menggunakan search engine yang anda suka, terlebih lagi untuk mengisi kejenuhan menggunakan search engine bawaan.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *