manfaat ftp

Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan, Contoh, Manfaat dan Cara Kerja FTP

Mengenal Lebih Dalam Tentang FTP. FTP Adalah ?

Bagi anda yang sangat menyenangi bidang IT, tentunya istilah FTP yang merupakan singkatan dari File Transfer Protocol sudah menjadi istilah yang tidak asing bagi anda. Namun tahukah anda apa itu FTP ? Sangat disayangkan jika anda tahu istilah File Transfer Protocol (FTP) namun anda tidak tahu fungsi, cara kerja dan lain-lain. FTP adalah salah satu protokol tertua di internet.

Apa Itu FTP ?

File Transfer Protocol / FTP adalah suatu layanan yang di sediakan agar file dalam suatu network atau jaringan dapat saling bertukar file dan informasi yang menggunakan koneksi TCP dengan port 21. Dalam File Transfer Protocol (FTP) ada dua hal penting yang wajib untuk di ketahui bersama. Yang pertama adalah FTP server dan yang ke dua adalah FTP client.

FTP server  berfungsi untuk memberikan layanan yang di sediakan agar file dapat saling bertukar informasi jika File Transfer Protocol (FTP) tersebut menerima permintaan dari client FTP. Sedangkan FTP cilent bertugas untuk meminta koneksi kepada File Transfer Protocol (FTP) server dengan tujuan agar antar file dalam FTP dapat saling bertukar informasi.

FTP server memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Melakukan pembagian data
  2. Menyediakan layanan untuk melakukan implicit remote computer
  3. Menyediakan layanan sebagai tempat penyimpanan bagi pengguna komputer
  4. Menyediakan layanan untuk melakukan transfer data yang efisien dan reliable.

Pertukaran data dan informasi merupakan hal yang sangat penting dalam satu komputer, jika tidak ada pertukaran file dan informasi maka anda tidak akan dapat melakukan unggahan, unduhan, menonton video, membaca informasi dan melakukan hal penting lainnya. Oleh karena itu peran File Transfer Protocol (FTP) sangat dibutuhkan dalam satu komputer.

Berdasarkan hak akses, File Transfer Protocol (FTP) dibagi menjadi dua, yaitu FTP user dan FTP anonymous. Pada FTP user, File Transfer Protocol (FTP) hanya dapat di gunakan oleh pengguna komputer yang memiliki izin saja, jadi tidak sembarangan orang bisa mengakses data pada File Transfer Protocol menggunakan FTP user ini.

Sedangkan anonymous FTP adalah File Transfer Protocol (FTP) yang dapat diakses oleh siapapun, karena dengan menggunakan FTP anonymous, pengguna komputer dapat mengakses data tanpa menggunakan identitas diri, bebas dari password. Kalaupun ada password yang di minta oleh FTP anonymous maka itu adalah password untuk melakukan verifikasi pada FTP anonymous.

Pengertian FTP

File Transfer Protocol atau yang biasa disingkat dengan FTP adalah salah satu protokol yang ada dalam internet yang di gunakan untuk melakukan transfer data, file dan informasi yang terdapat dalam suatu jaringan komputer. Contohnya adalah ketika anda mengunggah file dan mengunduh file, semua hal itu dapat dilakukan atas bantuan File Transfer Protocol (FTP).

apa itu ftp

Uniknya File Transfer Protocol atau FTP bisa diatur mejadi layanan yang dapat digunakan oleh banyak orang, sehingga semua orang dapat mengakses data dalam suatu komputer degan mudah. Tetapi jangan khawatir, File Transfer Protocol atau FTP memiliki keamanan yang sudah tidak di ragukan lagi, hanya client  yang terdaftar dan memiliki izin saja yang dapat mengaksesnya.

Dalam menggunakan File Transfer Protocol (FTP), ada beberapa syarat yang harus di penuhi, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pengguna komputer harus memiliki informasi yang cukup dan memadai tentang File Transfer Protocol (FTP) server agar dapat terhubung dengan komputer. Informasi yang wajib di ketahui itu di antaranya adalah :
  • Username dan password, hampir semua akun bahkan akun game sekalipun harus memiliki username dan password. Dalam File Transfer Protocol (FTP), username dan password di gunakan untuk mengakses data agar client yang lain dapat mengetahui informasi siapa yang melakukan akses tersebut. Namun ada juga beberapa FTP server yang tidak menyediakan username dan password, sehingga pengguna komputer dapat mengakses data secara anonim.
  • Alamat FTP server. Bentuknya sangat mirip dengan alamat domain yang di gunakan dalam website, serupa namun tak sama. Jika website menggunakan alamat domain yang di awali dengan ; http ; dan https maka FTP diawali dengan ftp. Contohnya adalah ftp.jikadiamemilihmu.com atau ftp://.jikadiamemilihmu.com. Dan FTP juga memiliki IP Address seperti halnya website.
  1. Komputer yang di miliki oleh pengguna komputer harus mempunyai FTP Client yang sudah terinstal. Salah satu contoh FTP client adalah FileZilla.

Dalam menggunakan File Transfer Protocol (FTP), proses untuk melakukan pengiriman data dapat di lakukan dengan tiga metode, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Metode compressed : pada metode ini, data yang akan di kirim dapat di kompres dengan menggunakan algoritme, biasanya algoritme yang di gunakan adalah Tun-length encoding.
  2. Metode stream : pada metode stream, data yang akan di kirim akan secara otomatis di kirim secara berkelanjutan atau data tersebut secara otomatis akan di kirim secara terus menerus. Uniknya pada metode ini, seluruh yang akan di proses di serahkan kepada TCP sehingga File Transfer Protocol tidak melakukan apapun.
  3. Metode block : sesuai dengan namanya, maka dalam metode block, data yang akan di kirim di bagi dalam beberapa kelompok, yaitu block data field, block header dan block count. Setelah data tersebut di bagi dalam beberapa kelompok, barulah data tersebut dapat di kirim melalui TCP.

Pada saat sedang berlangsungnya proses pengiriman data dan informasi, maka ada empat representasi data yang dapat di gunakan dalam File Transfer Protocol atau FTP adalah  sebagai berikut :

  1. Mode EBCDIC, pada mode ini proses pengiriman dan pertukaran data menggunakan EBDIC.
  2. Mode lokal, mode ini adalah mode yang menarik, karena mode ini dapat di gunakan untuk melakukan pengiriman dan pertukaran data apabila terdapat dua komputer yang saling identik, sehingga komputer-komputer tersebut tidak memerlukan konversi data ke ASCII lagi.
  3. Mode Image atau di sebut juga dengan binary mode. Pada mode ini maka mesin pengirim data akan mengirim informasi atau data dalam setiap byte nya, dan setelah mendapatkan data, penerima dapat menyimpan byterstream.

Fungsi FTP

pengertian ftp

File Transfer Protocol (FTP) memiliki banyak fungsi yang sangat menguntungkan bagi pengguna komputer, beberapa fungsi FTP adalah sebagai berikut :

  1. Pengguna komputer dapat melakukan pertukaran informasi ataupun file antar komputer dengan langkah yang tentunya tidak susah, sebesar apapun file itu, file itu akan tetap dapat di pertukarkan.
  2. File Transfer Protocol (FTP) juga sangat menguntungkan bagi pengguna akun website. Dengan adanya File Transfer Protocol (FTP) maka pengguna website dapat melakukan pencadangan data website mereka dengan jalan dan langkah yang mudah.
  3. Pada saat melakukan perpindahan atau pengiriman data dan informasi, apabila koneksi terputus di tengah-tengah perjalanan, anda tidak perlu khawatir karena data tersebut tidak akan hilang.
  4. File Transfer Protocol (FTP) menyediakan fasilitas bagi pengguna komputer agar dapat melakukan pengiriman data dan informasi secara dua arah. Misalnya ketika File Transfer Protocol (FTP) di gunakan dalam suatu kampus, maka seorang dosen dapat mengirimkan file kepada asisten dosen ataupun mahasiswa, dan sebaliknya seorang asisten dosen atau mahasiswa juga dapat mengirim balik file dan data tersebut kepada dosen.
  5. Data yang di transfer menggunakan File Transfer Protocol (FTP) dapat berjalan dengan lebih efisien. Karena jika ingin mengirim data atau file, pengguna komputer tidak perlu melakukan atau melewati langkah-langkah yang rumit.
  6. Pengguna juga dapat memanfaatkan File Transfer Protocol (FTP) secara indirect maupun implict remote computer.
  7. Dengan memanfaatkan File Transfer Protocol (FTP) maka pengguna dapat melakukan pengiriman data dan file yang teratur atau terorganisir.
  8. File Transfer Protocol (FTP) juga berfungsi untuk melindungi pengguna komputer dari berbagai sistem file storage antar host yang saling bertukar informasi.

Kelebihan dan Kekurangan FTP

Kelebihan dan kekurangan FTP adalah sebagai berikut :

  • File Transfer Protocol (FTP) mempunyai sistem keamanan enkripsi terhadap jaringan yang digunakan, sehingga anda tidak perlu khawatir jika data anda diretas.
  • Pada File Transfer Protocol (FTP), data yang di kirimkan tidak akan hilang ataupun dihapus oleh komputer ataupun perangkat elektronik lain.
  • Verifikasi yang di lakukan untuk menggunakan File Transfer Prtocol (FTP) hanya ada dua langkah dan memerlukan software yang mudah untuk digunakan. Dan untungnya, di software tersebut sudah ada petunjuk untuk melakukan verifikasi.
  • File Transfer Protocol (FTP) dapat di gunakan untuk melakukan pertukaran informasi dan file antar komputer dengan langkah yang tidak rumit dan tentunya di lengkapi dengan sistem keamanan yang baik.
  • File Transfer Protocol (FTP) dapat di manfaatkan untuk melakukan back up atau pencadangan data dan file serta melakukan restore pada data website dengan begitu mudah.
  • Langkah yang di gunakan untuk melakukan transfer sangat mudah dan efisien.
  • Pengguna komputer dapat memanfaatkan File Transfer Protocol (FTP) untuk melakukan implicit remote computer ataupun indirect computer.

Selain memiliki kelebihan, File Transfer Protocol (FTP) juga memiliki kekurangan, kekurangan FTP adalah sebagai berikut :

  1. Jika tidak menggunakan sistem keamanan enkripsi, maka File Transfer Protocol (FTP) kurang aman di gunakan untuk melakukan transfer atau pengiriman data.
  2. Desain yang di gunakan dalam File Transfer Protocol atau FTP tidak begitu kuat, sehingga para administrator tidak mendapatkan informasi yang berhubungan dengan risiko yang akan di hadapi oleh administrator.
  3. Kemudahan serta keamanan penggunaan File Transfer Protocol (FTP) sering terjadi kesalahan dalam menyampaikan informasi sehingga administrator akan sulit memahami informasi yang di terima.

Cara Kerja FTP

Jika anda pernah melakukan unggahan, unduhan, dan lain sebagainya, maka apakah anda pernah berpikir bagaimana hal itu bisa terjadi dan bagaimana prosesnya. Metode yang di gunakan dalam File Transfer Protocol atau FTP adalah metode autentikasi standar, dengan menggunakan metode ini maka pengguna komputer memerlukan username dan password untuk bisa mengakses data.

ftp adalah

Dengan adanya username dan password yang di sediakan oleh File Transfer Protocol (FTP) ini, maka pengguna komputer dapat dengan leluasa mengakses file dan data yang terdapat di dalam nya, sehingga pengguna komputer itu mampu untuk memindahkan, melakukan penyalinan, membuat, atau bahkan pengguna komputer juga memiliki kuasa untuk menghapus direktori yang terdapat di dalamnya.

Jika berbicara mengenai cara kerja File Transfer Protcol (FTP), maka sebelum terjadinya pertukaran data, File Transfer Protocol client terlebih dahulu harus melakukan permintaan koneksi terhadap File Transfer Protocol (FTP) server. Jika FTP client telah terhubung dengan FTP server, barulah File Transfer Protocol client dapat melakukan aktivitas yang kerap kali anda lakukan.

Jika anda masih belum terlalu mengerti apa saja yang di maksud dengan aktivitas yang sering di lakukan, maka aktivitas tersebut adalah aktivitas seperti unduhan file dan data, unggahan file dan data dan lain sebagainya. Perlu untuk di ketahui bahwa File Transfer Protocol atau FTP dapat bekerja dalam metode aktif dan juga metode pasif.

Pada metode aktif, client dapat mengetahui koneksi data yang nantinya akan datang dari server pada port M. Setelah itu client akan melakukan transfer File Transfer Protocol (FTP) command portal yang berfungsi agar server dapat menerima informasi file atau data tersebut. Kemudian server akan memasukkan data ke client yang berasal dari port 20/ port FTP server.

Sedangkan metode pasif di gunakan apabila client sedang di balik firewall atau lebih mudahnya client sedang tidak bisa menerima dengan baik  koneksi TCP yang datang. Dalam metode ini, para client dapat menggunakan kontrol koneksi agar client dapat melakukan pengiriman perintah PASV kepada server, sehingga alamat IP server , alamat server serta nomor port server akan di terima dengan baik.

Contoh FTP

Setelah mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan File Transfer Protocol (FTP), maka anda juga harus mengetahui contoh aplikasi FTP. aplikasi File Transfer Protocol (FTP) ada yang berbasis graphic / GUI (Graphical User Interface) dan ada juga yang berbasis teks (DOS). Berikut adalah contoh aplikasi File Transfer Protocol Server dan contoh aplikasi File Transfer Protocol.

  1. Aplikasi File Transfer Protocol Server
  • Vsftpd
  • IIS
  • Proftpf
  1. Aplikasi File Transfer Protocol Client
  • WsFTP
  • GetFTP
  • CuteFTP
  • SmartFTP
  • File Zilla
  • Fire FTP

Manfaat FTP

 

Manfaat yang dapat diperoleh dari FTP adalah sebagai berikut :

  1. File Transfer Protocol (FTP) dapat memberikan layanan pengiriman data yang lebih efisien sehingga anda tidak perlu khawatir dengan kerumitan pertukaran data apabila menggunakan protokol lain.
  2. Dengan File Transfer Protocol (FTP) maka anda tidak perlu khawatir lagi dengan file dan data yang berukuran besar, sebesar apapun data itu anda tetap dapat melakukan pertukaran dan pengiriman data.
  3. Dengan memanfaatkan File Transfer Protocol (FTP) maka anda dapat melakukan implicit remote computer ataupun indirect computer.
  4. Uniknya ternyata File Transfer Protocol (FTP) juga dapat bermanfaat bagi pengguna website. Dengan menggunakan File Transfer Protocol (FTP) maka anda dapat melakukan back up data website dengan langkah mudah.
  5. Dengan menggunakan File Transfer Protocol (FTP), maka penggunanya dapat melakukan pertukaran informasi, data dan file secara dua arah.
  6. Proses perpindahan file, data dan informasi tidak akan hilang apabila sambungan atau koneksi internet terputus, artinya setelah koneksi internet terhubung kembali maka proses perpindahan data dan file akan berlanjut kembali.
  7. File Transfer Protocol atau FTP dapat dimanfaatkan untuk pertukaran data yang lebih mudah dan teratur, sehingga anda tidak perlu khawatir data yang di transfer mengalami kekacauan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *