6 Kelebihan / Keuntungan Menjadi Seorang Programmer

Dunia teknologi semakin lama semakin berkembang. Perkembangannya pun sangat cepat dan pesat. Hal itulah yang menyebabkan beberapa aplikasi  (mobile atau desktop) maupun website juga ikut berkembang seiring berjalannya waktu. Padahal, aplikasi dan website itu dibuat oleh sang programmer.
 
Sebelum itu, saya jelaskan tentang pengertian programmer secara garis besarnya saja bagi Anda yang belum tahu apa itu programmer.

Apa itu Programmer, Pengertian Programmer ?

kelebihan menjadi seorang programmer
 
 
Programmer merupakan sebuah profesi yang bertugas untuk membuat aplikasi mobile serta desktop maupun website dengan menyusun beberapa bahasa pemrograman berdasarkan logaritma dan logika yang ia miliki.
 
Profesi ini termasuk profesi yang cukup keren dan membanggakan karena tidak semua orang bisa menjadi seorang programmer. Dibutuhkan pengorbanan yang cukup besar untuk menjadi ahli di bidang yang satu ini.
 
Banyak sekali orang yang ingin menjadi seorang programmer, karena programmer ini memiliki beberapa kelebihan yang menurut mereka itu merupakan kelebihan atau keuntungan yang jarang ditemukan pada profesi lain selain programmer.
 
Namun, banyak juga orang yang tidak ingin memilih programmer sebagai profesinya, dikarenakan menurut mereka, programmer juga memiliki kekurangan.


Baca : 5 Alasan Mengapa Programmer Kurang Diminati Banyak Orang (Kekurangan Menjadi Seorang Programmer)

 
Tak usah panjang lebar, langsung saja saya bahas beberapa kelebihan / keuntungan menjadi seorang programmer…
 

1. Bisa Mengasah Ketelitian Anda

Menjadi seorang programmer berarti Anda dituntut untuk membuat program aplikasi / software. Bisa saja games, website, dan lain-lain. Nah, ketika Anda sedang membuat, pastinya tidak langsung jadi. 
 
Anda harus mengalami kegagalan seperti salah penulisan syntax. Bahkan programmer  terhebat di dunia yang hebat pun bisa saja mengalami kesalahan ketika membuat program.
 
Nah, pada saat itulah Anda dituntut oleh diri Anda sendiri untuk meneliti kesalahan apa yang telah Anda perbuat dalam membuat program aplikasi. Secara tidak langsung, kemampuan Anda dalam hal ketelitian akan terasah dan lama-kelamaan akan bertambah seiring berjalannya waktu.
 
Karena ketelitian merupakan unsur penting dalam dunia pemrograman. Sebenarnya tidak hanya pada dunia pemrograman (programming) saja, tetapi pada bidang lainnya. 
 
Namun, untuk dunia pemrograman, ketelitian itu wajib dimiliki oleh semua programmer karena itu merupakan kelebihan yang tidak terhingga.
 
Nah, untuk kamu yang ingin menguasai bahasa pemrograman dengan mudah, saya sarankan membaca panduan ini.


Baca : 6 Cara Agar Bisa Menguasai Bahasa Pemrograman [Studi Kasus]

2. Tidak Gaptek

Ini merupakan keuntungan menjadi seorang programmer. Jika menjadi seorang programmer pasti hampir setiap hari menggunakan PC. Pastinya, Anda suka dengan yang namanya teknologi. 
 
Sementara itu, seiring berjalannya waktu, teknologi pasti akan terus berkembang. Seorang programmer pasti cepat mengetahui informasi perkembangan teknologi sebelum orang awam yang mengetahuinya.
 
Selain itu, pada bahasa pemrograman juga semakin lama semakin diperbaharui dan dikembangkan oleh sang developernya sehingga mengalami perubahan struktur (syntax) pada bahasa pemrogramannya. 
 
Hal itu membuat seorang programmer mau tidak mau harus mengikuti cara penulisan bahasa pemrograman yang baru. Hal itu membuat programmer tidak gaptek.


3. Logika Programmer Terasah Dengan Baik

Inilah kelebihan atau keuntungan yang ketiga menjadi seorang programmer. Pada dasarnya, pekerjaan yang dilakukan oleh programmer itu cukup mengasah logika. 
 
Menjadi programmer itu dibutuhkan kemampuan logika yang cukup baik. Karena di setiap kode program bahasa pemrograman, sangat diperlukan logika yang kuat untuk menyelesaikan masalah.

keuntungan menjadi programmer : logika terasah
 
 
Programmer itu harus bisa menjadi problem solver atau pemecah masalah. Umumnya, dalam memecahkan masalah, seseorang menggunakan logika. Hal itu sama dengan programmer, membutuhkan logika agar bisa memahami alur dan logaritma dari penulisan sintaks bahasa pemrograman (coding).
 

Nah, bagi Anda yang ingin berkuliah dengan memilih jurusan komputer (IT), tetapi tidak tahu jurusan apa yang cocok untuk Anda, Anda bisa baca artikel tentang perbedaan jurusan komputer ini.


Baca : Apa Perbedaan Jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Teknik Komputer ?

 

4. Kemungkinan Lebih Bisa Mengatur Kondisi Keuangan Dengan Baik

Keuntungan menjadi seorang programmer yang selanjutnya yaitu bisa mengatur kondisi keuangan dengan baik. Mengapa demikian ? Karena siklus hidup programmer itu jarang keluar rumah, tetapi hampir setiap harinya melihat PC dan membuat program dengan bahasa pemrograman.

kelebihan programmer : pandai mengatur keuangan
 


Dengan begitu, secara tidak langsung seorang programmer  telah menghindari diri dari keborosan dan menghambur-hamburkan uangnya dan lebih memilih untuk membuat program.


Baca : Berapa Bahasa Pemrograman yang Harus Kamu Kuasai ?

 
Dengan menguasai bahasa pemrograman, maka Anda bisa menjadi seorang progammer. Bahasa pemrograman merupakan unsur yang sangat penting bagi programmer karena dengan bahasa pemrograman, seorang programmer bisa melaksanakan tugasnya yaitu membuat sebuah program maupun website.
 

5. Terlihat Keren

Sebenarnya ini bukan sepenuhnya keuntungan menjadi seorang progammer. Tetapi, banyak orang yang ingin menjadi seorang programmer karena kelebihan yang satu ini. Banyak orang yang ingin terlihat keren ketika menjadi seorang  programmmer.

keuntungan programmer : terlihat keren
 
 
Memang, alasan tersebut tidak sepenuhnya misleading. Tetapi, tidak sepenuhnya benar juga apabila ketika kita mengejar suatu profesi karena alasan gengsi. Biasanya orang-orang yang seperti ini lebih cepat tidak tahan dengan cobaan dan ujian yang dihadapi pada jurusan atau profesi tersebut .
 
Banyak yang ingin menjadi seorang programmer karena menurut mereka, menjadi seorang programmer dinilai memiliki banyak keuntungan. Namun jika Anda tidak memiliki hal di bawah ini, hampir mustahil Anda bisa menjadi seorang programmer, apalagi menjadi programmer yang disenangi atasan.
 

Baca : 6 Hal Yang Harus Dikuasai Oleh Seorang Programmer Agar Disenangi Atasan

6. Terlihat Jago Dalam Komputer

Banyak orang awam yang jika sudah mendengar kata programmer, dia pasti beranggapan bahwa seorang programmer itu memiliki kemampuan tak terbatas dalam bidang komputer dan teknologi. Banyak juga orang awam yangmeminta tolong kepada seorang programmer untuk membetulkan printernya.
 
Sebelum saya lanjutkan, sedikit saya koreksi…
 
Bahwa seorang programmer itu tidak sepenuhnya ahli dalam dunia komputer. Memang, programmer itu dalam kerjanya selalu berhubungan dengan komputer. Namun, bukan berarti dia menjadi pakar dalam bidang komputer.

keuntungan programmer : dianggap ahli komputer
 
 
Kalau dilihat dari namanya, “programmer” merupakan gabungan dari kata “program” dan “er” (kalau dalam bahasa inggris, kata “er” bisa diartikan sebagai pelaku atau yang melakukan).
 
Nah, dalam dunia IT program itu bisa kita artikan sebagai perangkat lunak (software) atau aplikasi. Jadi, programmer adalah seseorang yang bertugas untuk membuat sebuah program.
 
Intinya seperti itu…
 

Contoh Program Itu Seperti Apa ?

Banyak sekali contoh program (software) yang ada pada PC maupun smartphone kita. Nah, yang membuat aplikasi tersebut adalah sang programmer itu sendiri. Contoh programnya ya bisa game, aplikasi pengolah kata, aplikasi keuangan, website, dan lain-lain.
 
Sebenarnya, website itu lebih sedikit berbeda dengan aplikasi lainnya. Kenapa ? Karena untuk mengakses website, perangkat keras Anda harus terkoneksi dengan internet. Dan keistimewaan website yang lain itu memiliki domain. Contoh domain itu “makinrajin.com”.
 
Selain itu, website itu diakses lewat browser…
 
Bagi Anda yang tertarik dalam membuat website, atau yang sering dikenal sebagai web developer / web programmer / web design, silahkan baca artikel di bawah ini supaya Anda mengenal dunia website beserta apa saja yang harus dikuasai dalam membuat sebuah website.
 

Baca : 5 Hal Yang Harus Dikuasai Untuk Belajar Web Programming / Web Design

 
Untuk membuat website, sangat diperlukan hal-hal yang ada pada artikel di atas. Untuk itu, sangat penting bagi Anda yang ingin membuat website untuk membaca artikel tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *