pekerjaan yang banyak dicari

8 Daftar Pekerjaan yang Banyak Dicari dan Menjanjikan di Masa Depan

Artikel ini merupakan artikel guest blog dari mas Akbar Syah. Pemilik blog AymanIsGeek.

Perkembangan teknologi selalu memberikan perubahan dalam kehidupan khususnya di dunia pekerjaan. Banyak pekerjaan yang sudah mulai hilang dengan perkembangan teknologi dan ada juga pekerjaan baru yang lahir karena perkembangan teknologi.

Apalagi di era yang serba digital ini, perusahaan memerlukan banyak ahli IT untuk bisa bersaing dengan perusahaan lainnya dan mengikuti perkembangan zaman.

Berikut ini kami akan mengangkat perihal pekerjaan di bidang teknologi yang akan banyak dicari pada masa depan.

Daftar Pekerjaan yang Banyak Dicari di Masa Depan

1. Apps Developer

Mari kita perhatikan perbandingan teknologi sekarang pada 5-10 tahun yang lalu, pasti sudah sangat berbeda bukan? Jika dulu masyarakat ingin mencari alamat seseorang harus bertanya tanya terlebih dahulu, sekarang sudah ada aplikasi yang bisa memberikan petunjuk jalan agar kamu bisa mencapai ke tujuan.

Aplikasi memang bisa memberikan manfaat pada kehidupan manusia. Salah satunya aplikasi yang dapat mendeteksi gempa. Mengingat baru baru ini Indonesia sering mengalami musibah bencana alam sehingga dibuatlah aplikasi yang bisa bermanfaat sesuai dengan kondisi sekarang ini. Berikut ini aplikasi pendeteksi gempa terakurat dari hasil kerja Apps Developer dalam negeri maupun luar negeri.

Baca : 5 Aplikasi Pendeteksi Gempa Terbukti Paling Akurat

Tidak heran jika profesi software developer atau programmer akan terus meningkat setiap tahunnya.

2. Web Developer

Web Developer

Jika software developer orang yang bertugas membuat suatu program software, maka ada Web developer yang membuat dan mengelola suatu situs web. Tentu website dan software merupakan komponen yang berbeda.

Baca : Cara Membuat Website Untuk Pemula dari Nol Hingga Online

Apalagi di era modern sudah banyak perusahaan atau orang yang memiliki situs website sendiri untuk mempromosikan suatu produk dan memberikan informasi kepada pembaca. Selain itu situs web akan membentuk image perusahaan karena bisa menjadi sarana komunikasi di internet.

3. Data Scientist

Data Scientist atau dalam bahasa indonesia disebut ilmuwan data merupakan orang memahami detail teknis dibalik algoritma machine learning dan mengetahui alasan memilih salah satu algoritma dibanding algoritma lainnya. Hasil dari suatu algoritma akan dipakai untuk menentukan pengambilan keputusan perusahaan.

Data Scientist dituntut berpikir kritis dan mengaplikasikan teknik data modelling yang lebih rumit. Data Scientist membutuhkan skill bahasa pemrograman terutama yang berhubungan dengan data seperti SQL dan skill komunikasi untuk memvisualisasikan wawasan yang didapat kepada klien.

4. Data Analyst

Data Analyst atau ahli data memiliki tugas yang hampir sama dengan Data Scientist yaitu mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data yang digunakan untuk pengambilan keputusan perusahaan.

Data Analyst akan mengubah data mentah ke format lain untuk diaplikasikan menjadi algoritma pada data yang terstruktur. Namun, jika perusahaan sudah memiliki data pada volume besar akan memerlukan seorang data scientist.

5. Database Administrator

Database Administrator

Database Administrator merupakan komponen penting yang harus dimiliki suatu perusahaan apalagi perusahaan besar. Misalkan di suatu perusahaan ada 1000 orang, tentu akan banyak data yang disimpan perusahaan. Agar data tersebut dapat terstruktur dan rapi, diperlukan database administrator.

Selain itu database administrator harus terlibat dalam tahapan desain database, sehingga lebih mudah memberi kekuasaan pada user untuk mengakses data.

Baca : Antivitus Terbaik dan Terampuh melindungi PC / Laptop 2019

6. UI/UX Designer

Pekerjaan yang banyak dicari selanjutnya adalah menjadi UI/UX Designer. Apakah Anda pernah melihat suatu aplikasi atau situs web yang sangat menarik? tampilan bagus, interaktif dan mudah digunakan ketika membukanya. Hal itu merupakan hasil kerja dari UI/UX Designer.

UI atau User Interface Designer lebih fokus mengurus tampilan antarmuka atau fisik dari suatu aplikasi atau situs web. Sedangkan UX atau User Experience lebih fokus pada pengembangan sisi psikologis dari pengguna ketika membuat suatu website tentunya dibutuhkan kemampuan analisis dari research yang baik.

7. SEO Specialist

SEO Specialist

SEO Specialist atau Search Engine Optimization Specialist merupakan orang yang ahli dalam mengoptimalkan SEO sehingga situs web suatu perusahaan bisa masuk dalam halaman pertama pada mesin pencari seperti google, ketika ada seseorang yang melakukan pencarian terhadap kata kunci tertentu.

Memastikan bahwa semua situs web yang dioptimalkan secara teknis menarik melibatkan para pengunjung website merupakan tanggung jawab SEO Specialist. Tentunya pekerjaan ini sangat dibutuhkan perusahaan dan diprediksi terus meningkat, karena bisa menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran suatu perusahaan.

8. Security Analysist

Peluang kerja yang bisa digunakan di bidang teknologi adalah menjadi seorang security analyst. Seorang security analyst atau biasa disebut cyber security bertugas merancang, memperbarui dna memantau keamanan jaringan komputer dan informasi dari sebuah institusi atau perusahaan.

Memastikan kontrol keamanan dan kerahasiaan file digital dan inftastruktur elektronik suatu instansi dan perusahaan dari serangan hacker atau peretas. Pekerjaan ini diprediksi meningkat setiap tahunnya karena keaman sistem yang selalu harus diperbarui dan menciptakan keamanan yang lebih kuat.

Baca : 16 Prospek Kerja Teknik Informatika/Ilmu Komputer

Nah demikianlah pekerjaan di bidang teknologi yang paling banyak dicari pada masa depan. Hal ini bisa Anda jadikan wawasan dalam menentukan pekerjaan apa yang ingin Anda tentukan di masa depan. Tentu untuk bisa bekerja di bidang teknologi harus siap mempelajari ilmu komputer, logika, alogoritma dan berbagai macam pemrograman dengan penuh ketelitian.

Anda ingin memiliki web hosting dengan kualitas server tercepat di Indonesia ? Klik di sini

2 thoughts on “8 Daftar Pekerjaan yang Banyak Dicari dan Menjanjikan di Masa Depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *