pengertian web browser

Apa itu Browser ? Pengertian, Cara Kerja, Fungsi dan 10 Contoh Browser PC

Jika Anda adalah orang yang tidak asing dengan dunia maya, maka pasti Anda juga akrab dengan yang namanya web browser. Apakah Anda tahu apa itu web browser ? Anda pasti pernah menggunakannya ketika Anda sedang berselancar di internet untuk mencari sesuatu.

Peranan web browser itu sangat penting bagi masyarakat ketika sedang browsing. Tapi, apakah Anda tahu pengertian web browser menurut Anda sendiri ?

Pengertian Web Browser

Di zaman yang hingar bingar dengan teknologi ini, semakin banyak orang yang sudah menggunakan internet dalam kehidupan sehari-harinya, termasuk dalam melakukan pekerjaannya.

Terdapat keterkaitan antara web browser dengan internet. Pengertian web browser adalah sebuah software atau aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan sesuatu dalam format HTML di dalam jaringan internet.

Sebuah web browser harus terhubung dengan koneksi internet supaya bisa digunakan untuk berselancar / mencari informasi.

Anda harus menggunakan web browser supaya Anda bisa mencari sesuatu di internet. Jika diibaratkan, web browser adalah sebuah jembatan yang menghubungkan Anda dengan tujuan Anda. Jika Anda mau mencari sesuatu di internet harus melalui web browser.

Cara Kerja Web Browser

Setelah kita membahas tentang pengertian web browser, maka sekarang kita akan membahas tentang cara kerja web browser. Cara kerja web browser adalah seperti berikut :

cara kerja web browser
http://uttermpaperwrhr.allthehits.us/how-does-a-web-browser-work.html
  1. User sedang mengakses sebuah website dengan cara mengetikkan alamat situs atau URL (Uniform Resource Locator) pada address bar di web browser (dalam contoh ini : google.com).
  2. Kemudian web browser menerima permintaan dari si user dan akan melakukan fetching (pengambilan data) pada DNS Server.
  3. Data yang telah diambil berupa IP dari perintah yang diketikkan user (contoh : www.google.com). Web browser telah mendapatkan IP dari www.google.com
  4. Selanjutnya, web browser mengakses ke server dengan IP yang telah didapatkan dari DNS Server.
  5. Server memberikan data konten dari www.google.com dalam bentuk HTML dan file lain, seperti CSS, PHP, dll.
  6. Setelah itu, web browser menampilkan konten yang sesuai dengan permintaan user.

Seperti itulah cara kerja dari web browser dalam melaksanakan tugasnya sebagai media untuk mencari informasi dengan jaringan internet. Setelah ini akan dibahas tentang fungsi dan kegunaan dari web browser itu sendiri.

Fungsi Web Browser

1. Mempermudah dalam mencari informasi di internet

Pada dasarnya, ketika kita ingin browsing atau berselancar di dunia maya pasti membutuhkan web browser sebagai media dalam melakukan browsing itu sendiri. Web browser itu bertugas untuk mengarahkan user atau pengguna menuju alamat website yang mereka minta.

2. Menyimpan data-data di internet

Ketika menggunakan web browser, pasti Anda pernah mendengar kata bookmark pada web browser. Nah fitur bookmark tersebut memiliki fungsi sebagai penyimpan data-data di internet yang suatu saat bisa Anda buka lagi tanpa perlu mengunjungi search engine.

3. Membuka file dengan ekstensi tertentu

Web browser juga memiliki fungsi sebagai media untuk membuka file dengan ekstensi tertentu. Misal, Anda bisa membuka pdf dengan web browser. Atau bagi Anda yang suka dengan pemrograman web, pasti Anda melihat hasil Anda dengan web browser.

Web browser memiliki kemampuan membaca file dengan ekstensi HTML, CSS, JS, PHP dan masih banyak lagi. (Catatan : Untuk PHP, harus ada koneksi dengan web server).

Sebenarnya masih banyak lagi fungsi web browser, tetapi itulah fungsi dasar dari web browser. Pada intinya, web browser sering digunakan untuk melakukan tiga hal di atas. Sekarang saatnya kita membahas contoh web browser untuk PC yang ada di dunia ini.

Contoh Web Browser

Contoh web browser di muka bumi ini sangat banyak. Mereka juga memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Itu sebabnya masing-masing orang menggunakan browser yang berbeda tergantung dengan kenyamanan dari web browser itu sendiri.

Baca : 20 Browser Android Terbaik dan Tercepat

Sedangkan untuk pengunjung Makinrajin sejak tanggal 1 April 2018 sampai dengan 1 Mei 2018 sendiri, bisa dilihat gambar di bawah ini :

data contoh web browser dari makinrajin

Pengunjung Makinrajin yang terbanyak berasal dari web browser Google Chrome, sebesar 59.72%. Itu karena banyak yang suka dengan web browser Google Chrome. Mari kita ulas tiap-tiap contoh web browser.

1. Google Chrome

Google Chrome saat ini menjadi web browser yang paling terkenal dan umum digunakan oleh sebagian besar orang. Google Chrome termasuk web browser yang muda tetapi sudah bisa mengalahkan web browser lainnya yang lebih senior dalam hal performa.

Google Chrome mampu menarik perhatian banyak orang supaya mau menggunakan produknya. Tampilan dari web browser yang satu ini juga ramah bagi pengguna, cukup sederhana sehingga para pengguna betah menggunakannya.

Google Chrome juga sudah terintegrasi dengan produk Google lainnya. Itu karena Google Chrome sendiri adalah buatan dari raksasa Google. Selain itu, Google Chrome juga termasuk web browser yang paling aman dibandingkan dengan web browser lain.

Web browser ini juga memiliki kemampuan lebih dalam hal kecepatan loading website. Website yang dibuka melalui Google Chrome akan lebih cepat. Tetapi, Google Chrome juga memiliki kelemahan, yaitu bisa menghabiskan banyak memori. Jadi kalau Anda memberikan banyak perintah kepada Google Chrome, maka akan sangat boros memori.

2. UC Browser

UC Browser adalah web browser kedua yang paling banyak digunakan oleh para pengunjung website ini, bahkan saya juga menggunakan UC Browser sebagai web browser utama (kemudian saya juga menggunakan Chrome sebagai web browser kedua).

Kelebihan UC Browser adalah mampu mengecilkan data browsing. Contohnya seperti ini, ketika Anda browsing suatu situs, ternyata situs tersebut memiliki data sebesar 150 MB, maka, UC Browser akan mengecilkan data secara otomatis hingga 85 persen. Bisa dikatakan keunggulannya ini bisa kita manfaatkan untuk menghemat data saat melakukan browsing.

Selain menghemat data, kelebihan UC Browser ini juga tidak diragukan soal download. Di mana pengguna dapat mengelolah unduhannya yang mana sebagai salah satu fitur UC Browser.

Namun, kekurangan UC Browser ini terletak pada desainnya yang kurang menarik jika dibandingkan dengan peramban lainnya seperti Opera dan lainnya. Namun, hal ini berlaku pada UC Browser for PC, jika for Mobile, tampilan UC Browser ini lebih didukung pada beberapa berita yang disajikan di halaman depan.

3. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox merupakan salah satu peramban yang paling banyak digandrungi oleh para pengguna internet, karena performanya yang baik. Perkembangannya yang pesat, kelebihan Firefox ini memiliki keamanan browser yang lebih ampuh dari browser lainnya.

Selain itu, Mozilla Firefox juga memiliki berbagai fitur, salah satunya adalah fitur add on yang sangat banyak dan bisa dikembangkan terus-menerus secara intens atau berkala.

Sedangkan untuk kekurangan Mozilla Firefox ini adalah biasanya kita harus bersabar saat menjalankan program pertama kali. Karena hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Selain itu, memang peramban ini memiliki fitur add on, namun dengan adanya kelebihan ini, banyak yang menyalahgunakan. Seperti contohnya para cracker yang mulai ganas dengan memanfaatkan kepopuleran Mozilla Firefox.

4. Samsung Internet Browser

Samsung Internet Browser ini merupakan salah satu peramban yang digunakan di android atau browser mobile, yang mana merupakan peramban keluaran perusahaan Samsung. Awalnya, browser ini hanya bisa digunakan di android Samsung saja.

Namun kini, Samsung Internet bisa digunakan pada android merk apa saja dengan cukup install melalui Play Store saja. Kelebihan Samsung Internet Browser ini bisa dikatakan sebagai browser paling cepat dan ringan karena bebas iklan. Namun, kekurangan Samsung Internet adalah pada tampilannya yang kurang begitu menarik jika dibandingkan dengan peramban lainnya.

browser terbaik

Memang tampilannya sederhana dan simpel, namun ada kekurangan pada shortcut bagian bawah dalam membuka tab baru dan home. Fitur tersebut, dirasa mubazir karena bisa mengurangi desain simpelnya Samsung Internet Browser.

5. Browser Safari

Kelebihan Browser Safari ini adalah adanya fitur Nitro Engine yang mana mampu mengolah aplikasi yang berbasis web. Di mana fitur ini mampu meningkatkan kecepatan pengolahan data pada sistem aplikasi yang berbasis web. Salah satu contohnya adalah aplikasi Java.

Dipercaya, kalau fitur ini mampu meningkatkan kecepatan hingga 8 kali lebih cepat. Kekurangan browser safari adalah tampilannya yang cenderung aneh sebagai aplikasi Windows. Hal ini pun akan dirasakan untuk Anda yang baru pertama kali menggunakannya.

Ditambah lagi, kalau browser ini tidak memiliki fitur restore. Sehingga, jika tiba-tiba browser ini mengalami hang, maka data yang ada akan hilang. Bahkan browser safari ini juga pernah diklaim adanya Bug yang mana bisa menyerang dekstop pada PC.

6. Opera Mini

Opera mini memiliki resource memory yang lebih kecil. Dengan begitu, maka penggunaannya lebih ringan dan cepat saat menjalankan program atau startup. Sama halnya dengan Chrome yang memiliki resource memory yang kecil. Sehingga, peramban ini sangat cocok untuk PC atau laptop yang speknya terbilang rendah.

Namun, di balik kelebihannya itu, data jejak akses user akan terekam semua oleh server Opera. Sehingga terbilang kurang aman, mengingat Opera Mini merupakan browser yang bisa didapatkan gratis dan bebas. Pun juga kekurangannya pada perubahan tampilan suatu situs.

Mungkin Anda pernah mengalami saat membuka suatu situs bisa berubah template-nya atau tampilannya di Opera Mini. Sehingga Anda tidak akan bisa membaca semua komentar di sebuah situs melalui Opera Mini.

7. Opera

Opera Browser merupakan browser yang memiliki opasi bahasa Indonesia dengan kosa kata yang terbilang cukup baik. Di dalam menunya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Selain itu, Opera Browser juga memiliki kecepatan render dan loading yang cepat.

Namun, kekurangan Opera adalah pada kenyamanan saat browsing. Kita tidak bisa melihat page info dan melakukan download gambar satu per satu. Di Opera juga tidak bisa menampilkan gambar mana saja yang ingin dilihat ketika kita tidak menggunakan mode images.

Kita pun juga tidak bisa melihat dan menyalin link yang dituju. Bahkan dengan Opera, kita tidak bisa mengubah shortcut key juga tidak bisa menghilangkan efek visual pada suatu situs.

8. Android Webview

Android Webview merupakan salah satu aplikasi browser pada android yang memiliki cara kerja yang berbeda. Di mana aplikasi ini merupakan besutan dari Chrome. Kelemahan Android Webview terletak pada sistem keamanannya. Karena menurut kabar, bahwa terdapat aplikasi Android System WebView yang mana membuat para hacker lebih leluasa untuk mengambil data-data Anda saat sedang melakukan browsing.

Tentunya, hal tersebut membuat kita terasa tidak nyaman saat berselancar di dunia internet. Tak hanya itu, Anda juga perlu melakukan update secara berkala agar andoid webview bisa bekerja secara optimal. Tentunya hal ini membuat Anda lebih boros dalam penggunaan kuota internet bukan?

9. Bolt Browser

Bolt browser merupakan peramban yang digunakan untuk android atau smartphone. Jadi, untuk kamu yang suka browsing melalui gadget, browser ini mungkin bisa recomended untuk kamu. Hal ini pun juga berlaku untuk kamu yang hobinya main blog atau dalam istilahnya Mobile Blogger.

Namun tentunya hal ini juga perlu didukung dengan ponsel yang memadai, salah satunya kapasita RAM-nya. Kelebihan Bolt Browser ini terletak pada tampilannya yang sangat menarik, jika dibandingkan dengan browser android lainnya.

Karena tampilannya serupa dengan membuka browser di PC atau laptop, sehingga membuat kita lebih mudah berselancar internetnya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan mode ‘low image quality’ untuk menghemat data pemakaian internet kamu. Nah, bisa jadi lebih irit kan.

Namun, sayangnya Bolt Browser tidak bisa menonaktifkan gambar. Ya, sebenarnya bukan hal masalah utama sih. Karena kita bisa menggunakan mode ‘low image quality’ untuk mengirit kuota internet kita.

10. Internet Explorer

Kelebihan yang dimiliki Internet Explorer adalah adanya add-ons yang tersedia. Walaupun add-ons yang dimiliki Internet Explorer tidak sebanyak Firefox punya. Namun, tampilannya Internet Explorer ini lebih menarik dan elegan. Berlaku untuk versi IE8.

Pun juga bagi para pengguna Windows Live, Anda akan dimanjakan dengan adanya tab bookmark yang bisa menghubung ke berbagai fitur yang dimiliki Windows Live. Namun, kekurangan dari Internet Explorer ini adalah bahwa Interent Explorer ini lebih membutuhkan resources yang lebih besar.

Hal ini adalah kekurangan yang paling utama pada Internet Explorer sebagai peramban browser. Hal ini bisa menyebabkan sering terjadinya hang atau not responding saat melakukan browsing. Salah satunya adalah lemotnya berselancar.

Panduan Sebelumnya :

Mengapa HTML Bukan Termasuk Bahasa Pemrograman ?

Panduan Selanjutnya :

Pengertian dan 12 Contoh Text Editor Terbaik dalam Membuat Website

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *